Review Cushion Lokal Terbaik, Looke Holy Flawless BB Cushion

Saturday, March 27, 2021


Aku sering dapet pertanyaan, "kak pilih cushion atau BB Cream? lebih suka foundation apa cushion?" Sebenarnya ini nggak bisa dipilih, karena Foundation dan BB Cream adalah jenis produuk, sementara Cushion itu nama teknologinya, yang mana Cushion bisa diisi dengan Foundation, BB Cream, CC Cream, Blush On, bahkan Brow products. Cushion pertama kali dikenalkan oleh salah satu brand Korea di tahun 2007 yang kemudian mendunia dan menjadi trend ditahun 2015. Karena dinilai sangat praktis, berbentuk compact dan sudah termasuk dengan aplikator didalamnya Cushion banyak disukai, termasuk aku yang sangat tergila-gila dengan produk berbentuk Cushion dan mulai mengoleksinya sejak tahun 2014.


Trend Cushion akhirnya sampai juga ke Indonesia, banyak lokal brand mulai membuat produk dalam bentuk cushion, mulai dari Foundation, BB Cream hingga Blush On. Salah satu Cushion dari brand lokal yang saat ini sedang ramai dibicarakan adalah Lookè Holy Flawless BB Cushion.


Sedikit tentang Lookè Cosmetics, mereka ini adalah Indonesian local brand yang peduli dengan masalah kesehatan dan lingkungan, mereka berkomitmen untuk memberikan produk Cruelty free, Vegan dan bersertifikat halal. Nama Looke diambil dari bahasa Perancis yang artinya menghadirkan penampilan yang memukau. Saat ini mereka memiliki beberapa produk seperti Lip Cream, Mascara, Cushion, Loose Powder, Pressed Powder, dll.


Looke Holy Flawless BB Cushion



Product's Information
Name : Holy Flawless BB Cushion
Brand : Lookè Cosmetics - Indonesia
Volume : 13gr
PAO : 12m
BPOM No : NA18200300082
Price : Rp. 225.000

Apa sih bedanya Cushion Lookè dengan Cushion lainnya yang ada dipasaran? Jadi, sejak bulan lalu instagramku dibanjiri dengan review produk ini dan hampir semuanya memberikan feedback yang positif. Dari yang aku baca, Cushion ini mask friendly alias minim transfer, punya coverage bagus dan aman buat yang berjerawat. Bukankah ini merupakan paket komplit? mengingat ditengah pandemi seperti ini tumpukan cushionku nganggur gara-gara males banget memakainya, terasa pengap dibawah masker, banyak transfer ke masker dan yang paling mengerikan bikin maskne. 


Sebagai pengabdi Cushion tentu aku harus banget memilikinya untuk membuktikan, benarkah sebagus itu? ehh bahasanya kok jadi ala selebgram, hahaha.


And finally....aku punya Lookè Holy Flawless BB Cushion, yeayyy!! Kesan pertamaku memegang Cushion ini, kemasannya cakep, simple tapi elegan, serba hitam gitu dan hitam adalah warna favoritku. Oh iya punyaku ini edisi spesial, jadi kalau beli edisi ini kalian dapet free pouch & stiker dengan ilustrasi super cantik karya Fifiani, dia ini juara 1 Lookè Illustrator hunt 2020. 




Case-nya berbentuk kotak dan nggak terlalu tebal. Trus case-nya ini kayak magnetic, jadi nggak perlu tenaga buat memastikannya tertutup dengan baik. Menuju bagian dalam, this is my favorite! bantalannya bertekstur, atau embossed. Aku suka cushion bertekstur dibanding polosan rata, karena lebih satisfying aja pas dipencet-pencet, haha.


Sayangnya, case cushion ini glossy banget sehingga cap jari bahkan serat kain super kecil bisa nempel bahkan nimbulin goresan. That's why dengan adanya pouch jadi lebih aman jika kalian mau masukkan cushion ini didalam tas sehingga nggak saling bergesekan dengan barang lain.




Kemasan luar Cushion ini berbentuk box kotak, hitam dengan finish doff. Segelnya berwarna beige yang mempresentasikan warna shade dan dilengkapi tulisan namanya. Bagian belakang box tertera informasi yang cukup lengkap, mulai dari kandungan, no BPOM, PAO, dll.


Punya berapa pilihan warna?


Lookè Holy Flawless BB Cushion ini punya 3 pilihan shade yang namanya diambil dari nama Greek Goddess Name yaitu Iris dewi pelangi, Clio yang berasal dari bahasa Yunani Kleio merupakan salah 1 dari 9 muses, the Goddess of music, song & dance. Terakhir Diana merupakan Goddess of the hunt.


Iris memiliki warna light beige yang cocok untuk mereka dengan kulit berwarna terang. Clio memiliki warna medium beige dengan warm undertones cocok untuk yang kulitnya medium. Sementara Diana memilik warna honey beige yang cocok untuk mereka berkulit sawo matang atau medium-deep.




Mana warna pilihanku? Tentu Clio, karena aku memiliki kulit medium dengan warm undertones dan ternyata aku nggak salah pilih, warna ini bener-bener pas di kulitku.


Makeup dengan dengan kandungan skincare?


Lookè Holy Flawless BB Cushion ini diformulasikan dengan Greentea Extract didalamnya yang kaya akan antioksidan, sangat bagus untuk merawat kulit berjerawat, mengontrol sebum serta dapat menangkal radikal bebas. Selain itu, ada kandungan Hyaluronic Acid yang berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit sepanjang hari.


Apakah sudah mengandung SPF? 


Meskipun tidak tertulis produk ini memiliki spf berapa? tapi ada kandungan UV filters didalamnya, yaitu Titanium dioxide dan Zinc Oxide (physical) serta Ethylhexyl Methoxycinnamate (chemical). Jadi masih butuh pakai sunscreen dulu nggak? Aku pribadi masih pakai sunscreen sebelum memakai cushion ini.


Texture, Coverage, Finish & Scent


Menyentuh bantalannya yang bertekstur rasanya super lembut dan velvety, trus dengan sedikit tekanan saja cairannya keluar. Teksturnya ditengah-tengah, jadi nggak terlalu cair juga nggak terlalu creamy, menurutku ini sangat pas. Tidak lengket sama sekali, ringan dan mudah diratakan. Memiliki coverage medium to full yang buildable, jadi jika dirasa kurang bisa ditambah lapisannya and surprisingly ini nggak cepet nge-set jadi lapisan dibawahnya tidak crack maupun patchy ketika ditambah.




Dengan 1 layer saja mampu menghasilkan medium coverage yang cukup bagus menutup bekas jerawat dan nampak sangat natural. Butuh 2-3 layers untuk menghasilkan full coverage, itupun masih nampak natural kok, nggak kelihatan dempulan banget. Untuk sehari-hari bagiku 1 layer sudah cukup.


Finishnya satin dan bikin tekstur kulit jadi lebih halus. Sementara untuk baunya menurutku nggak ada wangi yang aneh, malah cenderum seperti bau sunscreen? Tapi ini sama sekali nggak ganggu kok.


Aplikator


Aplikatornya seperti kebanyakan Cushion menggunakan air-puff, hanya saja yang membedakan adalah bahannya. Menurutku air-puff Lookè Holy Flawless BB Cushion ini bagus, karena tidak nyerap banyak produk dan permukaannya halus, jadi lebih enak buat meratakan. Selain itu warnanya yang hitam membuat puff-nya terlihat tidak terlalu kotor. Ini punyaku bagian belakangnya masih cukup bagus meskipun telah kupakai rutin selama hampir 1 minggu.




My Experience / Performance


Untuk melihat ketahanan serta membuktikan benarkah Cushion ini mask-friendly? aku putuskan untuk memakainya berbelanja, kurang lebih 3 jam. Sebelum berangkat belanja aku juga sudah mencoba memakai masker dengan sedikit menekan-nekan ke wajah, dan nggak ada transfer sama sekali. Pikirku, ahh tentu saja ini karena aku belum berkeringat serta kulitku belum berminyak, coba nanti setelah 3 jam bagaimana?


Oh iya, kulitku itu kombinasi dan cenderung berminyak, biasanya cushion tanpa oil control hanya bisa nahan minyak selama 2-4 jam, trus beberapa are bakal lebih cepat luntur dan crack. How about this cushion? secara dia tuh ada kandungan Green Tea yang memang bagus juga untuk memperbaiki kondisi kulit berminyak, let's find out!


Seriously, Lookè Holy Flawless BB Cushion ini ringan banget, beneran kayak nggak pakai apa-apa dan  breathable, yang membuatnya sangat nyaman dipakai dibawah masker. Selama berbelanja, mulai dari berangkat, pulang-pergi serta jalan-jalannya aku nggak merasakan rasa gerah atau pengap sama sekali.




Pulang kerumah aku segera lepas maskerku dan aku bener-bener kaget kayak wahh gila banget! beneran tipis banget transfernya, itupun cuma di area sekitar hidung. Trus dibandingin transfer tinted lip butter yang aku gunakan, masih lebih tipis cushion ini. Coverage kulitku juga masih bagus, jadi aku nggak langsung hapus, aku biarkan selama 1 jam lagi yang totalnya jadi 4 jam aku menggunakan cushion ini.


Dari foto perbedaan diatas bisa kalian lihat bedanya? Sebelum, ada jerawat dan bekas merah di wajahku. Freshly Applied, warna kulitku hampir nggak ada bedanya dengan sebelum pakai hanya saja dengan coverage dan tekstur lebih baik, bagian bawah mata yang gelap juga sedikit tersamarkan. Nah, di foto setelah pemakaian 4 jam kelihatan bedanya yaitu minyak diwajahku mulai keluar dan coverage di bawah mata mulai pudar. Tapi menurutku ini minyaknya masih sangat normal, bukan yang banyak banget hingga membuat kulit nampak kusam dan pori-pori kelihatan terbuka.


Bikin jerawatan nggak?


Selama 1 minggu secara rutin aku sengaja pakai cushion ini setiap hari untuk melihat dia ngaruh nggak sih buat jerawat? Jawabannya, cushion ini sama sekali nggak bikin jerawat tambah parah, dalam 1 minggu tidak ada jerawat baru muncul. So, aku bisa bilang ini bener-bener acne-friendly.


Conclusion


Bukan untuk clickbait aku membuat judul demikian, tapi menurutku ini bener-bener Cushion lokal terbaik yang pernah aku coba! Gimana ya, ini kayak paket komplit! Tekstur bagus, enak diratain, rasanya ringan, coverage bagus, transferproof, nggak bikin jerawatan pula! Apa lagi yang kamu cari? Sayangnya cuma di bagian case aja, tapi itu juga bukan masalah besar karena dengan adanya pouch masalah teratasi. 


I highly recommend this Lookè Holy Flawless BB Cushion, terutama buat kalian yang sampai sekarang mungkin belum menemukan complexion bagus untuk kulit berjerawat. Kalian bisa beli produk ini di Shopee, Tokopedia, Lazada, Blibli, Zalora, Sociolla, Beautyhaul, Myskinbutbetter (msbb.id).


More information about Lookè Cosmetics :

YOU CAN FIND ME AT :

Comments

  1. aku jujur ga suka cushion karena menurutku dikit. mending ya foundation sekalian wkwk. cuman masalah praktis emang menang yah.. enak dibawa kemana mana..

    as always cantik banget fotonya, makasi yaaa reviewnya 🥰

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, sebenere cushion gini jauh lebih dikit isinya tapi memang enak dari segi praktisnya.

      Delete
  2. Aku belum pernah review Cushion lokal terbaik nih, kepo banget ama ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum nemu cushion lokal yang bagus apa gimana ?

      Delete
  3. Pkis jangan tergoda beli cushion, diriku. Isinya dikit. Tapi transferproof. Jangan deh, itu foundie berbotol2 nanti nangis semua di pouch. Tapi. Transferproof.

    😭😭😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuma mau ngasih tau, tadi di Sociolla lagi diskon 🤤

      Delete
  4. Whooo tertarik karena finishnya satin 😳 soalnya kulitku kering, nice review kak

    ReplyDelete
  5. Aaahhhh penasaran bgt sama ini tapi mesti mikir" dlu harganya agak bikin mikir buat emak" hehe

    ReplyDelete
  6. Minim transfer membuatku penasaran, karena udh pake beberapa merk cushion pasti transfer karena aku gampang keringetan 🥺🤣

    ReplyDelete
  7. Aku bukan tim cushions sih sebenernya, tp penasaran karena dia transferproof. Biasanya aku kalo pake foundation suka nempel di jilbab

    ReplyDelete
  8. Mba Dessy, reviewmu bikin aku yang jarang pake cushion jadi pengeeen T^T

    ReplyDelete
  9. Aku juga pakai looke bb cushion ini. Aku suka banget sama oil control-nya itu lho. Bikin wajah matte hanpir seharian. Jempolan emang dan layak sih disebut sebagai cushion lokal terbaik di kelasnya (ala audrey mci7) hahaha

    ReplyDelete
  10. coveragenya bagus yaa, bisa menyamarkan bekas jerawat dan pori-pori. ini menarik banget siiih, bisa ga transfer ke masker 😍

    ReplyDelete
  11. sampai detik ini belom pernah coba cushion karena isinya dikit dan harganya belom masuk kantong. tapi so far ini cushion lokal yang paling menarik perhatianku sih 😆

    ReplyDelete
  12. Kemarin aku ada coba Makeover cumaaaaa gitu masih terlalunputih shade neutral nya di aku yang warm dan kayaknya aku masih butuh adaptasi sama rasa cushionnya dia, karena masih terasa berat :').

    Aku suka deh Looke ini, liat-liat semua review an nya pas pake ini natural voverage terus nyatu ma kulit :(

    ReplyDelete
  13. This is my favorite as well!! Warna cushion ini bisa pas banget sama skin tone-ku.

    ReplyDelete
  14. Janjiku buat explore cushion local brand tahun 2021 berbuah manis mbak des. Perkenalan pertama terus jatuh cinta. Yang aku selalu gak bisa move on adalah sensasi dingin saat first touch.

    ReplyDelete