Elformula - Intensive Pore Clarifying Mask, Bantu Bersihkan Pori-pori dan Mencegah Jerawat

Monday, September 13, 2021



Calling all acne fighters! Apakah sampai sekarang kalian masih berjuang mengatasi jerawat? Atau tak kunjung mengetahui apa penyebab jerawat serta sudah mencoba banyak produk tapi tidak ada hasil? Tahukah kalian bahwa sebagian besar jerawat muncul karena kotoran yang menumpuk dan menyumbat pori-pori sehingga dapat menyebabkan peradangan? Nah, jika ini adalah penyebab jerawat yang kalian alami maka salah satu langkah awal untuk mengatasinya adalah dengan rajin membersihkan wajah serta melakukan deep cleansing, tapi ingat rajin disini maksudnya bukan berlebihan yaa! 


Pertama kalian harus menemukan pembersih yang benar-benar sesuai dengan jenis kulit, lalu langkah ke 2 adalah melakukan deep cleansing, gimana itu caranya? Kalian bisa memakai exfoliating toner atau memakai masker yang memang memiliki fungsi sebagai deep cleansing. 


Hari ini aku mau review sebuah masker yang punya kemampuan deep cleansing sangat bagus dan sudah aku gunakan selama 2 minggu. 


ELFORMULA INTENSIVE PORE CLARIFYING MASK


Sebelum bahas produknya aku mau bahas sedikit tentang Elformula, kebetulan ini adalah produk pertama mereka yang aku cobain. Elformula (Element Formula) adalah skincare brand asal Korea yang berdiri sejak 2018. Mereka memiliki konsep simple & effective. 



Product's Information

Brand : Elformula 

Name : Intensive Pore Clarifying Mask 

Origin : South Korea

Volume : 100ml

Pao : 12m

Price : Rp. 108.000


What is it? Ini adalah wash-off mask dengan kandungan utama Mugwort, Niacinamide dan BSASM. Berbentuk Clay Mask dengan natural scrub lembut daru walnut yang bagus untuk eksfoliasi, disebut juga sebagai Peeling Clay Mask. 


Masker ini diformulasikan untuk semua jenis kulit, bahkan aman bagi mereka yang memiliki fungal acne. Memiliki manfaat utama untuk membersihkan pori-pori, menenangkan kulit wajah, mencerahkan, meratakan warna kulit, meregenerasi kulit, mencegah & membantu mengobati jerawat. 


Kabar baiknya, mereka berani kasih 100% garansi uang kembali jika terjadi iritasi seperti kemerahan, gatal, inflamasi pada jerawat setelah 1x pemakaian. Apa saja syarat buat klaim garansi? 


  1. Pengajuan pengembalian dana hanya berlaku maksimal 10 menit setelah pemakaian. 

  2. Tidak boleh digunakan lebih dari 15 menit untuk kulit kering 

  3. Tidak boleh digunakan lebih dari 20 menit untuk kulit berminyak. 

  4. Sertakan foto before-after serta waktu pengambilan foto. 

  5. Dilarang menggunakan produk peeling apapun sebelum menggunakan masker, karena terdapat scrub pada masker. 

  6. Boleh menggunakan produk Elformula apapun kecualu anti aging serum dan blackhead kit setelah menggunakan masker. 


Jangan lupa untuk lakukan langkah-langkah di atas ya untuk antisipasi jika kalian tidak cocok dengan masker ini jadi bisa klaim pengembalian dana. 


Main Ingredients 


  • Mugwort : Kandungan yang sejak tahun lalu lagi naik daun nih karena banyak digunakan dalam kandungan skincare. Mugwort yang kaya akan antioksidan memiliki manfaat menenangkan kulit, anti-inflamasi, membantu membunuh dan mencegah timbulnya bakteri penyebab jerawat. 

  • Niacinamide : Membantu mencerahkan kulit, melindungi kulit dari toksin, mencegah dan mengatasi jerawat, memperbaiki tekstur kulit, mengatasi kulit kusam. 

  • BSASM : Ini merupakan patented ingredient yang telah dibuktikan dan diuji oleh lab dan rumah sakit di Korea Selatan, terbukti efektif untuk mengatasi kulit sensitif dan bruntusan. Terdapat 7 kandungan di dalamnya, yaitu; Centella Asiatica, Japanese Knotweed, Scutellaria Baicalensis, Licorice, Tea Tree, Chamomile, Rosemary. 


Full Ingredients 


Water, butanediol, kaolin, cetearyl alcohol, 1,3-propanediol, walnut shell powder, triglyceride (ethylhexanoic acid), behenyl alcohol, C14-22 alcohol, bentonite, whale potassium wax alcohol phosphate, C12-20 alkyl glucoside, olive oil PEG-6 polyglyceryl-6 esters, sodium stearoyl lactoyl lactylate, tocopheryl acetate, allantoin, panthenol, nicotinamide, salicylic acid, sesame amino acids, dextrin, centella asiatica extract, polygonum cuspidatum root extract, scutellaria baicalensis root extract, camellia sinensis leaf extract, glycyrrhiza glabra root extract, chamomilla recutita flower extract, rosmarinus officinalis leaf extract, camellia japonica flower extract, artemisia argyi leaf extract, glycerin, sodium lactate, serine, glycine, alanine, arginine, aspartic acid, valine, isoleucine, leucine, glutamic acid, proline, menthol, melaleuca alternifolia leaf oil, xanthan gum, propylene glycol, caprylic hydroxamic acid, glyceryl caprylate, ethylhexyl glycerol, p-hydroxyacetophenone, chromium oxide green, CI 77499,CI 77492.


Packaging 


Kemasan terluarnya box kertas simple berwarna putih dengan berbagai informasi seperti kandungan utama, klaim, cara pemakaian, full ingredients dan cautions. 



Produknya sendiri dikemas dalam jar berukuran 100ml berwarna hijau tua dengan tutup warna putih. Sayangnya karena warna jarnya hijau tua pemilihan warna tulisan hitam menurutku sedikit kurang tepat karena tulisannya jadi kurang menonjol, sepertinya warna putih akan lebih bagus. 



Di bagian dalam ada second lid yang diatasnya sudah dilengkapi dengan spatula. Spatula disini lebih aku gunakan untuk scoop out the product tidak untuk mengaplikasikannya ke wajah. 


Texture & Scent 


Masker ini memiliki tekstur clay mask yang lembut dan butiran scrub didalamnya membuat sekilas masker tampak sedikit padat, but ketika disentuh masker terasa buttery. Berwarna hijau tua sedikit keabu-abuan ketika diaplikasikan ke kulit. Butiran scrub di dalamnya juga sangat banyak, kayaknya sekitar 50-60%.




Baunya cenderung mirip Tea Tree, tipe aroma yang soothing, aroma seperti ini terasa sangat nyaman digunakan apalagi ketika kulit berjerawar karena dia kayak ngasih sugesti dingin yang menenangkan. 



How to Use


Oleskan secara merata ke wajah yang telah lebih dulu dibersihkan. Pakainya tebal atau tipis kak? Terserah sih ini sesuai selera, kalau aku suka agak tebal supaya rasa ademnya lebih tahan lama, tapi kalau kalian mau hemat pakai tipis-tipis saja. Oh iya pas ngolesin pelan-pelan yaa, jangan digosok, soalnya ini ada scrubnya. Diamkan selama 15-20menit lalu bilas hingga bersih. Disarankan untuk pakai masker ini seminggu 1-2x saja, jika kulit kalian sensitif aku rasa 1x saja sudah cukup. 


My Experience 


Awalnya aku sempat khawatir ketika melihat butiran scrubnya yang banyak dan pas pertama aku cobain ke punggung tangan ada sedikit rasa sakit, tapi ternyata rasanya tidak demikian ketika dipakai di wajah. Meskipun punya scrub banyak ternyata dengan pengaplikasian yang tepat ini nggak nimbulin rasa sakit sama sekali. Nah, gimana tuh pengaplikasian yang tepat? Aku meratakannya pakai jari, yups aku nggak pakai kuas! Dengan begini aku lebih bisa mengontrol tekanan yang diberikan ke kulit. 


Surprisingly Elformula Intensive Pore Clarifying Mask ini bukan tipe clay mask yang berubah jadi kering kemudian bikin kulit terasa kaku dan ketarik. Jadi dia tuh nggak kering sama sekali bahkan setelah 20 menit! Jadi bener-bener nyaman! Selama ini yang bikin aku agak males pakai clay mask tuh pas dia mulau kering bikin kulit kaku trus belum lagi nanti pas dibilas agak susah. Masker ini dibilasnya juga mudah banget! Effortlessly! Aku cukup bilas pakai air dingin biasa yang ada di kamar mandi sambil pijat-pijat lembut. 



Bagaimana hasilnya? Setelah dibilas tentu yang pertama aku rasakan adalah rasa menyegarkan, ibaratnya kayak orang udah capek auto semangat lagi. Trus pas aku lihat ke cermin untuk mengamati lebih saksama terlihat pori-poriku jadi lebih bersih! Kulit juga terasa halus disentuh dan ada efek lembap setelahnya, jadi beneran sama sekali nggak bikin kulit kering. 


So far selama 2 minggu aku sudah pakai masker ini 4x dan kebetulan sejak sebelum pakai memang aku lagi ga ada jerawat meradang, hanya sedikit bruntusan dan sekarang kulitku kondisinya jauh lebih baik. Aku juga mengamati selama 2 minggu ini nggak muncul jerawat maupun masalah di kulitku. Aku rasa karena kulit dan pori-poriku bersih atau nggak ada kotoran menumpuk sehingga jerawat juga nggak muncul. 


Conclusion 


Overall I really love this product! Rasanya menyenangkan selama memakai produk ini dan hasilnya juga bagus untuk kulitku. So, hampir semua klaimnya sudah bisa dibuktikan hanya saja untuk efek mencerahkan dari kandungan Niacinamide aku belum begitu melihat perubahan, mungkin butuh waktu lebih lama lagi. 


But again, nggak ada produk yang sifatnya bakal cocok buat semua orang, apa yang cocok buatku belum tentu juga cocok buat kalian, begitu pula sebaliknya. Maka untuk mengetahui suatu produk cocok nggak buat kulitku? Satu-satunya cara adalah mencobanya sendiri, see you! 



ELFORMULA : Website | Instagram | Shopee





Comments

  1. Mba.. aku gagal fokus sama anting daisy nya.. cantik :D

    ReplyDelete
  2. Paling suka kalo ada tutup tambahan sama spatulanya, lebih clean aja menurutku

    ReplyDelete
  3. ini tipe claymask yang nggak kering, berarti cocok nih buat dry skin kaya akuu

    ReplyDelete
  4. Wahhh clay mask gak bikin kering unik juga yaa kak. Awalnya aku pikir elformula ini brand indo kak, yang pas booming produknya satu set kotakan itu 😆

    ReplyDelete
  5. mugwort lagi hits parah yaa! btw sama kak aku kalau pakai spatula juga cuma buat scoop produknya aja, aplikasinya pakai tangan atau kuas :D

    ReplyDelete
  6. Wow! Interesting.. Mirip Axis-Y ya!

    ReplyDelete
  7. aku tuh lagi penasaran banget sama masker mugwoorrt! ada bulir2 scrubnya juga ini bisa sekalian buat bersihin pori yaa

    ReplyDelete
  8. Informatif banget brand nya ya mbak, semua skin tipe itu dikasih parameter pemakaian☘️

    Diliat dari ingredients nya sih super-super semua, kayaknya buat calming dan treat jerawat dan kroninya bakalan works! :')

    ReplyDelete
  9. teksturnyaaa <3
    fix masuk wishlist

    ReplyDelete
  10. Kenapa aksesorisnya bikin salfok wkwkwk. Sekilas warna jar-nya kaya si axis yah.

    ReplyDelete
  11. Ah bener banget kalo tulisannya pake warna putih, bakal lebih kelihatan dan catchy pastinya

    ReplyDelete
  12. Teksturnya keliatan creamy & haluuus 🥺 menariiik

    ReplyDelete
  13. Enak yaa tekstur dan feels ngescrubbnya

    ReplyDelete
  14. Ini kayaknya bakal nampol buat deep cleansing sepekan sekali yaa..

    ReplyDelete