Nyobain Produk Airin Beauty Care Selama 1 Bulan di Kulit Sensitif & Berjerawat

Wednesday, July 28, 2021


Hello, how’s life? setelah 3 minggu tidak ngapa-ngapain akhirnya aku mulai berusaha aktif kembali untuk menulis. Kemana saja selama 3 minggu? jika kalian mengikuti instagramku pasti tahu, hehe aku sempat positif COVID-19 dan harus isolasi mandiri, selama itu aku berusaha fokus untuk penyembuhan, jadi yaudah aku stop semua kegiatan tulis-menulis. Sekarang aku sudah sembuh dan merasa sangat sehat! Haruskah aku menulis pengalamanku kena COVID-19 juga? Nanti aja lah yaa, sekarang mari kita selesaikan review produk yang sudah menumpuk.


Kali ini aku mau mereview beberapa produk dari Airin Beauty Care. Apakah kalian sudah pernah denger brand ini? aku rasa teman-teman skincare entusiast pasti sudah tidak asing lagi kan dengan brand ini? karena memang sudah banyak banget direview dan kebanyakan produknya mendapatkan feedback positif.


Berawal dari Airin Beauty Corporate yang lahir di tahun 2012, ini merupakan salah perusahaan yang menyediakan layanan kesehatan dan kecantikan di Indonesia. Airin Beauty Corporate memiliki beberapa brand maupun klinik yang tergabung di dalamnya, yaitu Airin Skin Clinic, Airnderm Aesthetic Product, Airin For Men, Airin Cosmetics dan Airin For Teens. Wahh banyak juga ya? Selama ini aku cuma tahu kalau Airin tuh punya klinik dan Airnderm Aesthetic Product saja loh.


Semua produk Airin Beauty telah terdaftar BPOM dan bersertifikasi Halal MUI, jadi sudah pasti aman dan kalian yang Muslim juga tanpa perlu ragu lagi buat menggunakannya. Produknya diproduksi dengan standar cGMP, CPKB dan ISO. 


Saat ini Airin telah memiliki 6 cabang Skin Clinic dibawah pengawasan Dokter Spesialis Kulit dan Dokter Praktisi Estetika yang sudah berpengalaman dan bersertifikasi resmi. Sayangnya klinik Airin belum ada di kotaku nihh, semoga nanti mereka bisa buka cabang di seluruh Indonesia ya!


Bulan lalu aku berkesempatan buat nyobain beberapa produk mereka, sempat bingung mau coba yang mana? soalnya banyak banget kan produknya, but… ada 2 produk yang sudah lama aku incar, yaitu Niacinamide Gel dan Hydrating Primer Toner. Kenapa pilih 2 produk tersebut? Hydrating adalah kuni supaya kulitku tidak rewel dan Niacinamide adalah salah satu ingredients favoritku yang memang sudah terbukti ampuh buat pudarin bekas jerawat. Kemudian aku juga dapat 2 varian sheet mask mereka yang fokusnya buat hydrating dan jerawat, ahh perfect! Karena aku juga bucin sama sheet mask. Oke mari langsung saja kita review produknya 1 per 1.


AIRIN PRIMER HYDRATING TONER



Dulu, aku yang memiliki kulit cenderung berminyak dan mudah berjerawat merasa bahwa kulitku nggak butuh pelembap dan hidrasi, aku hanya fokus pada produk dengan embel-embel anti-acne, or apa saja yang tertulis bisa buat jerawat. Alhasil bukannya kondisi kulit membaik tapi malah semakin parah, skin barrier rusak, dehidrasi yang membuat cepat banget berminyak & beberapa bagian super kering hingga mengelupas.


Kemudian aku mulai belajar soal skincare dengan benar, aku sadar kalau "ohh selama ini kulitku dehidrasi", yaudah sejak saat itu aku focus on hydration & hasilnya sangat di luar bayangan. I've found out that, selama kulitku terhidrasi dengan baik, maka jerawat juga nggak akan ngamuk, I mean kalaupun muncul jerawat nggak parah.


So, aku mulai explore banyak produk buat hidrasi dan salah satunya yang sudah lama aku incar adalah Hydrating Primer Toner ini, why? Kayaknya hampir semua orang menyukainya, dan benar saja ketika pertama kali mencobanya rasanya kayak "oh, sekarang aku tahu kenapa orang2 menyukainya,"


What is it?


Ini adalah toner yang memiliki fungsi untuk menghidrasi, mengembalikan kelembapan serta mempersiapkan kulit untuk produk skincare selanjutnya.


Main Ingredients


  • Sodium Hyaluronate : ini merupakan kandungan humektan yang berfungsi untuk melembapkan kulit.

  • Glycerin : Humektan yang berfungsi untuk menghidrasi, melembapkan serta memiliki manfaat antimikroba, sangat cocok buat kalian yang punya kulit berjerawat.

  • Aloe Vera : Kaya akan antioksidan dan berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit.

  • Panax Gingseng : Berfungsi sebagai anti-aging, antioksidan, menghidrasi kulit serta menghaluskan tekstur kulit.


Airin Hydrating Primer Toner ini diformulasikan tanpa paraben, sulfate, alcohol, silicon, EU alergen. Toner ini juga cruelty-free, aman buat yang punya fungal acne, dermatology tested dan menggunakan minimal ingredients, total hanya 10 ingredients.



Full Ingredients


Aqua, Propanediol, Sodium hyaluronate, Phenoxyethanol, Aloe Barbadensis Leaf Extract, Propylene Glycol, Panax Gingseng Root Extract, Ethylhexylglycerin, Disodium EDTA, Xanthan Gum.


Packaging


Kemasannya berbentuk botol, minimalist tanpa ada kemasan luar, jadi cuma botol saja tersegel plastik. Bahan kemasannya plastik dengan finish doff dan double lid. Tutup terluar berwarna silver model ulir, kemudian bagian dalamnya model flip top, ini berfungsi supaya produk lebih rapat dan nggak mudah tumpah, tapi jujur menurutku agak kurang praktis, apalagi kalau aku sedang terburu-buru, harus buka tutupnya 2 kali.



Untuk isi 100ml botolnya sedikit agak besar jika dibanding dengan produk lain punyaku dengan ukuran sama. Desain kemasannya simple dan informasi yang tertera di kemasannya juga sudah sangat lengkap, mulai dari deskripsi, kandungan, cara pakai, no BPOM, dll.


Texture & Scent


Toner ini memiliki tekstur cair, bening dan dengan sedikit kekentalan, agak slippery ketika diratain tapi nggak lengket maupun berminyak. Mudah terserap dan terasa nyaman buat dipakai beberapa layer. Nggak ada bau yang mengganggu, baunya samar banget dan nggak lingering, bakal hilang ketika di layer dengan skincare lain.



How to Use?


Jika mengikuti yang tertera di kemasan harusnya cara pakai toner ini dengan menuangkannya 3-4 tetes saja di tangan lalu tepuk-tepuk ke wajah. Nah, sementara aku lebih suka memakainya dengan cara menggunakan kapas tipis, rasanya kayak lebih nampol gitu, dan aku pakainya agak banyak, trus 2-3 layer. 


Toner ini aku gunakan di rutinitas skincare pagi dan malam, biasanya aku pakai setelah balancing toner tapi kadang juga langsung aku aplikasikan setelah mencuci muka.


My Experience


I've been using this toner for more than a month, so far no bad reactions at all. Produk ini juga layerable dengan skincare lain, nggak ada pilling. Finishnya bikin kulit plumpy, terasa halus & siap buat nerima asupan skincare lain. Selama memakai toner ini juga kulitku jadi well hydrated and of course jadi nggak gampang rewel. Toner ini secara otomatis masuk ke dalam jajaran fovorite hydrating toner! Mengingat harganya yang lumayan terjangkau dan produknya juga mudah didapatkan, tentu aku bakal repurchase.


Rate : 9/10

Price : Rp. 100.000/ 100ml

No. BPOM : NA18201204315



AIRIN NIACINAMIDE GEL



Selain Hydrating Primer Toner, Niacinamide Gel ini juga masuk wishlistku. Why? Jika kalian sudah cukup lama mengikutiku pasti tau how much I love Niacinamide, jadi kalo ada produk dengan kandungan utama Niacinamide pasti aku sangat tertarik buat mencobanya, karena kandungan ini bekerja sangat baik di kulitku. Tidak hanya ampuh memudarkan bekas jerawat, tapi juga membantu mengatasi jerawat bahkan yg kondisinya saat itu sedang parah. Selain itu, Niacinamide juga bisa mencerahkan serta membuat tekstur kulit jadi lebih bagus dengan penggunaan jangka panjang.


What is it?


Airin Niacinamide Gel adalah produk pelembap berbentuk gel. Fungsinya untuk menjaga kelembapan kulit, menyamarkan noda hitam bekas jerawat meratakan warna kulit serta mengurangi jerawat.


Main Ingredients


  • 4% Niacinamide : Membantu mengurangi inflamasi, menjaga kelembapan kulit, mengurangi komedo dan mencerahkan.

  • Panthenol : Memiliki khasiat anti inflamasi, meredakan kemerahan, menghidrasi dan meningkatkan elastisitas kulit.

  • Aloe Vera Extract : Melembapkan, anti inflamasi serta kaya akn antioksidan.

  • Arginine : Mempercepat regenerasi kulit, melembapkan, menghaluskan dan mengencangkan kulit.

  • Sodium Hyaluronate : Melembapkan serta menghidrasi kulit.


Masih sama seperti Hydrating Primer Toner tadi, produk ini diformulasikan tanpa paraben, alkohol,dll.



Full Ingredients 


Water, Butylene Glycol, Niacinamide, Betaine, propylene glycol, Panthenol, Phenoxyethanol, Acrylates/c10-30 Alkyl Acrylate Crosspolymer, Arginine, Aloe Barbadensis Leaf Extract, Disodium EDTA, Ethylhexylglycerin, Sodium Hyaluronate.


Packaging


Dikemas dalam jar berukuran 10gr yg dilengkapi dengan mini spatula di dalamnya. Aku kurang suka dengan kemasannya, karena dengan tekstur gel agak kurang cocok dikemas dalam jar gini, and fortunately mereka mengeluarkan kemasan baru berbentuk tube & isinya lebih banyak. 



Texture & Scent


Teksturnya gel bening, tapi bukan tipe yang langsung terserap kemudian hilang, ini masih meninggalkan rasa lembap & memberikan hidrasi. Ketika diratakan terasa sedikit lengket, rasa lengketnya hilang setelah gel terserap. Finishnya bikin kulit terlihat supple & ada calming effect yang bikin kemerahan or jerawat lebih kalem. Baunya samar dan nyaris nggak tercium.



How to Use?


Aku menggunakan gel ini sebelum moisturizer untuk pm routine & sebagai pengganti moisturizer di am routine.  Sebenarnya untuk kulit combi to oily ku efek lembapnya udah pas dan rasanya juga sangat nyaman, tapi untuk pm routine aku suka pakai yang lebih berat, jadi masih aku tambahkan moisturizer or kadang sleeping mask. Untuk dipakai sebelum sunscreen ini juga ga bikin pilling. 


My Experience


Aku telah menggunakan Niacinamide Gel ini lebih dari 1 bulan, bisa kalian lihat hasilnya beberapa bekas jerawat warnanya memudar & tekstur yg tadinya timbul jadi lebih rata.



Kadang ketika males pakai banyak skincare aku cukup pakai Hydrating Primer Toner dan Niacinamide Gel ini saj. Menurutku sebenarnya kombinasi 2 produk ini sudah jadi best combo! Kulit jadi well hydrated, terjaga kelembapan serta bebas jerawat, apa lagi yang kamu cari?


Overall this is a good product, and yes Niacinamide never failed me!


RATE : 9/10

Price : Rp. 70.000/ 10gr or Rp. 100.000/20gr

No. BPOM : NA18190122953



AIRIN BEAUTY CARE SHEET MASK



Sebagai pecinta sheet mask tentu aku sangat excited ketika mengetahui Airin Beauty mengeluarkan produk Sheet Mask! Saat ini mereka punya 3 varian yang fokusnya untuk hidrasi, jerawat dan pencerah. Aku berkesempatan buat nyobain 2 diantaranya, yaitu Hydrating Nourishing untuk melembapkan + menutrisi kulit dan Clarifying Acne yang diformulasikan untuk kulit berminyak + berjerawat.


Pertengahan bulan ini tiba-tiba muncul banyak jerawat berukuran besar & beberapa diantaranya tipe jerawat mendem yang bengkak, merah, nyeri & nggak kunjung matang, sumpah ini sangat menyiksa. Ya, aku mengalami Breakout karena salah 1 produk yang lagi aku coba. Tidak panik, aku langsung melakukan rutinitas yang biasa aku lakukan jika breakout, yaitu pakai sheet mask tiap hari. 



Aku putuskan untuk memakai 2 varian Airin Beauty Care Sheet Mask yang aku punya secara bergantian selama 4 hari, acne - hydrating - acne - hydrating, begitu urutannya. Kenapa nggak fokus pakai yang Acne saja tiap hari? ada kandungan Salicylic Acid di dalamnya, aku takut over exfoliation, selain itu hydrating juga salah satu hal yang dibutuhkan ketika breakout. 


Masker ini memiliki lembaran yang agak tebal dan tidak elastis, tapi beruntung ukuran & lubangnya pas selain itu bahannya juga bagus jadi nyaman digunakan. 


Keduanya memiliki cairan tipe lotion-like, kental berwarna putih & tidak banyak, hanya cukup untuk merendam lembarannya saja, nyaris tidak ada cairan tertinggal di kemasan. Baunya agak mirip, samar-samar dan varian Hydrating ada hints daun kering. 



Meskipun teksturnya mirip, tapi rasanya beda, varian Hydrating sedikit lebih thick & slippery. Sementara varian Acne terasa lebih ringan. 


Selama memakai keduanya aku tidak merasakan adanya soothing sensation, tapi ketika lembaran diangkat keduanya memiliki sensasi segar dan ringan, rasanya kayak habis diguyur air. 



Finishnya bikin kulit terlihat lebih fresh & well hydrated. Varian Acne juga mampu bikin kemerahan berkurang, sementara yg Hydrating memang hidrasi & kelembapannya jauh lebih bagus compared to the Acne one. 


Bagaimana hasilnya setelah 4 hari? 

Jerawat mendem akhirnya matang & finally kering! No more pain & kulit terasa lebih halus.



RATE : CLARIFYING ACNE 8/10 HYDRATING NOURISHING 8,5/10

Price : Rp. 29.000/each

No. BPOM : POM NA18200200537 (HYDRATING NOURISHING), POM NA18200200735 (CLARIFYING ACNE)



CONCLUSION


Finally, kita sampai juga pada kesimpulan, kadang tahap ini adalah bagian tersulit, tapi untuk semua produk Airin Beauty Care yang telah aku coba di atas aku mau menyimpulkan bahwa produknya worth to try! Dan beruntungnya cocok di kulitku. Harganya terjangkau dan produk mudah di temukan,kalian tidak perlu datang ke klinik karena produknya telah tersedia di beberapa E-Commerce atau bisa juga kalian belanja melalui website mereka.


Compared to produk lokal lain dengan fungsi serupa menurutku Airin Beauty Care harganya jauh lebih terjangkau, except the sheet mask, memang sih hasilnya bagus, tapi menurutku sedikit agak mahal, jadi jangan dipakai setiap hari yaa, jangan niru aku, hahaha, kecuali kalau memang keadaannya darurat.


Jika kalian baru pengen nyobain produk Airin Beauty Care, I highly recommend Hydrating Primer Tonernya, I hope u like it too! 


Setelah nyicipin beberapa produk Airin Beauty Care aku jadi penasaran dengan produk lainnya. Sekarang lagi eyeing Retinol Serumnya, tampak menarik.


WHERE TO BUY? WEBSITE | SHOPEE | TOKOPEDIA | LAZADA




Comments

  1. setujuuu, botol tonernya kayak 150ml ya kak padahal isinya 100ml 😂

    ReplyDelete
  2. airin ini seliweran terus di tl instagram. yang bikin penasaran nih toner sama niacinamide gelnya. gelnya ada efek pillingnya ga ya pas udah kering?

    ReplyDelete
  3. Uwoo, niacinamide gelnya hasilnya nampol banget! Aku penasaran sama hydrating tonernya sih, banyak banget feedback positifnya :)

    ReplyDelete
  4. Amazed dengan produk-produk dari Airnderm. Tonernya enak banget. Peel off mask nya ku naksir!

    ReplyDelete
  5. Wua! Udah pgn beli Airin tonernya. Hahaa, mungkin feel of use nya mirip Keep Cool ya :') awalnya gak begitu terasa hidratingnya lebih ke soothing, eh kelamaan berasa!

    Mantebs juga gelnya, semuanya terjangkau ya👧👧👧 aku kira tonernya aja :')

    ReplyDelete
  6. Brand Airin ini lagin naik daun banget yah suka banget ngeliat progress-nya.

    ReplyDelete
  7. Penasaran banget sama airin ini soalnya banyak yang review kan, pengen review juga kapan-kapan ah

    ReplyDelete