Review Abib Heartleaf Collection, Rangkaian Perawatan Kulit Sensitif dan Berjerawat

Sebagai pemilik acne-prone skin aku nggak pernah jauh-jauh dengan yang namanya jerawat. Mereka datang dan pergi silih berganti sesuka hati, haha. Ya... gimana lagi? Namanya juga sudah di takdirkan punya kulit acne-prone skin secara turun-temurun dari ibuku, aku nggak bisa memilih. Yang bisa aku lakukan hanyalah merawatnya supaya tidak "mengamuk" dan lebih terkontrol, karena jerawat ku tidak bisa 100% disembuhkan.

Apa saja yang biasa aku lakukan untuk untuk merawat acne-prone skin ku? 

  1. Memastikan kulitku bersih dengan double cleansing di malam hari, tapi tidak over cleansing. Maksimal cuci muka sehari 2x aja. 
  2. Fokus dengan menghidrasi kulit. Ini paling ampuh, karena kulit yang terhidrasi dengan baik maka proses penyembuhan jerawat jadi lebih cepat. 
  3. Menggunakan produk dengan kandungan Soothing & Calming. Ini bantu banget buat menenangkan kulit yang sedang bengkak dan merah, kulit jadi terasa lebih nyaman. 

Kandungan apa saja sih yang bisa membantu menenangkan jerawat? 

Sejak awal 2019 aku menemukan bahwa Centella Asiatica dan Heartleaf yang paling ampuh dan disukai kulitku. Kedua kandungan ini fokusnya untuk soothing & calming. 

Luckily, awal bulan ini aku terpilih menjadi salah satu diantara 50 orang yang beruntung untuk mencoba Abib Heartleaf Collection. Konsep project mereka ini "acne-prone skincare routine" jadi difokuskan buat mereka yang memiliki permasalahan jerawat untuk bisa berpartisipasi dalam project ini. 

Abib Brand's Story

Abib adalah indie brand dari Korea dan di Indonesia sendiri Abib baru masuk beberapa bulan lalu, dengan secara resmi menjadi seller di Shopee. Jadi, kalian bisa mendapatkan produk Abib secara langsung dari Korea melalui Shopee. Sementara di Korea sendiri Abib bisa dibilang cukup terkenal bagus, banyak temenku warga Korea mengatakan kalau produk dari brand ini memang bagus, kebanyakan temenku disana malahan kurang tau dengan brand-brand Korea yang terkenal di Indonesia seperti cosrx, nacific dan some by mi. Tapi, ketika aku menanyakan soal Abib mereka langsung bilang itu bagus, dan dengan excited menjelaskan betapa mereka sangat menyukai produk-produk Abib. 

Berikut adalah Abib Brand's Story yang aku dapatkan dari official website mereka. 

"The elegance of a flower is born from a single seed, embodying the will to bring forth a new beauty. Abib, which is derived from the word for grain, signifies our philosophy and dedication to perfection and purity. 

We believe that returning to a natural state is the aim in the pursuit of beauty. Accordingly, our research efforts have focused on developing products to help our skin, ravaged by pollution and other stimuli, nurture its power to recover and repair. When life begins in Spring, we will sprout purity."

Konsep Abib adalah tentang "Perfection & Purity", Fokusnya adalah memelihara kekuatan kulit, memulihkan dan memperbaiki. 

Abib Heartleaf Collection

Sesuai namanya, produk dari Heartleaf Collection ini kandungan utamanya adalah Heartleaf atau Houttuynia Cordata. Ada yang spesial dari kandungan yang mereka gunakan, apa itu? Heartleaf yang mereka pakai itu ditanam di pegunungan Jiri. Lalu, apa bedanya dengan Heartleaf dari tempat lain? Pegunungan Jiri dikenal sebagai "Clear Zone" jadi ini sangat mempengaruhi tumbuhan yang ada disana, kualitasnya jauh lebih baik dibanding tempat lain, kesannya jadi lebih steril. 

Apa saja manfaat Abib Heartleaf Collection? 

Fokus dari Heartleaf Collection ini adalah untuk mengatasi kulit sensitive, iritasi & acne-prone skin. Cara kerjanya dengan cara menenangkan "angry skin" & iritasi, membantu mengangkat sel kulit mati, mengontrol minyak berlebih untuk menjaga kulit tetap bersih dan segar. 

Apa saja produk yang ada dalam Abib Heartleaf Collection? 

Ada pembersih wajah berbentuk foam dan bar, ada toner, pads, essence dan sheet mask. Nah, untuk project mereka kali ini aku dapet 3 buah produk utama beserta 8 lembar sheet mask dengan 8 variant yang berbeda. 

Berikut adalah produk yang aku dapatkan beserta urutan aku memakainya. 

  • Abib Calming Facial Soap - Heartleaf Stone : ini adalah sabun wajah, aku gunakan pagi dan malam hari. 
  • Abib Heartleaf Spot Pad - Calming Touch : ini aku gunakan sebagai pengganti toner, aku aplikasikan setelah mencuci wajah. 
  • Abib Heartleaf Essence - Calming Pump : ini aku pakai 2x sehari juga, setelah pakai pad. 
  • Abib Sheet Mask : ini sebagai treatment mingguan, pakai bisa 2-3x per minggu atau seminggu sekali. 

Abib Calming Facial Soap - Heartleaf Stone

Product's Information
Name : Abib Calming Facial Soap - Heartleaf Stone
Volume : 100gram
Price : Rp. 114.000 (Discounted price) 

Sebenarnya aku kurang tertarik dengan sabun wajah berbentuk batangan, tapi... setelah coba sabun ini aku langsung jatuh cinta! Why? Sabun ini beda dengan sabun batangan lain yang pernah aku coba, mulai dari teksturnya yang menurutku "pas" dia tidak terlalu keras maupun terlalu lembek, busanya super soft, terasa ringan & sangat nyaman dikulit sensitifku.

Sabun ini diformulasikan untuk mereka yang memiliki kulit sensitif. Fungsi utamanya adalah untuk soothing dan mengurangi produksi minyak berlebih.

Bentuk sabunnya bulat, dengan warna cokelat kehijauan dan kalau dilihat ada serpihan atau serbuk daun Heartleaf didalamnya. Ukurannya 100g, ini sangat pas buat digenggam. Bagaimana dengan baunya? Waktu awal pakai aku kurang suka baunya yang mirip daun-daunan ditumbuk dan ada hints "jamu" tapi lama-kelamaan baunya hilang, atau mungkin aku yang sudah terbiasa? 

Busa yang dihasilkan sangat lembut, dan jika kalian ingin busa melimpah bisa pakai foaming net. Meskipun produk ini ada fungsi mengurangi produksi minyak berlebih tapi dia nggak bikin kulit kering dan ketarik setelah dibilas. Wajah terasa bersih, fresh dan lembap.

Aku menggunakan sabun ini 2x sehari & so far selama 1 minggu lebih aku tidak melihat adanya bad reaction, malahan kulit berjerawatku terasa lebih tenang setelah pakai sabun ini. 

Abib Heartleaf Spot Pad - Calming Touch

Product's Information
Name : Abib Heartleaf Spot Pad - Calming Touch
Volume : 75 pads/120ml
Price : Rp. 195.510 (Discounted price) 

Tiap dapet skincare baru 1 series biasanya yang aku coba duluan adalah cleansernya. Nah, untuk Abib Heartleaf Collection ini sejak awal aku paling tertarik sama pad nya, jadi ketika paket dateng langsung aku buka, comot dan cobain pad nya. Akhir-akhir ini aku memang sedang tergila-gila dengan produk bentuk pad gini. 

What is it? ini adalah pad untuk perawatan kulit sensitif sekaligus menyeimbangkan pH level kulit. So, produk ini bisa kalian masukkan ke daily skincare, aplikasikan langsung setelah mencuci muka untuk membantu menenangkan kulit sensitif serta menyeimbangkan pH kulit.

Kandungan utamanya Heartleaf Extract 40,000ppm yang berfungsi untuk menjaga kulit tetap bersih & sehat. Selain itu ada kandungan Althaea Rosea Root Extract to soothe, restore & soften skin.

Lembaran pad-nya memiliki 2 sisi yg berbeda, bagian yg kasar (gauze) untuk membantu menghaluskan kulit , sementara sisi satunya yang halus untuk calm & soothe. 

Berisi 75 pads yang terendam dalam 120ml cairan. Cairannya bening & memiliki water-like consistency, ringan, tidak lengket serta mudah meresap. Baunya pun samar-samar. 

Kemasannya jar dengan 2 pilihan tutup, flip-top & screw-cap. Tutup yang flip-top ini terdapat tweezer didalamnya jadi sangat praktis skaligus higienis, tapi sayang tutup yang ini bikin cairannya mudah tumpah, at least aku kehilangan 20-30% cairannya karena merembes tumpah ketika aku take video. 

Awalnya aku merasa produk ini kayak biasa saja, nggak begitu ngasih pengaruh ke kulitku yang sedang breakout. Tapi kemudian di pemakaian hari ke 3 aku mulai menyadari kalau pad ini bantu banget ngurangi bengkak di jerawat. Aku yang tadinya pakai ini hanya 1x sehari jadi 2x, & so far ga ada bad reaction di kulitku. Pad ini gentle banget! Wajah terasa bersih & halus setiap kali habis memakainya.

Abib Heartleaf Essence - Calming Pump

Product's Information
Name : Abib Heartleaf Essence- Calming Pump
Volume : 50ml
Price : Rp. 220.000 (Discounted price) 

What it is? This is a daily soothing care essence! 
Kandungan Heartleaf Extract nya ini yang paling tinggi diantara produk lain dalam Heartleaf Collection, yaitu 85,66% atau 856,000ppm.

Selain Heartleaf, aku menemukan beberapa kandungan menarik di Ingredients list nya, seperti Sodium Hyaluronate dan Panthenol yang bagus untuk mengembalikan kelembapan alami kulit serta memperbaiki hidrasi kulit. Oh iya, ada Bergamot & Lavender oil di dalamnya, bagi kalian yang mungkin sesitif dengan kedua oil tersebut be careful, or skip aja produk ini. 

Fungsi utamanya masih sama seperti produk lain dari Heartleaf Collection, yaitu untuk soothing, calming, sebum care, dll. Hanya saja produk ini ada tambahan memberikan hidrasi yang bagus untuk kulit. 

Kemasannya terkesan clean dan minimalist, botol pump ukuran 50ml dengan warna putih. Dibagian pump-nya ada tutup tambahan atau pelindung supaya produk lebih higienis. 

Teksturnya sedikit kental, bening, tidak lengket maupun berminyak. Baunya enak, berasal dari Bergamot & Lavender Oil jadi ngasih efek relaxing. Easy to spread up, satisfying banget pas diratain, dengan finish kulit jadi dewy & bouncy. Untuk kulitku yang kombinasi menurutku hidrasi yang diberikan produk ini sangat bagus, jadi bantu banget buat proses penyembuhan jerawat. Great hydration & calming, mereka berdua yang aku butuhkan setiap kali berjerawat. 

Mild Acidic pH Sheet Mask - Heartleaf Fit

Seberapa sering kalian pakai sheet mask? Aku biasanya pakai sheet mask 2-3x seminggu, dan ketika kulitku bermasalah (flaky, iritasi or breakout) aku menggunakan sheet mask lebih sering, bisa setiap hari, tapi tentunya dengan variant sheet mask yg sesuai kondisi or masalah kulitku. 

So, I got 8 sheet masks from Abib, 8 itu beda variants, dan 2 diantaranya ada Heartleaf yang kebetulan pas buat kondisi kulitku saat ini, banyak jerawat & kemerahan. Aku pilih yang Mild Acidic pH Sheet Mask - Heartleaf Fit karena kemasannya menarik, transparan. 

Sheet mask ini memiliki pH yang sesuai dengan pH kulit sehingga tidak menybabkan iritasi. Dengan kandungan 89% Heartleaf, klaimnya untuk calming relaxing & cooling

Lembarannya terbuat dari ALBAM : ALbumin + BAMboo, bahan ini bagus untuk penyerapan essence supaya lebih optimal. Bahannya super soft, agak tebal, melekat dengan baik di kulit dan terasa ringan. Ukurannya juga pas di wajahku. Kekurangannya hanya 1, dia ga punya potongan dibagian pinggir, sehingga agak sulit di pas kan dengan contour wajah. 

Essencenya bening dan banyak banget. Tidak lengket dan tidak berminyak sama sekali. Terasa ringan dan segar di kulit. Baunya juga enak bikin relax, baunya soft kayak bau daun-daunan dan ada sedikit hints Rosemary. 

Aku pakai masker ini selama 20 menit, wajahku yang sebelumnya ada kemerahan akibat jerawat terlihat langsung membaik tepat saat lembaran diangkat. Kemerahan sangat berkurang dan jerawat langsung kalem. Kulitku juga terasa halus, lembap & terhidrasi setelahnya. 

Overall this is a great mask! Cocok banget buat kalian yang punya acne-prone skin. 

The Results & Conclusion

Kalian bisa lihat foto dibawah to see the results after using Abib Heartleaf Collection more than a week 💚 Totalnya 10 harian sih, aku mulai coba sejak 16 September dan foto After ini aku ambil tanggal 26 September. Terlihat kemerahan berkurang, jerawat yang bengkak lebih kalem bahkan nampak kempes dan kulitku jadi lebih bersih + sehat. 

I can conclude that these products really works for me! Hasilnya mungkin tiap orang akan berbeda, karena jenis kulit dan problemnya juga pasti tidak sama. But, for my combination to oily, sensitive acne-prone skin these products are great!! 

Where to buy? Shopee abib.id



2 komentar

  1. Pgn coba rangkaian lengkap abib hearleaf jg nih

    ReplyDelete
  2. Brand Abib ini reviewnya lagi mulai banyak muncul di IG.. Aku lagi mulai kepoin nih.. hehe

    ReplyDelete