Review Sun Hero Sun Protect Cushion & Sun Re-Blur Translucent Powder, Rahasia Tetap Cantik di Bawah Sinar Matahari

Saturday, January 14, 2023



Tetap cantik di bawah sinar matahari, memangnya bisa? Kalian pasti pernah melihat atau mungkin mengalami sendiri di bawah sinar matahari makeup luntur, sunscreen white cast jadi abu-abu yang tentunya ini menjadikan tampilan wajah kurang menarik. Trus, masih ditambah ribet harus touch up sunscreen 2 jam sekali dengan keadaan wajah udah pakai full makeup. Tenang, sekarang ada kok produk hybrid make up sekaligus skincare, jadi selain sebagai makeup punya manfaat juga untuk kulit, dan yang akan aku bahas kali ini produknya sekaligus memberikan perlindungan terhadap pengaruh buruk sinar matahari. Wow! Komplit bukan? Sun Hero, a new brand yang berfokus pada produk perlindungan dari pengaruh buruk sinar matahari. Diformulasikan tanpa alkohol, jadi sangat aman bagi kalian yang sensitif terhadap kandungan ini, trus juga mengandung ingredients yang efektif untuk melawan radikal bebas, polusi, menahan minyak serta merawat skin barrier. Produknya cocok untuk semua jenis kulit bahkan yang sensitif sekalipun yang mudah iritasi ketika terkena sinar matahari. Saat ini Sun Hero punya 2 produk, yaitu Sun Protect Cushion dan Sun Re-Blur Translucent Powder. 


Sun Hero - Sun Protect Cushion 



Product's Information :

Name: Sun Protect Cushion 

Brand: Sun Hero

Origin: Indonesia 

Volume: 15ml 

BPOM: NA18220300490 (Clear), NA11220300213 (Light), NA11220300214 (Cashew), NA11220300215 (Beige). 

Price: Rp. 128.000


Merupakan 2in1 product, makeup + sunscreen! Memiliki full coverage yang klaimnya one swipe cover! Dengan SPF 35 PA+++ untuk melindungi kulit dari sinar matahari dan skincare infused untuk merawat kulit. Selain itu juga memiliki kemampuan oil control dan menyamarkan pori-pori sehingga membuat tampilan makeup lebih flawless dan tahan lama. 


Main Ingredients 


  • UV Filters : Ethylhexyl Methoxycinnamate, Octocrylene (chemical), Zinc Oxide (physical). 

  • Vitamin C : Sebagai antioksidan, membantu mencerahkan, meningkatkan fungsi sunscreen dan membantu mengurangi hiperpigmentasi. 

  • White Pansy Extract : Antioksidan yang kuat membantu proses regenerasi kulit, menenangkan, melembapkan dan sangat cocok untuk kulit yang rentan berjerawat, sensitif, eksim & psoriasis. 

  • Multibiome : Mengurangi kemerahan pada kulit dan menyeimbangkan pertumbuhan bakteri pada kulit. 


Saat ini Sun Hero Sun Protect Cushion tersedia dalam 4 pilihan warna, yaitu Clear, Light, Beige & Cashew. Produk ini sudah terdaftar BPOM, bebas dari kandungan alkohol, pewangi dan essential oil. 


Packaging & Applicator


Kemasan seperti cushion pada umumnya, compact berbentuk bulat, lengkap dengan cermin dan aplikator di dalamnya. Desainnya fancy, warna kuning ngejreng tapi simple. Bahan case-nya plastik tebal dengan permukaan matte sehingga nggak mudah kotor karena fingerprint yang menempel dan terlihat banget seperti pada produk yang bahannya glossy. 



Membuka bagian case-nya kalian akan langsung melihat air-puff di bagian atas. Air-puff nya berwarna putih + beige dengan bagian pita pegangannya warna kuning bertuliskan Sun Hero. Bahan air-puff nya agak tebal, empuk dan permukaannya halus. Ini seperti puff kebanyakan cushion, cukup enak sih sebenarnya tapi aku lebih suka yang permukaannya kayak velvet gitu, enak buat ratain dan lebih hemat karena nggak banyak menyerap produk. Membuka bagian cushion-nya ada segel bertuliskan "you look so pretty in the sun" sesuai banget dengan konsep produknya. 




Box terluarnya sama warna kuning dengan desain serupa. Bahan boxnya kertas glossy dengan informasi yang cukup lengkap tercetak di atasnya. Mulai dari fungsi, cara pakai, peringatan hingga kandungan. Oh iya shade produk tertera di bagian depan box, biasanya sering aku temui ada di sisi bagian penutup or bagian bawah. 



Texture & Scent 


Untuk yang berwarna teksturnya creamy dan cenderung agak cair, effortless waktu diambil pakai air-puff nya, jadi nggak perlu terlalu menekan bantalannya cairan sudah langsung nempel ke air-puff, padahal beberapa cushion yang pernah aku pakai perlu sedikit menekan ketika masih baru untuk mengambil cairannya. Sementara untuk yang clear ini lebih cair lagi dan ketika aku coba colek pakai jari agak berminyak, tapi ini kesan minyakannya cuma sementara selanjutnya terasa velvety gitu. 


Karena ini tidak mengandung pewangi tambahan entah itu dari artificial maupun essential oil jadi bener-bener nggak berbau. Kalian yang sensitif sama bau bakal menyukainya. 



Shade, Coverage & Finish


Berikut aku coba swatch ke 3 warnanya secara bersamaan di wajahku supaya kalian bisa tahu bedanya dan melihat mana yang paling pas untuk warna kulitku. Oh iya kulitku tuh warnanya nggak rata, antara medium ke medium to light tapi undertone nya kuning. 


Jika kalian lihat pada foto di bawah ini sebenarnya ke 3 warnanya masuk untuk kulitku. Warna light bisa untuk bagian paling cerah dan bagian paling gelap cocok pakai yang beige. Jadi bagusnya kalau di mix aja ya pakainya hehe. Tapi aku akan coba 1 per 1 dan tunjukin bedanya. Oh iya awalnya aku kira warna cashew bakal jadi yang paling gelap, tapi ternyata tampak sedikit lebih terang dibanding beige. 



Pada foto di bawah aku coba pakai full face setiap warnanya, termasuk juga yang clear. Foto diambil outdoor, di depan rumahku pada hari yang berbeda sehingga cuacanya juga berbeda dan membuat warna kulitnya berbeda juga. Ada yang tampak kuning banget karena saat itu cuacanya sangat panas, ada pula yang kesannya cool karena lagi mendung, tapi di sini tetep terlihat bedanya tiap shade pada kulitku.



Clear karena tidak ada coverage tampak kemerahan dan bekas jerawat di wajahku, tapi di sini kulitku terkesan lebih halus dan glowing dibanding sebelum pakai, nanti akan aku kasih foto bedanya. Menggunakan warna light terlihat terlalu putih, kayak dempulan, tapi di sini kelihatan kan coveragenya bagus! Kemerahan dan bekas jerawat tertutup, kulit juga tampak lebih halus. Beige kelihatan bagus, kayak warna kulit asliku, kelihatan warnanya sama dengan leherku. Cashew ini juga sama kayak kulit asliku, like my skin but better coverage. Cashew terlihat lebih kuning karena cuacanya, sebenarnya ini nggak kayak gitu malah dibanding beige yang paling menyatu dengan warna kulitku yang Cashew.


Coverage Sun Hero Sun Protect Cushion ini menurutku medium to full yang build able. Aku pribadi untuk sehari-hari kalau nggak kemana-mana bakal pakai tipis saja untuk menghasilkan medium coverage, sementara kalau mau keluar baru aku tambah lagi buat dapetin full coverage. 


Produk ini nggak cepet ngeset makanya aku bilang build able sehingga bisa kita timpa lagi buat mendapatkan coverage yang diinginkan. Untuk finishnya tergantung base skincare sebelumnya yang kita pakai. Kadang aku skip moisturizer karena cushion ini sendiri menurutku sudah cukup lembap untuk kulit combination to oily ku. Tanpa moisturizer hasilnya semi-matte finish, sementara kalau aku pakai moisturizer yang sifatnya emollient ini hasilnya jadi dewy. 


How to Use 


Dengan menggunakan aplikator tekan spons pada bantalan cushion untuk mengangkat produk, lalu aplikasikan dengan cara menepuk-nepuk wajah secara lembut. Gunakan secara merata pada bagian wajah dan leher hingga mendapatkan coverage sesuai yang diinginkan. Untuk pengaplikasian ulang cushion, lakukan langkah yang sama di atas riasan anda secara berkala.


Performance 


Pertama aku cobain yang clear, awalnya setelah diaplikasikan kulitku tampak basah gitu, bisa kalian lihat pada foto di bawah. Sempat takut kalau ini bakal bikin kulitku tambah minyakan tapi ternyata setelah beberapa saat sudah nge-set gitu jadinya semi matte, trus tampak sedikit glowing, tidak minyakan, ini aku buktikan dengan gosokkan langsung face paper ke wajah. 


Setelah 2 jam bisa kalian lihat tampilan kulitku malahan lebih bagus dibanding sebelum pakai. Nggak ada minyak berlebih, itu bagian jidat tampak glowing tapi bukan minyakan yaa! 


Pedih di mata nggak? Setelah berkeringat karena memang aku tes buat panas-panasan ini nggak bikin mata terasa pedih. Trus, rasanya tuh ringan banget kayak nggak pakai lapisan apa-apa di kulit. Efek lembapnya juga oke, ini aku skip moisturizer dan yang terpenting nggak menimbulkan jerawat di kulit acne-prone ku. 



Selanjutnya aku coba yang ada warnanya, ini aku pilih salah 1 aja yang Cashew. Pada foto di bawah aku tidak pakai moisturizer, itu basenya serum aja dan hasil finishnya jadi semi-matte. Sama seperti yang clear, ini nggak bikin pedih di mata ketika berkeringat, nggak banyak transfer juga di masker, no crack or cakey, bener-bener glides smoothly dan bikin tampilan kulit lebih bagus.


Setelah 2 jam coverage masih ada yang artinya ini nggak luntur, trus nggak bikin minyakan dan oksidasi yang bikin kulit jadi abu-abu. Di kulitku ini juga aman meskipun aku pakai setiap hari tidak bikin breakout. 



Sun Hero - Sun Re-Blur Translucent Powder 



Product's Information :

Name: Sun Re-Blur Translucent Powder 

Brand: Sun Hero

Origin: Indonesia 

Volume: 11gr

BPOM: NA18220400207 

Price: Rp. 78.000


Bedak dengan kandungan sunscreen mungkin sudah biasa ya? Nah, ini sunscreen tapi bentuknya bedak tabur! Dengan SPF 30 PA++ membantu memberikan perlindungan ekstra dari pengaruh buruk sinar matahari, mengontrol minyak berlebih, membuat pori-pori tampak lebih kecil dan yang terpenting bisa digunakan untuk reapply tanpa merusak makeup. 


Main Ingredients 


  • Bamboo Stem Extract : Melembabkan kulit wajah, mencegah timbulnya jerawat, UV protection

  • Zinc PCA : Anti inflamasi, mengurangi produksi seb & mencegah penuaan

  • Hyaluronic Acid : Meningkatkan kelembapan kulit, meredakan kemerahan dan jerawat, mencegah kering dan iritasi. 


Packaging & Applicator 


Kemasannya lucu, aplikatornya menyatu gitu nggak terpisah. Ini lebih praktis karena nggak perlu takut aplikatornya hilang, tinggal tepuk-tepuk aja ke wajah pakainya. Ukurannya juga kecil sehingga nggak makan tempat kalau mau dibawa bepergian. 



Desain kemasannya serupa seperti Sun Hero Sun Protect Cushion, serba kuning fancy! Bahan kemasannya plastik tebal + terdapat kaca di bagian atas tutupnya. Aplikatornya sponge tebal dan empuk, enak banget buat tepuk-tepuk dan ratain bedaknya. 


Box luarnya masih sama juga, kertas glossy warna kuning dengan informasi tercetak warna hitam. Informasinya juga terbilang basic, isinya sama kayak si cushion tadi. 



Texture & Scent 


Teksturnya super halus karena partikel powdernya mikro. Ketika disentuh pakai jari trus aku gosok gitu terasa velvety. Sementara untuk baunya ini juga nggak ada karena memang tanpa fragrance, nggak ada bau apek juga kok tenang saja. 



Shade, Coverage & Finish 


Ini translucent yaa, jadi nggak berwarna sehingga tidak memberikan coverage juga. Finishnya velvety, smooth dan ngasih blurr effect sehingga tampilan kulit tampak lebih mulus dan pori-pori seolah mengecil. 



How to Use 


Ratakan bedak dengan di tepuk-tepuk secara merata ke seluruh area wajah pada tahap terakhir rangkaian skincare / makeup. Reapply setiap 2 jam sekali untuk mendapatkan perlindungan maksimal. 


Performance 


Biasanya produk ini aku pakai setelah sunscreen atau setelah makeup. Di kulitku ini bekerja kayak sebum powder yang bener-bener bantu mengurangi minyak berlebih dan menjadikan wajah bebas kilap.


Pada foto di bawah sebelumnya ini aku pakai cushion yang clear. Karena sudah ngeset jadi kesan basahnya sudah hilang. Klaimnya no white cast tapi ini ketika baru banget diaplikasikan ada kesan sedikit putih yang perlahan menghilang. Di sini freshly applied sudah kelihatan banget kan minyak dan kilap di wajahku langsung hilang. Wajah terlihat lebih halus dan ada blurr effect. 


Setelah 2 jam, kondisi kulit masih tetap sama, tidak ada minyak berlebihan dan efek blurr nya masih sedikit terlihat. 



Conclusions 


Overall ke 2 produk Sun Hero yang aku coba tidak ada yang gagal. Keduanya bagus bekerja sangat baik, apalagi jika dipakai keduanya, kayak saling melengkapi tapi meskipun begitu kalau kalian mau pakai salah satunya juga nggak masalah. Aku pribadi bakal repurchase cushionnya sih, karena menurutku bagus! Coverage oke, ringan, finish cakep + udah auto terlindungi. Sementara bedaknya bakal lama sih ini habisnya karena pakainya dikit aja udah cukup. 


Aku berharap kedepannya Sun Hero menambah produknya lagi, misal sunscreen biasa gitu yang kemasan tube biar agak banyakan isinya hehe. 


Where to buy 


Kalian bisa beli produk Sun Hero di official shopee mereka sunhero.id


Comments