Review Oasea Oceanus Squalane + Tranexamic Spot Correcting Face Oil Serum, Dual-phase Serum Pertama di Indonesia

Sunday, January 16, 2022



2 tahun belakangan ini banyak local brand baru bermunculan. Mereka memiliki konsep dan menawarkan produk yang unik serta "baru" di dunia skincare Indonesia. Salah satunya adalah Oasea Laboratories, ini adalah local brand skincare yang fokus pada pelestarian ekosistem laut. Selama ini mungkin kita sudah banyak denger brand yang mengusung isu pelestarian alam or lingkungan in general, nah Oasea Laboratories ini lebih fokusnya ke ekosistem laut. 


Nama Oasea sendiri berasal dari kata Oasis dan the Sea. Merupakan tempat yang menyediakan produk dengan formula dan kemasan yang clean, ethical serta bertanggung jawab untuk masa depan yang lebih bersih untuk kulit maupun planet terutama laut. Keren banget ya konsepnya? 


Oasea Laboratories secara resmi diluncurkan pada 27 November 2021 lalu dengan produk perdananya Oasea Oceanus Squalane + Tranexamic Spot Correcting Face Oil Serum. Ini merupakan dual-phase oil serum pertama di Indonesia! Yups, ini adalah local brand pertama yang punya dual-phase serum. Selama ini local brand yang aku temui punya produk dual-phase itu bentuknya kayak toner, essence or face mist, aku lebih sering menemukan yang serum itu dari Korean or Western brand. 


Ngomong-ngomong dual-phase itu apa sih? 


Dual-phase adalah penggabungan antara water-based & oil-based dalam 1 produk. Gabungan ini membentuk emulsifier sehingga memudahkan suatu produk diserap kulit tanpa rasa greasy. Produk dual-phase terlihat ada 2 lapisan, antara air dan minyak, karena mereka memang tidak bisa menyatu, maka untuk memakainya kita perlu mengocok terlebih dahulu supaya mereka mau bersatu. 


Oasea Oceanus Squalane + Tranexamic Spot Correcting Face Oil Serum.



Dari namanya saja kita bisa langsung menerka apa fungsi utama produk ini? Yups, memudarkan noda atau bintik hitam di wajah. Apakah itu saja fungsinya? Tentu tidak! Produk ini juga membantu menghidrasi, melembapkan, mencerahkan, sebagai anti-aging, antioxidant, anti inflamasi serta membuat kulit terlihat glowing. Lengkap banget ya? Klaimnya juga produk ini tidak greasy, mudah terserap serta tidak menyumbat pori-pori. 


Halal nggak? Yes Halal, Vegan, Cruelty-free, telah terdaftar BPOM, dermatology approved serta aman untuk ibu hamil dan menyusui. Yang terakhir ini paling penting sih buatku, karena saat ini aku sedang hamil dan tentunya lebih selektif dalam memilih produk. 


Main Ingredients 


  • 2% Squalane : Kandungan ini berfungsi untuk menjaga kelembaban dan kekencangan kulit. Darimana kandungan Squalane ini biasa didapatkan? Ada 2 sumber yaitu lemak jenuh ikan hiu & asam lemak zaitun. Of course Oasea dual-phase oil serum menggunakan asam lemak zaitun karena ini yang paling sesuai dengan value brand mereka untuk melestarikan ekosistem laut. Tahukah kalian kalau populasi ikan hiu telah menurun secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir? Ini terjadi karena penangkapan berlebihan, polusi laut serta konsumerisme. Pemilihan asam lemak sebagai natural derived Squalane dari asam lemak zaitun menurutku sudah yang paling tepat. Lalu keunggulan asam lemak zaitun dari lemak jenuh ikan hiu?Plant-based Squalane memiliki kemampuan hidrasi yang tinggi dan mampu menjaga kelembaban dalam kulit dengan lebih baik. Ia juga non-comedogenic dan cocok untuk semua jenis kulit (healthline.com). 

  • 1,5% Bicowhite® Complex : Membantu mencerahkan kulit serta mencegah berbagai proses pembentukan dark spots. 

  • 0,5% Pineapple Ceramide : Membantu mencerahkan serta melembabkan kulit. 

  • 0,2% Acai Berry Extract : Bekerja sebagai antioxidant dan anti-wrinkles. 

  • 0,1% Tranexamic Acid : Membantu mengurangi jerawat dan dark spots. 


Packaging


Seperti yang aku jelasin di atas kalau brand ini kemasannya clean, jadi nggak banyak menimbulkan sampah karena bisa di daur ulang. Pertama dari boxnya terbuat dari ivory paper tanpa coating yang 100% bisa di daur ulang. Kemudian botolnya terbuat dari kaca, ini kalau habis bisa kita gunakan kembali sebagai vas bunga or wadah diffuser. Terakhir droppernya terbuat dari bahan campuran antara kaca dan pencetannya itu entah apa namanya aku kurang tahu, tapi tertara ini juga 100% bisa di daur ulang. 


Botolnya berukuran 20ml, bahan kaca doff dengan dropper yang modelnya pencetan bagian atas, jadi bukan tipe yang bahannya karet seperti kebanyakan kemasan serum.



Trus, untuk boxnya karena tanpa coating ini malah enak banget dipegang bagian permukaannya, but bahan kayak gini tuh kadang rontok trus cepet lembek, but it's okay ini yang membuatnya mudah di daur-ulang. 


Informasi yang tertera di kemasan juga sangat lengkap, bahkan tertera tentang sustainability facts. 


Texture & Scent 


Bagian minyaknya berwarna kuning sementara yang air warna putih keruh. Ketika dikocok mereka menyatu menjadi milky white dengan sedikit hints kekuningan. 



Teksturnya cair dan bener-bener runny, hampir nggak terasa kalau sebenarnya ini ada minyaknya. Mudah meresap, just like a water, dengan finish kulit terasa halus, well moisturized dan terlihat glowing. 



Oasea dual-phase oil serum ini 0% fragrance, jadi bau yang dihasilkan itu berasal dari kandungan di dalamnya & baunya itu unik, seperti daun pisang kering ketika 2 cairan menyatu sempurna, but… aku pernah coba ketika keduanya nggak begitu menyatu, tercium sedikit bau apek khas minyak. Baunya ini nggak nempel terlalu lama kok, apalagi kalau setelahnya kalian layering dengan produk lain yang punya aroma lebih kuat ini bakal menghilang aromanya. 


How to Use? 


Cara menggunakannya sangat mudah, cukup #ShakeDropGlow (Kocok, teteskan dan tadaaa glowing deh, hehe). Pertama kocok dahulu hingga 2 lapisan menyatu, kemudian teteskan ke telapak tangan or langsung ke wajah, kalau aku prefer ke tangan aja soalnya ini watery banget dan meluncur dengan cepat, lalu aplikasikan ke wajah dengan cara dipijat-pijat, bisa pakai jari or Gua Sha. Kalau pakai Gua Sha lebih enak sih ini supaya peredaran darah lebih lancar trus kulit juga jadi lebih kencang. Cara pakai Gua Sha gimana? Biasanya aku mulai dari pipi dekat hidung tarik ke luar, trus dagu tarik ke atas dan jidat tarik ke atas. Lihat gambar di bawah deh supaya lebih jelas. 





Urutan pemakaiannya gimana? 


Untuk pagi hari aku lebih suka pakai produk ini sebagai pengganti moisturizer karena menurutku efek lembabnya udah sangat pas untuk kulitku yang combination to oily. Sementara untuk malam hari aku gunakan setelah moisturizer untuk ekstra kelembaban. 


Begini urutannya, 

Pagi : face wash - toner - Oasea Face Oil Serum - sunscreen.

Malam : cleansing balm - face wash - toner - moisturizer - Oasea Face Oil Serum. 


My Experience 


Jujur pertama kali cobain Oasea Oceanus Squalane + Tranexamic Spot Correcting Face Oil Serum aku terkejut, why? Ini dual phase yang jelas-jelas ada minyaknya tapi rasanya super ringan bahkan malah ada efek refreshing di kulit. Aku sempat mikir apa jangan-jangan belum menyatu sehingga yang keambil bagian airnya saja. But… pemakaian ke 2, kali ini aku bener-bener pastiin dia menyatu sempurna dan rasanya tetep sama! Ringan + menyegarkan! Nggak ada rasa lengket atau kesan berminyak sama sekali. Ketika diratain ada sedikit rasa licin, tapi kemudian setelah terserap terasa halus di kulit. Finishnya glowing, lebih terlihat seperti healthy glow bukan minyakan yaa! 


Untuk digunakan sebelum sunscreen ini bantu banget jadiin sunscreen yang awalnya kesat + sulit diratain jadi mudah diratain, kayak meluncur begitu saja. 


Surprisingly ini beneran nggak clogged pores! Beberapa dual-phase produk yang pernah aku coba menyumbat pori-pori yang bikin banyak komedo atau malah jerawatan. Sementara produk ini sejak pemakaian pertama tidak ada clogged pores sama sekali. 


Efek lembab serta hidrasinya sangat bagus, bahkan ini bisa aku pakai untuk skincare di pagi hari sehingga nggak banyak skincare yang aku pakai. Cukup sabun pembersih, toner, serum ini dan sunscreen. 


So far, aku sudah cobain produk ini selama 7 hari secara rutin pagi dan malam hari, hasil yang bisa aku lihat dan rasakan kulit terasa lebih well moisturized & hydrated, trus juga jadi nggak mudah rewel, I mean kulitku kan sensitif + acne-prone biasanya mudah banget timbul kemerahan or jerawat, nah seminggu belakangan nggak ada masalah sama sekali. 



Bagaimana efeknya untuk memudarkan noda? Aku amati ada bekas jerawat kecil yang agak pudar warnanya, sementara noda yang besar dan cukup dalam belum ada perubahan. Aku rasa karena memang aku memakainya baru 7 hari jadi hasilnya belum begitu terlihat untuk noda. 


Conclusion


Oasea Oceanus Squalane + Tranexamic Spot Correcting Face Oil Serum memang bukan dual-phase pertama yang aku cobain, tapi aku bisa bilang ini adalah dual-phase pertama yang rasanya super nyaman di kulitku! Seriously kalian yang mungkin punya pengalaman kurang menyenangkan dengan dual-phase or oil products bakal kaget setelah cobain produk ini. Kok bisa yaa dual-phase tapi rasanya ringan dan malah menyegarkan? 


Untuk hasilnya overall aku menyukainya, hampir semua manfaat yang tertulis beneran aku rasain, hanya saja untuk noda memang belum begitu terlihat, but it's okay mengingat memang pakainya baru 7 hari. 


Untuk informasi lebih details tentang produk ini or Oasea Laboratories kalian bisa kunjungi instagram @oasea.id or langsung ke website Oasea


Oh iya, setiap 1% hasil penjualan Oasea Oceanus Squalane + Tranexamic Spot Correcting Face Oil Serum akan disumbangkan untuk pelestarian hiu tikus yang ada di pulau Alor melalui NGO, Thresher Shark Indonesia. 




Comments

  1. Ini masih wishlist ku, naksir pas liat ternyata dia dual phase dan gak bikin nyumbat pori-pori😍

    ReplyDelete
  2. Masi baru banget ya mba brand nya..
    Tapi udah se luar biasa ini..
    Packaging nya aku super suka deh

    ReplyDelete
  3. Wih cakep ini yah. Konsepnya juga menarik banget. Kepengen gua sha-nya jadinya wkwk

    ReplyDelete
  4. wahhh guashanya ada logonya juga yaaa, konsep dan filosofinya juga keren banget

    ReplyDelete
  5. Whoooooa, jadi mau cobaaaaaa kece soalnya karena dia kan Emolien mungkin sedikit Oklusif juga ya mbak jadi bisa di last step kalau PM skincare routines.

    Ringan tapi rich dan nggak clogging, ini loves banget sih, soalnya even dry skin type kulitku tricky soal produk yang sifatnya melembapkan :')

    ReplyDelete
  6. ini waktu launching rame banget yaaaa :D
    aku penasaran banget soalnya bisa treatment sebagai serum tapi lembabnya kaya face oil, cocok deh buat yang males step skincarenya panjang-panjang

    ReplyDelete