INNERTRUE - Brand Indonesia dengan Konsep Smart Skincare

 


Hello everyone....

I'm back with another local brand review, who's excited?

Jadi, sejak tahun lalu banyak local brand  baru bermunculan yang di ikuti dengan diluncurkannya produk-produk mereka yang menurutku sangat menarik dan cukup "berani" untuk dipasarkan di Indonesia. Kenapa aku bilang "berani?" Banyak brand yang keluar dari zona aman dengan menjual produk lebih spesifik, nggak melulu pemutih. Selama bertahun-tahun standard kecantikan di Indonesia itu terkesan harus putih, makanya sejak zaman dahulu hanya produk dengan embel-embel bisa bikin putih yang bisa laku keras. Nah, makin kesini kesadaran masyarakat tentang merawat kulit semakin tinggi, there are a lot of skincare guru yang mengedukasi sehingga menjadikan masyarakat sekarang lebih smart dalam memilih skincare.

Awal tahun ini aku menemukan salah satu local brand yang sangat menarik, bahkan awalnya sempat ku kira Korean brand. Namanya INNERTRUE, Smart Skin Care for modern lifestyleBrand ini berkonsep alami, modern, health concious, minimalis dan sensitive skin friendly.

Mereka mengklaim produknya sebagai clean skincare. Bebas dari Mercury, Mineral Oil, Petrochemicals, Polyethylene Glycol, GMO, Triclosan, DEA, Phthalates, Syntetic Dyes & Parfum. Memang sih nggak semua kandungan yang disebutkan itu bahaya bagi semua orang, tapi beberapa dari mereka yang kulitnya sensitif bisa bereaksi negatif dengan kandungan tersebut. That's why, karena produk mereka sensitive skin friendly jadi mereka mengeliminasi bahan-bahan tersebut.

Beberapa minggu yang lalu, aku sudah memposting short introduction tentang brand ini beserta produk-produknya di Instagram, dan setelah itu aku dapet banyak pertanyaan melalui DM seperti "kak produk ini untuk apa? untuk masalah kulit yang gimana? kalau pakai ini biar apa?"


Produk INNERTRUE merupakan adaptogenic or adaptive skincare. Apa itu adaptive skincare? Jadi, adaptive skincare merupakan produk yang nantinya bisa beradaptasi dengan kulit kita dan akan memenuhi kebutuhannya, canggih kan?Kulit setiap orang berbeda, teknologi adaptive skincare yang inovatif menggunakan bahan-bahan yang berhubungan langsung dengan kebutuhan kulit. Formula adaptive skincare menyesuaikan untuk membantu masalah kulit spesifik yang kalian miliki. Misal nih, sebelumnya kondisi kulit sedang berjerawat dan skin barrier rusak, maka produk ini akan bekerja menguatkan skin barrier dan membantu menyembuhkan jerawat. That sounds pretty great right? It seems like produk ini bakal balikin kulit kita ke kondisi yang semestinya / sehat.

Salah satu ingredient yang INNERTRUE gunakan adalah MossCellTec™ No. 1, ini merupakan active ingredient yang telah memenangkan penghargaan International. Apa saja itu? 

- Gold Award at Innovation Zone Best Ingredient in-cosmetics Global
 - Gold Award at Innovation Zone Best Ingredient in-cosmetics North America
- Gold Award at BSB Innovation Prize
- 3rd Prize at Sepawa Innovation Prize

Lalu apa sih keunggulan MossCellTec™ No. 1? 
MossCellTec ™ No. 1 memperkuat kulit melawan radikal bebas dan perubahan iklim serta meningkatkan hidrasi, menguatkan skin barrier dan homogenitas kulit hanya dalam dua minggu.

Apakah semua produk INNERTRUE mengandung MossCellTec ™ No. 1?
Dari 5 produk INNERTRUE ada 3 yang mengandung MossCellTec™ No. 1. Yang mana saja itu nanti aku jelaskan di review setiap produknya dibawah. 

Sebelum melangkah ke bagian review tiap produknya berikut aku sebutkan beberapa key benefits lain dari produk INNERTRUE. 

- Formulanya lembut, sangat cocok untuk mereka yang kulitnya sensitif.
- Anti polusi
Anti aging
Anti blue light, ini keren banget sih membantu menangkal radiasi dari penggunaan gadget
Non-irritant
- Oil Control
- Menutrisi kulit
- Mengurangi jerawat
pH balance

Sekarang waktunya kita review produk INNERTRUE satu per satu.

INNERTRUE - Awakening Cleansing Gel



Informasi Produk
Nama : Awakening Cleansing Gel
Brand : INNERTRUE (Indonesia) 
Volume : 100ml
No. Bpom : NA18191205633
Harga : Rp. 120.000

Seperti biasa, ketika mendapat complete set skincare aku pasti akan mencobanya 1 per 1 dan yang pertama selalu pembersihnya. 

Cleanser ini memiliki formula yang lembut, bebas sabun, pewangi dan alcohol, cocok bagi mereka yang kulitnya sensitif. Klaimnya mampu membersihkan kotoran dan makeup serta mengontrol produksi minyak berlebih di wajah. 

Main ingredients nya adalah aloe vera, curcumin, green tea, vitamin c & b3, bisabolol, tranexamic acid, licorice dan allantoin.


Packagingnya berbentuk tube dengan tutup model flip-top, aku suka cleanser dengan tutup model begini jadi lebih praktis untuk membukanya, cukup pake 1 tangan. Kadang kan ketika sudah dikamar mandi dan tangan terlanjur basah kita akan sedikit kesulitan untuk membuka produk yang tutupnya model screw-cap, model flip-top memang yang paling pas, walau kadang suka kurang rapat ketika menutupnya. Tube-nya warna tosca, sama seperti produk INNERTRUE lainnya, dengan bahan permukaan doff, sangat nyaman di pegang. Kemasannya cuma di sealed pake plastik, no box but it's okay, karena info produk sudah tertera semua di tube dengan jelas. 


Sesuai namanya, cleanser ini bertekstur gel yang menurutku agak cair dengan warna bening agak keruh. Busanya tidak terlalu banyak dan terasa sangat lembut ketika menyentuh kulit. Meskipun no-fragrance added bukan berarti produk ini nggak berbau yaa, aku masih bisa mencium bau samar-samar yang kayaknya familiar tapi aku nggak bisa mengingatnya.


Aku menggunakan cleanser ini 2x sehari, untuk di pagi dan malam hari. Daya bersihnya cukup bagus, tapi untuk di malam hari aku tetep barengin dengan pakai cleansing balm or oil sebelumnya to make sure bener-bener bersih. 

Disarankan untuk membilas cleanser ini dengan air hangat, tapi aku membilasnya dengan air dingin biasa yg ada dikamar mandi. Setelah dibilas nggak ada sensasi kulit ketarik dan setelahnya aku coba diamkan cukup lama sekitar 30menit kulitku masih terasa lembap, padahal biasanya bakal mulai kering kalau nggak segera dikasih hydrating products & pelembap.

Aku telah memakai cleanser ini selama lebih dari 2 minggu dan it's totally fine, no bad reaction at all. Di kulit yang sedang berjerawat parah pun ini juga sangat nyaman digunakan, tidak membuat jerawat makin parah.

Kekurangannya cuma teksturnya yang terlalu cair jadi agak boros, soalnya kadang ketika aku pencet tube-nya untuk produk meluncur keluar terlalu banyak, agak sulit dikontrol. 

Jika kalian sedang mencari pembersih wajah yang gentle aku sangat merekomendasikan untuk mencoba produk ini.

INNERTRUE - Harmonizing Toner



Informasi Produk
Nama : Harmonizing Toner
Brand : INNERTRUE (Indonesia) 
Volume : 100ml
No. Bpom : NA18191205634
Harga : Rp. 140.000

Sejak awal, aku paling tertarik dengan toner ini. Menurutku sangat unik! Bayangin deh, semua jenis toner ngumpul jadi 1? Toner ini telah mencakup sebagai pH balancing yang sangat bagus di gunakan setelah mencuci wajah untuk menyeimbangkan pH alami kulit. Kemudian bekerja juga sebagai exfoliating toner, ada kandunga AHA (Glycolic Acid) dan BHA (Salicylic Acid) di dalamnya yang dikenal bagus untuk membersihkan kulit dari kotoran dan sel kulit mati. Aku juga melihat ada Aloe Vera dan Sodium Hyaluronate di Ingredients list, 2 bahan ini bagus untuk melembapkan dan menghidraai. Tidak sampai disitu saja, masih ada Niacinamide untuk mencerahkan. Komplit banget kan? 


Produk dikemas dalam botol plastik tebal dan kokoh. Transparan, dengan perpaduan warna tosca yang senada. Asli deh lihat kemasannya aja rasanya udah seger banget. Dilengkapi dengan box kertas dimana tertera informasi produk yang sangat lengkap, mulai dari ingredients, cara penggunaan, manfaat produk, dll. 

Ada yang unik dari kemasannya, yaitu pada bagian tutup. Tutupnya model ulir yang ketika di lihat dari luar seperti dobel. Ketika membuka tutup, ehh ternyata di dalamnya masih ada lagi tutup model flip-top. Seriously, ini bakal aman banget dibawa traveling mengingat ukurannya juga nggak terlalu besar, yaitu 100ml.


Memiliki water-like consistency dan bau agak mirip rumput yang sedang basah sehabis hujan. Terasa ringan banget, mudah meresap dan nggak lengket sama sekali. Sementara untuk lembapnya masih agak kurang untuk di pakai di cuaca peralihan seperti sekarang ini, aku masih menambahkan beberapa layer hydrating dan moisture serum setelahnya. 

Toner ini aku gunakan tepat setelah mencuci wajah dengan INNERTRUE Awakening Cleansing Gel. Aku menggunakannya hanya di malam hari karena dia mengandung acid yang sebenarnya nggak terlalu banyak, tapi buat antisipasi supaya tidak over exfoliation. 

Karena ini mengandung BHA, jadi aku nggak kaget ketika di awal pemakaian purging. Muncul jerawat kecil di area dagu dan dekat bibir, ini memang area yang paling sering di hinggapi jerawat purging.

Kenapa ketika pakai produk dengan kandungan BHA kadang kulitku purgingBHA itu mampu membersihkan hingga ke dalam pori-pori, mengeluarkan / mengangkat kotoran didalamnya, nah ketika purging berarti kondisi pori-poriku sebelumnya memang lagi tersumbat, jadi di keluarkan. Apakah sudah pasti bakal purging? Belum tentu, ada beberapa orang yang nggak mempan pakai BHA jadi nggak ngefek sama sekali, atau kemungkinan pori-porinya nggak ada masalah. Tapi jangan panik, purgingnya nggak lama kok, yang ku alami kurang dari 1 minggu. 

Setelah memakai toner ini selama 2 minggu lebih, aku bisa merasakan kulitku jadi lebih halus dan terasa bersih. Produksi sebum lebih terkontrol, sehingga komedo banyak berkurang.

INNERTRUE - Essence of Life



Informasi Produk
Nama : Essence of Life
Brand : INNERTRUE (Indonesia) 
Volume : 15ml
No. Bpom : NA18190120703
Harga : Rp. 220.000

Namanya bagus ya? Banyak temenku sudah lebih dulu mencoba produk ini, lalu apa kata mereka? Hampir seluruhnya bilang ini bagus dan ngaruh banget buat jerawat serta bekasnya. Aku yang terlahir dengan acne prone skin auto ngiler mendengar itu semua.

Ini bisa dibilang produk andalan mereka, paling best seller dan banyak review bagus tentangnya. Mengandung MossCellTec™ No. 1 yang merupakan highlight ingredients produk INNERTRUE dan sudah aku jelaskan tadi di atas. Fungsi utama Essence ini adalah untuk mencegah penuaan dini, mengencangkan dan menyamarkan pori-pori, selain itu juga berrungsi sebagai anti inflamasi. 

Ingredients utamanya adalah, MossCellTec™ No. 1, Algae, Aloe Vera, Vitamin D3, Peptides, Lumicease, Bisabolol, Tranexamic Acid, Licorice & Allantoin. 


Ukurannya terbilang kecil, cuma 15ml. Tapi, teksturnya yang cair water-like membuatnya cukup hemat dalam pemakaian, cukup 2-3 pump untuk seluruh wajah. Kemasannya berbentuk botol pump berbahan plastik, warna putih dengan tutup transparan warna tosca. Ketika masih baru pump nya agak berat dan produk susah keluar, tapi lama-kelamaan bakal lancar. Produk yang keluar juga lumayan terkontrol, nggak perlu takut kebanyakan, kan sayang banget ini harganya paling mahal dibanding produk lainnya dan isinya paling sedikit. 


Teksturnya yang cair terasa sangat ringan, sensasinya bener-bener seperti mengusapkan air ke wajah, tidak lengket dan mudah meresap. Aku juga tidak merasakan adanya rasa cekit-cekit, panas or gatal.


Setelah 2 minggu menggunakan produk ini aku merasa ini kayak magic. Kenapa? Bagian keningku yang sebelumnya berjerawat karena breakout langsung membaik, jerawat lebih kalem, cepat kering dan bekasnya pudar. Malahan nyaria nggak berbekas. 

Produk ini aku pakai 2x sehari, untuk pagi dan malam hari. Urutannya pagi setelah toner dan malam hari setelah hydrating toner. 

INNERTRUE - All Day Happiness + Bright & Glow Gel Crème



Informasi Produk
Nama : All Day Happiness Gel Creme
Brand : INNERTRUE (Indonesia) 
Volume : 20ml
No. Bpom : NA18190105428
Harga : Rp. 130.000

Nama : Bright & Glow Gel Creme
Brand : INNERTRUE (Indonesia) 
Volume : 20ml
No. Bpom : NA18190105427
Harga : Rp. 130.000

Keduanya ini sama-sama moisturizer, lalu apa bedanya? Awalnya aku sempat bingung kenapa mereka punya 2 moisturizer? Apakah yang satunya buat pagi lalu satunya lagi muat malam? Atau mungkin ini manfaatnya berbeda? 


So, let me explain... 

All Day Happiness ini fungsinya untuk melembapkan, menutrisi, melindungi dari sinar UV, Radiasi Gadget (Anti Blue Light). Dengan finish dewynatural glow cocok buat mereka yang kulitnya kering. 

Sementara Bright & Glow, memiliki fungsi yang sama dengan All Day Happiness, hanya saja yang bikin beda finish-nya semi-matte, jadi lebih cocok buat mereka yang kulitnya berminyak. Bright & Glow juga memberikan efek tone up, but... tenang aja tone up nya bagus kok, nggak bikin wajah abu-abu, kalian bisa lihat fotoku dibawah ini before-after pakai Bright & Glow. 


Sejak awal aku pengen cobain yang All Day Happiness, meskipun kulitku cenderung berminyak aku suka dewy finish dibandingkan matte. Tapi, beruntungnya aku dapet keduanya, jadi aku gunakan yang Bright & Glow sebagai pelembap pagi dan All Day Happiness untuk malam hari. 


Keduanya mengandung MossCellTec™ No.1 dan beberapa ingredients yang mirip seperti Algae, Aloe Vera, Lumicease, Curcumin, Green Tea Vitamin C & B3, Vitamin D3, dll. Bedanya, di Bright & Glow Terdapat Tranexamic Acid & Peptides yang memberikan manfaat mencerahkan.

Keduanya di kemas dalam tube kecil ukuran 20ml, dengan ujung runcing dan lubang kecil, sehingga memudahkan kita untuk mengontrol seberapa banyak produk yang dibutuhkan.


Teksturnya sama, gel-cream yang sangat ringan dan mudah terserap, cuma bedanya yang Bright & Glow warnanya ada hints kekuningan, sementara yang All Day Happiness warna putih. 

Pertama kali mencoba All Day Happiness aku sangat terkesan, rasanya sangat nyaman dan satisfying pas diratakan. Finishnya bikin kulit glowing dan nampak sehat. Selain itu ada sedikit soothing sensation yang bikin jerawatku tenang. 


Bright & Glow ini mengandung spf setara spf15, ada filter Titanium dioxide di dalamnya, ini juga sih yang bikin efek tone up. Meskipun sudah ada spf tapi aku masih merasa kurang, jadi aku masih menambahkan sunscreen lagi setelahnya. Beberapa kali percobaan menambahkan sunscreen berakhir dengan pilling. Kalian tau pilling kan? Ini beda dengan peeling yaa. Kalo peeling itu proses pengelupasan, sementara pilling itu produknya rontok menjadi gumpalan-gumpalan seperti residu penghapus dari karet. Kenapa ini bisa terjadi? Lihat ingredients list-nya, ada banyak kandungan dimethicone disana yang bersifat occlusive, nahh kebetulan beberapa sunscreen yang aku gunakan juga banyak dimethicone nya. Jadi, ga heran kalau terjadi pilling. Akhirnya aku coba cari sunscreen ku yang lebih ringan, tanpa dimethicone dan ternyata tidak terjadi pilling.

The Results & Conclusion

Sebelum memakai INNERTRUE, kulitku kondisinya sedang ada beberapa jerawat, karena sebelumnya aku sempat breakout waktu nyobain suatu produk. Breakout sudah membaik, nggak ada jerawat baru muncul, tinggal sembuhin yang sudah ada. Selain jerawat masalah lainnya adalah, fine lines, pori-pori besar karena umur udah nggak muda lagi jadi elastisitas kulit berkurang, bekas jerawat PIH & PIE, produksi sebum yang berlebihan sehingga banyak banget blackheads & Whiteheads.

Setelah 2 minggu menggunakan rangkaian perawatan kulit dari INNERTRUE hasil signifikan yang bisa aku lihat adalah, jerawat jadi cepet sembuh dan bekasnya pudar. Kalian bisa lihat perbandingannya di foto dibawah ini.


Tone foto berbeda, karena waktu foto cuacanya juga berbeda. 

Selain jerawat yang cepat sembuh dan bekasnya memudar, aku juga merasakan kulitku jadi terasa halus dan benar saja ketika aku bandingkan foto sebelum dan sesudah memang nampak tekstur kulitku jadi lebih baik. Kulitku juga nampak lebih kencang dan sedikit cerah. Di cuaca peralihan seperti sekarang ini, siang super panas dan malam sangat dingin biasanya kulitku bakal rewel, jadi flaky dan muncul banyak dry patches, tapi selama pakai INNERTRUE hal tersebut tidak terjadi. Kulitku jadi lebih terhidrasi, tidak ada minyak berlebih maupun kering.

I totally love these products! 
Tapi seperti biasa, aku tak henti-hentinya mengingatkan di setiap review ku kalau yang bagus di aku belum tentu kalian sudah pasti bakal cocok juga dan hasilnya sama, begitu pula sebaliknya. Apalagi skincare ini sifatnya adaptogenic yang akan menyesuaikan dengan masalah kulit kalian masing-masing. Jadi untuk mengetahui bagaimana hasilnya dikulit kalian yaa kalian coba sendiri, hehe.

Kalian bisa beli produk INNERTRUE di Smartskincare.id mereka adalah reseller resmi INNERTRUE. Produk bisa kalian beli lewat e-commerce mereka di Shopee atau Tokopedia

4 komentar

  1. Innertrue ini brand lokal toh.. Wah..makin menarik nih skincare dari brand lokal..

    ReplyDelete
  2. OMG liat hasilnya bener2 bikin tertarik. Ga nyangka juga product lokal bisa sebagus ini packagingnya

    ReplyDelete
  3. Ngeliat tonernya kok kayanya seger banget yah hhahah

    ReplyDelete