Review BASE Ultra Matte Natural Sunscreen SPF 50 PA+++, Perlindungan Nyaman untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Wednesday, May 24, 2023



Sampai saat ini apakah ada yang masih kesulitan dalam mencari sunscreen yang sesuai dengan jenis kulitnya? Kalau iya, sini toss dulu! Meskipun sudah mencoba belasan atau bahkan puluhan sunscreen jujur aku kadang masih kesulitan buat mencari sunscreen yang pas buat jenis dan masalah kulitku. Kenapa nggak pakai yang sebelumnya sudah cocok saja? Jiwa penasaranku tidak bisa berhenti di situ saja, selalu pengen cobain yang baru karena siapa tahu bakal menemukan yang lebih bagus? 


Beberapa waktu belakangan ini aku lagi eyeing sunscreen dari Base karena mereka punya 2 pilihan yang bisa disesuaikan dengan jenis kulit kita, yaitu Base Ultra Matte Natural Sunscreen SPF 50 PA+++ yang merupakan sunscreen untuk kulit berminyak, kombinasi dan sensitif, trus yang satunya Base Ultra Soothe Natural Sunscreen SPF 50 PA+++ adalah sunscreen untuk kulit kering, sensitif dan dehidrasi. Kalau punya pilihan gini jadi lumayan memudahkan ya? Tapi aku masih bingung nih pilih yang mana? Karena kulit ku kombinasi, sensitif dan kadang juga dehidrasi. Akhirnya aku cobain SmartSkin Test di website mereka  supaya lebih yakin gitu mana yang paling pas buat kulitku. 


Sedikit mengenai Base, mereka ini adalah skincare vegan local brand yang didirikan pada 2019. Dengan SmartSkin Test yang mereka sediakan kalian bisa mendapatkan produk perawatan kulit yang tepat. Produk Base 100% Vegan, Cruelty free, telah terdaftar BPOM, aman buat ibu hamil dan menyusui serta aman untuk anak dan remaja. Kebetulan saat ini aku sedang menyusui jadi nggak ragu buat cobain produk Base. 



Setelah melakukan SmartSkin Tes ternyata untuk kulitku lebih disarankan pakai Base Ultra Matte Natural Sunscreen SPF 50 PA+++. Ngomong-ngomong SmartSkin Test mereka ini keren banget, simple dan gampang pertanyaannya, meliputi persoalan masalah kulit hingga gaya hidup. Nah, setelah isi semua kalian bakal dapet hasil tentang kulit, kandungan apa yang cocok hingga rekomendasi produk.


Base Ultra Matte Natural Sunscreen SPF 50 PA+++



Base Ultra Matte Natural Sunscreen SPF 50 PA+++ adalah sunscreen vegan yang diformulasikan untuk kulit berminyak, kombinasi, acne-prone dan sensitif. Termasuk hybrid sunscreen yaitu memiliki 2 kandungan perlindungan, perpaduan physical dan chemical sunscreen. Memiliki tekstur ringan, tanpa whitecast dan cocok untuk iklim tropis. 


Selain melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar matahari UVA dan UVB, produk ini juga punya perlindungan dari Blue Light atau HEV. Blue Light itu apa ya? Blue Light adalah sinar biru yang dipancarkan oleh perangkat digital, contohnya Handphone yang hampir setiap saat menemani kita. Apa sih efek buruk dari Blue Light? Ini berpengaruh banget pada hiperpigmentasi dan penuaan. 


Beberapa keunggulan lainnya dari produk ini yaitu memiliki manfaat sebagai Anti-pollution, Anti-photoaging, anti-irritant serta bekerja sebagai skin barrier & sebum regulator sekaligus menenangkan kulit. Komplit banget kan? Sounds great buat yang kulitnya sensitif sepertiku. 


Main Ingredients 


  • Carotolino® : Minyak biji wortel dan akar wortel yang efektif melindungi kulit dari Blue Light. 

  • Ectoin® : Asam amino yang efektif mencegah penuaan kulit dan menghentikan kerusakan sel akibat polusi. 

  • Seboxyl® : Kombinasi daun Blackcurrant & Raspberry membantu mengontrol sebum, mencegah pembentukan komedo serta dapat meredakan peradangan akibat jerawat. 

  • Bisabolol : Sebagai anti iritasi & berperan sebagai perlindungan ekstra dari paparan sinar UV. 


Full Ingredients 


Aqua, Dicaprylyl Carbonate, Nylon 6/12, Octocrylene, Phenylbenzimidazole Sulfonic Acid, Diethylamino Hydroxybenzoyl Hexyl Benzoate, Zinc Oxide, Cetearyl Alcohol, Glyceryl Monostearate, Bis-Ethylhexyloxyphenol Methoxyphenyl Triazine, Acrylates/C12-22 Alkyl Methacrylate Copolymer, Aminomethyl Propanol, Aluminum Starch Octenylsuccinate, C15-19 Alkane, Hydroxyethyl Acrylate/Sodium Acryloyldimethyl Taurate Copolymer, Glycerin, Rubus idaeus (raspberry) leaf extract, Ribes nigrum (blackcurrant) leaf extract, Tocopheryl Acetate, Ceteth-10 Phosphate, Dicetyl Phosphate, Hydroxyacetophenone, Canola Oil, Argania Spinosa Kernel Oil, Arginine, Coco-Glucoside, Disodium EDTA, Ectoin, Ethylhexylglycerin, Disodium Lauryl Sulfosuccinate, Sodium Dilauramidoglutamide Lysine, Daucus Carota Sativa Seed Oil, Bisabolol, Magnesium Chloride, Beta-Carotene, Daucus Carota Sativa Root Extract, Helianthus Annuus Seed Oil, Sorbic Acid, Phenoxyethanol, BHT.


Dari full ingredients di atas bisa kita ketahui bahwa Base Ultra Matte Natural Sunscreen SPF 50 PA+++ ini bebas dari kandungan Alcohol, Fragrance serta Essential Oil. Bisa diketahui juga bahwa kandungan physical sunscreennya adalah Zinc Oxide dan kandungan Chemicalnya ada Octocrylene, Phenylbenzimidazole Sulfonic Acid, Diethylamino Hydroxybenzoyl Hexyl Benzoate & Bis-Ethylhexyloxyphenol Methoxyphenyl Triazine. 


Packaging 



Jujur kesan pertama ketika melihat packagingnya aku merasa ini super fancy, warnanya serta desainnya bener-bener menarik dan beda dari yang lain. Bentuknya agak bulat, dengan warna kombinasi ungu dan orange yang kontras serta bahan kemasan yang tebal dan kokoh. Sayangnya di balik itu semua dibutuhkan effort buat mengeluarkan isi dari botolnya. Ini sedikit berat ketika dipencet, aku rasa kemasan dan bahan model begini lebih cocok untuk produk yang teksturnya mirip lotion atau lebih runny, sementara sunscreen ini teksturnya creamy dan sedikit thick sehingga butuh tenaga buat mencet supaya mau keluar, ditambah bagian lubang keluarnya kecil. 



Kemasan luarnya box kertas berbahan cukup tebal dengan finish doff. Bahannya lumayan kokoh sehingga nggak gampang penyok. Berwarna kombinasi kuning, orange dan sedikit pink, dengan desain yang simple dan fancy. Informasi yang tercetak pada box juga cukup lengkap, mulai dari Ingredients, cara penggunaan, peringatan, dll. 


Texture & Scent 



Teksturnya creamy tapi sedikit thick dengan warna kekuningan. Meskipun agak thick tapi surprisingly ini cukup mudah diratain, nggak sepekat or kesat kayak kebanyakan sunscreen dengan matte finish yang pernah aku coba. Terasa ringan, mudah terserap, nggak ninggal kesan lengket setelahnya. Finishnya juga bukan matte yang kering, ini terlihat natural dan terasa sedikit silky ketika disentuh. 


Untuk aromanya karena ini no artificial fragrance and essential oil added jadi nggak ada wangi yang semerbak gitu, wanginya soft khas aroma sunscreen dengan kandungan Zinc Oxide, kayak ada hints powdery. 


How to Use 


Gunakan Base Ultra Matte Natural Sunscreen SPF 50 PA+++ pada step terakhir morning skincare routine. Dengan takaran 2 jari ratakan ke seluruh wajah dan leher. Tunggu sekitar 15 menit sebelum beraktivitas di bawah terik matahari langsung. Reapply setiap 2 atau 4 jam sekali. Untuk membersihkannya jangan lupa melakukan double cleansing. 


My Experience 


Awalnya ketika tahu teksturnya agak thick atau padat gitu aku berfikir bahwa ini bakal agak susah diratain karena terasa kesat, tapi ternyata aku salah. Dengan skincare base sebelumnya yang cukup melembapkan dan menghidrasi, aku cuma pakai hydrating toner dan light lotion sebagai pelembap sebelum mengaplikasikan Base Ultra Matte Natural Sunscreen SPF 50 PA+++ ternyata produk bisa meluncur dengan mudah, enak diratain. 


Bagaimana dengan finishnya dan setelah 2 jam? Berikut adalah foto bare face, freshly applied dan setelah 2 jam. Bisa kalian lihat kondisi kulitku berminyak dan sedang ada jerawat. Kebetulan jerawat hormonal lagi menyerang, ada beberapa yang masih terasa sakit, bengkak dan kemerahan. Tekstur kulitku tidak rata karena bekas jerawat dan pori-pori besar. Pada freshly applied terlihat minyak berkurang, tidak ada whitecast dan tekstur kulit kayak sedikit lebih halus




Selanjutnya aku pakai beraktivitas di bawah matahari langsung selama sekitar 1 jam, kemudian berada di dalam ruangan 1 jam. Ini juga sama sekali tidak membuat kusam maupun gosong karena terpanggang di bawah terik matahari, trus bagusnya lagi nggak minyakan! Bahkan kondisi pada 2 jam ini minyaknya jauh lebih sedikit dibanding sebelum pakai. 


Trus apakah pedih di mata? Ini nih yang sering jadi pertimbangan ketika mencari sunscreen, pedih di mata nggak? Karena kalau pedih lumayan ganggu juga, terlebih buat kalian yang aktivitasnya lebih banyak di luar ruangan sehingga sering berkeringat. Waktu itu aku pakai panas-panasan dan keringat bercucuran nggak pedih, tapi ketika nggak sengaja nangis gara-gara nonton video sedih terasa sedikit pedih, tapi nggak parah karena aku cuci pakai air langsung hilang. 


Aku telah menggunakan Base Ultra Matte Natural Sunscreen SPF 50 PA+++ ini selama 1 minggu, sejauh ini tidak ada reaksi buruk yang terjadi pada kulitku. Gimana dengan jerawat? Ini nggak bikin jerawatku tambah parah, malahan aku memperhatikan jerawat dekat hidung malah jadi cepet sembuhnya. 


Conclusions 


Overall, this is a good sunscreen and worth to try! Teksturnya enak, finish nya bagus, rasanya nyaman dan hasilnya sesuai klaim, beneran mengontrol sebum sehingga minyak nggak berlebihan trus bantu menenangkan kulit. Aku hanya kurang suka dengan kemasannya, sebenarnya ini nggak mempengaruhi kualitas produk sih, tapi ya lumayan jadi effort buat mencetnya, hehe. I highly recommend this product buat yang lagi mencari sunscreen untuk kulit berjerawat, berminyak dan sensitif. 


Where to buy 


Base Ultra Matte Natural Sunscreen SPF 50 PA+++ bisa kalian beli di base.co.id dan dapatkan diskon sebesar 35% dengan kode voucher DAISY35  hanya dengan minimal pembelian Rp. 100.000 dan maksimal diskon Rp. 200.000. 


Untuk informasi lebih lanjut tentang produk Base jangan lupa buat follow juga Instagram mereka @itsmybase


#itsmyBASE #reviewitsmyBASE #BASESunscreen



Comments

  1. Teksturnya unik sih menurutku kaya ada serat-seratnya gitu dan ngga bikin white cast sama sekali. Sayang ini masih rada sumuk banget di aku huhu jadi ngga terlalu nyaman buat pake ini. Padahal lumayan suka finishnya.

    ReplyDelete
  2. Aku banget wkwk udah nemu yg cocok tapi teteup ya penasaran kalo ada produk baru yg menarik. Dan untuk produk ini aku belum pernah coba, hopefully ada kesempatan buat coba.

    ReplyDelete
  3. aku setuju sama poin oil controlnya, di kulitku juga gitu mba ga bikin kulitku keliatan mengkilap. btw sunscreenku yang base udah abis wkwkw

    ReplyDelete
  4. Salah satu sunscreen lokal favoritku, nih! Selain bantu muka biar nda gosong krn matahari, dia jg bisa bikin muka nggak begitu minyakan :D

    ReplyDelete