Makeup untuk Kulit Berjerawat, SEA Makeup Acne Care Micro Setting Powder & Browshow Eyebrow Trio Kit

Thursday, November 25, 2021


Makeup sering disalahkan sebagai penyebab timbulnya jerawat. Benarkah demikian? Sebagai pemilik acne-prone skin ditambah pecinta makeup yang tentu aku sering memakainya hampir setiap hari, sering mendapat komentar seperti ini, "kulit lagi jerawatan kok pakai makeup? Udah jerawatan masih aja pakai makeup? Pantesan jerawatan, pakai makeup terus sih." Kasihan ya... makeup yang disalahkan, padahal nggak semua jerawat itu disebabkan oleh makeup dan nggak semua makeup bisa jadi pemicu jerawat. 


Tapi ada kan makeup yang bisa bikin jerawatan? Yups ada, yang sering aku temui adalah makeup yang sifatnya menyumbat pori-pori. Biasanya setelah pakai makeup jenis ini selang beberapa hari bakal bruntusan kulitku. Lalu bagaimana cara memilih makeup yang aman untuk kulit berjerawat? Salah satunya, pastikan produk tersebut non-comedogenic dan bakal jadi nilai plus kalau dia punya kandungan yang memang bagus buat kulit berjerawat, seperti, cica, tea tree, green tea, dll. 


Baru-baru ini diluncurkan sebuah brand yang memang diformulasikan untuk mereka yang memiliki kulit berjerawat, namanya SEA Makeup, ini adalah local brand dan yang pasti sudah terdaftar BPOM. Saat ini mereka punya 2 produk, yaitu Acne Care Micro Setting Powder atau mudahnya kita sebut sebagai bedak tabur dan Browshow Eyebrow kit, ini adalah pensil alis. 


SEA Makeup - Acne Care Micro Setting Powder



Product's Information 

Name: Acne Care Micro Setting Powder

Brand: SEA Makeup

Origin: Indonesia 

Size: 12gr

BPOM No: NA18210400925

PAO: 12M

Price: Rp. 63.000


Ini adalah bedak tabur yang diformulasikan untuk mereka yang berjerawat karena ada kandungan Salicylic Acid dan Witch Hazel dengan manfaat yang memang bagus buat jerawat yaitu membantu mengontrol minyak & sebum berlebihan, lalu juga membantu merawat serta menyembuhkan jerawat. 


Selain itu, produk ini non-comedogenic jadi nggak menyumbat pori-pori dan aman untuk mereka yang memiliki masalah fungal acne. Dengan micro particles, produk ini juga membantu menyamarkan tampilan pori-pori dan membuat kulit terasa lebih halus sepanjang hari. 


Main Ingredients


  • Salicylic Acid : Membantu merawat jerawat, mengurangi kemerahan dan inflamasi pada kulit, mengecilkan pori-pori, mengurangi minyak berlebih dan mengurangi faktor pemicu jerawat. 

  • Witch Hazel : Mengurangi produksi minyak berlebih,mengurangi iritasi dan kemerahan, membasmi bakteri penyebab jerawat serta mempercepat penyembuhan kerusakan jaringan kulit. 


Full Ingredients


Talc, silica, cetyl ethylhexanoate, boron nitride, nylon-12, triethoxycaprylylsilane, salicylic acid, water, phenoxyethanol, 1,2-hexanediol, ethylhexylglycerin, methylpropanediol, hamamelis virginiana (witch hazel) extract, hydroxyacetophenone, hexylene glycol.


Packaging


Kemasannya berbentuk jar dan berukuran lumayan besar untuk harganya yang hanya 60 ribuan, yaitu 12gr. Jarnya kombinasi warna cream agak pink or blush, entahlah aku kurang bisa mendeskripsikan warna apa ini, yang pasti dengan warna seperti itu ditambah merk yang tercetak warna putih ini membuatnya sangat sulit difoto. 



Meskipun demikian aku menyukai jar produk ini karena bagian puff nya terpisah trus bagian lubang buat mengeluarkan bedaknya tuh model mesh yang membuatnya lebih praktis dan nggak berantakan. Puff nya lumayan lebal, berbulu dan terasa super lembut. Oh iya dilengkapi juga cermin yang menempel di bagian tutup. 


Box nya berbahan kertas, warna broken white dengan berbagai informasi yang cukup lengkap tercetak diatasnya. Mulai dari cara pemakaian, kandungan, tempat produksi, dll. 


Texture & Scent


Teksturnya super lembut, karena partikelnya mikro, ini juga yang membuatnya terasa halus di kulit. Berwarna putih, tapi ini translucent jadi dia nggak ngaruh ke warna kulit kita, I mean nggak bikin white cast. 


Bagaimana dengan baunya? Aku nyaris nggak mencium bau apapun, jadi nggak ada bau wangi yang mengganggu, aku lebih suka bedak seperti ini. 


How to Use


Biasanya aku gunakan produk ini di atas sunscreen, ini bantu banget kurangi minyak, apalagi kalau sunscreennya yang agak becek dan bikin wajah minyakan. Cara pakainya mudah, kayak bedakan biasa, tinggal tepuk-tepuk menggunakan puffnya secara merata ke seluruh wajah. Sementara untuk penggunaan bareng makeup aku lebih suka mengaplikasikan produk ini menggunakan brush. 


My Experience


Pertama kali cobain produk ini aku sangat terkesan dengan teksturnya yang super lembut dan secara otomatis bikin kulit terasa halus, matte tapi nggak kaku & ada blurr effect yang mana ini bikin tekstur kulit seolah-olah jadi lebih baik. 



Efeknya mengontrol minyak juga sangat bagus! Aku pernah coba pakai ini ke acara ulang tahun saudaraku mulai pukul 10 pagi hingga jam 4 sore yang artinya selama 6 jam, kulit tampak masih halus dan minyak masih terkontrol. Nggak sepenuhnya hilang sih, karena aku juga berkeringat, tapi lebih baik kondisinya daripada nggak pakai setting powder. 


Bagaimana efeknya untuk jerawat? Jujur ini bisa bikin bruntusan cepet kering. Kebetulan di bawah bibirku lagi ada iritasi dan bruntusan, ketika aku pakai produk ini malah cepat kering & sembuh. 


Aku juga sudah mencoba pakai produk ini setiap hari selama 5 hari berturut-turut dan hasilnya no bad effects, nggak nimbulin jerawat baru di kulitku yang acne-prone. 


SEA Makeup - Browshow Eyebrow Trio Kit



Product's Information 

Name: Browshow Eyebrow Trio Kit

Brand: SEA Makeup

Origin: Indonesia 

Size: Pencil 0,2gr Browcara 1ml

BPOM No: NKIT210001680

PAO: 12M

Price: Rp. 54.000


Ini adalah 3in1 Eyebrow Product (Pencil + Spoolie + Browcara). Menurutku ini super praktis, apalagi kalau kita membawanya saat bepergian, nggak perlu lagi bawa produk terpisah. 


Tersedia dalam 2 warna, yaitu Dark Brown dan Grey Brown yang menurutku keduanya ini cocok untuk warna kulit dan rambut orang Indonesia. Dark Brown cocok buat mereka yang rambutnya kecoklatan atau memang diwarnai, sementara Grey Brown cocok buat yang rambutnya hitam. Punyaku warna Grey Brown yang menurutku ini warnanya lebih cenderung ke grey-nya, beda dengan shade grey brown Korean brand yang biasa aku beli. 



Kemasannya berwarna sama seperti setting powder nya tadi, warna pastel yang pucat dengan tulisan tercetak warna putih. Di satu sisi terdapat pensil alisnya dengan bagian ujung segitiga, aku suka banget pensil alis dengan ujung seperti ini karena lebih memudahkan saat menggambar alis and trust me even kamu pemula dalam dunia per-alis-an penggunaan pensil alis model ini bakal mempermudah. Di sisi satunya terdapat spoolie atau sikat alis, ini model ujungnya runcing trus bulunya halus & sama sekali nggak sakit saat dipakai. Di bawah spoolie terdapat Browcara dengan aplikator berbulu pendek. 



Pensil alisnya enak, dia nggak terlalu soft juga nggak hard, jadi pas gitu. Warna yang dihasilkan juga nggak terlalu pigmented sehingga menghasilkan warna yang natural, kalian nggak perlu khawatir lagi kalau alisnya bakal ngeblock banget kayak alis Sinchan, hehe. 


Aku biasanya pakai produk ini dengan cara:


  1. Gambar bingkai terlebih dahulu menggunakan pencil alis. 

  2. Lalu, sikat menggunakan spoolie. Jika bagian tengah masih ada yang kosong isi lagi dengan pensil alis. Untuk mengisi ini nggak perlu melakukan penekanan, jadi tipis-pipis aja. 

  3. Kemudian rapikan dengan Browcara. Selain bikin lebih rapi, ini juga bikin alis stay in place, tahan lebih lama dan tidak mudah luntur. 




Klaimnya produk ini sweatproof & long lasting hingga 12 jam. Benar saja, aku telah mencoba menggunakan produk ini untuk sehari-hari, kadang panas-panasan buat jemur baju dia tetap bagus! Ketika berkeringat nggak luntur, juga nggak bikin tambah tebal. Untuk ketahanannya apakah benar bisa up to 12 hours? Sejauh ini aku belum ngetes hingga 12 jam karena keburu mandi, hehe paling lama 8 jam dan itu kondisinya dia masih bagus banget, sampai sayang buat menghapusnya. Oh iya ini hapusnya gampang kok, aku biasanya cuma pakai cleansing oil or balm barengan bersihin wajah. 


Conclusion


Menurutku 2 produk SEA Makeup yang aku cobain keduanya bagus & wajib kalian pertimbangkan untuk cobain juga apalagi kalau kalian pemilik acne-prone skin. Meskipun demikian, kalian yang punya kulit normal tetep bisa pakai kok, karena sebenarnya ini bisa buat all-skin-types hanya saja yang berjerawat bisa dengan aman dan tak perlu khawatir jerawatnya bakal tambah parah saat menggunakannya. 


Dengan harga keduanya yang under 100k ini benar-benar worth it! Karena kualitas yang di dapat menurutku bagus. Aku nggak ada komplain dengan keduanya, awalnya sempat kecewa dengan warna Browshow karena terlalu abu-abu, tapi ternyata hasilnya tetap bagus dan natural di alisku. 


Untuk klaimnya, yes aku aku telah membuktikan keduanya bekerja sesuai klaim! Mulai dari menahan minyak, bikin kulit halus, bantu atasi jerawat untuk setting powder nya dan sweatproof + tahan lama untuk Browshow. 


Bakal repurchase nggak? Untuk Browshow yes! Aku pengen cobain warna Dark Brown, sementara setting powdernya ini bakal awet, nggak yakin bisa menghabiskannya dalam 1 tahun. 


Where to buy? 


Kalian bisa mendapatkan produk SEA Makeup di Shopee



Comments

  1. Ah mupeng bangettt ihhh. Aku pikir ini dari koreya kemasannya soalnya beti" bgt bagusss huhu. Jd mau coba 🥲

    ReplyDelete
  2. Blur effectnya mantap banget, suka juga sama konsepnya "makeup for acne skin", apalagi harganya terjangkau :)

    ReplyDelete
  3. OMG aku keracunan sama setting powdernya huaaa. Kok bisa murce bgt siiih mana packagingnya aesthetic sleek. Baru tau brand ini dan pas tau originnya Indo lgsg kepo. Aaa mo check out nih. Btw setuju Kak, jerawat apa2 make up yg disalahin. Dulu pernah jg jaman jerawatan parah di-salty-in org kalo jerawatan jgn pake make up. Tp kalo bare faced jerawatnya dikomentarin :( Suka deh sama konsep make up yg acne-prone skin friendly kayak gini. Nice review!

    ReplyDelete
  4. Wihi brand baru ni aku barutau! Clean & sleek & simple banget kemasannya.

    ReplyDelete
  5. aku seneng nih ada setting powder khusus untuk kulit berjerawat. kadang suka waswas gitu yaaa takut jerawat makin parah

    ReplyDelete
  6. sukaa sama konsepnya! setuju sih kebanyakan make up disalahin, padahal bisa aja cleansingnya kurang bersih 🥲

    tertarik banget sama eyebrownyaa!! ada browcara sama pensil biasa jadi lebih praktis, mana harganya cukup affordable ya 🥺

    ReplyDelete