Review Fruitlab Fruit Infused Serum Avocado, Atasi Jerawat dan Menutrisi Kulit

Wednesday, October 20, 2021



Kalian pasti sudah sering menemukan produk dengan kandungan ekstrak buah di dalamnya bukan? Nah, gimana kalau ada brand yang konsepnya itu buah-buahan, jadi semua produknya itu pakai ekstrak buah, kayaknya masih baru di Indonesia. This is Fruitlab, local brand baru yang produknya serba buah-buahan. Asli gemes banget kalau kalian cek Instagram mereka, so colorful trus rasanya tuh jadi pengen punya semua produknya. 


Fruitlab ini brand yang terbilang masih baru banget, kalau nggak salah mereka launched bulan April kemarin. Saat ini mereka punya toner, beberapa variants serum yang bisa kalian pilih sesuai permasalahan or jenis kulit, pelembap untuk pagi hari dengan kandungan tabir surya dan pelembap untuk malam hari. Produk mereka telah terdaftar BPOM, jadi sudah pasti aman dan kalian tidak perlu ragu untuk mencobanya. 


Aku berkesempatan buat cobain salah satu serumnya, sempat bingung mau pilih yang Lemon atau Avocado karena 2 ini yang bagus buat permasalahan kulitku yang berjerawat. Akhirnya pilihan jatuh kepada Avocado karena menurutku Lemon sudah terlalu mainstream, hehe. 


Fruitlab - Fruit Infused Serum Avocado



Setelah memilih produk ini tiba-tiba aku ingat kalau pernah punya bad experienced dengan kandungan Avocado, tapi setelah aku ingat-ingat lagi yang ngasih aku pengalaman buruk itu Avocado Oil, and of course ini tuh beda dengan Avocado Extract. Dalam 1 buah biasanya bisa diambil dari berbagai bagian untuk dijadikan kandungan skincare, misal diambil oilnya, ekstrak dari bijinya, daunnya or buahnya. Makanya kalau ada produk misalnya dengan Avocado Extract bukan berarti kalian akan mendapatkan manfaat yang sama jika menggunakan buah Avocado langsung yang kalian templokin ke wajah, hehe. 


Fruitlab Serum Avocado ini selain punya kandungan Avocado Extract juga ada Vitamin C, dia pakai 3-O-Ethyl Ascorbic Acid, ini tuh Vitamin C turunan yang lebih stabil, nggak gampang oksidasi dan minim iritasi, di kulit sensitif ini lebih oke. Kemudian ada Lactic Acid, ini adalah AHA yang paling mild dan banyak disarankan untuk mereka yang kulitnya sensitif juga. Lactobacillus/ Collagen/ Mesembryanthemum Crystallinum Leaf Extract Ferment Lysate, apaan nih namanya panjang banget? Ini kandungan yang fungsinya untuk mengurangi tanda penuaan. Trus ada Sodium Hyaluronate & Hydrolyzed Hyaluronic Acid untuk menjaga kelembapan serta menghidrasi kulit. Terakhir Hydrolyzed Algin yang kaya akan antioksidan dapat melindungi kulit dari radikal bebas. Sebenarnya Avocado Extract sendiri juga sudah mengandung Hydrolyzed Algin, but I don't know mereka tulis terpisah di Ingredients list, mungkin memang mereka ambil Hydrolyzed Alginnya sendiri kali ya buat dijadiin kandungan terpisah. 


Ingredients 


Aqua. Glycerin. Xanthan Gum. Methyl Propanediol.Sodium Lactate. 3-O-Ethyl Ascorbic Acid. Lactic Acid. Lactobacillus/Collagen Mesembryanthemum Crystallinum Leaf Extract Ferment Lysate.Polyglutamic Acid. Sodium Hyaluronate. Hydrolyzed Hyaluronic Acid. Sodium Acetylated Hyaluronate. Hydroxypro- pyltrimonium Hyaluronate. Butylene Glycol. Ethylhexylglycerin. Cystoseira Tamariscifolia Extract. Tranexamoyl Dipeptide-23. Caprylyl Glycol. 1.2-hexanediol. Phragmites Kharka Extract. Poria Cocos Extract. Aloe Vera Leaf Extract.Hydrolyzed Algin. Zinc Sulfate. Avocado (Persea Gratissima) Extract. Phenoxyethanol. PEG-40 Hydrogenated Castor Oil. Tetrasodium EDTA. Parfum. Cl 19140.CI 42090.


Packaging 


Produk dikemas dalam dropper glass bottle bening, jadi serumnya yang berwarna hijau bisa terlihat dari luar. Ukurannya 20ml, dan bentuk botolnya tipe pendek agak gendut, belakangan banyak local brand serum yang punya botol mirip-mirip gini. 



Kemasan terluarnya cakep banget box dari kertas super tebal trus modelnya tuh ditarik dari atas gitu, gimana ya jelasinnya, haha. Pokoknya ini kayak produk mahal gitu deh kalau dilihat dari boxnya. Informasi yang tertera di box juga lengkap, mulai dari kandungan, cara pakai, no BPOM, dll. 


Texture & Scent 


Teksturnya cair dan runny, tapi pas diratain terasa sedikit slippery dan agak berminyak. Jadi, bukan tipe cair yang kemudian dia cepet terserap dan hilang begitu saja, ini tuh tipe yang finishnya bikin kulit well nourished. Kulit kelihatan kenyal dan sehat, nggak ninggal kesan lengket or berminyak sama sekali. 



Baunya enak, khas produk yang ada di pasaran dengan varian Avocado. Baunya manis dan agak creamy. Oh iya produk ini nggak fragrance-free. 


How to Use? 


Sebenarnya produk ini bisa digunakan pagi maupun malam hari, apalagi dengan kandungan Vit C di dalamnya ini tuh sebenere best combo buat dipakai sebelum sunscreen, but… kandungan Lactic Acid di dalamnya yang berpotensi mengangkat sel kulit mati di bagian lapisan terluar kulit membuatku memutuskan untuk memakainya di malam hari saja. 


Begini urutannya :

1st cleanser (balm or oil) - 2nd cleanser (face waah) - toner- Fruitlab Serum Avocado - Moisturizer 


My Experience & the Results 


Sebelum cobain serum ini kulitku lagi breakout, seriously ini tuh breakout yang lumayan parah setelah bertahun-tahun aku nggak breakout. Breakout karena apa? Aku lagi nyobain essence baru, 3x coba doang padahal tapi wajahku langsung bereaksi buruk. 


Mengingat Fruitlab Serum Avocado ini for acne, yaudah aku cobain, tapi sambil berdoa kalau cocok yaa breakout ku membaik, kalau nggak ya tambah parah, hehe. 


Fokusku ada di jerawat bengkak berukuran besar di pipi kiri. Kondisinya dia udah meradang tapi nggak kunjung matang, bisa bayangkan bagaimana sakitnya? Sampai aku tuh nggak bisa tidur miring ke kiri, dan ini sudah 1 minggu lebih semakin membesar tapi nggak matang. 


Setelah pemakaian pertama Fruitlab Serum Avocado aku merasakan rasa nyerinya berkurang. Hari ke 3 jerawat semakin membesar, kayak isinya ngumpul jadi 1 di tengah, sepertinya sih ini tanda-tanda dia mau pecah. Di fase ini dia sudah nggak sakit sama sekali. Keesokan harinya dia beneran pecah dan butuh sekitar 2 hari isinya baru bener-bener keluar semua. 



Karena ukurannya yang besar dan cukup dalam, bekas yang ditinggalkan kayak timbul gitu, jadi teksturnya terlihat kasar dan masih bengkak. Trus warnanya juga merah banget. Aku masih rutin memakai Fruitlab Serum Avocado, makin hari bekasnya makin ambles or permukaannya jadi lebih rata. Jujur aku was-was banget kalau bakal ninggalin bopeng, tapi ternyata nggak ada yang berlubang, cuma memang warnanya gelap banget. 


Semakin hari teksturnya makin halus, tapi belum bisa rata kayak kulit lainnya. Untuk masalah warnanya, masih belum ada perubahan, aku rasa butuh produk yang fungsinya untuk memudarkan bekas jerawat dan produk ini kurang bisa melakukan hal itu di kulitku. 


Conclusions 


Untuk mengatasi jerawat produk ini bagus dan patut kalian pertimbangkan. Efek hidrasi dan lembap yang diberikan juga bagus, apalagi finishnya aku suka banget karena bikin kulit kelihatan sehat. Hanya saja untuk memudarkan bekas jerawat ini kurang bekerja. But again, hasilnya tentu di tiap orang berbeda-beda ya, karena jenis kulit dan permasalahannya juga berbeda. Di kasusku ini kayaknya memang karena jerawatnya terlalu besar dan dalam jadi butuh perawatan ekstra dan tentunya butuh waktu yang lebih lama. 


Where to buy? Shopee



YOU CAN FIND ME AT :

Comments

  1. Fruitlab alpukat ini unik juga yaaa, efeknya juga lumayan keliatan loh itu kak :)

    ReplyDelete
  2. Puas banget liat progressnya! Fruitlab ini gemas banget ya packingnya
    kebetulan aku ada jerawat besar gitu di dagu, jadi pengen beli

    ReplyDelete
  3. Manteb bangetssss perkembangannya ya mbak, terus jerawatya yang besar, dalem pulaa (meradang parah gitu kayaknyanya). Sungkem sama produk yang bener-bener bisa membantu balikin kondisi kulit kita pas bermasalah perlahan jadi membaik. Saved ah, siapa tau ntar aku ada kepikiran mau icip :')

    ReplyDelete
  4. yess fruitlab ini masih termasuk baru, aku baru coba wakeup creamnya.

    aku seneng liat progressnya di jerawat mba daisy, jadi kempesan. oke juga ya serum avocado ini untuk ngurusin break out

    ReplyDelete
  5. aku suka packaging dan tampilannya fruitlab ini sih. Mba Dessy musti cobain sleeping masknya. Lembapnya uwuuu! nampol!

    ReplyDelete
  6. Improve banget loh beb! Kece yah fruitlab ini. Kemasannya juga cantik colorful, pengen nyobain juga deh yg avocado ini, ada lactobacillus nya ingre favorit ku 😍

    ReplyDelete
  7. aku juga pakai dan efeknya ga jauh beda sama aku kaak. bikin jerawatnya mateng dan ngeratain kulitnya jugaa 🥺

    ReplyDelete
  8. Asli jadi pengen coba semua produknya Fruitlab deh! Aku sejauh ini punya yang lemon sama mango 👌🏻

    ReplyDelete
  9. produknya fruitlab gemesh² banget bener2 infused by fruits, kandungannya juga bagus banget, suka liat progress jerawatnya ka Daisy, tau banget rasanya cenat cenut karna jerawat 🥰

    ReplyDelete