Review Tinka Whitening Glass Skin & Acne Clear Skin Serum, Atasi Jerawat & Jadikan Kulit Glowing!

Saturday, January 15, 2022

Apa masalah terbesar kulitmu? Kalau kulitku sih sampai saat ini permasalahannya tetap sama, yaitu jerawat. Trus, kalau jerawatnya sudah sembuh aku harus berusaha dengan keras mengatasi bekasnya. Tidak sampai disitu saja, setelah jerawatan biasanya kulitku bakal agak kusam, dehidrasi & tekstur kulitnya jadi kasar or tidak rata. Lalu, bagaimana mengatasinya? Pertama aku harus fokus sembuhkan jerawatnya, kemudian setelah jerawat membaik aku akan pakai produk yang fungsinya untuk menghidrasi serta mencerahkan. Nah, solusi untuk masalahku tersebut bisa teratasi dengan 2 serum terbaru dari Tinka! 


Sebelumnya mari kita kenalan dulu dengan Tinka. Tinka adalah local brand yang diluncurkan sekitar bulan Oktober 2020, masih terbilang baru ya? Produk mereka telah teruji secara klinis dan terdaftar BPOM, jadi sudah terjamin keamanannya. Awalnya mereka punya serangkaian perawatan kulit yang menurutku adalah basic skincare, mulai dari pembersih wajah, toner & pelembap untuk pagi dan malam hari. Jujur, aku kenal Tinka ini dari review teman-teman yang telah lebih dulu mencobanya. Dari banyaknya review yang aku baca rata-rata banyak yang cocok dan menyukainya.


Finally, setelah eyeing cukup lama aku bisa cobain produk terbaru Tinka & tentu aku sangat excited! 2 produk terbaru mereka adalah Whitening Glass Skin Serum dan Acne Clear Skin Serum. Dari namanya saja langsung bisa kita tebak apa fungsi dari 2 produk ini, okay sekarang langsung saja aku mau bahas serumnya 1 per 1 lebih detail. 


TINKA WHITENING GLASS SKIN SERUM




Product's Information 

Name: Whitening Glass Skin Serum

Brand: Tinka

Origin: Indonesia 

Volume: 20ml 

PAO: 12 Month 

BPOM: NA18211900297

Price: Rp. 119.900


Ini adalah serum yang diformulasikan untuk menyamarkan flek/ noda hitam di wajah seperti bekas jerawat contohnya. Membantu menjaga kelembapan kulit, menjadikannya tetap halus, lembut dan cerah. 


Main Ingredients 


  • Niacinamide : Ini membantu mencerahkan kulit, memudarkan flek serta mengurangi kerutan. Pemakaian jangka panjang juga bagus untuk memperbaiki tekstur kulit. 

  • Vitamin B5 : Menjaga kulit tetap halus dan lembut. 

  • Hyaluronic Acid : Menutrisi dan menghidrasi kulit. 


Packaging 


Dikemas dalam botol dropper berbahan doff berukuran 20ml. Ini menurutku ukuran standard kebanyakan serum local brand yang bakal habis dalam 1-2 bulan. Desain kemasannya menurutku fancy! Warnanya cantik, pink dengan gambar bunga. 



Kemasan luarnya box kertas dengan informasi yang tercetak cukup lengkap dan dalam 2 bahasa. Mulai dari kandungan utama, full ingredients, cara penggunaan juga fungsinya. 


Oh iya, sayangnya serum ini kemasannya terlalu banyak segel plastik. Jadi box kertasnya itu tersegel plastik trus di dalamnya botol serum disegel plastik lagi. Mungkin ini supaya lebih aman, tapi menurutku salah 1 saja sudah cukup supaya tidak terlalu banyak sampah plastik. 


Texture & Scent 


Dari luar botol terlihat serum ini warnanya sedikit ada hints kuning, tapi sebenarnya dia bening. Teksturnya kental agak slimy dan terasa licin ketika diratain. Aku suka banget dengan produk dengan tekstur seperti ini karena lebih satisfying ketika diaplikasikan. Meskipun dia licin tapi nggak lengket kok di kulit, kesannya sedikit basah trus pas udah terserap bikin kulit glowing. Ini bener-bener definisi glowing yaa, bukan berminyak. 



Sementara untuk baunya, aku mencium kayak bau bunga tapi nggak tahu bunga apa itu? Trus ada sedikit hints manis. Baunya ini nggak nempel, jadi bakal hilang & sama sekali nggak ganggu. 


How to Use? 


Tinka Whitening Glass Skin Serum ini bisa digunakan pagi maupun malam hari. Urutannya setelah pemakaian toner, kemudian dilanjutkan dengan pelembap & sunscreen di pagi hari. Gunakan 2-3 tetes untuk seluruh wajah & leher, oleskan secara merata kemudian tepuk-tepuk lembut hingga terserap. 


TINKA ACNE CLEAR SKIN SERUM




Product's Information 

Name: Acne Clear Skin Serum 

Brand: Tinka

Origin: Indonesia 

Volume: 20ml 

PAO: 12 Month 

BPOM: NA18200108694

Price: Rp. 119.900


Serum yang diperkaya dengan perpaduan bahan aktif untuk membantu merawat jerawat & menenangkan kulit. Selain itu serum ini juga menjaga kelembapan kulit serta menjadikannya lebih halus dan lembut. 


Main Ingredients 


  • Salicylic Acid (BHA) : Membersihkan pori-pori dan mengangkat sel kulit mati. 

  • Centella Asiatica : Menenangkan kulit serta mengurangi inflamasi dan mencegah iritasi. 

  • Allantoin : Menenangkan dan menghaluskan kulit. 



Packaging


Packagingnya sama persis dengan Tinka Whitening Glass Skin Serum, hanya saja beda warna. Acne Clear Skin Serum ini warnanya biru. Selain itu secara keseluruhan sama kok, jadi nggak akan aku bahas lagi. 


Texture & Scent 


Memiliki tekstur kental yang sekilas mirip dengan Glass Skin Serum, bedanya Acne Clear Skin Serum ini lebih cepat terserap trus nggak ngasih kesan glowing di kulit. Terasa ringan, nggak lengket & nggak greasy, bener-bener nyaman buat kulitku yang combination to oily dan aku rasa all skin types juga bakal nyaman pakai ini. 


Baunya juga agak mirip, hanya saja ini lebih dominan bau bunga dan nggak ada hints manis. 


How to Use? 


Karena Tinka Acne Clear Skin Serum ini mengandung BHA, jadi aku memakainya di malam hari saja. Penggunaannya di slot serum yang kemudian aku tambahkan serum lain lagi yang punya fungsi hydrating, kenapa begitu? Kulitku tuh sensitif, jadi kalo pakai produk yang ada kandungan exfo harus kasih ekstra hydrating setelahnya buat menghindari iritasi. 


Penggunaannya cukup 2-3 tetes untuk seluruh wajah & leher, usapkan dengan lembut kemudian tunggu hingga meresap & lanjut layering dengan skincare lain. 


MY EXPERIENCE 


Sebelum cobain 2 serum Tinka kebetulan lagi ada bakal jerawat. Ini masih bakal ya, jadi kulitnya agak benjol, merah & terasa nyeri. Saat itu memang aku lagi nggak ada jerawat aktif. Aku langsung cobain Tinka Acne Clear Skin Serum di malam hari and surprisingly selang beberapa jam pemakaian rasa nyerinya berkurang, baru terasa kalau dipegang saja. 


Keesokan paginya, rasa nyeri sudah bener-bener hilang tapi kulit masih merah dan agak benjol. Pikirku ini bakal ada 2 kemungkinan, jerawat jadi mateng atau ini jerawatnya nggak jadi keluar? Malam harinya aku gunakan lagi Acne Clear Skin Serum & besok paginya dengan mengejutkan kulit udah rata, tapi masih sedikit merah. Aku raba juga udah nggak ada yang mengeras. 


Pemakaian 3 malam Tinka Acne Clear Skin Serum bakal jerawat nggak jadi muncul, bener-bener hilang nggak berbekas. Padahal ini kalau aku diamkan bisa semingguan nyeri dan bengkaknya. 



Lanjut aku tambahkan Tinka Whitening Glass Skin Serum di skincare routine ku. Sebelum pakai serum ini permasalahan kulitku adalah warna tidak merata, agak dehidrasi, kusam, banyak bekas jerawat (kebanyakan bekas lama) & tekstur kulit kasar. 


Jujur pertama pakai serum ini tuh aku agak khawatir kalau dia bakal pilling ketika aku layer dengan produk lain mengingat finishnya yang bikin kulit glowing, tapi ternyata aku salah! Ini nggak pilling sama sekali, bahkan aku pakai buat base makeup juga bagus, bikin kulit super halus! 


Tinka Whitening Glass Skin Serum ini aku pakai dengan rutin selama 2 minggu di pagi dan malam hari. Efek hidrasinya bagus & nggak ada reaksi buruk di kulitku yang gampang berjerawat. 


Tinka Whitening Glass Skin Serum & Acne Clear Skin Serum bisa dilayering nggak sih? Bisa! Melihat kandungan keduanya nggak ada yg kontra kalau dipakai bersamaan. Biasanya tiap malam aku pakai keduanya, baru di pagi hari pakai yang Whitening Glass Skin Serum saja. 


Lalu kenapa 3 hari pertama aku pakai Acne Clear Skin Serum saja? Aku nggak bisa pakai lebih dari 1 produk baru secara bersamaan, buat tes bagaimana performanya & kalau ada reaksi burum bisa langsung ketahuan siapa penyebabnya. 



Bagaimana hasilnya setelah pemakaian 2 serum secara rutin? Nggak ada jerawat baru, kulit terasa lebih sehat, water and oil balanced alias terhidrasi dengan baik. Pori-pori lebih bersih sehingga membuat tampilannya lebih kecil, warna kulit jadi agak rata dan sedikit cerah, beberapa bekas jerawat juga memudar. Trus teksturnya terlihat lebih halus nggak sih kalau kalian lihat dari foto before-after? 



CONCLUSIONS 


Overall Tinka Whitening Glass Skin Serum & Acne Clear Skin Serum ini worth to try! Kalian bisa coba keduanya or pilih yang sesuai permasalahan kulit kalian saat ini. Aku pribadi sangat menyukai Whitening Glass Skin Serumnya, soalnya ini tuh finishnya bagus banget dan multifungsi bisa aku jadiin base makeup. Sementara untuk Acne Clear Serumnya menurutku cukup bagus, hanya saja aku belum bisa lihat performanya untuk atasi jerawat yang agak parah kayak cystic acne. 


But, sekali lagi aku nggak bosan buat ingetin kalau produk bakal tetep cocok-cocokan, apa yang hasilnya bagus di aku bukan berarti di kalian juga bakal bagus. Jenis kulit, permasalahan kulit & alergi dengan kandungan tertentu bisa sangat mempengaruhi hasilnya. 


WHERE TO BUY? 


Produk Tinka bisa kalian dapatkan di Shopee, atau untuk informasi lebih lanjut bisa cek Instagram mereka. 


Comments