Review Sunscreen Y.O.U Tone Up UV Elixir SPF 50+ PA++++

Wednesday, March 24, 2021


Masih males pakai sunscreen dengan alasan nggak ada yang cocok? (padahal juga belum coba sampai puluhan sunscreen) atau alasan harganya mahal. Sekarang, banyak banget pilihan sunscreen di pasaran, bahkan merek lokal sudah banyak mengeluarkan sunscreen dengan harga ramah dikantong. Salah satunya Y.O.U yang baru saja meluncurkan sunscreen.

Sebelumnya Y.O.U itu brand mana sih? dari informasi yang aku dapatkan, ini adalah lokal brand tapi memang pabrikannya ada di China, you don't need to worry karena produknya sudah terdaftar BPOM jadi aman untuk digunakan. Nama Y.O.U sendiri ini sebenarnya adalah singkatan dari Youthful, Outstanding dan Unique. Brand diluncurkan tahun 2018 yang awalnya produk mereka fokus pada makeup tapi sekarang mereka melebarkan sayapnya ke skincare juga.

Y.O.U Tone Up UV Elixir 

Sekarang mari kita bicarakan soal sunscreen mereka, namanya Tone Up UV Elixir dengan kandungan SPF yang cukup tinggi yaitu 50+ PA++++. Dari namanya sebenarnya aku pada awalnya agak bingung, sebenarnya ini tone up cream dengan kandungan SPF didalamnya atau sunscreen dengan efek tone up? Tapi, ketika aku sudah mendapatkan produknya ditanganku dan mempelajarinya, I feels like ohh ini sunscreen dengan tone up effect yang mengingatkanku dengan produk Skin Aqua Tone Up UV Essence.

Baca juga : Skin Aqua Tone Up UV Essence 

Y.O.U Tone Up UV Elixir diformulasikan dengan Hyaluronic Acid dan Sunflower Seed Oil untuk melembapkan kulit serta membuat nampak lebih cerah. Kemudian, pertanyaan yang mungkin sekarang ada di kepala kalian, ini Chemical or Physical sunscreen?Jawabannya adalah Hybrid. Jadi, produk ini punya kandungan Chemical dan Physical (Titanium Dioxide). Jujur sejauh ini kulit sensitifku malah lebih cocok dengan hybrid sunscreen.


Klaimnya Y.O.U Tone Up UV Elixir ini memiliki 5x Care & Defense, apa saja itu?

  1. Protects
  2. Brightens
  3. Soothes
  4. Hydrates
  5. Smoothes
Oh iya, Y.O.U Tone Up UV Elixir ini dermatology tested dan tidak mengandung alkohol, pasti kalian kaum gentle atau yang anti kandungan alcohol dalam skincare bakal menyukainya, hehe.

Texture & Scent


Memiliki creamy texture yang agak mirip lotion tapi sedikit padat. Warnanya jika diintip dari lubang tube nampak lavender, tapi setelah dikeluarkan nggak begitu terlihat hints lavendernya, lebih cenderung ke milky white. Baunya wangi, cukup familiar tapi sampai sekarang aku tidak bisa mengingat mirip apa, hahaha. Perpaduan bunga dan manis gitu deh pokoknya, trus nggak ganggu kok baunya.

Finishnya gimana? trus enak diratain nggak? nah finishnya cenderung ke dewy, bikin glowing tapi bukan yang minyakan. Whitecast nggak? sesuai namanya karena ini tone up dan dikulitku yang medium ini hasilnya jadi lebih cerah, tapi nampak bagus nggak abu-abu. Sementara untuk teksturnya enak di blend or diratain nggak? jujur ini tricky, beda base skincare hasilnya juga beda, akan aku jelaskan di bagian my experience.

Packaging


Kemasannya tube cantik warna lavender ombre ke pink dengan bahan glossy dan screw cap warna putih. Lubangnya kecil, aku suka kayak gini jadi nggak takut pas mencet tiba0tiba keluar terlalu banyak. Untuk kemasan luarnya produk ini tidak pakai box, tapi menggunakan pouch plastik. Semua informasi tertera dengan lengkap dan sangat jelas di kemasan luarnya ini.

How to Use


Aku menggunakannya dengan takaran 2 jari untuk seluruh wajah dan leher. Jika takut white cast terlalu parah atau kalian yang memiliki kulit medium to deep bisa menggunakannya sedikit demi sedikit, jadi diratain dulu misal dengan takaran 1 jari dan setelah terserap ditambahin lagi 1 jari.

My Experience


Hari pertama menggunakan Y.O.U Tone Up UV Elixir terjadi pilling parah dan produk susah diratakan, terasa kesat. Ini karena base skincare yang aku gunakan, hari itu aku pakai berlayer-layer humectan yang kemudian aku tutup dengan occlusive, auto buyar deh pilling parah.

Hari ke 2, aku gunakan langsung setelah calming toner. Kali ini nggak ada pilling tapi susah banget diratakan, terasa kesat di kulit.

Hari ke 3, aku menggunakannya setelah toner dan moisturizer. Kali ini aku menggunakan moisturizer emollient, dan ini sempurna! Y.O.U Tone Up UV Elixir nggak pilling sama sekali dan enak banget diratain.


Sejak hari ke 3 hingga 2 minggu aku menggunakan base skincare yang sama dan so far nggak ada masalah sama sekali. Aku test untuk panas-panasan yang bener-bener dibawah matahari langsung tidak terjadi sunburn, biasanya kalau sunscreen kurang bagus sudah pakai sesuai takaran pun masih bakal kebakar kulitku. Selain itu makin lama warnanya cakep dan bikin tekstur kulit nampak bagus, sampai tetanggaku beberapa kali bertanya, kok kulitmu jadi lebih cerah dan halus? Ini juga sama sekali nggak bikin kulitku nampak abu-abu, jadi efek cerahnya natural + kelihatan fresh.

Buat kulit jerawat gimana kak? Kulitku acne-prone dan pertama kali pakai sunscreen ini memang sedang berjerawat, Y.O.U Tone Up UV Elixir ini nggak bikin jeraewat tambah parah kok, malahan terasa menenangkan dan nyaman di kulit.

Bikin tambah minyakan nggak? Kulitku combination to oily dan dalam 2 jam tepat sebelum reaply aku perhatikan minyaknya masih normal kok, nggak berlebihan tapi juga ini nggak ngontrol minyak.

Conclusion


Menurutku Y.O.U Tone Up UV Elixir ini bagus dan sesuai dengan klaimnya. Pertama, protects? Yes ini beneran melindungi dari paparan sinar matahari langsung. Ke 2, Brightens? Yups, efek cerahnya bagus dan natural. Lalu, Soothes, Hydrates dan Smoothes? YES!! ini memang terasa menenangkan dan nyaman untuk kulit berjerawat, menjaga kulit terhidrasi juga dan bikin tekstur nampak halus.

Y.O.U Tone Up UV Elixir ini secara resmi aku nyatakan masuk ke jajaran sunscreen favoritku. Memngingat harganya yang lumayan terjangkau tentu aku akan repurchase. Berapa sih harganya? Harga officialnya 90ribuan gitu untuk ukuran 40ml, tapi saranku beli di distributor aja harganya cuma 60ribuan. Wahh, kok bedanya cukup jauh? biasanya mereka memang ada diskon kok, seperti halnya di offline counter mereka sering banyak banget diskon, jadi nggak perlu khawatir.

Product's Information
Nme : Tone Up UV Elixir
Brand : Y.O.U
Manufacturing : Guangzhou Cenkon Biochemical Products Co., Ltd. PRC
Volume : 40ml
PAO : 12m
BPOM : NA11201700007
Price : Rp. 60.000 - Rp. 95.000

YOU CAN FIND ME AT :

Comments

  1. Eh baru tauuu YOU punya sunscreen gemes giniii

    ReplyDelete
  2. Wah pilihan sunscreen dari brand lokal lagi nih. Kemasannya cakep banget.. :D

    ReplyDelete