Lab on Hair - Hair Fall Control Shampoo & Ampoule Review, Atasi Rontok dan Menumbuhkan Rambut Lebih Cepat dalam 2 Minggu!

Tuesday, August 9, 2022



Rambut rontok masih menjadi permasalahan utama rambutku. Beberapa orang mengatakan bahwa itu adalah hal yang normal dan merupakan salah satu fase rambut. Seperti yang kita ketahui ada 3 fase rambut, yaitu fase anagen, fase telogen dan fase katagen. Diawali dengan fase anagen yang mana saat ini rambut mengalami pertumbuhan dan bertahan selama 2-6 tahun, kemudian dilanjutkan dengan fase telogen, nah di fase ini rambut akan rontok dan kemudian bakal tumbuh lagi dalam 2-3 bulan, terakhir fase katagen yang merupakan masa transisi sebelum rambut rontok selama 2-3 minggu. Jadi, memang benar kalau rontok itu normal, tapi kalau rontoknya tiap hari dan jumlahnya sudah tidak terkendali? Ini sudah tidak bisa dikatakan normal seperti yang aku alami. Apa penyebabnya? Pertama karena aku rutin mewarnai rambut, kedua penggunaan obat pelurus rambut yang dulu aku gunakan tiap 6 bulan, terakhir hormon pasca melahirkan. Saking banyaknya rambut yang rontok aku sampai punya beberapa bald spots dan yang paling kelihatan itu di bagian jidat sebelah kanan, tipis banget. 


Bertahun-tahun aku mencoba aneka perawatan rambut yang ada embel-embel untuk mengatasi rontok dan dalam pencarianku tentunya ada trial-error. Ada yang bikin tambah parah, ada yang lumayan bagus tapi ada efek lainnya, ada juga yang bagus banget lalu tiba-tiba sudah tidak diproduksi. Asli yang terakhir ini paling nyesek.


2 minggu belakangan ini aku lagi nyobain 2 produk perawatan rambut yang memang dikhususkan untuk rambut rontok, namanya Lab on Hair Hair Fall Control Shampoo & Ampoule, ini local brand loh dan pastinya sudah terdaftar BPOM! Brand ini fokusnya pada masalah rambut rontok dan secara alami merangsang pertumbuhan rambut baru, sesuai tagline mereka Growth Starts Here! 


Lab on Hair - Hair Fall Control Shampoo



Shampo dengan 4 kandungan utama (Redensyl, eMortal Pep, Ginger & Ginseng) dengan fokus untuk mengatasi rambut rontok,  memperkuat akarnya, menambah volume serta mempercepat pertumbuhan rambut. Klaimnya hanya dalam waktu 2 minggu produk ini bekerja dengan efektif mengurangi rontok dan memperkuat akar rambut. 


Main Ingredients


  • Redensyl : Ini merupakan kandungan yang telah dipatenkan. Mengurangi rambut rontok dan mempercepat pertumbuhan. Bekerja dengan cara menargetkan sel induk dan fibroblas manusia dari dermal papilla untuk meningkatkan pertumbuhan rambut sekaligus mengurangi kerontokan. 

  • eMortal Pep : Bahan alami yang bekerja mengaktifkan folikel rambut dermal papilla cell (HFDPC) di bawah kulit kepala. Sebagai booster sel induk untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. 

  • Ginger : Memperkuat batang rambut, menguatkan akar dan folikel rambut, menstimulasi peredaran darah di kulit kepala serta mengurangi rontok. 

  • Ginseng : Merupakan antioksidan untuk kulit kepala serta membantu memperkuat akar dan folikel rambut. 


Packaging 


Kemasannya simple tapi terkesan estetik. Produk dikemas dalam botol pump berbahan plastik tebal berwarna hijau gelap yang hampir mengarah ke hitam. Berukuran 300ml, yang menurutku ini sudah ukuran yang pas untuk sebuah shampo. Botolnya yang model pump juga mempermudah untuk mengambil produk, tinggal pencet tanpa perlu ribet menuang yang mana ini kalau tangan kita sudah terlanjur basah beresiko bikin produk jatuh. 



Box terluarnya berbahan kertas warna abu-abu dengan berbagai informasi produk tercetak cukup lengkap, mulai dari cara pakai, kandungan, no bpom, dll. 


Texture & Scent 


Teksturnya sangat unik, aku baru pertama kali menemukan shampo dengan tekstur seperti ini. Gimana ya? Ini tuh agak padat mirip kayak karamel gitu, warnanya kuning keruh dengan sedikit kayak serpihan gitu di dalamnya yang ternyata ini adalah bulir dari ekstrak jahe. Uniknya lagi pas dipakai bulir-bulir ekstrak jahe ini mencair jadi busa. 



Ngomongin soal baunya, this is my fav! Sumpah baunya enak banget! Lemon segar yang bener-bener kayak buah aslinya baru diiris. Sama sekali tidak tercium artificial. 


How to Use


Tuangkan shampo lalu pijat dengan lembut pada rambut yang telah lebih dulu dibasahi. Diamkan selama 30 detik hingga terserap, lalu bilas hingga bersih. Aku biasanya pakai sampo ini 2 hari sekali or tiap kali aku merasa rambutku sudah lepek. 


Lab on Hair - Hair Fall Control Ampoule



Solusi ampuh untuk mempercepat pertumbuhan rambut, mengatasi rambut rontok dan yang menipis serta menguatkan dari akar hingga batang rambut. 


Main Ingredients


  • Aminexil : Memperlebar pembuluh darah dan memberikan aliran darah yang lebih baik ke folikel sehingga pertumbuhan rambut jadi lebih cepat. 

  • Biotin : Merangsang produksi keratin, meningkatkan laju pertumbuhan folikel rambut & mengurangi kerontokan. 

  • Ginger : Memperkuat batang rambut, menguatkan akar dan folikel rambut, menstimulasi peredaran darah di kulit kepala serta mengurangi rontok. 

  • Thuja Orientalis : Merupakan bahan alami yang biasanya digunakan klinik untuk  masalah penipisan rambut. Membantu mempercepat pertumbuhan rambut. 


Packaging


Kemasannya berbentuk dropper bottle berbahan kaca dengan warna olive green. Berukuran 60ml yang menurutku ini cukup besar untuk sebuah ampoule. Kemasan terluarnya sama kayak kemasan shamponya tadi, warna abu-abu. 



Texture & Scent


Teksturnya cair, bener-bener kayak air, ringan dan sama sekali tidak lengket maupun berminyak. Ketika menyentuh kulit kepala juga tidak menimbulkan reaksi buruk seperti cekit-cekit atau bikin kulit terasa terbakar/ panas. Untuk baunya ini tipikal bau herbal, kayak akar-akaran gitu yang lumayan kuat tapi kalian nggak perlu khawatir karena baunya ini nggak lingering alias cuma sementara. 



How to use


Sehabis keramas teteskan Lab on Hair - Hair Fall Control Ampoule ke telapak tangan. Seberapa banyak? Biasanya aku pakai setengah piper yang jika diteteskan ini sekitar 4-5 tetes. Ratakan ke kulit kepala sambil dipijat-pijat dengan lembut. Kemudian diamkan tanpa perlu dibilas. 


My Experience & the Results


Seperti yang telah aku tulis di atas bahwa aku telah mencoba 2 produk Lab on Hair ini selama 2 minggu, ini aku sengaja sih buat ngepasin sama klaim mereka untuk melihat beneran bekerja nggak produknya? Oh iya aku mau jelaskan dulu bagaimana kondisi rambutku sebelum menggunakan produk ini. Rambutku itu wavy dengan panjang sepunggung,bagian akar rambutnya berminyak sehingga mudah lepek sementara batangnya kering, rusak dan susah diatur. Aku juga punya masalah psoriasis di kulit kepala yang mana ini menambah beban keribetan ketika mencari produk perawatan rambut. Rontok parah apalagi jika disisir pake sisir, sehingga aku lebih sering menyisirnya pakai jari. Bagian depan, tepatnya jidat sebelah kanan sudah sangat tipis dan ada beberapa bald spots. 


Pertama kali mencoba jujur aku sangat terkesan dengan tekstur dan bau shamponya, ini bikin keramas lebih satisfying, hehe apalagi jika dilakukan di siang hari, asli seger banget! Busa yang dihasilkan shamponya standard sih bukan yang banyak banget juga bukan yang minim busa layaknya shampo bayi. 


Ketika dibilas ada kesan kasat di bagian batang rambut, tapi ini hanya sementara karena setelahnya rambut terasa lebih halus dan mudah disisir. Setelah keramas kulit kepala terasa segar dan lebih bersih, juga tidak menimbulkan gatal. Kepala juga kayak lebih enteng, aku rasa ini karena tiap helai rambut jadi lebih ringan. 


Setelahnya aku gunakan Lab on Hair - Hair Fall Control Ampoule. Ini sama sekali nggak ada rasa panas or kayak kebakar, soalnya aku ada pengalaman dengan produk sejenis yang malah bikin kulit kepala panas kayak terbakar, asli traumatic banget tapi syukurlah produk ini nggak kayak gitu. Baunya yang terkesan herbal banget juga cuma sementara, selanjutnya menghilang, apalagi ketika rambut sudah kering nyaris tak berbekas baunya. 


Bagaimana hasilnya setelah pemakaian 2 minggu? Kalian bisa lihat perbandingan 2 sisir di bawah ini. 



Foto sebelah kiri itu aku sisir setelah keramas dengan shampo lain sebelum memakai 2 produk Lab on Hair ini. Terlihat banyak banget kan rambut yang nyangkut di sisir? Oh iya ini tuh bukan sekali sisir, tapi aku selesai sisir rambut dari awal sampai bener-bener rapi. Foto sebelah kanan adalah setelah 2 minggu pemakaian, rontok masih ada tapi sudah sangat berkurang. 


Sekarang beralih ke bagian rambutku yang sudah sangat tipis, ada banyak baby hair bermunculan yang artinya ada rambut baru tumbuh!



Untuk klaim menambah volume rambut menurutku memang benar, karena setiap helai rambut jadi lebih ringan sehingga agak ngembang tapi nggak sampai megar banget gitu, trus bikin rambut ga mudah lepek. Di bawah ini adalah foto 2 hari setelah keramas pakai shampo merk lain (foto sebelah kiri) vs 2 hari setelah pakai Lab on Hair - Hair Fall Control Shampoo & Ampoule (foto sebelah kanan). Terlihat foto yang pakai shampo merk lain rambut mulai lepek sementara yang pakai Lab on Hair masih bervolume. 



Secara keseluruhan 2 produk ini bekerja sesuai klaimnya, hanya saja untuk hasil lebih optimal aku rasa butuh waktu lebih lama dan tentu aku bakal pakai produk ini terus sampai habis dan kemungkinan besar repurchase shamponya. Oh iya selain sesuai klaim,  penggunaan 2 produk ini juga membantu rambut lebih halus dan mudah diatur, sebelumnya rambutku itu gampang kusut karena bagian batangnya rusak parah. 


Where to Buy? 


Produk Lab on Hair bisa kalian dapatkan di Shopee. Untuk informasi tentang produk Lab on Hair kalian juga bisa follow Instagram mereka labonhair_id




Comments

  1. Hai kak, kalo lab on hair ini cocok juga ga ya untuk rambut berketombe dan rontok?

    ReplyDelete