Battle Aloe Vera Gel Indonesia Harga dibawah 20ribu : PURBASARI ALOE VERA SOOTHING GEL VS VIVA SOOTHING ALOE GEL

Saturday, September 28, 2019


Hello everyone...

Fans Aloe Vera Gel angkat tangan...!!
Soothing Gel sih sebenere namanya, tapi karena kebanyakan yang dipakai adalah aloe vera jadi orang-orang lebih sering menyebutnya aloe gel, kadang cuma aloe gitu aja, padahal ada banyak variantnya, aku sendiri punya semangka, lemon, bamboo, lotus, dll. Entah itu variant aloe vera atau bukan orang tetap menyebutnya aloe, hahahaha ahh sudahlah.

Koleksi soothing gel ku yang kebanyakan brand Korea.

Trend soothing gel ini..ehh aku sebutnya aloe vera gel aja yaa biar kalian lebih paham, mulai rame di Indonesia sekitar tahun 2017, sementara aku sudah pakai sejak 2013, aloe vera gel pertamaku adalah Nature Republic, ini sampe sekarang masih hype banget kayaknya, waktu itu model mereka Jang Geun Suk, karena aku ngefans banget sama doi tentu saja aku beli, ehhh tapi selain itu aku beli bukan semata-mata karena JGS, kala itu aku sedang PPL, yaa semacam praktek mengajar gitu, kebetulan aku ditempatkan di SMA yang letaknya dipegunungan, setiap hari pulang pukul 13.00 wib dan itu panasnya minta ampun, jadi aku butuh produk yang mampu mendinginkan kulitku yang habis tersengat matahari, akhirnya beli deh Nature Republic Aloe Vera Soothing Gel.

Dulu iklannya kayak gini, ada Jang Geun Suk yang bikin aku auto beli.

Jadi sejak awal aku beli aloe vera gel hanya buat mendinginkan/ menyejukkan kulit, sesuai namanya kan soothing gel. Memang sih aloe vera gel ini memiliki banyak manfaat lain, kalo di lihat ada listnya tuh bisa dipakai dari ujung rambut sampai ujung kaki. Bisa buat wajah? bisa, tapi karena kulit wajahku sensitive aku ga bisa menggunakannya untuk wajah, punya Nature Republic ini kerasa banget alkoholnya. Satu-satunya aloe vera gel yang aku berani pakai untuk wajah adalah punya Benton, karena tidak mengandung alkohol dan pewangi.

Trend aloe vera gel ini ternyata makin berkembang hingga banyak brand lokal berlomba-lomba membuat aloe vera gel versi mereka, sayangnya beberapa diantara mereka over claim, ada yang menyatakan bahwa aloe gel bisa mencerahkan, bahkan katanya bisa mengatasi mata panda, wkkwkwk konyol banget ini. Aku telah menemukan setidaknya 10 brand lokal yang mengeluarkan aloe gel.

Kali ini aku akan membuat perbandingan antara Purbasari Aloe Vera Soothing Gel dengan Viva Soothing Aloe Gel. Kenapa kedua produk tersebut? karena perbandingan harganya yang tidak berbeda jauh, purbasari ukuran 100ml Rp. 18.500 sementara Viva 80ml Rp. 15.500 jadi ini cukup adil bukan? masa aku bandingin harga 20ribu vs 70rb? kan ga adil hehe, okelah mari kita bahas satu persatu.

NAMA PRODUK & KLAIM

Purbasari menggunakan nama Aloe Vera Soothing Gel, sementara Viva Soothing Aloe Gel, hampir sama sih cuma di bolak balik aja, Purbasari lebih menekankan pada Aloe Vera, Viva lebih ke Soothing-nya.



Jelas terlihat dikemasan bagian depan Purbasari tertulis 99% pure aloe vera, dengan klaim sebagai soothing dan hydrating. Viva tidak menyebutkan kandungan aloe vera dalam bentuk persen tapi dibagian belakang kemasan tertulis *Aloe Vera Concentrate dengan kekuatan 200x agak membingungkan ini, 200x itu takarannya berapa? klaimnya mampu melembapkan, menenangkan , menyejukkan kulit serta mengatasi kemerahan.




KEMASAN

Kedua produk memiliki kemasan hijau, Purbasari kemasannya berwarna kombinasi hijau tua dan hijau muda transparan. Dengan tube bulat agak ramping dan memanjang. Tutupnya berwarna hijau tua model flip-top, model tutup seperti ini lebih praktis / mudah membukanya tapi beresiko ketika dibawa perjalanan bergesek-gesekan dengan barang lain didalam tas bisa terbukan dan produk akan tumpah.


Viva memiliki tube lebih lebar dan pendek, dengan warna body tube hijau muda transparan dan tutup hijau tua, tutupnya model flip-top.

INGREDIENTS

Kandungan Aloe Vera pada Purbasari berada pada urutan kedua, sementara Viva ada di urutan ke 5. Aku menemukan kandungan alcohol di urutan ke 3 dan parfum pada urutan ke 7 di Purbasari. Viva juga mengandung parfum, bisa di lihat di urutan 4 dari bawah, tapi aku tidak menemukan alcohol di list ingredients nya.

Ingredients list Purbasari

Ingredients list Viva


Ini hasil analisis ingredient produknya yang aku cek melalui skinCharisma.

Purbasari

Viva

Dari hasil diatas bisa kita lihat bahwa Purbasari tidak free-alcohol dan tidak safe bagi yang memiliki fungal acne.

TEKSTUR & AROMA

Kedua produk memiliki tekstur yang hampir sama, berbentuk gel bening, bedanya Viva sedikit lebih cair, ketika aku menuangkan keduanya ditangan kemudian membalik tanganku, Viva dengan mudah meluncur jatuh sementara Purbasari masih diam ditempat.


Purbasari memiliki aroma aloe vera soft yang menurutku sangat mirip dengan Nature Republic, sementara Viva baunya sangat menyengat dan menusuk hidung, menurutku lebih mirip greentea dibandingkan aroma aloe vera, aku kurang suka dengan baunya.

MY EXPERIENCE

Aku menguji kedua produk ini di tangan dan punggung kakiku, karena bagian tersebut yang paling mudah kering. Aku mengoleskan Purbasari disebelah kanan dan Viva disebelah kiri. Kedua produk terasa dingin ketika menyentuh kulit dan diratan, tapi sensasi dingin tersebut langsung hilang ketika gel terserap. Bau Viva benar-benar mengganggu, ketika dikeluarkan itu langsung menusuk hidung, sementara Purbasari baunya lembut dan cukup menenangkan.

Kedua produk cukup cepat untuk terserap, tapi keduanya meninggalkan sedikit rasa lengket dipermukaan kulit, jadi ketika aku gesekkan tanganku terasa kurang nyaman. Setelah benar-benar terserap, aku bisa merasakan ditanganku bagian Viva terasa halus, sementara bagian Purbasari terasa agak kesat.

1 jam kemudian, ditanganku sebelah kiri, bagian Viva aku masih bisa merasakan kelembapannya, permukaan kulit juga masih terasa halus dan ketika aku coba menciumnya ternyata bau menyengatnya sudah hilang, tidak berbekas sama sekali. Dibagian Purbasari kulitku terasa semakin kesat, ketika aku coba menggosok-gosoknya itu terasa seperti ketarik dan tidak nyaman, aroma wanginya juga tidak hilang.

KESIMPULAN

Kedua produk memiliki kekurangan dan kelebihan, untuk hasilnya aku lebih suka Viva meskipun baunya sangat menyengat, aku ga bisa bayangin kalo harus pakai ini diwajahku hahahaha. Purbasari sensasinya seperti Nature Republic, tapi hasilnya benar-benar parah, itu membuat kulit kesat tidak nyaman.

Untuk kalian yang tahan bau menyengat aku lebih merekomendasikan Viva karena hasilnya cukup bagus melembapkan dan membuat kulit terasa halus.

Aku sendiri tidak akan menggunakan kedua produk ini untuk wajah, apalagi menjadikannya sebagai pelembap utama, aku hanya akan menggunakannya sebagai penyejuk setelah panas-panasan. Tapi aku juga tidak akan melarang kalian yang mempunyai keyakinan bahwa soothing gel seperti dewa all in one produk untuk segala masalah kulit, semua kembali ke jenis dan ketahanan kulit masing-masing.

Oke, sekian review kali ini... next aku akan membuat perbandingan produk lain, see ya!


Where to buy ? Shopee, masukin aja keyword nama produknya trus cari yang termurah!

Comments

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Aku jadi pengen beli yang viva deh karena aku punya riwayat fungal acne huhu, selama baunya masih bisa ditoleran it's ok and thank u fpr the review ka! 💓🙏

    ReplyDelete
  3. Aku jadi pengen beli yang viva deh karena aku punya riwayat fungal acne huhu, selama baunya masih bisa ditoleran it's ok and thank u fpr the review ka! 💓🙏

    ReplyDelete
  4. Kayaknya yg Viva kandungannya ga fungal acne safe deh ka. Ada PEG-40 Castor Oil...

    ReplyDelete
  5. Memang klaim purbasari soothing and hydrating ga sih kak makanya ga bikin kulit halus

    ReplyDelete
  6. Tapi setauku Viva Aloe Vera itu belum ada lo kak di skincarisma

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo ga ada kan bisa ngetik ingredients list nya sendiri buat di analisa disana 😌

      Delete