Glowlabs - Gentle Glow Essence, Review Pemakaian 14 Hari di Kulit Sensitif dan Berjerawat


Hello everyone, it's been a long time since my last post, adakah yang merindukanku? hehe. Sebelum mulai review, aku mau tanya seperti apa skin goals kalian? Kulit seperti apa yang menjadi impian kalian? Jujur, aku selalu mendambakan memiliki kulit healthy glow, jadi glowing sehat gitu. Aku tahu bahwa sebenarnya healthy glow skin impianku bisa aku dapatkan selama kulitku terhidrasi dengan baik dan rajin melakukan ekfoliasi, tapi sayangnya aku memiliki kulit sensitif yang mana tidak mudah bagiku untuk menemukan produk ekfoliasi yang tepat. Pakai physical sering iritasi, pakai chemical tak jarang malah bikin breakout. Nah, produk yang akan aku review kali ini adalah  chemical exfoliant berbentuk essence dari Glowlabs. Apakah produk ini akan cocok dikulitku yang sensitif dan acne-prone? let's find out!

About the Brand

Glowlabs adalah new local brand, mereka baru saja launched akhir tahun 2020 kemarin. Mereka memiliki konsep "When innovation meets science and technology" untuk mewujudkan impian memiliki healthy glowing skin tanpa mengiritasi kulit. Dari konsepnya saja brand ini udah sesuai banget dengan apa yang aku cari.

Bagaimana sih cara Glowlabs membuat kulitmu sehat dan glowing tanpa iritasi? ini yang menarik, mereka menggunakan Gentle Technology di setiap produknya, yaitu perpaduan Lactokine™ & Centella Asiatica. 

  • Lactokine™ : Merupakan kandungan berbentuk milk protein dan lactose yang berfungsi untuk mengurangi resiko iritasi pada penggunaan aktives ingredient tertentu seperti brightening agent maupun exfoliating agent. Lactokine™ juga berperan penting dalam perbaikan skin barrier, melembabkan serta memberikan efek soothing pada kulit.
  • Centella Asiatica : Kandungan ini memiliki manfaat wound healing yang ampuh mengatasi peradangan akibat jerawat. 

Jadi, gabungan dari Lactokine™ dan Centella Asiatica yang mereka sebut dengan Gentle Technology, membuat produk Glowlabs sangat minim iritasi dan bisa digunakan untuk segala jenis kulit dengan berbagai problemnya.

Saat ini Glowlabs memiliki 5 produk,  yaitu 3 serum, 1 essence dan 1 pelembap. Kebetulan aku punya 2 diantaranya, yaitu Gentle Glow Essence dan Peptide Moist. Kedua produk yang aku miliki ini sangat bagus dipakai bersamaan, istilahnya mereka berdua saling melengkapi. But, today aku mau bahas lebih detail tentang Gentle Glow Essence terlebih dahulu.

Glowlabs Gentle Glow Essence

Product's Information
Product's name : Gentle Glow Essence
Brand : Glowlabs - Indonesia
Volume : 100ml
Bpom : NA18201206402
Price : Rp. 125.000

Glowlabs Gentle Glow Essence adalah essence dengan kandungan exfoliator AHA, BHA, PHA, LHA dan Centella Asiatica yang berperan sebagai anti iritasi dan membuat kulit lebih lembut.

Main Ingredients
  • AHA 0,5% : Mengangkat sel kulit mati dan merangsang pembentukan sel kulit baru.
  • BHA 0,5% : Mengangkat kotoran yang menyumbat pori-pori dan mengurangi sekresi sebum sehingga mencegah timbulnya komedo.
  • PHA 0,5% : Melembapkan dan bekerja sebagai anti iritasi.
  • LHA 0,5% : Menyamarkan pori-pori.
  • Centella Asiatica : Mencegah kerusakan kulit akibat pengaruh buruk sinar UV, sebagai anti inflamasi, mempercepat proses penyembuhan luka, melembapkan kulit. 

Persentase kandungan exfoliatornya terbilang kecil, masing-masing hanya 0,5% jadi ini bisa dibilang gentle or mild exfoliator yang bisa digunakan sehari-hari.

Texture & Scent

Glowlabs Gentle Glow Essence memiliki water-like consistency, jadi sangat cair dan bener-bener kayak air, warnanya juga bening. Tidak lengket dan terasa ringan, mudah terserap dan finishnya bagus banget, bikin kulit nampak glowing dan terasa halus. Ini nggak matte atau bikin kulit kering setelahnya, malahan kulit lumayan lembap.

Untuk aromanya sangat familiar, aku sering mencium bau seperti ini di produk-produk dengan kandungan Centella Asiatica. Baunya lembut dan menyegarkan, dengan sedikit hints seperti bau fermentasi. Ini baunya nggak lingering yaa, jadi sama sekali nggak ganggu.

Packaging

Produk berukuran 100ml yang dikemas dalam frosted plastic bottle dengan tutup dobel. Tutup terluarnya model ulir, dan tutup bagian dalamnya flip-top. Dengan tutup ganda seperti ini supaya produk lebih aman dan meminimalisir kemungkinan tumpah.

Produk tanpa box, jadi hanya botol dengan segel plastik. Tidak banyak informassi yang bisa kita dapatkan dari yang tertera dibotol, hanya nama produk, main ingredients dan volume. Sementara full ingredients serta cara pemakaian terpisah dalam ketas kecil yang kemudian mereka gantungkan dileher botol, ini unik dan pertama kalinya aku nemu produk kayak gini.

How To Use

Aku hanya menggunakan Glowlabs Gentle Glow Essence ini di pm routine ku atau di malam hari saja, dan karena teksturnya yang cair aku menggunakannya dengan kapas, soalnya kalau pakai tangan langsung suka kejar-kejaran sama produknya, hehe keburu meluncur belum di tap-tap supaya meresap.

begini urutan pemakaiannya :

Double Cleansing - Glowlabs Gentle Glow Essence - Hydrating toner - Ampoule - Serum - Moisturizer.

Meskipun ini terbilang mild exfo berpersentase rendah dan menggunakan gentle technology yang minim iritasi, tapi aku tetap menggunakan hydrating products sesudahnya. Hal ini untuk mencegah adanya kemungkinan buruk seperti kulit kering, iritasi, muncul kemerahan dan sebagainya, karena kulitku super sensitf dan punya trauma dengan chemical exfo yang pernah aku pakai.

My Experience

I've been using Glowlabs Gentle Glow Essence for 14 days, sejak tanggal 14 hingga 28 Januari 2021, and here I'd like to share my experience.

Pertama kali coba aku sama sekali tidak merasakan adanya reaksi seperti rasa cekit-cekit setelah mengaplikasikan produk, gatal dan kemerahan. Jadi, bener-bener mild seperti mengaplikasikan essence biasa yang tanpa exfo ingredients didalamnya. Keesokan paginya, aku juga tidak melihat adanya tanda-tanda aneh dikulitku, semua normal. Hingga hari ke 3, aku mendapati banyak whiteheads di daguku ketika bangun tidur. Aku tidak terkejut dengan hal ini, karena ini selalu terjadi ketika aku memakai produk dengan kandungan exfo didalamnya. Jadi, kotoran yang selama ini menumpuk di pori-pori bakal terangkat keluar yang kemudian muncul whiteheads di area tertentu, biasa kita menyebutnya purging. Eits, tunggu dulu...tidak semua produk menyebabkan purging di awal, hanya yang memiliki kandungan yang sifatnya meng-ekfoliasi dan meregenerasi kulit saja biasanya. Sayangnya, sekarang ini banyak produk berlindung dibawah kata purging untuk membantah misalnya ada costumers mereka yang tidak cocok, padahal produknya tidak ada kandungan yang bikin purging.

Berapa lama purging terjadi? setiap orang berbeda-beda, dikulitku paling cepat 2 harian dan paling lama 2 minggu, tapi seringnya dalam 1 minggu sudah bersih. Ehh, kok jadi bahas purging? ini supaya kalian nggak kaget misal suatu saat pakai produk sejenis. Biasanya purging terjadi hanya di area yang memang sering muncul jerawat. Nahh, jika yang muncul jerawat besar dan bengkak trus durasinya lebih dari 2 minggu kemungkinan besar sudah bukan purging lagi, tapi breakout.

Back to the topic, kalian bisa lihat foto dibawah adalah perbandingan daguku di hari ke 3 vs hari ke 7. Di hari ke 3 parah banget keluar sangat banyak, seolah-olah tiap pori-pori jadi whitehead, hehe. But, tidak ada rasa perih maupun gatal sama sekali. Tiap malam aku tetap aplikasikan Glowlabs Gentle Glow Essence dan mulai hari ke 7 sudah tidak banyak whiteheads yang muncul. 

Oh iya, sebelum memakai Glowlabs Gentle Glow Essence ada jerawat super besar dan beranak-pinak di dagu sebelah kananku. Awalnya sih kayak jerawat mendem gitu tapi nggak kunjung muncul matanya, jadi aku kasih acne treatment. Lalu, bukannya sembuh jerawat tersebut malah semakin menjadi-jadi, kulit sekitarnya tambah bengkak, memerah dan muncul beberapa jerawat baru. Jujur ini nyeri dan menyakitkan sekali. Awalnya aku mau tunda pakai Glowlabs Gentle Glow Essence karena masih ada jerawat ini,tapi aku baca beberapa review katanya produk ini malah lumayan bagus buat bantu sembuhin jerawat, jadi yaudah aku coba saja.

Bagaimana hasilnya? bagus! jerawatku jadi cepat kering dan peradangan berkurang. Kalian bisa lihat progressnya dalam foto dibawah ini. Bahkan dihari ke 3 dalam foto diatas tadi juga terlihat kan kalau bengkaknya sudah lumayan berkurang? Dan sekarang dihari ke 14 jerawatnya sudah benar-benar hilang, hanya tinggal bekasnya saja.


Di hari ke 14, perubahan signifikan yang aku rasakan selain jerawatku yang membaik adalah, kondisi kulitku yang terlihat dan terasa lebih halus ketika disentuh. Aku juga merasa pori-poriku lebih bersih, sehingga tidak banyak sebum berlebihan yang mengakibatkan komedo. Bintik-bintik kemerahan bekas jerawat juga memudar. Tetanggaku juga noticed kalau katanya wajahku jadi sedikit lebih cerah dan glowing, hihihi I'm so happy, padahal sebenarnya aku nggak terlalu perhatiin ini, apakah kulitku jadi cerah? Tapi karena orang lain yang bilang dan dia adalah orang yang hampir tiap hari ketemu denganku yaudah aku percaya. 

Dari foto diatas bisa kalian lihat perbedaannya? Foto tanggal 14 januari kelihatan kusam dan warnanya tidak merata, banyak noda merah dan cokelat bekas jerawat. Sementara di foto tanggal 28 januari nampak takstur lebih halus dan lebih enak di lihat, hehe I mean nggak kusam kayak foto sebelumnya, warna kulitnya jadi lebih merata juga nggak sih? 

Conclusion

Tidak banyak produk dari local brand yang ingin aku repurchase setelah mencobanya, tapi tanpa ragu aku mau bilang kalau Glowlabs Gentle Glow Essence harus aku repurchase. Why? kulitku sensitif, kayaknya sudah belasan kali aku sebutkan diatas, tidak mudah bagiku menemukan exfoliating product yang bisa cocok. Jadi, ketika ada produk yang cocok dan hasilnya memang bagus dikulitku ditambah lagi itu adalah local brand yang mudah didapatkan, kenapa nggak dibeli lagi? Apalagi harganya lumayan terjangkau. 

Tapi, seperti biasa aku mau ingatkan, kalau setiap produk itu tetep cocok-cocokan, diluar sana pasti ada orang yang kulitnya lebih sensitif dari aku dan mungkin saja baginya produk ini masih kurang gentle. Atau mereka yang kulitnya kebal exfo berpersentase tinggi, baginya mungkin ini bakal nggak ada rasa apa-apa.

Sejauh ini kekurangannya menurutku adalah tutup gandanya, lama-kelamaan aku merasa agak ribet harus buka 2x, memang sih aman jadi nggak mudah tumpah, tapi pas lagi buru-buru pengen segera tidur jadi sedikit kurang praktis. 

Sekian review kali ini, see u soon!



4 komentar

  1. Ya ampun. Hasilnya nyata bgt itu klihatan perubahannya ya kak.. Musttry

    ReplyDelete
  2. wahh, i really need this. kulitku jg sensitif acne prone. dan aku ngerasain susahnya nyari exfolitor😭😭😭 langsung gas ke shopeenya masukin keranjang nunggu 2.2

    ReplyDelete
  3. baru denger soal LHA dong! kemana aja aku selama iniii

    btw hasilnya cool banget! padahal waktu pemakaiannnya nggak yang setahun. tapi hasilnya kayak orang yg pake dalam jangka lama.
    racun banget sih ini

    ReplyDelete