Cushion Lokal Terbaru : Fanbo BB Aqua Foundation


Hello everyone…

Sudah lama nggak review cushion nihh, kali ini aku mau mereview cushion dari brand lokal legendaris yaitu Fanbo. Siapa sih yang nggak kenal sama Fanbo? Coba tanya mama mu pasti mereka juga tahu hehe. Buat kalian yang udah lama follow Instagram ku pasti tau kalo aku ini bucin banget sama yang namanya cushion, aku punya koleksi lebih dari 10 cushion hingga saat ini, jadi ketika tahu Fanbo mengeluarkan cushion dengan case warna-warni super imut dan harga terjangkau tentu saja aku sangat excited.

Sebenarnya apa sih cushion itu? Kalo dalam bahasa Inggris nih cushion artinya bantal, jadi kayaknya disebut cushion karena sponge yang ada di dalam case nya yang berfungsi menampung cairan itu bentuknya kayak bantal hahaha. Sementara isi cairannya bisa foundation, bb cream, cc cream, bahkan blush on, ada juga yang all in one gitu isinya udah mencakup moisturizer, primer, foundation dan concealer, keren nggak tuh? Tren cushion ini datang dari Kore Selatan, aku sendiri pertama kali memiliki cushion sekitar tahun 2014 dan sejak saat itu aku benar-benar jatuh cinta, meskipun banyak yang bilang kalau isi cushion itu jauh lebih sedikit dibandingkan foundation biasa, itu memang benar, tapi yang namanya udah suka ya mau gimana lagi, tidak ada yang bisa menghentikan kecintaanku terhadap cushion, hahahaha.

FANBO BB AQUA FOUNDATION

Oke, daripada aku bahas kesana kemari makin nggak jelas sekarang langsung aja kita bahas cushion Fanbo ini. Dari namanya aku agak bingung BB Aqua Foundation, jadi cushion ini isinya berupa BB cream atau Foundation? Atau keduanya? Kalau dilihat dari kata Aqua tentu karena produk ini water base jadi akan terasa ringan. Tersedia dalam 3 pilihan warna yaitu 01. lIght, 02. Natural dan 03. Beige.


CLAIMS

Double Brightening Effect, Vitamin C & Sakura Extract, mempunyai manfaat sebagai anti oxidant, meningkatkan produksi kolagen, mengatasi peradangan kulit, mengatasi sun-burn dan menjaga kelembapan kulit.
High Moisturizer, Aloe Vera berfungsi untuk melembabkan kulit. Kemudian lidah buaya dapat berfungsi sebagai anti inflamasi dan dapat juga menenangkan kulit.
Non Comedogenic, Pemilihan bahan yang tidak bersifat comedogenic dengan level rendah membuat formula ringan dan tidak menyumbat pori-pori dan kulit.
Pore Minimizer, Memberikan flawless natural coverage yang mampu menyamarkan pori-pori dan warna kulit yang tidak merata serta garis halus akibat penuaan dini.
SPF 30 PA++, Memberikan perlindungan kulit dari pengaruh buruk matahari hingga 5 jam. Adanya PA menunjukkan bahwa kulit terhindar dari pengaruh buruk UV A.
Long Lasting Formula Up to 8 Hours, kulit tampak tidak kusam setelah pemakaian yang lama, atau tidak terjadi oksidasi.
Matte Finish, hasil akhir matte namun tetap menjaga kelembaban kulit / tidak membuat kulit jadi kering.

PACKAGING & MATERIALS


Ketika Fanbo posting cushion ini di instagram mereka tentu yang pertama kali menyita perhatianku adalah kemasannya, it’s so cute!!!!! Kemasannya warna-warni ceria gitu, awalnya aku pikir perbedaan warna kemasan itu beda jenis produk ternyata mereka semua sama, perbedaan warna kemasan untuk membedakan pilihan shade nya saja, jadi kemasan kuning adalah shade light, kemasan pink untuk shade natural dan yang terakhir hijau tosca shade beige.






Kemasan box nya berbahan doff dengan warna dan desain yang sama seperti case nya. Dibagian depan terdapat nama produk, sebelah kanan ingredients list, sebelah kiri cara penggunaan produk dan bagian belakang terdapat deskripsi produk dalam bahasa Indonesia dan Inggris.
Case berbahan plastik doff dan bagian atasnya terasa agak bertekstur. Menurutku bentuknya sangat mirip dengan cushion Missha x Line edition. Dibagian belakang case terdapat keterangan warna produk.




Seperti cushion pada umumnya, bagian tempat puff dan bantalan produknya terpisah. Membuka bagian dalam produk masih bersegel dengan sticker, hal ini menandakan produk masih baru. Bantalannya berpori-pori besar sehingga cukup mudah untuk mengambil cairan produk, tidak perlu menekan terlalu kuat.



Sekarang kita lihat air puff nya, aku agak kaget karena itu mirip sekali dengan air-puff refil yang biasa aku beli dari china, bahkan warnanya juga sama. Bagian pegangannya terbuat dari pita satin warna putih tercetak merk fanbo, bagian belakangnya berwarna cokelat tua, puff tidak terlalu tebal dan bagian permukaannya lumayan halus tapi tidak sehalus air-puff punya peripera. Bekerja cukup baik, tidak banyak cairan cushion yang terserap ke dalam puff, jadi penggunaan puff ini akan lebih menghemat produk.

SWATCHES, COVERAGE, STAYING POWER


Melihat foto swatches ke-tiga warna berjejer itu terlihat warna light dan natural tidak jauh berbeda, tapi ketika mengaplikasikannya ke wajah  warna light memiliki yellow undertone, dan natural memiliki pink undertone. Sementara warna beige lebih seperti medium beige dengan warm undertone, biasanya warna seperti ini paling cocok dikulitku.

Selanjutnya untuk tekstur produk, aroma, coverage dan ketahanan akan kita bahas tiap warna, karena ada beberapa perbedaan antara warna satu dan yang lainnya.

01 LIGHT

Memiliki tekstur yang agak cair, tanpa aroma wangi berlebihan maupun menyengat, itu terasa dingin ketika menyentuh kulit.


Coverage-nya sheer to medium dengan hasil akhir dewy to glossy. Bisa kalian lihat pada foto di atas, ketika aku menggunakan 1 lapis cushion noda masih terlihat dengan jelas hanya sedikit tersamarkan, setelah pemakaian 2 lapis noda lebih tersamarkan namun masih terlihat.


Pada foto di atas terlihat ketika setalah mengaplikasikan produk wajahku nampak lebih cerah , noda bekas jerawat tersamarkan dan tekstur kulit terlihat lebih halus dengan dewy finish. Setelah 1 jam warna nampak mulai menyatu dengan warna kulit asliku, namun tidak terlihat kusam, kulit mulai terlihat glossy namun tidak berminyak berlebihan.

Setelah 3 jam di foto nampak kulitku lebih cerah dibandingkan foto 1 jam, hal tersebut karena kulitku mulai mengeluarkan minyak dan memantulkan cahaya di foto jadi nampak glowing, tekstur kulit masih terlihat halus hanya beberapa bagian mulai terlihat tekstur dan noda bekas jerawatnya. Wajah tidak menjadi kusam maupun nampak abu-abu setelah pemakaian 3 jam. Sesuai klaimnya produk terasa sangat ringan dikulit tidak menyumbat pori-pori yang menyebabkan komedo dan tidak menimbulkan dry-patches.

02 NATURAL

Teksturnya sama seperti yang light, terasa agak cair dan tanpa bau wangi menyengat yang terlalu wangi. Terasa dingin ketika pertama kali menyentuh kulit.


Warna natural ini memiliki coverage yang lebih bagus dibandingkan light, bisa kalian lihat difoto penggunaan 1 lapis mampu menyamarkan noda, hanya terlihat sedikit bayang-bayang dan ketika menggunakan 2 lapis noda nyaris tertutup dengan sempurna.


Lihatlah difoto ketika aku baru mengaplikasikan produk, itu terlihat sangat putih dan wajahku seperti pucat. Warna natural ini membuat warna kulitku seperti bertambah 2 tingkat. Setelah 1 jam warna mulai menyatu dan tidak terlihat pucat lagi, tekstur juga terlihat lebih halus dibandingkan setelah pakai. 3 jam kemudian warna benar-benar sudah menyatu seperti warna kulit asliku, tekstur menjadi semakin halus.

Oh iya warna natural ini memiliki hasil akhir matte dan menyebabkan bebrapa dry patches di hidungku, kalian bisa lihat foto dibawah, kondisi kulitku setelah mengaplikasikan warna natural, itu juga terlihat menyumbat pori-pori. Baru setelah 1 jam finish matte nya berubah jadi dewy dan membuat kulit nampak halus.



03 BEIGE

Dibandingkan 2 warna sebelumnya, beige memiliki tekstur yang lebih kental dan terasa creamy namun terasa lebih mudah di aplikasikan. Meiliki aroma dan rasa dingin yang sama seperti warna sebelumnya.


Aku bisa bilang warna beige ini coverage nya paling juara, bisa kalian lihat difoto, hanya dengan 1 lapis mampu menutup noda nyaris sempurna, dan denga 2 lapis bisa membuat noda benar-benar tetutup.


Memiliki hasil akhir dewy to glossy, sejak awal mengaplikasikannya itu terlihat glowing bagus banget dan wrnanya sangat pas dengan kulitku, tidak menambah tingkat kecerahan kulitku namun membuatnya menyamarkan noda bekas jerawatku, benar-benar terlihat natural. Setelah 1 jam tidak banyak perubahan, kulit tidak menjadi kusam tapi tekstur terlihat semakin halus. 3 jam kemudian kulit sedikit nampak cerah akibat pantulan kulitku yang mulai berminyak.

Warna beige ini terasa ringan dan nyaman dikulit, tidak membuat kering dan menyumbat pori-pori.

CONCLUSIONS

Menurutku ke 3 shade memiliki formula yang berbeda, ini berdasarkan pengalamanku menggunakannya dengan kondisi wajah yang sama ( pakai skincare yang sama) kondisi kulit lembab dan cukup terhidrasi, tapi ternyata ke tiganya memiliki finish, coverage dan staying power yang berbeda. Jadi sebenarnya perbedaan warna case ini seharusnya tidak hanya jadi pembeda shade karena mereka benar-benar berbeda bukan hanya dari segi warna. Misal nih, yang kuning itu bisa jadi variant sheer to medium coverage dengan finish dewy kemudian warna pink variant medium to high coverage dengan matte finish dan yang tosca
variant high coverage with glossy atau glowing finish.


Dari ke 3 nya aku paling suka yang Tosca, bukan hanya karena shade nya paling cocok dikulitku, tapi dari segi formula dan finish nya aku suka banget. Meskipun aku memiliki kulit kombinasi dan cenderung berminyak tapi aku suka glowing finish.


Aku berharap Fanbo akan menambah lagi pilihan warnanya yang lebih sesuai dengan warna kulit orang Indonesia, karena menurutku shade light dan natural masih agak terang untuk kulitku yang medium.

Menurutku cushion ini worth to try, harganya juga cukup terjangkau yaitu Rp. 105.000 harga official di shopee, kadang di counter mereka sering ada diskon jadi bisa dapat lebih murah. Untuk ukurannya sendiri 13 gr standard seperti Cushion pada umumnya.

Bagaimana? Apakah kalian tertarik untuk mencobanya?

Kalian bisa beli Cushion Fanbo ini di counter Fanbo secara offline, untuk pembelian online bisa ke official shop mereka di Shopee

*this products was provided by Fanbo Cosmetic in collaboration with Bloggirls.id


4 komentar

  1. Warna kemasannya cakep banget, kelihatan fun! Kirain tadinya beda-beda karena finishnya beda, atau ditujukan buat jenis kulit yang beda-beda, ternyata cuma buat bedain shade ya xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups, awalnya aku juga mikir bakal beda2 gt, ahh ternyata cuma buat bedain shade 😂😂😂

      Delete
  2. Assalamualaikum wr.wb,saya pak arianto pekerjaan saya sehari-harinya cuma seorang TKI pembantu di negara tentangga yaitu di malaysia yang pendapatannya tidak seberapa dan suami saya cuma kerja di kelapa sawit,buat biaya anak sekolah aja tidak cukup di kampung apalagi untuk mencukupi kebutuhan hidup keluarga sehari-harinya dan suatu malam saya buka internet dan tidak sengaja saya temukan number HP EYANG WORO MANGGOLO langsung saya telpon beliau dan menceritakan semua keluahan saya dan akhirya di kasih ANGKA GHAIB 6D benar-benar tembus dengan adanya EYANG semua hutang-hutang saya di kampung sudah lunas semua ,bahkan sekarang saya sudah buka usaha WARUNG MAKAN di malaysia!!! sekali lagi saya mengucapkan banyak terimah kasih kepada EYANG WORO MANGGOLO atas bantuan AKI kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan EYANG WORO MANGGOLO pula yang telah memberikan angka ghaib hasil ritual,beliau kepada saya yaitu 6D dan alhamdulillah telah berhasil memenangkan 5x berturut-turut tembus .
    Solusi yang tepat jangan anda putus aza karna EYANG akan membantu anda semua dengan Angka ritwal/GHOIB apa bila anda butuh angka togel 2D-3D-4D-5D-6D, dijamin 100% jebol.
    Apabila ada waktu silahkan/SMS EYANG WORO MANGGOLO di number 082-391-772-208 .
    DAN BELIAU JUGA BISA MENBANTU ANDA TUK PUTARAN YANG ADA DI BAWA.

    angka;GHOIB: singapur
    angka;GHOIB: hongkong
    angka;GHOIB; malaysia
    angka;GHOIB; toto magnum 4d
    angka"GHOIB; laos…
    angka"GHOIB; macau
    angka"GHOIB; sidney
    angka"GHOIB: vietnam
    angka"GHOIB: korea
    angka"GHOIB: kudalari

    sekali lagi makasih yaa KI waktu itu saya cuma bermodal uang cuma 300 ribu dan akhirnya saya menang banyak dan berkat angka gaib hasil ritual KI saya sudah buka usaha Kini kehidupan keluarga saya jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yang ingin seperti saya silahkan HUB/SMS EYANG WORO MANGGOLO di number 082-391-772-208 insya allah beliau akan menbantu anda semua.trimakasih....?

    ReplyDelete
  3. Untuk mempermudah kamu bermain guys ajoqq menghadirkan 7 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    dimana lagi kalau bukan di ajoqq,,, WA : +855969190856
    website : AJOPK.ORG

    ReplyDelete