Review Ouraqila Black Seed Gentle Facial Wash & Blemish Face Ampoule

Saturday, October 16, 2021



Apakah kalian sudah pernah dengar local brand satu ini? Jika belum, yuk kenalan dulu! Namanya Ouraqila, jujur pertama kali tahu aku agak kesulitan baca namanya, trus mikir kenapa nggak bikin nama yang lebih simple aja ya? Misalnya ambil nama Aqila? Ternyata… pas aku scroll Instagram mereka aku menemukan bahwa sebelumnya mereka bernama Aqila, trus rebranding jadi Ouraqila. 


Ouraqila ini local brand yang awalnya mereka menjual handmade soap yang seriously bentuknya cantik-cantik banget, aku pas scroll postingan lama mereka sampai ngiler hehe, karena aku sendiri pecinta handmade soap, menurutku mereka dibuat dengan penuh cinta, ciyeehh. Selain soap ada, shampoo bar, lip scrub dan skincare. 


Setelah berubah nama menjadi Ouraqila saat ini nggak sebanyak dulu produk yang mereka jual. Sekarang ada 2 produk skincare yaitu Black Seed Gentle Facial Wash, ini sebenarnya sudah ada sejak namanya masih Aqila, tapi aku rasa sudah reformulasi karena dari teksturnya saja berbeda. Trus ada Blemish Face Ampoule. Masih jual sabun lucu-lucu nggak? Masih! Duhh aku mupeng banget lihat Lavender Silk Soap Bar mereka. Shampoo bar juga ada!


Aku berkesempatan buat cobain 2 produk skincare mereka, Black Seed Gentle Facial Wash & Blemish Face Ampoule. Jujur, aku nggak banyak ekspektasi terhadap 2 produk ini pada awalnya, but ended up I really love it! Why? Let's find out! 


Ouraqila - Black Seed Gentle Facial Wash



Product's Information

Name : Black Seed Gentle Facial Wash

Brand : Ouraqila 

Volume : 100ml

PAO : 12M

No. BPOM : NA18211201305

Price : Rp. 109.000


Ini adalah pembersih wajah yang klaimnya mampu membantu mengurangi jerawat, whiteheads, bekas luka dan hyperpigmentation. Formulanya lembut, dengan pH 5.5 yang cocok untuk digunakan sehari-hari dan bisa dipakai semua jenis kulit. 


Ouraqila Black Seed Gentle Facial Wash ini menggunakan bahan alami, tanpa paraben, sls/sles dan aman untuk ibu hamil. 


Main Ingredients 


  • Black Seed Oil: Atau minyak Habbatussauda memiliki manfaat menyembuhkan, mengurangi inflamasi akibat bakteri, melembapkan serta menghidrasi kulit. 
  • Centella Asiatica: Memiliki manfaat anti-inflammatory, bagus buat pengobatan jerawat dan kulit sensitif. 
  • Niacinamide: Membantu mencerahkan, menghaluskan tekstur kulit dan mengecilkan tampilan pori-pori. 
  • Hydrolyzed Oat Protein: Menjadikan kulit terasa lebih halus dan menambah kelembapan kulit. 



Packaging


Kemasannya berbentuk botol dengan tutup flip top, bahannya plastik warna putih berbalut stiker. Ukurannya 100ml, ini menurutku ukuran standar sebuah pembersih wajah 100-120ml, jadi nggak terlalu besar dan nggak kekecilan juga. Ukurannya juga masih bisa diselipkan dalam tas untuk dibawa bepergian. 


Dengan kemasan luar berbentuk box berbahan kertas, warnanya sama dengan stiker yang membalut botolnya, kombinasi putih dan orange. Informasi yang tertera cukuo lengkap, mulai dari kandungan, cara pemakaian no BPOM, dll. 


Sedikit masalah dengan stikernya, ketika terkena air dia merembes gitu, mengingat ini adalah sabun wajah yang mana biasanya ditaruh di dalam kamar mandi jujur ini stikernya bisa mudah rusak. Soal stiker ini sebenarnya nggak mengganggu kualitas produk di dalamnya sih, tapi bisa buat perbaikan kedepannya. 


Texture & Scent


Teksturnya unik, dia berbentuk cairan yang agak kental gitu trus warnanya kuning terang. Baunya citrusy, yang pada awalnya aku sempat mencium bau kurang sedap kayak bau karet, tapi makin lama bau tersebut hilang dan dominan bau citrus. Bau ini berasal dari kandungan Citrus Limon Peel Oil di dalamnya. 



Busa yang dihasilkan nggak banyak, cenderung nggak berbusa malahan. Terasa super lembut dan nyaman banget menyentuh kulit. 


How to Use 


Tuangkan produk ke tangan, busakan lalu usapkan dengan lembut ke wajah, kemudian bilas hingga bersih. Gunakan 2x sehari. Biasanya aku gunakan ini sebagai 1st cleanser di pagi hari dan 2nd cleanser di malam hari. 


My Experience 


Pertama kali unboxing 2 produk ini banyak yang dm instagramku bilang kalau facial wash nya enak banget, karena penasaran maka hari itu juga aku mencobanya. Awalnya aku merasa sedikit aneh dengan bau dan teksturnya, tapi ketika produk menyentuh kulitku kok enak yaa, rasanya nyaman banget, trus pas dibilas nggak ada sensasi ketarik or bikin kering sama sekali, malahan ada sedikit efek lembap kayak sedikit licin gitu. Kalian yang belum terbiasa mungkin bakal mengira kalau bilasnya kurang bersih, tapi kenyataannya tuh ini kayak soft layer yang menjaga kelembapan kulit kita setelah proses mencuci wajah. 


Kulit terasa tetap lembap tapi daya bersih produk ini juga oke. Jerawatku yang kebetulan sudah kering bisa lebih cepat terangkat lapisannya yang kering, trus proses penyembuhannya of course jadi lebih cepat juga. Pori-pori lebih bersih, sebum yang berlebihan berkurang dan jerawat jadi jarang muncul. 


Ouraqila - Blemish Face Ampoule 



Product's Information

Name : Blemish Face Ampoule 

Brand : Ouraqila 

Volume : 20ml

PAO : 12M

No. BPOM : NA18210101796

Price : Rp. 149.000


Oil-Serum Hybrid, gimana tuh maksudnya? Jadi ini tuh kombinasi serum dan moisturizer dalam 1 produk! Wah jadi lebih praktis dong? Yups, ini bisa dipakai sebagai emulsion yang urutan pemakaiannya di pre-moisturizer or bisa juga kalian pakai langsung sebagai pelembap. 


Produk ini aman untuk ibu hamil dan menyusui, menggunakan bahan alami dan tidak menggunakan paraben serta mineral oil. 


Main Ingredients 


  • 5% Centella Asiatica: Memiliki manfaat anti-inflammatory, bagus buat pengobatan jerawat dan kulit sensitif. 
  • 5% Niacinamide: Membantu mencerahkan, menghaluskan tekstur kulit dan mengecilkan tampilan pori-pori. 
  • Green Tea Extract: Merawat kulit berjerawat, mencegah melanoma & menjadikan kulit tampak lebih muda. 
  • Black Seed Oil: Memiliki manfaat menyembuhkan, mengurangi inflamasi akibat bakteri, melembapkan serta menghidrasi kulit. 
  • Tamanu Oil: Memiliki kandungan fatty acid yang tinggi, bagus untuk menjaga kelembapan kulit, selain itu dia juga punya manfaat untuk menyembuhkan luka. 
  • Tea Tree Oil: Kandungan yang sering digunakan untuk perawatan kulit berjerawat, Tea Tree Oil punya anti-inflammatory & anti-bacterial properties. 
  • Collagen: Menjaga elastisitas kulit. 



Packaging 


Dikemas dalam opaque dropper glass bottle berukuran 20ml. Ini ukurannya juga standar serum-seruman di Indonesia yang mana ukurannya berkisar 10-30ml, smaller than Korean products yang biasanya 50ml an, bahkan aku pernah punya ampoule Korean brand berukuran 400ml.


Desain kemasannya sekilas sama seperti facial washnya tadi perpaduan putih dan orange, tapi pas dijejerin mereka beda, ampoulenya agak kecokelatan gitu bagian orangenya. 


Aku nggak ada complain sih sama kemasan ampoulenya ini, semua baik-baik saja, dropper juga bekerja semestinya. 


Texture & Scent 


Teksturnya kental berwarna kuning. Teksturnya ini sejenis emulsion or lotion-like, gimana ya jelasinnya? Sebagai moisturizer dia lebih cair tapi untuk serum ini lebih kental. Terasa agak slippery dan berminyak ketika diratain, karena memang banyak kandungan oil di dalamnya, tapi nggak lengket or greasy sama sekali kok. 



Baunya gimana? Tamanu oil banget sih menurutku, bahkan sebelum baca kalau ada kandungan tamanu langsung ketebak pas buka kemasannya. 


How to Use


Aku pakai ini nggak langsung tetesin ke wajah, tapi ke telapak tangan terlebih dahulu, kayak pakai face oil gitu, trus sedikit gosok-gosok baru usapkan ke wajah. Produk ini bisa dipakai pagi or malam hari di step sebelum pelembap atau sebagai pengganti pelembap. 


My Experience 


Sejak pemakaian pertama aku langsung bilang "wah ini sih best light moisturizer buat yang kulitnya cenderung berminyak!" So, kulitku tuh combination to oily, aku nggak bisa pakai pelembap yang berat, apalagi untuk pagi hari, kalau malam masih oke lah, aku bakal pakai yang extra, hehe. 



Ouraqila Blemish Face Ampoule ini super ringan tapi efek lembapnya oke trus bikin tekstur kulit kelihatan halus. Untuk kulit yang bermasalah juga bagus, kulitku itu sensitif, gampang merah-merah, kadang kena debu saja langsung gatal dan iritasi, nah pakai ini tuh gatalnya dengan cepat hilang dan kemerahan membaik. Bagaimana buat jerawat? Saat cobain produk ini kebetulan kulitku lagi nggak ada jerawat yang bengkak dan besar, jadi cuma kecil-kecil. Untuk jerawat kecil ini lumayan cepat bikin kering. Untuk mengatasi bekasnya juga lumayan ngaruh, apalagi bekas yang baru. 



Conclusions 


2 produk Ouraqila yang aku coba semuanya bagus and I really love it! Bahkan ketika aku menulis review ini aku sudah hampir menghabiskan keduanya, saking seringnya aku pakai. Niat awal aku cuma mau test selama 2 minggu, tapi keenakan malah 3 minggu lebih aku pakai. 


Untuk hasilnya apakah sesuai klaim? Aku nggak bisa bilang sepenuhnya sesuai, karena ada poin yang aku belum bisa lihat hasilnya seperti mencerahkan, but overall ini bagus. Aku harap Ouraqila kelak bisa mengeluarkan lebih banyak produk lagi. 


Where to buy? Shopee 



YOU CAN FIND ME AT :

Comments

  1. Apaa? Bar soap handmade! Aku ngiler jugaaaaa :'). Tekstur kedua produknya unik ya mbak, tapi aku lebih eyeing ke serumnya akupun sama kayak mbak Daisy nggak bisa pake pelembap yang moisturizes nya lebih dikit lsg besokannya cloggingpores :') sampw capek *jahh curcol, kwkwkkw. Eh tp ada green tea nya ya :') ini 1 bahan yg lagi aku observasi karena kl pake produk ber Green tea di urutan atas suka nimbul bintik merah gitu :(

    ReplyDelete
  2. Kok jadi naksir facial wash-nya! Busanya juga dikit, kandungannya ada Cica sama Niacinamide. Menarik deeh

    ReplyDelete
  3. Ahh i see, our aqila gitu kali yaa bacanya. Oil serum hybrid menarik banget nih, 2 in 1 gitu, mana ringan juga :)

    ReplyDelete
  4. Tekstur sabunnya orange bgt yah. Menarik bgt ini aku blm pernah denger brand ini sebelumnya

    ReplyDelete