Sunscreen untuk Kulit Sensitif, Axis-Y Complete No-Stress Physical Sunscreen

Hello everyone, sudahkah kalian memakai sunscreen hari ini? Sunscreen adalah bagian terpenting dari perawatan kulit, percuma kalian memakai serum atau krim dengan harga mahal tapi tidak pakai sunscreen! Selain untuk melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar matahari, sunscreen juga berguna untuk mencegah penuaan dini dan memperkecil resiko kanker kulit. Aku merasa telat banget pakai sunscreen, aku baru menyadari pentingnya sunscreen di usia 25tahunan, dan saat itu wajahku sudah nampak sangat tua, banyak yang mengira usiaku 40tahun, hiks...sedih sekali rasanya.

Mencari sunscreen yang pas untuk kulit kita tuh se-sulit mencari jodoh, terutama jika kulitnya sensitif seperti aku. Kira-kira sudah ada belasan sunscreen dari merk berbeda telah ku coba, beberapa membuat kulitku breakout, tapi aku tidak berhenti mencari. Hanya 1-2 saja dari belasan yang cocok dengan kulitku. Jadi buat kalian yang merasa kurang cocok dengan satu merk sunscreen jangan keburu menyerah dan berhenti pakai kemudian bilang "aku nggak mau pakai sunscreen, nggak cocok" Bukannya nggak cocok sama sunscreen, tapi emang belum nemu jodohnya aja.

Sekitar akhir bulan Januari lalu aku melihat di Instagram Axis-Y bahwa mereka akan launching produk terbaru. Aku sangat excited ketika tahu bahwa produknya itu adalah sunscreen, dan sunscreen tersebut memiliki beberapa kandungan yang sangat disukai kulit sensitifku. Oh iya, buat kalian yang mungkin belum tahu, Axis-Y adalah climate inspired skincare brand dari Korea yang menawarkan produk dengan bahan alami, tanpa kandungan berbahaya atau yang mampu menyebabkan iritasi kulit. Sejauh ini mereka memiliki 6 produk dan luckily aku memiliki semua produknya, beberapa ada yang sudah aku review di Instagram.

Axis-Y Complete No-Stress Physical Sunscreen

Dari namanya pasti kalian langsung tahu bahwa ini adalah physical sunscreen. Apa itu physical sunscreen? Wait, jadi ada beberapa jenis sunscreen, yaitu physical, chemical dan hybrid, lalu apa bedanya? 

Chemical Sunscreen : Sunscreen jenis ini menyerap sinar UV kemudian menetralkan dan melepaskan panas. Bagi yang kulitnya sensitif kurang cocok dengan sunscreen jenis ini karena kadang mengiritasi kulit. Selain itu butuh waktu 15-20 menit supaya sunscreen bisa bekerja. Chemical sunscreen biasanya memiliki tekstur yang ringan. Kandungan yang biasanya ada didalam chemical sunscreen adalah Avobenzone, Octinoxate, Octisalate, dll.

Physical Sunscreen : Jenis ini memantulkan sinar UV, cara kerjanya membuat lapisan dipermukaan kulit. Bagus bagi mereka yang memiliki kulit sensitif. Bekerja langsung setelah diaplikasikan ke kulit. Tapi, kekurangannya sunscreen jenis ini biasanya terasa berat dan kurang nyaman, selain itu juga menyebabkan white cast. Bahan-bahan yang terkandung dalam physical sunscreen adalah Titanium Dioxide, Zinc Oxide.

Hybrid Sunscreen : Memiliki kandungan yang dimiliki Chemical & Physical sunscreen. Terasa ringan seperti chemical sunscreen tapi memilikan perlindungan seperti physical sunscreen. Selama ini ada 2 hybrid sunscreen yang pernah ku coba dan kulit sensitif ku tidak bereaksi negatif.

Jadi sekarang kalian sudah tahu kan apa itu physical sunscreen dan apa bedanya dengan sunscreen jenis lain. Nah sekarang kita kembali bahas Axis-Y Complete No-Stress Physical Sunscreen.

Axis-Y Complete No-Stress Physical Sunscreen adalah sunscreen dengan proteksi tinggi terhadap UVA dan UVB (Spf50+ PA++++). Menggunakan UV filter both Titanium Dioxide, Zinc Oxide. Dengan berbagai macam Natural Ingredients untuk merawat kulit kita selama dan setelah paparan sinar matahari. Tidak mengandung alcohol, artificial fragrance maupun essential oils, ini sangat bagus bagi mereka yang kulitnya sensitif dan gampang iritasi terhadap bahan-bahan tersebut. 

Sekarang kita bahas apa saja sih Main Ingredients Axis-Y Complete No-Stress Physical Sunscreen?

Allantoin : Mempercepat penyembuhan dengan memeprcepat pertumbuhan sel.

Chamomile : Menyejukkan kulit yang sensitif akibat paparan sinar matahari.

Green Tea : Kaya akan antioksidan, memiliki manfaat sebagai anti-bakteri dan anti-inflamatory.

Squalane : Mempercepat pertumbuhan kolagen, menjadikan kulit lebih kencang dan kenyal.

Calendula : Mencegah kerusakan kulit dengan menghalangi radikal bebas.

Grape Seed : Melindungi dan melawan kerusakan kulit akibat radikal bebas.

Artemisia/Mugwort : Menurunkan suhu kulit akibat paparan sinar matahari serta menjadikan kulit lebih elastis. 

Bahan-bahan tersebut diatas bersama-sama melindungi terhadap peradangan, menenagkan dan menyejukkan kulit serta melembapkan.

Sementara kandungan Niacinamide 2% bekerja sebagai bahan pencerah dan Adenosine sebagai anti penuaan.

Full Ingredients Axis-Y Complete No-Stress Physical Sunscreen

Packaging

Produk dikemas dalam tube dengan ukuran 50ml, standard seperti kebanyakan sunscreen yang beredar dipasaran. Tube-nya berwarna putih berbahan plastik doff yang terasa nyaman dipegang, ditambah lagi bentuknya yang pas, tidak terlalu lebar atau memanjang. Bagian aplikatornya sangat unik, lebih mirip produk perawatan bibir. Bentuknya runcing dan membulat di ujungnya, hal ini mempermudah kita untuk mengatur seberapa banyak produk yang ingin dikeluarkan.

Dilengkapi dengan kotak kertas yang tercetak berbagai informasi cukup lengkap tentang produk, mulai dari deskripsi, kandungan, cara pakai dan peringatan.

Texture & Scent

Ketika pertama kali dikeluarkan dari tube teksturnya terlihat creamy dan kental, tapi ketika mulai diratakan teksturnya terasa lebih ringan dan mirip lotion. Tidak lengket maupun berminyak, mudah diratakan dan lumayan cepat terserap. Memiliki aroma seperti kebanyakan physical sunscreen, perpaduan aroma kapur dan aluminium. Karena produk ini tidak mengandung pewangi buatan maupun essential oils jadi aroma yang dihasilkan berasal dari kandungannya.

How to Use

Gunakan pada step terakhir perawatan kulit di pagi hari. Dengan takaran pemakaian sunscreen yang dianjurkan yaitu sebanyak 2 jari untuk seluruh wajah dan leher.

My Experience

Pertama kali mengaplikasikan Axis-Y Complete No-Stress Physical Sunscreen aku langsung terkesan dengan teksturnya yang ringan, mudah meresap dan minimal whitecast. Aku memiliki kulit medium dan produk ini tidak membuat wajahku menjadi abu-abu, hanya terlihat seperti memakai tone-up cream, terlihat lebih cerah setelah pengaplikasian kemudian warnanya akan menyatu dengan warna asli kulit.

Memiliki semi-matte finish dikulitku yang kombinasi dan cenderung berminyak. Beberapa temanku yang memiliki kulit normal mengatakan bahwa hasil akhir produk ini matte dikulit mereka. Jadi, setiap orang berbeda tergantung jenis kulitnya.

Memberikan blur effect, sehingga memberikan kesan kulit lebih halus. Memiliki kemampuan oil-control yang baik, tanpa membuat kulit kering. Kulit terasa tetap terjaga kelembapannya.

Aku memiliki pori-pori yang besar, biasanya physical sunscreen masuk ke dalam pori-pori dan membuat penampilan kulitku terlihat ada bintik-bintik putih akibat pori-pori yang tersumbat. Axis-Y Complete No-Stress Physical Sunscreen tidak menyumbat pori-pori sehingga aku terbebas dari tampilan bintik-bintik putih yang kurang nyaman dilihat. Selain itu, pori-pori yang tersumbat besar kemungkinan menyebabkan jerawat.

Axis-Y Complete No-Stress Physical Sunscreen terasa sangat nyaman di kulitku yang sensitif dan cenderung mudah berjerawat. Biasanya, ketika aku tidak cocok dengan suatu sunscreen kulitku langsung memberikan tanda-tanda kemerahan dan ruam-ruam seperti iritasi, kemudian beberapa hari kemudian akan muncul jerawat. Aku telah menggunakan sunscreen ini selama hampir 2 minggu dan aku tidak melihat adanya tanda-tanda breakout.

Sebelum memakai Axis-Y Complete No-Stress Physical Sunscreen memang sudah ada beberapa jerawat di wajahku, tapi sunscreen ini tidak membuat kondisinya semakin parah.

Sejauh ini aku belum menemukan kekurangan sunscreen ini, tapi bagi kalian yang terbiasa dengan skincare yang ada pewanginya mungkin akan kurang suka dengan bau Sunscreen ini, tapi aku pribadi tidak masalah dengan hal tersebut.

Sedikit tips bagi kalian yang memiliki kulit agak gelap atau medium to dark/tan mungkin whitecast nya bakal lebih terlihat, nah tips nya jangan mengaplikasikan takaran 2 jari secara langsung tapi sedikit demi sedikit secara bertahap untuk meminimalisir whitecast. Memang akan sedikit memakan waktu terutama bagi yang sedang keburu-buru, but trust me you will like it.

Aku merasa telah menemukan my current favourite sunscreen of the year!! Aku sangat merekomendasikan sunscreen ini buat kalian yang kulitnya sensitif, wajib coba!

Product Information

Name : Complete No-Stress Physical Sunscreen
Brand : Axis-Y
Origin : Korea
Volume : 50ml
Where to buy : Beautyglowing
Price : Rp.200.000


3 komentar

  1. Kalo di kulit kering kayaknya bakalan matte juga yaa

    ReplyDelete
  2. UVA has definitely been implicated in photoaging of the skin (wrinkles, sunspots). chemical free sunscreen

    ReplyDelete
  3. Lengkap bgt dong sunscreen axisy nih mudah menyerap ringan gak white cast gak nyumbat pori.. Wah aku jg pgn coba nih

    ReplyDelete