Cegah Tanda Penuaan Dini dalam 14 Hari dengan I'mperfect Gua Sha Ritual

Wednesday, February 16, 2022

Bagiku melakukan skincare routine merupakan salah satu bentuk self love. Ini adalah bagian dari "taking care" and yes merawat kulit termasuk di dalamnya. Aku pernah berada di fase di mana aku sudah tidak peduli lagi dengan kulitku, lebih tepatnya sudah capek. Ini terjadi karena ekspektasi yang berlebihan terhadap suatu produk. Mendambakan kulit cerah, mulus, glowing bahkan tampilan glass skin ala cewek korea yang sebenarnya ini tidak akan pernah bisa aku dapatkan karena faktor gen, perbedaan cuaca, bahkan sebenarnya apa yang aku lihat di social media itu adalah editan, dll. Sekarang aku sudah mengesampingkan aneka klaim yang diberikan sebuah produk, lebih fokus pada merawat kulit karena sebuah keharusan daripada mengejar kesempurnaan, yang penting kulit sehat. 


Sekitar 2 tahun belakangan ini banyak local brand baru bermunculan. Ada yang fokus dengan berbagai klaim menjanjikan, ada yang berlomba-lomba pakai kandungan yang sedang ngetrend, ada pula yang mengusung issue tentang environment. Nah, ada 1 brand yang sejak awal mengetahuinya aku langsung tertarik, yups karena karena mereka mempunyai visi kesadaran tentang self love.


Namanya I'mperfect dibaca I am perfect. Brand ini lahir dari kegelisahan akan dampak social media yang cenderung menimbulkan perasaan insecure dan self criticism dalam memandang penampilan diri sendiri. 


I'mperfect memiliki tagline "embrace the precious you!" mereka percaya bahwa setiap manusia spesial dan unik, sehingga kita tidak perlu membanding-bandingkan dengan yang lain. 


I'mperfect menghadirkan skincare natural berbasis tumbuhan dengan kandungan high-performance active botanicals, sehingga bukan cuma aman dan menyehatkan, tapi juga efektif memberikan hasil yang nyata. 


Misi mereka supaya perempuan-perempuan Indonesia bisa merawat dirinya dengan skincare yang bukan cuma memoles di permukaan, tapi juga menutrisi dan menyehatkan sehingga dapat tampil lebih percaya diri. 


Selain natural, I'mperfect juga mengusung konsep sustainable & plant-based beauty. Bahan-bahan natural lebih minim limbah, trus semua kemasan produknya ramah lingkungan, mulai dari botolnya, bahkan pengemasan saat pengiriman mereka menggunakan non-plastik. 


GUA SHA RITUAL


Gua Sha Ritual adalah paket perawatan kulit pertama mereka. Paket ini berisi Youthful Glow Essence, Youthful Glow Elixir dan Bian Stone Gua Sha. Ini merupakan rangkaian perawatan untuk anti-aging yang menggunakan teknik pijat wajah dan plant-based skincare. 


Gua Sha Ritual cocok untuk mereka yang berusia 30 tahunan, tapi bisa juga mulai digunakan di usia 25 tahun. Klaimnya, penggunaan secara rutin Gua Sha Ritual mampu membantu wajah lebih lembab, halus, kenyal, kenyal, kencang dan berseri. Sounds great! Mengingat saat ini aku usiaku sudah berkepala 3, hehe jadi kayaknya paket ini bakal cocok buatku. 


Sekarang aku mau bahas produknya 1 per 1.


Youthful Glow Essence 


Product's Information 

Name : Youthful Glow Essence 

Brand : I'mperfect 

Origin : Indonesia

Volume : 50ml

Bpom No : NA18210110213

Price : Rp. 385.000


Ini adalah essence wajah yang menurutku bisa dipakai buat skip pemakaian toner dan essence, jadi lebih ringkas menurutku. Biasanya aku gunakan langsung setelah mencuci wajah, ini dengan cepat mengembalikan hidrasi kulit serta membuatnya terasa lebih halus ketika disentuh dan efek lembabnya menurutku sudah sangat pas untuk kulit combination to oily ku. 


Kandungan utamanya ada Cucumber water, Aloe vera juice, Centella asiatica leaf extract, Hydrolyzed rice bran, kakadu plum extract, Allantoin, dll. Kalau dilihat dari kandungan utamanya memang produk ini kayaknya lebih ke melembapkan, menghidrasi, menenangkan dan kaya akan antioksidan yang bagus untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat pengaruh buruk radikal bebas. 


Dikemas dalam botol pump berbahan kaca berukuran 50ml. Sempat merasa 50ml ini terlalu kecil untuk ukuran essence yang juga merangkap toner, but… setelah cobain ini tuh hemat banget, cukup 3-4 pumps bisa buat wajah dan leher. 


Memiliki tekstur cair tapi bukan tipe yang runny, masih ada sedikit kekentalan. Baunya enak, perpaduan lavender dan aku bisa mencium sedikit bau kayak kunyit. Baunya itu khas kayak skincare natural or organic gitu, I love it karena bau kayak gini tuh lumayan ngasih relaksasi. 


Teksturnya ringan, mudah terserap dan ngasih kesegaran buat kulit. Nggak ada kesan lengket maupun berminyak sama sekali. 


Meskipun disarankan buat pakai produk dalam Gua Sha Ritual ini di malam hari tapi aku sering pakai Youthful Glow Essence di pagi hari, lagi-lagi ini untuk meringkas skincare routine ku. Biasanya setelahnya tinggal pakai moisturizer & sunscreen, kalau sunscreen ku cukup melembapkan malahan aku bisa skip moisturizer. 


Full Ingredients :

Aqua, Cucumis Sativus Water, Aloe Barbadensis Juice, Terminalia Ferdinandiana Fruit Extract, Centella Asiatica Leaf Extract, Hydrolized Rice Bran Proteins, Glycine Soya Proteins, Oxidoreductases, Glycerin, Propanediol, Tremella Fuciformis Extract, Gluconolactone, Calcium Gluconate, Sodium Lactate, Xanthan Gum, Allantoin, Lavandula Angustifolia Oil, Pelargonium Graveolens Oil, Cymbopogon Martini Oil, Polyglyceryl-6 Caprylate, Polyglyceryl-4 Caprate, Polyglyceryl-4 Cocoate, Polyglyceryl-6 Ricinoleate, Sodium Phytate, Benzyl Alcohol, Sorbic Acid, Geraniol, Linalool, Citronellol, Benzyl Benzoate, Citral.


Youthful Glow Elixir 


Product's Information 

Name : Youthful Glow Elixir 

Brand : I'mperfect 

Origin : Indonesia

Volume : 20ml 

Bpom No : NA18210109230

Price : Rp. 225.000


Ini adalah serum wajah berbahan dasar minyak yang 100% natural. Biasanya kalau produk oil-based gitu bakal sedikit berat, tapi produk ini beda! Dia ringan dan nyaman banget di kulit, ditambah baunya juga enak, aku nyaris nggak mencium bau apek or tengik khas minyak. Baunya tuh sedikit ada hints segernya yang entah aku nggak tahu berasal dari kandungannya yang mana. 


Kandungan utamanya ada Squalane, Baobab seed oil, Rubus idaeus seed oil, dll. Berfungsi untuk menutrisi, memperkuat skin barrier dan meremajakan kulit. 


Kemasannya berbentuk dropper bottle berbahan kaca. Dengan ukuran 10ml menurutku ini sudah pas untuk sebuah produk oil-based. Kenapa? Biasanya penggunaan produk oil lebih sedikit, yaitu cukup 2-3 tetes saja, trus usia kadang untuk jangka waktu lama kalau nggak segera habis baunya bakal berubah jadi kurang enak juga. Jadi, 10-15ml menurutku sudah cukup. 


Teksturnya minyak tapi nggak berat, benar-benar ringan dan nggak begitu licin ketika diratain. Pemakaiannya setelah Youthful Glow Essence di malam hari. Ini lumayan mudah terserap untuk sebuah oil-based product, trus ketika di pagi hari waktu bangun tidur nggak menyebabkan kulit kayak kilang minyak, malahan tampak bagus, kenyal & well hydrated. 


Produk ini digunakan setelah Youthful Glow Essence yang kemudian dilanjut dengan melakukan teknik gua sha. Untuk kulitku yang combination to oily produk ini sudah mencakup serum sekaligus moisturizer, aku tidak perlu pelembap tambahan karena ini saja sudah cukup. Bagi kalian pemilik kulit kering mungkin masih harus menambahkan pelembap lagi. 


Full Ingredients :

Squalane, Adansonia Digitata Seed Oil, Rubus Idaeus Seed Oil, Simmondsia Chinensis Seed Oil, Helianthus Annuus Seed Oil, Hibiscus Rosa-Sinensis Flower Extract, Prunus Domestica Fruit Extract, Carica Papaya Fruit  Extract, Mangifera Indica Fruit Extract, Alpha-Tocopherol, Pelargonium Graveolens Oil, Boswellia Carterii Oil, Citrus Bergamia Oil, Geraniol, Citronellol, Limonene, Benzyl Benzoate, Citral.


Bian Stone Gua Sha


Gua Sha adalah sebuah teknik pengobatan tradisional dari China. Kalau diterjemahkan ke bahasa Indonesia ini adalah kerokan, atau teknik menggosok bagian kulit tertentu secara berulang-ulang. Tidak hanya memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan, tapi teknik ini juga punya berbagai benefits untuk kecantikan. 


Teknik gua sha biasanya menggunakan bebatuan yang mana setiap batu memiliki manfaat yang berbeda. Sejauh ini aku pernah cobain 3 gua sha tools berbeda, punya I'mperfect ini adalah yang ke 4. Aku punya jade, white jade, rose quartz dan bian stone. 


Bian stone terbentuk ketika sebuah meteor menabrak pegunungan di China pada jaman dahulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terkandung lebih dari 40 jenis mineral yang memiliki manfaat untuk kesehatan berkat pancaran ultrasound, gelombang infra merah dan ion negatifnya. 


Ngomong-ngomong apa saja sih manfaat Bian Stone Gua Sha buat kecantikan? Membantu penyerapan skincare ke dalam lapisan kulit, memperlancar peredaran darah dan detoksifikasi, mengendurkan ketegangan di wajah dan leher serta membantu mengencangkan kulit. 


Bagaimana cara penggunaannya? Kalian bisa lihat gambar di bawah ini. 


Penggunaan teknik gua sha ada di step terakhir dari paket ini, yaitu setelah pemakaian Youthful Glow Elixir. Produk oil-based memang lebih direkomendasikan sebelum melakukan gua sha karena ini lebih mempermudah, permukaan kulit yang agak licin membuat proses penggosokan jadi lebih lancar, nggak terasa kesat di kulit. 


Please notes, jika kalian sedang berjerawat jangan gunakan gua sha di area yang berjerawat. 


Bagaimana hasilnya setelah pemakaian Gua Sha Ritual setelah 14 hari? 


Sebelumnya aku mau ngasih tau dulu jenis kulit serta permasalahan kulitku. Aku punya jenis kulit kombinasi yang cenderung berminyak, sensitif (mudah merah dan iritasi) serta acne-prone. Sebelum menggunakan Gua Sha Ritual masalah kulit yang sedang aku hadapi adalah teksturnya yang tidak rata dan kasar akibat bekas jerawat dan pori-pori yang tersumbat. Kebetulan aku lagi nggak ada jerawat, hanya ada bekas lama dan baru. Trus, ada ruam kemerahan di pipi, ini sering terjadi bisa karena aku salah pakai cleanser. Warna kulit tidak merata dan agak kusam. Selain itu, di usiaku yang sudah menginjak 30 tahun ini sudah muncul beberapa tanda penuaan seperti fine lines, garis senyum yang terlihat lebih dalam serta sagging skin yang mengakibatkan pori-pori kulit tampak lebih besar. 


Berikut adalah foto before-after penggunaan I'mperfect Gua Sha Ritual selama 14 hari. 


Foto di atas aku ambil di tempat dan jam yang sama, yaitu di pagi hari tepat ketika aku bangun tidur, jadi maaf kalau wajahnya nggak karuan dan rambut acak-acakan,hehe. Oh iya di foto after itu cuacanya lagi mendung, jadi terkesan agak berkabut, bukan aku edit supaya blur ya. 


Terlihat ketika bangun tidur wajahku jadi nggak kayak kilang minyak, mengindikasikan kalau kulit terhidrasi dengan baik sepanjang malam serta oil & water di kulitku jadi lebih seimbang. 


Jidatku yang tadinya bertekstur jadi lebih halus, kulit terlihat lebih fresh & kenyal. Trus bagian smile line yang tadinya ada garis lumayan dalam tampak pudar dan lebih kencang. 


Di bawah ini aku sertakan foto lebih detail setiap bagian di wajahku supaya jelas perbedaannya. 


Dari dekat kelihatan banget ya aslinya kulitku bagaimana, tapi ini normal dan memang manusia kulitnya kayak gini, ada tekstur dan pori-pori. Terlihat warna kulitku juga lumayan jadi lebih merata ya? Bekas jerawat juga ada beberapa yang memudar. 


Conclusions 


Overall aku menyukai I'mperfect Gua Sha Ritual ini. Perpaduan skincare berbahan alami dengan teknik gua sha yang tradisional dan juga alami ternyata bekerja cukup efektif walaupun dalam waktu yang terbilang singkat, hanya 14 hari. Beberapa tanda penuaan dini juga mampu teratasi. 


Tanpa klaim yang berlebihan produk ini bener-bener menunjukkan hasil. Aku merasa kulitku jadi lebih sehat, kenyal, halus, fresh dan enak dilihat. 


Perpaduan ketiganya juga membuat skincare routine terasa lebih menyenangkan dan yang pasti jadi lebih ringkas. Aku bisa skip banyak skincare, kemudian waktuku bisa digunakan untuk melakukan gua sha. 


But again, tidak ada produk yang sifatnya sudah pasti cocok untuk semua orang. Jadi, apa yang bagus di aku belum tentu hasilnya bakal sama juga di setiap individu. Untuk mengetahuinya, maka kalian wajib cobain sendiri. 


Informasi Pembelian 


Paket Gua Sha Ritual ini bisa kalian beli di official Shopee I'mperfect seharga Rp. 685.000. Atau untuk informasi lebih lanjut tentang produk I'mperfect kalian bisa kunjungi Instagram mereka i_mperfect.id








Comments

  1. Jadi pingin cobak si Stone Gua Sha nya hihi. Ngelihat orang2 pakai itu kayak bikin kulit lebih fresh soalnya๐Ÿ˜ƒ

    ReplyDelete
  2. Aku baru tau brand ini.. Face oil/youthful glow elixirnya menarik banget, apalagi malem malem sambil pijet muka pake guasha <3

    ReplyDelete
  3. liat harganya lumayan pricey ya ini, tapi liat hasil buat brightening sama mudarin bekas jerawatnya oke juga

    ReplyDelete
  4. Naksir guashanya, warnanya mewah dan cantik. Oilnya juga ringan yaaa ternyata, kayaknya bakal nyaman banget dipake :)

    ReplyDelete
  5. woah konsepnya menarik banget ๐Ÿฅบ๐Ÿ’– progressnya juga oke banget kak, keliatan makin sehat kulitnyaa ๐Ÿ˜

    ReplyDelete