Review Teratu Weightless Oil Free Gel Moisturizer, Pelembap Paling Nyaman untuk Kulit Berminyak

Thursday, August 18, 2022



Sebagai pemilik kulit yang cenderung berminyak tidak mudah bagiku menemukan pelembap yang benar-benar nyaman di kulit. Bahkan dulu aku pernah berfikir kalau kulitku sudah berminyak jadi aku tidak butuh pelembap, hehe jangan ditiru ya pemikiran macam ini. Saat itu aku merasa penggunaan pelembap justru membuat kulitku semakin berminyak, ditambah jaman dulu produk perawatan kulit masih terbatas tidak seperti sekarang yang sangat banyak pilihannya. Ada banyak jenis pelambap bisa kita jumpai dipasaran dan fungsinya tidak melulu cuma buat melembapkan, ada yang buat memperkuat skin barrier,  menenangkan kulit, dll. Jenis dan teksturnya pun juga sangat beragam, mulai yang paling thick bentuk balm,  hingga yang ringan berbentuk gel. Lalu, pelembap yang seperti apa sih yang paling nyaman untuk kulit berminyak? Selama kurang lebih 5 tahun aku explore coba aneka jenis pelembap, bagiku pelembap berbentuk gel yang paling nyaman, tapi sayang beberapa pelembap jenis ini sifatnya hanya humektan yang bekerja menarik kelembapan dari luar ke dalam kulit, trus untuk kulitku ini kayak langsung menguap setelah terserap atau efek lembapnya sementara. 


Beberapa waktu yang lalu aku berkesempatan untuk mencoba produk terbaru dari Teratu, yaitu Weightless Oil Free Gel Moisturizer. Sebelum bahas produknya lebih lanjut,  mari kenalan dulu dengan brand ini. Mungkin banyak diantara kalian yang belum tahu, Teratu ini punya beauty vlogger Alifah Ratu yang mana produk-produknya memang  difokuskan untuk pemilik acne-prone & sensitive skin sesuai dengan permasalahan kulit yang dia punya. Aku ngikutin pas dia lagi breakout dan itu bener-bener butuh perjuangan, aku pernah breakout parah jadi tahu gimana rasanya.


Teratu -  Weightless Oil Free Gel Moisturizer 

 


Product's Information 


Name : Weightless Oil Free Gel Moisturizer 

Brand : Teratu Beauty 

Volume : 20 ml

No. BPOM : NA18220103517

Price : Rp. 85.000


Dari namanya saja sudah ketahuan kalau ini adalah produk pelembap kulit berbentuk gel ringan yang diformulasikan oil free atau tanpa kandungan minyak. Nah, biasanya kandungan minyak dalam pelembap nih yang kadang bikin kulit malah terasa berminyak ketika memakainya. Beberapa ahli dermatologi mengatakan kalau kandungan oil dalam pelembap itu memang  lebih direkomendasikan untuk pemilik  kulit kering, sensitif atau yang punya eczema. 


Teratu Weightless Oil Free Gel Moisturizer ini selain diformulasikan bebas minyak juga bebas alkohol, paraben, pewarna dan pewangi buatan. Produk ini juga aman untuk digunakan ibu hamil dan menyusui. All skin-types bisa pakai dan berusia 16 tahun keatas. 


Main Ingredients


  • 2 Peptides (Palmitoyl Tripeptide-1 & Palmitoyl Tetrapeptide-7) : Duo Peptides ini menstimulasi pembentukan kolagen pada kulit yang membantu menyamarkan garis halus dan kerutan, serta mengatasi kemerahan atau anti-inflamasi. Selain itu juga membuat kulit lebih kencang dan plumpy. 

  • Hyaluronic Acid : membantu menghidrasi kulit dengan cara mengikat molekul air sehingga kelembapan kulit akan meningkat. 

  • Centella Asiatica Extract, Green Tea Extract & Aloe Vera Extract : merupakan Soothing Agents yang membantu meredakan kemerahan, inflamasi, mempercepat penyembuhan bekas jerawat, garis halus, sunburn, dll. 

  • Ceramide & Cholesterol : merawat dan memperbaiki skin barrier. 



Full Ingredients 


Aqua, Glycerin, Aloe Barbadensis Leaf, Propanediol, Betaine, Propylene Glycol, Butylene Glycol, Hyaluronic Acid, Camellia Sintesis (Leaf) Extract, Palmitoyl Tripeptide-1, Palmitoyl Tripeptide-7, Ceramide-3, Centella Asiatica Leaf Extract, Allantoin, Hydrogenated Lecithin, Cholesterol, Caprylic/ Capric Triglyceride, Deoxyphytantriyl Palmitate MEA, Ethylhexylglycerin, Polyacrylic Acid, Phenoxyethanol, Diazolidinyl Urea, Sodium Benzoate, Triethanolamine, Disodium EDTA, Carbomer, Polysorbate 20, Cyclohexane


Packaging


Dikemas dalam botol pump berbahan kaca warna frosted white. Aku suka pelembap dengan kemasan seperti ini dibandingkan kemasan  jar karena menurutku lebih higienis, hanya saja kekurangannya agak sulit buat ngambil produknya ketika sisa sedikit. Oh iya, awalnya juga pump produk ini bekerja dengan baik, hingga akhirnya pada hari ke 5 tiba-tiba macet, aku sudah coba pencet-pencet tetep nggak bisa keluar dan akhirnya untuk mengambil produknya aku buka pumpnya.


Berukuran 20ml, tidak terlalu banyak seperti tipikal produk lokal yang ukurannya rata-rata memang kecil, tapi meskipun kecil ini cukup untuk 1 bulan pemakaian 2x sehari. 



Kemasan luarnya berbentuk box berbahan kertas, disegel dengan plastik juga. Informasi yang tercetak pada kemasan cukup lengkap, mulai dari komposisi, cara pemakaian, no bpom, dll.


Trus, 1 hal yang aku kurang suka dari kemasannya tuh karena tulisan yang tercetak di botol warnanya putih, jadi kurang bisa tertangkap kamera dengan natural lighting karena botolnya sendiri warna frosted white. 


Texture & Scent 


Teksturnya gel, bening dan sangat ringan. Ketika diratakan terasa kayak leleh jadi water drops, ini memberikan sensasi yang menyegarkan. Tidak ada kesan lengket sama sekali, setelah diratakan kulit tampak sedikit basah, tapi ketika terserap seluruhnya kulit jadi terasa lebih halus dan terlihat kenyal.



Nyaris tidak berbau, klaimnya bebas pewangi buatan jadi sangat cocok buat kalian yang sensitif terhadap wewangian dalam skincare entah itu artificial fragrance maupun tambahan wangi dari essential oils.


How to Use


Aku gunakan Teratu Weightless Oil Free Gel Moisturizer ini di pagi dan malam hari. Untuk pagi hari aku gunakan sebelum sunscreen, sementara di malam hari pada step terakhir skincare routine. Cukup 1-2 pumps untuk seluruh wajah dan leher. Ratakan dan pijat dengan lembut, kemudian tunggu hingga terserap baru tambahkan skincare lainnya, sunscreen atau sleeping mask. 



My Experience & the Results 


Pertama kali coba Teratu Weightless Oil Free Gel Moisturizer aku tidak mengira kalau produk ini tuh gabungan antara humektan, emollient dan occlusive sekaligus, aku kira dia bakal kayak pelembap lain berbentuk gel yang bakal humektan saja. Jujur, waktu ratain gelnya aku langsung punya good feeling, rasanya tuh beda! Dia ringan tapi masih ada bobotnya, eh gimana ya menjelaskannya, hahaha pakai bahasaku aja ya semoga bisa dimengerti. Ringan tapi bukan tipe yang cepat terserap trus hilang nggak ninggal efek lembap. Ini tuh beneran ninggal efek lembap tapi terasa ringan kayak nggak pakai apa-apa, trus ada thin layer yang awalnya aku kira ini bakal terasa silicony kemudian bakal pilling kalau ditimpa sunscreen, lagi-lagi aku salah! Nggak pilling sama sekali. Jadi memang produk ini sifatnya gabungan antara humektan, emollient dan occlusive. 


Sebelum pakai Teratu Weightless Oil Free Gel kondisi kulitku sedang ada kemerahan, beberapa jerawat, bengkak bakal jerawat, pori-pori besar, berminyak & ada beberapa bagian yang kering. Oh iya selain pemilik combination to oily skin, kulitku juga sensitif dan mudah berjerawat. 


Setelah 3 minggu pemakaian aku merasa kulitku lebih seimbang air dan minyaknya, lembapnya pas dan terhidrasi dengan sangat baik, ini bisa terlihat pada pori-poriku yang kayak mengecil padahal ini adalah efek hidrasi. Kemerahan berkurang dan percaya atau tidak, kulit bengkak dengan cikal bakal jerawat di dalamnya tidak jadi muncul, padahal berhari-hari sudah terasa nyeri, ehh dia lenyap. Aku rasa soothing agents di dalam produk ini yang ambil andil. Kulit terasa lebih halus, plumpy dan teksturnya kayak lebih baik. 



Ketika dipakai pada kulit yang kebetulan sedan iritasi dan berjerawat ini sama sekali tidak menimbulkan bad reactions seperti rasa cekit-cekit atau perih, formulanya benar-benar gentle dan sangat aman untuk kulitku yang sensitif. Selama memakai produk ini aku juga memperhatikan kulitku jadi jarang bermasalah, yang mana biasanya ada 1 atau 2 jerawat muncul ini nggak ada jerawat baru dalam 3 minggu. 


Conclusions 


Overall I really love this moisturizer! Auto masuk urutan teratas basic moisturizer ku. Kelembapan dan hidrasi yang diberikan benar-benar pas untuk kulitku, trus Teratu Weightless Oil Free Gel ini juga bantu banget atasi kemerahan yang mana merupakan permasalahan yang paling sering aku hadapi. 


Sebelum tahu harganya aku sudah berfikir kalau ini bakal sekitar 100 ribu keatas, ehh ternyata harganya nggak sampai 100 ribu! Bakal repurchase kalau sudah habis. Satu pengalaman yang kurang menyenangkan dengan produk ini adalah permasalahan pumpnya yang rusak, tapi ini nggak mempengaruhi kualitas produk di dalamnya sih. 


Where to buy 


Kalian bisa beli Teratu Weightless Oil Free Gel dan produk Teratu lainnya di Shopee, TikTok Shop & LazMall. Update info terbaru tentang Teratu Beauty dengan follow Instagram mereka teratubeauty



Comments

  1. Mantap yah hasilnya buat kulit kemerahan pas banget butuh yg kaya gini juga. Semakin penasaran sama brand teratu jadinya

    ReplyDelete
  2. Pas lihat hasilnya bagus ya, kemerahan jauh lebih berkurang. Jd pingin beli jg. Kemasannya juga bagus simple tp kelihatan mewah

    ReplyDelete
  3. Aku meskipun kulitnya cenderung kering, suka juga pakai ini apalagi buat pemakaian pada pagi hari.

    ReplyDelete
  4. pada bilang banget pelembab ini bagus yah.. jadi penasaran mau coba. So far baru coba bedak teratu dan baguuus!

    ReplyDelete
  5. aku suka liat progressnyaa! tadinya iritasi trus kayak jerawat mau muncul gitu ya? pas mau penyembuhan sempet keluar putih-putihnya atau pelan-pelan kempes trus kemerahannya berkurang?

    ReplyDelete
  6. Kulitmu kelihatan jadi lebih kalem dan halus banget mbak, suka banget liat progressnya. Aku jadi penasaran sama performanya kalo di kulitku nih. Masukin list dulu ah

    ReplyDelete
  7. Sempet cobain body care sama make up Teratu, so far yang cocok di aku baru make upnya. Tapi tetep kepo sama produk skincare mereka yg lain hihi. Pelembap ini kayaknya ok buat perkuat skin barrier ya kak :D

    ReplyDelete