Review TOBS Sleeping Mask dan Acne Spot

Monday, May 10, 2021


Dulu aku sering bilang kalau di Korea, seolah-olah in a blink of an eye ada produk atau brand  baru yang diluncurkan. Tahu dari mana? Emang pernah tinggal di Korea? Aku belum pernah ke Korea malahan, tapi aku punya cukup banyak teman yang sama-sama blogger dan asli orang sana, atau orang luar juga tapi sudah menetap disana. Tentu, aku dapat informasi tersebut dari mereka, dan jika mau menyelami di Instagram bisa kok kalian temukan merk-merk aneh yang mungkin belum pernah kalihan lihat sebelumnya. Nah itu di Korea, bagaimana di Indonesia? Nggak mau kalah dong, it seems like nggak ngasih kita kesempatan buat bernafas, hahaha tiba-tiba ada produk atau brand  baru muncul. I mean, wishlist sebelumnya belum terpenuhi, ehh sudah ada yang baru.


Salah satunya adalah TOBS (The Ordinary Base Skincare) brand yang baru saja diluncurkan tanggal 25 april 2021 kemarin. TOBS mempersembahkan produk perawatan kulit yang bisa membuat kulit kalian lebih sehat dan juga cerah. Produk mereka terdaftar BPOM, dermatology tested, not testing on animal, free from alcohol, parfume, silicone dan paraben. Saat ini TOBS punya 2 produk, yaitu Sleeping Mask dan Acne Spot.


TOBS - Sleeping Mask



Product's Information
Name : Sleeping Mask
Brand : TOBS
Volume : 50gr
No BPOM : NA18200200928
Price : Rp. 114.900

Kalau berdasarkan namanya, ni adalah produk perawatan kulit wajah yang dipakai pada step terakhir pm routine, but... aku pribadi merasa sleeping mask just like the ordinary moisturizer, hanya saja beberapa diantara mereka memiliki kandungan exfoliation yang mana memang diharuskan untuk dipakai di malam hari.

TOBS Sleeping Mask ini diformulasikan secara khusus dan telah melalui riset yang cukup panjang untuk menghasilkan produk dengan kualtas baik. Fokusnya adalah untuk merawat kulit yang berjerawat, menenangkan peradangan dan kemerahan, memperkuat skin barrier sekaligus mencerahkan.


Main Ingredients

  • Niacinamide : Untuk membantu mencerahkan kulit, menyamarkan noda di wajah, membuat tampilan pori-pori nampak lebih kecil dan pemakaian jangka panjang bisa membuat tekstur kulit lebih halus.
  • Centella Asiatica : Kandungan ini beberaa terakhir sedang naik daun, hampir semua produk untuk menenangkan masalah kulit terdapat kandungan ini didalamnya. Fungsinya selain menenangkan juga membantu proses penyembuhan kulit.
  • Propolis : Memiliki anti-bacterial properties, anti-aging serta sangat bagus untuk melembapkan kulit.
  • Goat Milk : Menyeimbangkan pH kulit, menutrisi serta menjaga kelembapan.

Packaging

Jujur, ketika produk ini datang aku benar-benar terkesan dengan desainnya, terasa Indonesia banget karena ada ilustrasi kayak wayang gitu entahlah aku nggak tahu namanya, cewek dan cowok di bagian kiri-kanan kemasan box terluar. Selain desainnya yang cantik, kemasan TOBS ini juga terkesan minimalis dengan warna putih dan disertai berbagai informasi penting yang tercetak dengan lengkap, mulai kegunaan produk, klaim kandungan, dll.

Kemasan TOBS Sleeping mask ini sendiri berbentuk tube ukuran 50gram, ini lumayan besar karena seperti yang kita tahu jarang banget ada brand Indonesia mau bikin produk ukuran segini. tube-nya berbahan doff dengan tutup flip-top. Aku suka kemasan model begini dibanding jar, karena terasa lebih higienis.

Texture & Scent

Teksturnya berbentuk gel,bening dan nampak ada gelembung-gelembung udara di dalamnya. Trus, ini buka type gel yang mencair kemudian terserap dan hilang begitu saja, tapi terasa sangat melembapkan dan finishnya terlihat sedikit glossy. Apakah occlusive? jika menengok ingredients list memang ada kandungan occlusive yaitu Castor Oil, tapi ini tidak terasa berat dan memang sih terasa seperti ada lapisan moisture tipis di permukaan kulit. Baiasanya lapisan ini bakal luntur ketika dibilas dengan air, terasa agak licin.

Karena produk ini tidak memberikan pewangi tambahan buat bau-bauan, jadi bau yang dihasilkan adalah berasal kandungan yang ada didalamnya, dan menurutku baunya sedikit tercium mirip sabun, tapi samar banget dan sama sekali nggak mengganggu. Bagi mereka yang sensitif terhadap fragrance pasti bakal menyukai produk ini.

How to use?

Gunakan di step terakhir ketika memakai perawatan kulit di malam hari. But, I personally lebih suka pakai TOBS Sleeping Mask ini sebagai pengganti moisturizer karena aku punya kulit kombinasi dan cenderung berminyak, jadi takut kalau bakal terlalu berat.

My Experience

Ketika pertama kali mencoba Sleeping Mask ini aku sangat terkesan dengan soft soothing sensation yang dihasilkan. Rasanya nyaman banget, apalagi saat itu kulitku sedang bermasalah, ada beberapa jerawat yang meradang. Efek lembap serta hidrasi yang diberikan nggak main-main, asli juara! Aku bangun di pagi hari dengan kulit terlihat lebih fresh, cerah dan supple, tidak berminyak sama sekali tapi juga tidak kering, hmmm gimana ya deskripsikannya, kayak balance gitu kadar air dan minyak di kulitku sehingga membuatnya nampak sehat.

TOBS - Acne Spot



Product's Information
Name : Acne Spot
Brand : TOBS
Volume : 15gr
No BPOM : NA18200108740
Price : Rp. 79.600

Ini adalah produk perawatan jerawat berbentuk gel. Diformulasikan untuk membantu menenangkan atau meredakan jerawat, membunuh bakteri penyebab jerawat serta memudarkan bekasnya. 


Main Ingredients 

  • Salicylic Acid :Bekerja mengangkat sel kulit mati dan membersihkan hingga ke dalam pori-pori. 
  • Tea tree : Membantu merawat jerawat, meredakan peradangan dan sebagai antibacterial properties. 
  • Jania rubens extract : Menenangkan serta melembapkan kulit. 
  • Niacinamide : Ini membantu mencerahkan dan memudarkan bekas jerawat. 


Packaging


Desain kemasannya sama dengan TOBS Sleeping Mask, berbentuk tube tapi ini lebih kecil, ramping memanjang dan bagian tutupnya berbentuk screw-cap atau model ulir. Informasi yang tertera di kemasan terluar juga sangat lengkap dan yang mempermudah bagian Ingredients list dimasukkan dalam kotak, jadi pas lihat kita bisa langsung tahu, ohh ini ingredients listnya. 




Sayangnya nih, bagian lubang produknya terlalu besar sehingga ketika aku memencet badan tube untuk mengeluarkan isinya suka keluar kebanyakan. Padahal produk sejenis ini hanya diperlukan sedikit saja karena cuma ditotolkan di area yang berjerawat, so I prefer yang model lubangnya kecil dan ujungnya runcing. 


Texture & Scent 


Sekilas lagi-lagi ini mirip dengam Sleeping Masknya, punya bentuk gel bening, tapi kalian bakal menemukan perbedaan ketika menyentuhnya dan mulai meratakannya. TOBS Acne Spot ini sedikit lebih cair dan meresap dengan cepat. Soal baunya, ini nyaris nggak tercium bau yang nggak enak, jadi samar-samar banget dan hilang begitu saja. 


Terasa dingin ketika dipakai dan nggak menimbulkan iritasi, perih atau membuat kulit sekitar yang berjerawat jadi kering. 


How to use? 


Oleskan TOBS Acne Spot di area kulit berjerawat yang telah dibersihkan terlebih dahulu. Produk bisa dipakai pagi maupun malam, atau kapan saja sesuai kebutuhan. 


My Experience 


Aku mulai pakai produk ini tanggal 24 April 2021, saat itu ada jerawat besar yang baru saja keluar isinya, jadi membekas dan bikin tekstur kulit tidak rata. Ada beberapa jerawat kecil dan 1 jerawat aktif yang agak meradang. 


Keesokan harinya, jerawat kecil-kecil kering hingga tersisa 1 saja, jerawat meradang keluar matanya dan beberapa saat kemudian pecah, bekas jerawat besar tampak lukanya mulai menutup. 


Tanggal 26 April 2021, bekas jerawat terlihat agak pudar, jerawat aktif yang pecah juga mulai mengering dan jerawat kecil hilang. 


Tanggal 30 April 2021, bekas jerawat semakin pudar, nekas baru sisa jerawat meradang tadi bekasnya juga kecil banget. Beberapa bekas jerawat lama terlihat sedikit pudar juga. Pori-pori kulit tampak kecil karena lebih bersih dan kulit terlihat lebih halus. 



Total hanya dalam 7 hari aku telah mendapatkan hasil yang cukup memuaskan. Aku akui TOBS Acne Spot ini performanya memang bagus, dia bisa menenangkan sekaligus memudarkan bekas jerawat. Apalagi bekas jerawat baru, lebih cepat hilangnya. 


Conclusion


Menurutku 2 produk TOBS yang aku coba ini semuanya bagus dan berhasil bikin aku impressed, rasanya kayak "wow, nggak main-main yaa brand baru kalo bikin produk." Jadi tuh, nggak asal-asalan ini beneran didesain dengan sangat baik. Kualitasnya bagus dan bisa dibilang harganya cukup terjangkau. 


Aku harap TOBS bisa dapat respon positif dari masyarakat luas, supaya kelak mereka bisa meluncurkan produk baru lagi, hehe. 


More information about TOBS : Instagram | Shopee | Tokopedia



YOU CAN FIND ME AT :

Comments