Review Zalfa Probio Herbs Bakuchiol Peptide Acne Ampoule

Sunday, October 31, 2021


Zalfa, local brand yang selalu aku tunggu-tunggu produk terbarunya karena mereka kalau bikin produk tuh nggak pernah "biasa" dan sejauh ini produk mereka yang telah aku coba belum ada yang gagal.


Nggak "biasa" itu gimana maksudnya? Mereka kalau bikin produk anti mainstream, trus tiap produk sebelum diluncurkan telah melalui proses panjang bisa tahunan, nggak asal punya duit pesen produk ke pabrik trus jadi dalam hitungan bulan. Nggak sampai disitu saja, pemberian nama produk, dan konsepnya semua transparan. Contohnya produk terbaru mereka ini Probio Herbs Bakuchiol Peptide Acne Ampoule. Kenapa nggak dibuat Acne Ampoule doang? Atau Bakuchiol Ampoule (ini kandungan yang setahun belakangan lagi ngetren, pasti bakal menarik minat pembeli)? Ya itulah bedanya Zalfa dari brand lain, so far 3 produk yang telah aku coba kayak gini, namanya panjang tapi kita sebagai pemakai langsung dibikin paham, "apa saja kandungan yang bakal kita templokin ke muka" hehe. 


Zalfa Probio Herbs Bakuchiol Peptide Acne Ampoule 



Product's Information 

Name : Probio Herbs Bakuchiol Peptide Acne Ampoule 

Brand : Zalfa Natural 

Origin : Indonesia

Volume : 20ml

BPOM No : NA18210106417

Pao : 6M

Price : Rp 147.000


What is it? 


Mild ampoule yang diformulasikan untuk mereka yang memiliki kulit berjerawat. Kandungan utamanya ada Bakuchiol, Peptide, Encapsulated Salicylic Acid, Mugwort, Cica & Green Tea untuk mengurangi inflamasi yang disebabkan oleh jerawat, memudarkan flek serta memperbaiki tekstur kulit. 


Baca juga : Zalfa - Silky Dew Mugwort

Selain itu juga ada Herbs Activator untuk mendorong efektivitas bahan aktif dan memberikan perlindungan terhadap kulit sehingga meminimalisir iritasi serta mencegah timbulnya jerawat baru. Diperkaya juga dengan Oil Control Power untuk membantu menyeimbangkan produksi minyak berlebih. 



Seperti semua produk Zalfa lainnya, produk ini menggunakan bahan natural, no harsh chemicals, halal, bebas alkohol, bebas paraben dan yang terpenting aman untuk ibu hamil karena saat ini aku sedang hamil, jadi lebih selektif lagi dalam memilih produk perawatan kulit. 


Bukannya produk ini mengandung Salicylic Acid dan itu nggak boleh digunakan ibu hamil? Boleh, selama nggak lebih dari 2%, selain itu Zalfa Probio Herbs Bakuchiol Peptide Acne Ampoule ini menggunakan Encapsulated Salicylic Acid, ini tipe yang sangat mild dan klaimnya paling aman buat ibu hamil, jadi aku tanpa ragu buat mencobanya. 


Main Ingredients 


Berikut aku mau kasih sedikit penjelasan tiap main Ingredients-nya. 


  • Bakuchiol : Belakangan pasti kalian sering denger nama kandungan ini, karena memang lagi naik daun 1 tahun terakhir ini. Bakuchiol memiliki manfaat anti-aging seperti mencegah timbulnya garis halus dan keriput. Sempat disebut sebagai pengganti retinol, tapi sayang belum banyak penelitian lebih lanjut tentang hal tersebut. Selain itu Bakuchiol juga memiliki manfaat anti-inflamasi dan anti bakteri, ini cocok buat yang kulitnya sensitif dan berjerawat. Manfaat lainnya adalah untuk mencerahkan kulit, flek dan bekas jerawat. 

  • Duo Peptide (Tranexamoyl dipeptide & Nicotinoyl dipeptide) : Berfungsi untuk memberikan sinyal pada sel kulit untuk memproduksi kolagen dan elastin sehingga menjaga kulit dari tanda-tanda penuaan. 

  • Mugwort Extract : Memiliki manfaat anti-inflamasi dan anti-bakteri sehingga membantu mencegah timbulnya jerawat. 

  • Probiotic : Menjaga dan memperbaiki skin barrier dengan menyeimbangkan bakteri baik di kulit. 

  • Tranexamic Acid : Mencerahkan flek hitam, bekas jerawat dan melasma. 

  • Encapsulated Salicylic Acid : Mengangkat sel kulit mati, mengurangi peradangan dan mempercepat penyembuhan jerawat. 

  • Centella Asiatica Extract :Menenangkan kulit, mencegah timbulnya jerawat serta melembapkan kulit. 

  • Polygonum Cuspidatum Root Extract : Dengan sangat baik membantu menenangkan kulit. 

  • Scutellaria Baicalensis Root Extract : Memiliki manfaat anti-bakteri, anti-inflamasi dan anti-alergi. 

  • Green Tea Extract : Menenangkan kulit yang iritasi dan menjaga keseimbangan minyak. 

  • Licorice Root Extract : Membantu mencerahkan kulit. 

  • Rosemary Leaf Extract : Melindungi kulit dan mencegah tanda penuaan. 

  • Matricaria Flower Extract : Memiliki kemampuan anti inflamasi yang dapat mencegah peradangan dan menjaga kelembapan kulit. 

  • Hydrolyzed Collagen : Memberikan efek firming dan instant tightening. 

  • Vitamin E : Meminimalisir kerusakan kulit akibat sinar matahari serta mencegah noda hitam, garis halus dan keriput. 


Full Ingredients 


Water, Glycerin, Cyclopentasiloxane, Butylene Glycol, Acetamidoethoxyethanol, Dimethicone, Acacia Senegal Gum, Salicylic Acid, Artemisia Vulgaris Extract, Ammonium Polyacryloyldimethyl Taurate, Polyacrylamide, Propanediol, Bakuchiol, Tocopheryl Acetate, Euglena Gracilis

Polysaccharide, C 13 -C 14 Isoparaffin, 1,2-Hexanediol, Disodium EDTA, Laureth-7, Caprylhydroxamic Acid, Hydrolyzed Collagen, Bifida Ferment Lysate, Lactobacillus/Lemon Peel Ferment Extract, Camellia Sinensis Leaf Extract, Centella Asiatica Extract, Chamomilla Recutita (Matricaria) Flower Extract, Glycyrrhiza Glabra (Licorice) Root Extract, Polygonum Cuspidatum Root Extract, Rosmarinus Officinalis (Rosemary) Leaf Extract, Scutellaria Baicalensis Root Extract, Caprylyl Glycol, Cyclotetrasiloxane, Tranexamic Acid, Sodium Chloride, Nicotinoyl Dipeptide-22, Tranexamoyl Dipeptide-22, CI 42090


Packaging 


Produk dikemas dalam botol kaca dengan dropper. Desain kemasannya mirip dengan Zalfa Cica Pore, perpaduan putih dan biru. Berukuran 20ml, yang kayaknya ini bakal habis dalam 2 bulan. Sayang, droppernya kurang bekerja dengan baik, setelah aku cek ternyata dia agak retak, jadi pas aku ambil produknya nggak bisa maksimal. 



Box terluarnya berbahan kertas, di dalamnya ada kertas lagi lebih tebal, ini untuk melindungi botol kaca di dalamya supaya lebih aman, apalagi jika dikirim ke luar kota. Informasi yang tercetak di boxnya super lengkap, so far Zalfa adalah brand yang mencantumkan informasi paling lengkap, trus informasinya tuh mudah dimengerti dan enak dibaca. Mulai dari info produk, kandungan, manfaat, klaim, dll. 


Texture & Scent 


Teksturnya kental, lebih mirip emulsion or lotion tapi terasa super ringan. Warnanya milky blue, unik banget! Baunya samar-samar, ada sedikit soothing hints dan nggak ada kesan bau acidic sama sekali. 


Nggak lengket or berminyak sama sekali, terasa sedikit slippery ketika diratain, cepat meresap dan finishnya bikin kulit tampak kenyal. Produk ini juga memberikan efek menenangkan dan melembapkan. 


How to Use


Disarankan untuk menggunakan produk ini di malam hari saja. Biasanya aku menggunakannya di step sebelum moisturizer atau sebelum sleeping mask. 


Berikut urutannya :

1st Cleanser (Cleansing Balm or Oil), 2nd Cleanser (Face Wash), Balancing Toner, Hydrating Toner, Zalfa Probio Herbs Bakuchiol Peptide Acne Ampoule, Moisturizer/ Sleeping Mask. 


My Experience 


Jujur sebelum pakai Zalfa Probio Herbs Bakuchiol Peptide Acne Ampoule aku sedikit was-was, why? Aku punya love-hate relationships sama kandungan Probiotic. So far ada 5 produk dengan Probiotic yang telah aku coba, 3 diantaranya berakhir dengan breakout dan 2 sisanya malah cocok banget di kulitku. Nah, membingungkan bukan? Jadi persentasenya bakal 50:50 kemungkinan aku cocok apa nggak? Faktor kandungan pendukung dan formulasinya yang mempengaruhi. 


Kondisi kulitku sebelum cobain produk ini sedang ada bekas jerawat besar dan dalam di bagian pipi, ini breakout karena produk yang aku cobain bulan lalu. Ada bruntusan, kemerahan, dan jerawat langganan di bagian dagu. Kenapa aku bilang dia langganan? Selama aku pakai masker dia bakal muncul terus di situ, atau bisa kita sebut maskne. 


Baca juga : Zalfa - Cica Pore

Melihat banyaknya bahan aktif dalam produk ini, aku sempat mikir kalau dia bakal nimbulin rasa perih atau cekit-cekit, tapi ternyata nggak sama sekali. Teksturnya ringan, cepet meresap dan nyaman banget di kulitku yang sensitif, trus padahal itu lagi ada jerawat juga nggak nimbulin perih sama sekali. 


Untuk meredakan iritasi kemerahan Zalfa Probio Herbs Bakuchiol Peptide Acne Ampoule ini bekerja dengan sangat cepat, misal aku oles malam ini keesokan paginya kulit kayak udah kembali sehat. Untuk jerawat ini bekerja slow but sure, pertama bikin jerawat matang trus mengeringkan dan terakhir memudarkan bekasnya. Buat bekas baru ini juga kerjanya cukup cepat. 



Bagaimana performanya untuk bekas jerawat besar? Selama 3 minggu pemakaian aku melihat adanya perubahan walaupun nggak signifikan. Ini memang butuh waktu sih, mengingat dulu jerawatnya gede banget dengan luka yang cukup dalam, biasanya bekas seperti ini membutuhkan waktu tahunan, atau kalau mau cepet harus ke dokter. 


Untuk tekstur kulit hasilnya juga cukup oke. Kulit yang tadinya berjerawat bikin teksturnya tidak rata dan tampak kasar, setelah pemakaian rutin setiap malam selama 3 minggu kulitku terasa lebih halus ketika disentuh dan tampak lebih baik teksturnya di lihat. 


Kemampuannya mengontrol minyak berlebih juga bagus, no more oily skin tapi juga nggak bikin kulit kering. Sebum berlebih juga terkontrol dan jerawat baru tidak muncul. 


Conclusion 


Lagi-lagi Zalfa berhasil bikin produk yang membuatku jatuh cinta! Semua klaimnya terjawab dalam pemakaian selama 3 minggu. Memang sih untuk bekas jerawat besar nggak terlalu signifikan hasilnya, mengingat memang bekasnya cukup parah dan butuh perawatan ekstra. But overall Zalfa Probio Herbs Bakuchiol Peptide Acne Ampoule ini bagus. I highly recommend this product buat kalian yang butuh produk buat jerawat dengan formula yang ringan tapi hasilnya tetep oke. 


Kalian bisa dapatkan produk ini di Shopee, mereka lagi ada promo lohh, hanya sampai tanggal 3 November 2021.





YOU CAN FIND ME AT :

Comments

  1. Ingredientnya paket komplit bangettt, apalagi setelah baca experience ka Daisy dan dalam 22 hari hasilnya bisa keliatan, pejuang acne wajib coba nihh๐Ÿ˜๐Ÿ˜

    ReplyDelete
  2. Halo Kak Daisy! Wow am sold to their ingredients๐Ÿ™Œ๐Ÿป Peptide, mugwort, tranexamic acid, salicylic acid etc. Warnanya lucu bgt soft blue. Btw nanya dong Kak, di ingred aku liat lumayan tinggi silicone nya. Berasa bgt ga ya silicone feel nya? Soalnya biasanya aku krg nyaman sama silicone feel yg terlalu kerasa gt kyk antara berminyak dan filmy feeling gt di kulit๐Ÿฅฒ Thank you.

    ReplyDelete
  3. Kandungannya oke oke semua, keknya bakal cocok nih buat kulit ku *menerawang*๐Ÿ˜‚ karena aku lagi sering muncul maskne jadi pengin explore produk anti acne sekarang tuh, ngeliat zalfa ini sangat menggiurkan!๐Ÿ˜

    ReplyDelete
  4. "No Harsh Chemical" "Alcohol Free" udah ah ini mah gentle banget serumnya, sebagai si empu kulit sensitif aku merasa terpanggil buat cobain. Anyway progressnya bagus banget Daisy! Good job!

    ReplyDelete
  5. aku suka nih sama brand yang bener-bener punya karakter, history, dan yap ga asal release-jadi-jual. untuk progressnya bagus banget mba daisyyyy ๐Ÿ˜

    ReplyDelete
  6. kandungannya mantuls sih. Paling seneng emang kalau produk yang kita suka works huhu. Ah seneng banget lihat hasilnya kayanya bakal masukin buat wishlist dulu hehe

    ReplyDelete
  7. baca bagian awalnya jadi mikir, bener juga yaa zalfa nama produknya selalu panjang ๐Ÿ˜† tetep oke banget sih karena jadi langsung tau ingredients produknya apa ๐Ÿ˜†

    ReplyDelete
  8. ๐Ÿ˜š๐Ÿ˜šmbakkk kulitnya jadi jauh lebih sehat, bersih... Aku selalu naksir produk berbau Bakuchiol, cuma... Belakangan mukaku lagi parah banget sensitifnya jadi rawan purging dan cloggingpores kalau nemu bahan-bahan ber-Siliconey :'). Tapi tapi penasaran sih :')

    ReplyDelete
  9. Eh tumbenan bakuchiol dipadu sama kandungan untuk acne! Biasanya lebih fokus di anti aging aja

    ReplyDelete
  10. Ampoule dari Zalfa ini emang mantul yaa, ingredientsnya kece banget! efek before-afternya keliatan banget!

    ReplyDelete