Review Zalfa Cica Pore, Atasi Jerawat & Bekasnya!

Tuesday, May 18, 2021


Sebagai pemilik acne-prone skin, tentu Acne Spot Treatment merupakan sebuah produk yang wajib ada di rak skincareku. So far aku telah mencoba setidaknya puluhan produk jenis ini, but I never get tired to try the new one. Selalu penasaran dan ingin tahu ini kelebihannya apa atau bahannya apa? Trus apalagi yang bahannya unik atau baru denger tentu membuatku tambah excited buat cobain. 


Tanggal 19 April 2021 lalu Zalfa meluncurkan produk baru berupa Acne Spot Treatment. But, sebelum bahas produknya aku mau sedikit mengenalkan Zalfa kepada kalian. Apakah kalian kenal or sudah nggak asing dengan brand ini? Zalfa adalah local brand yang didirikan tahun 2013, wow ternyata sudah lumayan lama ya? Aku sendiri baru tahu brand ini sekitar 2020 lalu. 


Berawal dari misi edukasi tentang skincare yang aman dari bahan-bahan natural, maka berdirilah Zalfa Natural. Nah, pertama kali tertarik sama Zalfa tuh ketika aku nemu Instagram mereka, karena disana mereka nggak sekedar jualan tapi juga mengedukasi. Ini adalah nilai plus dari sebuah brand dan saat ini edukasi tentang skincare memang sangat dibutuhkan. 


Saat ini, Zalfa telah memiliki banyak produk mulai dari cleanser, toner, essence, serum, ampoule, moisturizer dan special care seperti spot treatment. Bahkan mereka punya lip product lohh! 


Produk Zalfa menggunakan bahan natural, no harsh chemicals, halal, bebas alkohol, aman untuk ibu hamil dan tanpa paraben. 



Zalfa Natural - Cica Pore Acne Fighter Holy Gel Treatment 



Product's Information 

Name : Cica Pore Acne Fighter Holy Gel Treatment 

Brand : Zalfa Natural 

Volume : 20 gram

No. BPOM : NA 18210102012

Price : Rp. 95.000


Ini adalah produk perawatan untuk jerawat berbentuk gel yang diformulasikan sebagai advance acne solution. Konsepnya adalah, membersihkan jerawat hingga tuntas! Wahh gimana tuh maksudnya? Jadi, beberapa produk untuk jerawat yang pernah aku coba tuh cuma bekerja untuk nyembuhin jerawat, bahkan ada yang sekedar bikin tenang aja tapi tidak memberikan solusi untuk bekasnya. Nah, Zalfa Cica Pore ini bekerja untuk mengatasi jerawat sekaligus bekasnya! Keren nggak tuh? 


Berikut adalah beberapa klaim Zalfa Cica Pore


  • Membantu menenangkan dan mengeringkan jerawat. 

  • Membantu meredakan peradangan dan kemerahan akibat jerawat. 

  • Mengontrol minyak berlebih dan melawan bakteri penyebab jerawat. 

  • Mencegah sumbatan sebum pada pori-pori yang dapat memicu jerawat. 

  • Membantu memudarkan noda dan bekas jerawat. 

  • Merawat kulit berjerawat sehingga tampak lebih bersih dan sehat. 


Tidak sampai disitu saja, kalian akan lebih tercengang dengan deretan kandungan utama yang ada di dalam produk ini. 




Main Ingredients 


  • Niacinamide: Kandungan ini sering kita jumpai pada produk pencerah kulit, but selain mencerahkan Niacinamide juga membantu mengecilkan pori-pori, menghaluskan kulit, membantu memperbaiki skin barrier, melembapkan kulit dengan meningkatkan produksi ceramide, dll.

  • Sulfur: Membantu mengelupaskan lapisan kulit bagian atas sehingga mengangkat sel kulit mati dan mencegah pori-pori tersumbat. Sulfur juga membantu menyerap produksi minyak berlebih. Selain itu juga bekerja sebagai antibakteri yang dapat menghentikan perkembangan bakteri penyebab jerawat. 

  • Allantoin: Bersifat anti-inflamasi yang dapat mencegah munculnya jerawat baru. Selain itu, Allantoin kaya akan antioksidan yang mampu mempertahankan skin barrier. 

  • Encapsulated Salicylic Acid: Apa bedanya dengan Salicylic Acid biasa? Ini adalah jenis Salicylic Acid yang mild dan minim iritasi, jadi lebih aman buat mereka yang memiliki kulit sensitif. Kandungan ini berfungsi untuk "melarutkan" sel kulit mati dan kotoran yang menyumbat pori-pori. Selain itu juga bekerja sebagai anti-inflamasi yang membantu meredakan jerawat meradang. 

  • Guava Leaf Extract: Kaya akan antioksidan yang melindungi kulit dari radikal bebas, sehingga bekerja mencegah penuaan dengan meningkatkan elastisitas kulit. 

  • Centella Asiatica Extract: Ini adalah kandungan favoritku karena memiliki manfaat untuk mempercepat penyembuhan. Kandungan ini juga sangat efektif untuk menenangkan, meredakan kemerahan, juga menetralisir radikal bebas. 

  • Chamomile Extract: Memiliki kekuatan anti-inflamasi yang sangat baik, sehingga dapat membantu mengatasi jerawat, menenangkan peradangan & mempercepat penyembuhan luka. 

  • 7 Herbs of Synergy Complex: Ini adalah perpaduan 7 bahan herbal yang dipercaya 2x lebih efektif dalam menenangkan kulit iritasi dan meradang, mencegah timbulnya jerawat baru serta bekasnya. 7 bahan herbal itu apa saja? Camellia Sinensis Leaf Extract,Centella Asiatica Extract, Chamomilla Recutita (Matricaria) Flower Extract, Glycyrrhiza Glabra Root Extract, Polygonum Cuspidatum Root Extract, Rosmarinus Officinalis Leaf Extract, Scutellaria Baicalensis Root Extract. 


Packaging


Kemasan Zalfa Cica Pore berbentuk tube kecil berukuran 20 gram. Sebenarnya untuk sebuah produk spot or acne treatment ini terbilang cukup besar karena kebanyakan produk sejenis hanya berisi 10-15gram saja.



Desain kemasannya simple dengan kombinasi warna putih biru. Tutupnya model screw-cap atau ulir, trus bagian lubangnya kecil dengan model ujungnya lancip. Aku suka produk spot treatment dengan lubang kecil begini, karena memang yang kita butuhkan tidak terlalu banyak, ini bisa menekan jumlah yang dikeluarkan. Selain itu, ini juga berfungsi sebagai aplikator, jadi bisa langsung dipencet di dekat kulit yang berjerawat trus tinggal di ratain. 


Kemasan terluarnya box kertas dengan warna dan desain serupa, biru dan putih. Informasi yang tercetak di box sangat lengkap. Mulai dari klaim, cara pakai, ingredients, dll. 



Oh iya, dibagian tube tadi ditempel stiker dan sayangnya cutting stickernya agak kurang rapi dan tidak begitu menempel di tube. Sebenarnya ini bukan masalah besar, karena tidak mempengaruhi kualitas or isi produk, hanya saja soal kerapian saja. 


Texture & Scent 


Memiliki tekstur gel warna putih yang ketika dilihat dengan saksama atau di bawah cahaya terang bakal nampak sedikit hints kekuningan. Terasa lembut, ringan, mudah terserap dan tidak meninggalkan kesan lengket maupun kesat. 



Baunya khas banget seperti bau sulfur, tapi bukan tipe yang sangat menyengat kok, baunya masih bisa aku toleransi dan karena produk ini memang tidak pakai pewangi buatan, I'm really okay with the smell.


How to use? 


Oleskan Zalfa Cica Pore ke bagian kulit berjerawat yang sebelumnya telah dibersihkan terlebih dahulu. Aku biasanya pakai produk ini di malam hari, tepat setelah mencuci muka dan pakai pH balancing toner lalu aku biarkan kurang lebih 1 jam baru layer dengan skincare lainnya. 


Produk ini direkomendasikan untuk mereka yang memiliki kulit kombinasi, berminyak, sensitif dan berusia lebih dari 15 tahun. 


My Experience


Pertama kali coba Zalfa Cica Pore aku sangat terkesan karena tidak ada rasa perih maupun cekit-cekit ketika aku oleskan ke jerawat aktif, padahal beberapa produk sejenis yang pernah aku coba memberikan sensasi agak cekit-cekit bahkan ada yang rasanya pedas dan perih di mata. Jadi rasanya bener-bener nyaman apalagi teksturnya yang mudah terserap dan nggak meninggalkan residu bikin kesat maupun lengket. 


Aku pertama kali pakai Zalfa Cica Pore tanggal 30 April 2021, saat itu sedang ada maskne atau jerawat yang disebabkan oleh penggunaan masker. Jadi, area yang berjerawat tuh sekitaran pipi, rahang dan dagu. Ada beberapa jerawat aktif, di pipi kiri, bawah bibir kiri, dagu, dan beberapa bekas jerawat yang cukup dalam tepat berada diatas jerawat sebelah pipi kiri. Aku juga menggunakannya untuk jerawat kecil di keningku. 


Aku oleskan Zalfa Cica Pore di malam hari dan keesokan paginya jerawat yang di pipi jadi kempes, terus pas aku raba nggak terasa sakit lagi. Sementara jerawat di dekat bibir dan di dagu sudah hilang isinya, kayaknya semalam ketika aku tidur dia mengering dan isinya keluar kena gesekan. 



Hari ke 2, jerawat di pipi semakin kempes dan aku raba sudah bener-bener nggak ada isinya, biasanya meskipun kempes bakal nyisa purulent yang mengeras di dalamnya, ini beneran bersih nggak ada isi. Aku juga heran kenapa bisa begitu? Kalaupun dia keluar ketika aku tidur juga nggak ada bagian kulit yang terbuka, paling nggak ada kayak bekas luka gitu. 


Hari ke 5 tersisa bekasnya saja tapi aku tetap menggunakan Zalfa Cica Pore untuk mengetahui bagaimana efeknya untuk memudarkan bekas jerawat. 




16 Mei 2021, yang artinya aku telah menggunakan Zalfa Cica Pore selama lebih dari 2 minggu. Bagaimana hasilnya? Bekasnya pudar! Belum sepenuhnya hilang tapi ini sudah lebih baik. Bekas jerawat di pipi kiri sudah samar, hanya saja bekas jerawat lama masih lumayan tebal, ini agak sulit sih karena dulu jerawatnya cukup besar dan dalam. Surprisingly bekas jerawat di pipi kanan nyaris hilang, bener-bener samar dan bisa aku rasakan kalau tekstur kulit sekitar bekas jerawat jadi lebih halus. Sementara bekas di kening juga hampir hilang, aku rasa ini karena ukurannya kecil jadi cepet hilangnya. 


Conclusion 


Setelah memakai Zalfa Cica Pore selama lebih dari 2 minggu aku bisa menyimpulkan kalau produk ini bekerja sangat cepat untuk menenangkan inflamed skin. Jadi, ketika jerawat sedang meradang, merah dan terasa nyeri Zalfa Cica Pore dengan seketika dalam hitungan menit mampu meredakannya. Pemilik acne-prone skin pasti tahu bagaimana itu rasanya ketika jerawat sedang meradang, sakit, nyeri, gatal jadi satu. 


Trus, yang sampai saat ini bikin aku heran adalah… Produk ini sama sekali nggak mengeringkan jerawat tapi bekerja dengan membuat jerawat lebih tenang kemudian kempes! Benar-benar sesuai klaimnya kalau ini sangat mild, nggak menyebabkan iritasi dan nggak membuat kulit di sekitar area yang berjerawat ikutan kering. 


Selama memakai Zalfa Cica Pore juga tidak ada jerawat baru yang muncul, sounds amazing right? Untuk klaim memudarkan bekasnya juga bukan omong kosong belaka, aku telah membuktikannya dengan pemakaian lebih dari 2 minggu (16 hari) bekas jerawat baru dan yang nggak begitu besar jadi cepat pudar. 


Rate : 9/10 


Yes, almost perfect! Jika kalian memiliki kulit berjerawat dan sensitif aku sangat merekomendasikan produk ini. 


But again, hasil atau reaksi di setiap orang bisa saja berbeda, tergantung dengan jenis kulit serta permasalahan yang sedang dialami. Semua yang aku tulis di sini 100000% berdasarkan pengalamanku selama memakai Zalfa Cica Pore. 


Kalian bisa mendapatkan produk Zalfa melalui beauty advisor mereka di Instagram @zalfanatural atau bisa juga melalui Shopee Zalfa Official Store. 






Comments

  1. Uwaaaa auto masuk wishlist ini sih ka buat kulitku yg acne prone . Thankyou ka Daisy buat reviewnya membantu banget 💖

    ReplyDelete
  2. Waah progressnya keliatan banget!

    ReplyDelete
  3. Seperti biasa fotonya eyepleasing hehe. Aku juga ngga tahu brand ini kalau ngga ada yang review hehe, liat dr progress-nya worth to try sangat yah huhu. mau coba.

    ReplyDelete
  4. kecil kecil cabe rawit, liat hasilnya aku langsung tertarik~

    ReplyDelete
  5. Di aku ini mantep banget mbak matengin jerawat.. Dua hari langsunh mateng terus sembuh.. Gak ada efek drying nya pula jadi demen

    ReplyDelete
  6. Kulitku biasanya sensitif sama salicylic acid tapi kalau yg versi encapsulated belom pernah nyoba sih. Semoga beneran ramah di kulit aku.

    ReplyDelete
  7. Karen makin tua, kulitku makin sensitif dateng jerawat dan kawan-kawannnya. Sekarang kudu stock acne spot treatment :'), yesh finally ada produk acne treatment tapi nggak bikin kering :") mengelupas gitu.

    ReplyDelete
  8. Anjir kok cakep banget hasilnya ini spot treatment bun 🥺 pengen

    ReplyDelete
  9. Kulitnya mirip banget kaya kulit aku, jadi pengen coba deh progress bfore afternya bagus banget!

    ReplyDelete
  10. cepet ya buat ngempesin jerawat, sama buat ngurangin kemerahannya itu keliatan banget 😍

    ReplyDelete
  11. tiap ketemu review produk ini kayaknya bagus semua 🥺 apalagi kalo gak bikin kering waaa me likey!

    ReplyDelete
  12. Salfok fotonya cakep-cakep amat Des!! Dan si zalfa ni menariq jg, jerawat kempes tak berbekas

    ReplyDelete
  13. Wahh jerawat langsung kempess. Super menarikk buat kulit acne jg ya kak

    ReplyDelete