Salsa - Lip Glow Serum, Dupe Raecca Lippie Serum?

Hii, selamat tahun baru! Ini adalah review pertama di tahun 2021. Aku sempat istirahat sebentar selama 3 hari, mulai tanggal 1-3, karena lagi lack of energy and unmotivated, but now I'm back. Masih unmotivated sebenarnya dan nggak ada harapan dengan tahun 2021 ini, just let it flow. 

Tahun 2020 lalu, sempat viral sebuah produk dari Raecca yang disebut sebagai "lippie serum" atau bisa dibilang serum buat bibir, yang salah satu klaimnya bisa mengembalikan warna pink alami bibir (ini kata orang yang review di tiktok, padahal kalau lihat di official mereka fokus produk ini untuk menutrisi dan bikin bibir sehat, dan warna pink-nya itu karena memang dia setengah kosmetik setengah lip care, yang memang ada warnanya). Karena viral, muncul deh banyak merk lain mengeluarkan produk serupa. Jujur, sejak awal aku nggak tertarik dengan beginian, karena aku lihatnya dia semacam tinted lip gloss, dan itu bukan sesuatu yang baru. Sejak belasan tahun yang lalu juga sudah ada, tinted or magic lip gloss, warna bening trus ketika diaplikasikan ke bibir berubah warna jadi pink. Sekarang kesannya jadi lebih menjanjikan karena embel-embel "serum", coba kalau di kasih nama pink lip gloss biasa? 

Hingga akhirnya, Salsa yang merupakan local brand dengan harga super affordable mengeluarkan produk serupa, hehe ketahuan banget aku ini nunggu yang murah, males beli yang mahal. Aku langsung beli, saat itu juga ketika mereka launched! Harganya berapa? Cuma Rp. 23.750 ini nggak ada dari setengah harga Raecca. 

Salsa Lip Glow Serum

Waktu awal lihat iklan produk ini jujur aku malah ketawa, karena bibir modelnya pas pakai produk ini malah jadi patchy, kayak nampak banget teksturnya. Entahlah, sepertinya ini karena si Salsa Lip Glow Serum di jadiin topper diatas matte lipstick. Aku berharapnya begitu, hanya salah konsep iklan. 

Klaim produk ini menurutku nggak neko-neko, "membantu bibirmu nampak lebih sehat dan lembap!" udah gitu aja. Simple banget kan? Mirip klaim lip balm gitu deh. 

Kandungan utamanya ada Sunflower Seed Oil yang membantu menghidrasi, sehingga mencegah terjadinya bibir pecah-pecah. Kemudian ada Rosemary Extract yang membantu mengatasi bibir pecah-pecah. Jadi, Salsa Lip Glow Serum ini bisa dipakai buat mereka yang ingin mencegah bibir pecah-pecah dan bisa juga buat mereka yang bibirnya sudah pecah-pecah, jadi dirawat pakai produk ini biar lembap dan sehat kembali. 


Packaging

Kemasannya warna orange, khas produk skincare Salsa. Box-nya warna orange dengan bagian depan ada lubang, tepat dibawah nama produk, jadi tube Lip Glow Serumnya bisa terlihat dari luar. Informasi yang tertera di box cukup lengkap dan mudah di baca, tercetak dengan warna putih. 

Dengan tube bening dan bagian leher beserta tutupnya warna orange. Aplikatornya berbentuk doe-foot, dan terlihat dari luar berwarna pink. Oh iyaa, pertama kali dateng aplikatornya ini nggak terlalu pink, tapi setelah beberapa kali dipakai jadi pink-nya makin terang. 

Texture & Scent

Teksturnya kental dan agak berminyak, lebih mirip lip oil menurutku. Awalnya aku mengira bahwa produk ini tidak akan memberikan warna di bibir, jadi semacam cuma lip oil gitu aja. Tapi setelah membaca ingredients list aku menemukan CI 45410, ini adalah kode pewarna buatan yang aman digunakan untuk produk kosmetik, dan ini warnanya tuh pink terang agak merah. Jadi, produk ini bakal ngasih tinted color di bibir, jadinya seperti apa? Let's find out! 

Sementara untuk baunya, produk ini tidak ada pewangi tambahan, jadi baunya berasal dari oil-oilan yang terkandung di dalamnya. Baunya samar dan nggak ganggu kok, bukan tipe minyak yang bau apek. 

My experience

Pertama kali produk ini datang aku langsung mengoleskannya ke pergelangan tangan untuk melihat seperti apa tinted color yang dihasilkan. Warnanya cantik, pink soft dan ketika aku coba hapus ternyata warnanya tetap nempel, hanya bagian yang mirip minyak saja terhapus. But, karena warna dan tekstur kulit tangan dengan bibir itu beda, tentu akhirnya hasilnya akan berbeda. 

Ketika aku coba aplikasikan Salsa Lip Glow Serum ke bibir, awalnya aku sama sekali tidak melihat adanya perubahan warna. Aku berfikir, mungkin karena bibirku terlalu gelap? Jadi warna pink-nya nggak terlihat? rasanya hanya seperti dilapisin minyak bibirku. Tapi jujur ini rasanya lumayan ringan dan nyaman dibibirku, dibandingkan produk lip oil dari brand lain yang pernah aku coba dengan harga 4x lipat. 

Beberapa menit berlalu, and surprisingly pas aku bercermin bibirku udah agak ada warnanya. Agak pink soft gitu, tapi di foto nggak bisa ketangkep warnanya, jadi kayak warna bibirku cuma lebih terang. Warnanya juga lumayan nempel meskipun glossy layernya sudah hilang. 

Sementara untuk efek lembap dan hidrasinya menurutku bisa aku dapatkan selama memakainya saja, jadi yaaa mirip seperti disaat kita menggunakan lip balm biasa. Bibir akan lembap dan terhidrasi di saat memakaianya, ketika bibir mulai kering lagi, yaa harus reapply. Kalau nggak pakai? Yaa balik kering lagi. Karena bibirku super kering dan mudah mengelupas jadi nggak mungkin buatku untuk tidak memakai lip treatment setiap hari. 

Aku sudah menggunakan produk ini selama lebih dari 2 minggu, aku menggunakannya 2x sehari setiap habis mandi. So far, nggak ada reaksi negatif seperti bibir terasa panas maupun gatal, aku merasa aman-aman saja. 

Conclusion

Menurutku Salsa Lip Glow Serum ini tidak jauh beda dengan tinted balm atau tinted gloss. Pelembap bibir yang ngasih sedikit warna ke bibir. But, aku suka rasanya yang cukup nyaman dibibirku, bukan jenis lip treatment yang berat. Warnanya juga nggak ngejreng, aku juga suka. Lalu, mengingat harganya yang sangat terjangkau dan sudah terdaftar BPOM, I recommend this product! Daripada beli merk sebelah yang harganya 2x lipat? Atau bahkan yang DIY tanpa merk? Kan ngeri? Untuk harga dibawah 25ribuan ini worth to try! 

Where to buy? Belia Cosmetic

YOU CAN FIND ME AT :

4 komentar

  1. Bs dijadikan lipgloss juga gak. . Maksudnya ditimpa lipen sblmnya

    ReplyDelete
  2. Jadi pingin nyoba 🤭 makasih kak infony 🤗

    ReplyDelete
  3. Oren pastelnya lucuuu, aku kira lip serum seperti punyanya mineral botanica, di aku lumayan mencerahkan warna bibir. Ternyata semacam tinted lipbalm aja

    ReplyDelete
  4. Ini reviewnya sama banget kyak lip sebelah yang harganya lebih tinggi.klaimnya berlebihan ;") padahal pake pewarna jga..
    Makasi kak reviewnya..
    Masuk list lagiii

    ReplyDelete