Review Avoskin Miraculous Retinol Toner, Penggunaan Selama Satu Bulan di Kulit Sensitif & Acne Prone

Ketika mengetahui Avoskin meluncurkan skincare series terbaru aku sangat excited. Why? Avoskin adalah salah satu lokal brand yang beberapa tahun belakangan ini sedang naik daun. Produk-produknya sangat menarik dan banyak review bagus tentangnya. Aku sendiri tahun lalu telah mencoba salah satu produknya, yaitu Perfect Hydrating Treatment Essence dan itu sangat cocok untuk kulitku.

Rangkaian skincare terbaru Avoskin kali ini adalah Miraculous Retinol Series yang terdiri dari Retinol Toner dan Retinol Ampoule. Dari namanya saja kita bisa langsung tahu bahwa main ingredients series mereka ini adalah Retinol.

Avoskin Miraculous Retinol Series diformulasikan untuk perawatan anti-aging yang bisa digunakan mulai usia 20tahunan. 

Aku berkesempatan untuk mencoba Retinol Tonernya, dan hari ini tepat satu bulan aku memakaianya. Sebelum melangkah ke bagian review, mari kita bahas sedikit tentang apa itu retinol?

What is Retinol?

Retinol adalah derivatif atau turunan dari vitamin A. Banyak yang menyebut Retinol sebagai Holy Grail Ingredient. Kandungan ini biasa digunakan dalam produk skincare untuk anti-aging. Retinol bekerja dengan cara menstimulasi sel kulit untuk beregenerasi. Aku sempat dapat pertanyaan, apakah Retinol itu termasuk exfo? Jawabannya bukan. Karena cara kerjanya meregenerasi bukan mengeksfoliasi 

Apa saja manfaat retinol dan bagaimana cara kerjanya? 

Berdasarkan artikel yang pernah aku baca, dan telah diterbitkan di Harvard Health Publishing, 
Retinol mampu mengurangi garis-garis halus dan kerutan dengan meningkatkan produksi kolagen. Retinol juga merangsang produksi pembuluh darah baru di kulit, yang meningkatkan warna kulit. Manfaat tambahan termasuk memudarkan bintik-bintik penuaan dan melembutkan tekstur kulit yang kasar. Namun, perlu tiga hingga enam bulan penggunaan rutin sebelum perbaikan keriput terlihat jelas dan hasil terbaiknya membutuhkan enam hingga 12 bulan.

Efek samping penggunaan retinol

Buat kalian yang memiliki kulit sensitif, penggunaan retinol dalam skincare routine akan sedikit tricky. Karena biasanya bisa membuat kulit jadi lebih sensitif, kering, bahkan ada yang merasakan burning sensation di awal pemakaian.

Aku pernah memakai retinol sebelumnya, dalam bentuk serum dari sebuah brand asal USA. Awalnya aku pakai seminggu 2-3 kali, tapi berkahir dengan kulit kering dan kemerahan mulai muncul. Aku kurangi penggunaannya hingga seminggu hanya sekali, baru deh kulitku bisa menerimanya.

Avoskin Miraculous Retinol Series menggunakan Actosome Retinol, ini adalah jenis retinol yang 50% minim iritasi dibandingkan dengan retinol biasa. Setiap 1% Actosome Retinol mengandung 0,09% Active Retinol. Jadi, series ini cocok banget buat kalian yang belum pernah coba retinol tapi mau nyicip yang minim resiko iritasi.

Avoskin Miraculous Retinol Toner

Selama ini kebanyakan produk dengan kandungan Retinol berbentuk serum atau cream. Setiap kali memasukkan keywords "Retinol Toner" Selalu saja yang muncul adalah PIXI Retinol Toner. Memang tidak banyak brand yang membuat Retinol toner, terlebih lokal brand, sepertinya Avoskin adalah yang pertama.

Selain Retinol, toner ini mengandung :

3% Niacinamide : Niacinamide atau vitamin B3, sering kita jumpai dalam produk pencerah kulit. Niacinamide berfungsi untuk mengecilkan tampilan pori-pori yang besar, memperbaiki warna kulit yang tidak merata dan kusam, mengurangi garis-garis halus, memudarkan bekas jerawat berupa kemerahan (PIE). Niacinamide juga bisa membantu mengatasi jerawat berbentuk papules & pustules, bekerja dengan cara mengurangi terjadinya inflamasi. Penggunaan Niacinamide dalam jangka panjang bisa memperbaiki tekstur kulit.

Peptide : Kandungan ini bekerja dengan cara membangun kembali dan memperbaiki sel kulit yang rusak. Merangsang produksi collagen, sehingga menjadikan kulit lebih kencang dan kenyal. 

Pomegranate : Kaya akan antioksidan. Kandungan ini sangat bagus untuk keseimbangan hidrasi kulit dan menetralisir efek buruk radikal bebas. Pomegranate mampu menjadikan kulit lebih halus, kencang dan lebih muda.

Packaging

Avoskin Miraculous Retinol Toner dikemas dalam botol plastik tebal berwarna amber / warna cokelat gelap dengan sedikit hint kemerahan. Ukurannya 100ml, menurutku lumayan kecil dan tidak makan tempat. Dengan tutup model screw-cap warna hitam. Lubang botolnya tidak memiliki pelindung maupun segel. Bagian lubangnya kecil, sehingga memudahkan kita mengatur seberapa banyak toner yang dikeluarkan.

Dilengkapi dengan kemasan box kertas yang ukurannya agak besar dan bahannya tipis, sehingga mudah penyok. Produk ini ketika sampai ditanganku box nya sudah penyok dan ada beberapa bagian sobek. Aku rasa akan lebih bagus jika box nya dibuat lebih kecil tapi dengan bahan yang lebih tebal dan kokoh.

Oh iya, buat kalian yang mau beli produk dengan kandungan Retinol pilihlah yang bahan kemasannya berwarna gelap, karena seperti halnya vitamin C, Retinol juga bisa teroksidasi ketika terpapar sinar secara langsung dan itu akan menurunkan kualitas produk sehingga akan bekerja kurang maksimal atau bahkan tidak ngefek lagi ke kulit. Jadi, kemasan Avoskin Miraculous Retinol Toner ini sudah bagus karena warna nya gelap.

Texture & Scent

Avoskin Miraculous Retinol Toner memiliki tekstur kental dan berwarna putih keruh. Ketika dituangkan terasa sedikit slimy khas seperti produk-produk dengan kandungan lendir siput, tapi ternyata ketika diratakan sama sekali tidak lengket dan slimy, terasa lebih ringan dan mudah terserap. Berita baiknya, toner ini terasa cukup melembapkan sehingga aku sempat menggunakannya di step hydrating toner.

Baunya ketika dicium langsung dari botol tercium seperti tinta. Produk ini fragrance-free jadi bau yang dihasilkan berasal dari bahan-bahan yang tergantung di dalamnya. Ketika dioleskan dikulit baunya berubah jadi kurang sedap, tapi untungnya hal itu tidak berlangsung lama karena baunya cepat menghilang dalam beberapa menit.

How to Use?

Awalnya karena merasa teksturnya kental mirip hydrating toner jadi aku menaruhnya di step hydrating toner. Aku mengaplikasikan langsung toner ini ke wajah menggunakan tangan supaya lebih hemat, selain itu aku mengurangi penggunaan kapas karena kadang gesekannya ke wajahku bisa menyebabkan iritasi.

Ini step penggunaan Avoskin Miraculous Retinol Toner di minggu pertama :

Double Cleansing - Balancing Toner - Avoskin Miraculous Retinol Toner - Hydrating Serum - Moisturizer

Tapi ternyata aku kurang cocok dengan formasi diatas, kemudian di minggu ke 2 dan ke 3 aku ganti formasi.

Double Cleansing - Balancing Toner - Hydrating Toner - Avoskin Miraculous Retinol Toner - Moisture Serum - Calming Moisturizer

Dengan formasi diatas tidak terjadi masalah dengan kulitku. Di minggu ke 4 aku menambahkan Marula Oil di step terakhir.

Aku menggunakan Avoskin Miraculous Retinol Toner hanya di malam hari. Kandungan Retinol tidak boleh dipakai secara bersamaan dengan AHA/BHA. Pastikan di pagi harinya tidak pernah skip penggunaan sunscreen.

My Experience & the Results

Sebelum membahas bagaimana hasilnya di kulitku yang sensitif dan mudah berjerawat, berikut aku akan membagikan pengalamanku mulai minggu pertama dan bagaimana kondisi kulitku sebelum memakai Avoskin Miraculous Retinol Toner, sehingga kalian bisa melihat progress nya.

Kondisi kulitku sebelum memakai Avoskin Miraculous Retinol Toner, ada bruntusan di kening, cystic acne di pipi yang merupakan hormonal acne dan selalu muncul tiap bulan hanya beda-beda tempat, ada banyak flek bekas jerawat dan sunburn, tekstur kulit kelihatan banget nggak rata akibat breakout parah setahun yang lalu, garis-garis halus di sekitar mata dan smile line, area bawah mata gelap karena sering tidur jam 2 pagi dan terakhir pori-poriku besar dan kelihatan banget di area pipi dan hidung sehingga ketika produksi sebum pas banyak-banyaknya bakal kelihatan banyak small white bumps.

Meskipun Avoskin Miraculous Retinol Toner menggunakan Actosome Retinol yang 50% minim iritasi tapi untuk pertama kali pemakaian aku memilih memakainya 2 hari sekali, untuk menghindari kemungkinan produk bakal mengiritasi kulitku yang super sensitif.

Urutan pemakaian minggu pertama seperti yang sudah aku jelaskan diatas. Bagaimana hasilnya? Seperti yang bisa kalian lihat di bawah ini, daguku yang merupakan area paling sensitif dikulitku terlihat merah dan flaky. Awalnya biasa saja, aku tidak merasakan adanya burning sensation, tapi setelah beberapa hari kulitku terasa perih dan memerah.

Aku tidak langsung menghakimi bahwa aku nggak cocok dengan Avoskin Miraculous Retinol Toner. Akhirnya setelah banyak membaca, aku menemukan jika kulit yang sangat sensitif please make sure untuk menggunakan Retinol ketika kulit dalam keadaan lembap. Akhirnya aku ubah urutan pemakaiannya seperti yang sudah aku tulis diatas. Ya, aku memakainya setelah hydrating toner dan tidak butuh waktu lama kondisi kulitku yang flaky membaik.

Foto diatas adalah perbedaan sebelum dan setelah 2 minggu penggunaan Avoskin Miraculous Retinol Toner. Perbedaan yang bisa aku lihat dan rasakan diminggu kedua adalah, bagian keningku yang bruntusan sangat berkurang. Sementara untuk jerawat, aku memang menggunakan obat totol jerawat untuk mengempeskan & mengeringkannya. Aku tidak tahu apakah Avoskin Miraculous Retinol Toner ini ikut berperan dalam proses penyembuhannya.


Diminggu ke 3, hormonal acne ku kembali menyerang, kali ini dibagian dagu sebelah kiri. Meskipun sedang berjerawat, aku tetap menggunakan Avoskin Miraculous Retinol Toner, karena produk ini tidak memperparah kondisi jerawat.

Diminggu ke 4 aku menambahkan Marula Oil di step terakhir skincare routine ku. Urutan pemakaian skincare nya masih sama seperti minggu ke 2 dan ke 3.

Dan inilah kondisi kulitku hari ini, tepat 1 bulan menggunakan Avoskin Miraculous Retinol Toner :


Foto ini aku ambil tadi sekitar jam 11.00 wib, tepat setelah mandi dan aku belum memakai skincare. Aku merasa kulitku terasa lebih halus, bruntusan dikeningku sudah menghilang, noda bekas jerawat mulai terlihat memudar dan kulit terasa lebih kencang. Sementara untuk efek anti aging aku belum bisa melihat hasilnya, garis halus di sekitar mata dan smile line masih ada karena memang minimal butuh 3 bulan untuk melihat efek anti aging Retinol dan 12 bulan untuk hasil yang lebih maksimal. Selain itu juga prosentase Retinol dalam toner ini relatif kecil.

Sekarang kita jejerkan 3 foto before - after 2 weeks &  #1MonthUsingRetinol. Apakah kalian bisa melihat perbedaannya? Ada 1 hal yang aku noticed, yaitu minyak di kulitku jadi lebih seimbang. Selama menggunakan Retinol Toner kulitku jadi tidak terlalu minyakan tapi juga tidak kering.

Di foto terlihat warna kulit berbeda, itu karena aku menggunakan natural light buat foto, jadi tergantung cuacanya.

Penampakan lebih dekat untuk area yang ada bekas jerawat baru. Dari cystic acne yang cukup besar menghasilkan bekas yang merah dan terasa tebal/timbul hingga menjadi bekas kecokelatan tapi jika di raba permukaannya sudah halus / nggak timbul seperti di foto pada minggu ke 2. Di dekatnya ada bekas jerawat yang sudah cukup lama, nampak di foto terakhir bekas jerawat tersebut pudar bahkan nyaris hilang.

Jika mengamati foto diatas, cukup nampak juga perbedaan tekstur kulit yang lebih halus dibagian pipi dekat hidung.

Conclusion

Tahun depan usiaku sudah berkepala 3, I know I'm not young anymore dan aku merasa sudah agak terlambat menggunakan produk anti-aging karena aku sudah memiliki beberapa tanda penuaan berupa garis halus di sekitar mata dan smile line, but overall aku cukup puas dengan hasil pemakaian Avoskin Miraculous Retinol Toner selama 1 bulan ini.

Buat kalian yang baru menginjak usia 20tahunan, kalian sudah bisa mulai memakai rangkaian Avoskin Miraculous Retinol, karena mencegah lebih baik daripada mengobati, nanti nyesel lohh, hehe.

Sebelum memulai mamakai rangkaian Avoskin Miraculous Retinol, please make sure kalian udah kenal betul dengan kondisi kulit kalian sendiri. Seperti pengalamanku diatas, jadi flaky skin, burning sensation, dll belum tentu kalian tidak cocok dengan produknya. Mungkin kulit kalian baru bisa menerima ingredient tersebut dalam kondisi tertentu, seperti kasusku, dimana kondisi kulitku harus lembap dulu.

Terakhir, jangan pernah skip sunscreen! Percayalah perawatan anti-aging apapun itu akan percuma kalau kalian tidak melindungi kulit dari pengaruh buruk matahari yang bisa memeprcepat penuaan.

Kalian bisa beli produk Avoskin Miraculous Retinol Series di website Avoskin. Harganya Rp. 179.000, menurutku lumayan terjangkau untuk ukuran 100ml, karena teksturnya kental jadi cuma butuh beberapa tetes saja untuk seluruh wajah.




12 komentar

  1. Efeknya mantep banget gitu kak, aku masi 18 th si hehee.. type kulit normal to oily :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, tunggu 2 tahun lagi dehh baru bisa mulai pakai produk ini 😘

      Delete
  2. aku udah mau 20 tahun kayanya butuh ni 🤣

    ReplyDelete
  3. Siap-siap nabung, penasaran sih sama produk retinol ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Investasi biar menua kyk Ji Sun Wo 😂😂😂

      Delete
  4. Jika anda tertarik untuk menjadi seorang sales yang handal atau membutuhkan tips tentang dunia sales, anda dapat
    mengunjungi blog yang saya buat :)
    Solusi Sales

    ReplyDelete
  5. Dengan kata lain "susah menua" �� keren banget Bu dokter emang

    ReplyDelete
  6. Brand lokal sekarang makin berkembang yah termasuk si avoskin ini dan jadi produk paling recommended saat brand luar harganya udah ga manusiawi:' semangat nabung akuu

    ReplyDelete
  7. Aku kan belum pernah coba reti nol. Cocok nih kalo aku pake toner nya dulu sepertinya

    ReplyDelete
  8. Mau nanya dong KK klo pake rangakain retinol avoskin malem siangnya pake the ordinary alpha arbutin+ HA amankah? Baru mau coba pke retinol nih soalnya udah mulai sadar umur . Thanks youu

    ReplyDelete
  9. Thx alot kak, aku umur 20 tahun dan udh pengen pake retinol sangat terbantu dg review kakak💞

    ReplyDelete