Review Glutathione and Vitamin C Serum - Aura Bright by Aryani Fitriana


Satu lagi skincare brand punya artis Indonesia. Kali ini adalah Aura Bright by Aryani Fitriana. Who is she? Bagi kalian yang ngikutin sinetron "Istri Kedua" pasti tau deh siapa artis cantik ini, yups dia adalah pemeran utama di sinetron tersebut. Ibuku nihh, yang biasanya nonton, kalau aku kadang-kadang ikutan nimbrung, hehe. 

Aura Bright ini meskipun brand "lokal" tapi produk mereka High Quality dan diformulasi di Korea, woww!! Keren banget nggak tuh? Produknya 100% halal dan telah terdaftar BPOM, jadi sudah pasti aman. Untuk saat ini fokus produk mereka masih di perawatan kulit wajah, dan range produknya masih belum terlalu banyak juga, semoga kedepannya bakal lebih banyak lagi supaya bisa memenuhi kebutuhan kulit wanita Indonesia yang berbeda-beda. 

Aku berkesempatan untuk mencoba serum fenomenal mereka, yaitu Aura Bright Glutathione & Vitamin C Serum. Kenapa aku sebut ini fenomenal? Karena teman-teman skincare enthusiasts yang lain setiap kali aku tanya soal produk Aura Bright mereka pasti akan merekomendasikan serum ini. Tapi, mereka selalu menyebutnya dengan "serum vitamin C Aura Bright" kenapa demikian? Padahal kalau dari namanya ini sepertinya lebih di fokuskan ke si Glutathione? Let's find out! 

AURA BRIGHT GLUTATHIONE & VIT C SERUM

Product's Information :
Name : Glutathione & Vit C Serum
Brand : Aura Bright - Indonesia
Volume : 15ml
Manufactured by : PT. Lipwih Synergy Lab Estetika
Distributed by : CV. Berkat Anugerah Sejahtera
BPOM : NA1818900432

Jika membaca dari informasi produk yang tertera dikemasa, disana hanya tertulis keterangan bahwa ini adalah produk yang membantu mencerahkan dan melembapkan kulit. But, mari kita sedikit bedah produk ini melalui kandungan yang ada di dalamnya.

Ingredients :
Ascorbic Acid, Glycerin, Niacinamide, PEG-40 Hydrogenated Castor Oil, Phenoxyethanol, Zinc PCA, Aqua, Butylene Glycol, Gluconolactone, Glutathione, Hydroxyethylcellulose, Galactomyces Ferment Filtrate, Cetylpyridinum Chloride.

Dari full ingredients diatas bisa kita lihat ada Ascorbic Acid diurutan pertama, ini adalah vitamin C, that's why seharusnya memang ini disebut vitamin C serum saja. Sementara Glutathione ada di urutan no 6 dari bawah.

Now, I'd love to explain a little about this serum's main ingredients.

  • Ascorbic Acid atau L- Ascorbic Acid (LAA) ini merupakan salah satu jenis vitamin C yang dikenal paling ampuh, tapi sayangnya kandungan ini tidak stabil jika dibandingkan kandungan vitamin C turunan lain. Apa efeknya jika tidak stabil? Pertama, produk tersebut jadi mudah oksidasi dan wajib hukumnya untuk disimpan di lemari pendingin. Kedua, resiko iritasi lebih besar, terutama bagi mereka yang memiliki kulit sensitif.
  • Niacinamide, siapa yang tidak kenal kandungan ini? biasa kita menemuinya dalam produk pencerah kulit. Nah, selain mencerahkan sebenarnya apa manfaat lain niacinamide? Niacinamide bantu meredakan inflamasi serta kemerahan, mengecilkan pori-pori, membantu proses penyembuhan jerawat dan pemakaian jangka panjang bisa menghaluskan tekstur kulit.
  • Zinc PCA, ini membantu menormalkan produksi sebum berlebihan dan membantu menghentikan perkembangbiakan bakteri jahat penyebab jerawat. Selain itu Zinc PCA juga dikenal sebagai a natural moisturizing factor.
  • Gluconolactone, ini biasa kita kenal dengan PHA ( Poly-Hydroxy Acids) yang masuk dalam kategori exfoliant, fungsinya untuk mengangkat sel kulit mati. But, PHA ini paling gentle di bandingkan kandungan acid lainnya, ukuran molekulnya lebih besar dan kemungkinan mengiritasi kulit jauh lebih minim.
  • Glutathione merupakan kandungan antioksidan yang secara alami sebenarnya ada didalam tubuh manusia. Fungsi utamanya untuk tubuh adalah meningkatkan sistem imun serta mendetox tubuh. Lalu apa fungsinya untuk kulit? Fungsi glutathione untuk kulit adalah mencerahannya dengan cara mengubah melanin kulit menjadikannya lebih terang dan mengaktifkan enzyme tyrosinase yang membantu memproduksi pigment.
  • Galactomyces Ferment Filtrate, ini adalah hasil fermentasi sake. Pada produk perawatan kulit, galactomyces memiliki kemampuan untuk meningkatkan penyerapan produk dan juga memiliki efek antioksidan Selain itu juga telah terbukti mencerahkan dan mengatasi jerawat. 

Packaging

Produk dikemas dalam glass dropper bottle warna biru tua, tanpa box maupun plastik sealed. Jadi, ketika aku menerima produk ini keadaannya cuma di segel dengan stiker kecil dibagian tutupnya. Asli ini ngeri banget, padahal produk ini rawan oksidasi. Untuk botolnya sendiri sebenarnya pemilihan warna tua dan bahan kaca sudah cukup bagus untuk menjaga kualitas produk didalamnya, hanya sayang kenapa tidak ada box atau minimal segel plastik.

Texture & Scent

Teksturnya cair, tidak lengket maupun berminyak. Warna awalnya bening tapi lama-kelamaan jadi menguning karena oksidasi, padahal sejak awal menerima produk ini aku langsung memasukkannya ke dalam lemari pendingin.

Baunya khas produk vitamin C, tercium seperti besi berkarat dan ada sedikit hints bau kopi. Memang kurang enak sih baunya, but I'm okay with that, karena setelah di layering dengan produk lain baunya menghilang.

How to Use

Ada 2 cara memakai serum vitamin C yang aku ketahui, dan sayangnya aku lupa dapat dari sumber mana karena setelah aku cari tidak bisa menemukannya, but... don't worry, cara ini sudah aku coba dan nanti kalian bisa coba kira-kira mana yang lebih pas dengan kondisi kulit kalian.
  1. Gunakan tepat setelah cuci muka. Jadi setelah mencuci dan mengeringkan wajah langsung aplikasikan 2-3 tetes vitamin C ke kulit, ratakan dan tunggu meresap baru layer dengan skincare lainnya. Cara ini paling ampuh untuk memudarkan bekas jerawat dan mencerahkan kulit, tapi tidak disarankan buat mereka yang kulitnya sensitif. Aku pernah coba cara ini, tapi aku menggunakan vitamin C turunan yang minim iritasi, bukan LAA dan hasilnya bagus.
  2. Aplikasikan setelah step toning. Ini di rekomendasikan buat mereka yang kulitnya sensitif. Aku sendiri memakai cara ini tepat setelah kulitku terhidrasi dengan baik. Cara ini memang paling nyaman so far, aku paling sering pakai cara ini.
My Experience

Ini bukan vitamin C serum dengan LAA pertamaku, aku pernah coba sebelumnya tahun lalu dan itu berakhir dengan iritasi yang cukup parah, wajahku terasa perih terbakar dan memerah. Jadi, aku awalnya agak takut untuk mencoba produk ini, tapi melihat review teman-teman sebelumnya yang mengatakan ini bagus jadi aku beranikan diri untuk mencobanya.

Pertama coba aku sangat terkejut dengan rasa cekit-cekit yang ditimbulkan, terutama dibagian wajahku yang berjerawat. Rasa cekit-cekitnya berangsur turun setelah aku layering dengan produk dengan fungsi calming setelahnya. Ketika rasa cekit-cekit menyerang aku buru-buru mengambil cermin untuk melihat apakah terjadi iritasi or kemerahan di wajahku, dan syukurlah itu tidak terjadi.

2 Minggu pemakaian aku mulai terbiasa dan malah menikmati sensasi cekit-cekitnya, hahaha. Bagaimana hasilnya? Aku bisa bilang ini cukup bagus, terutama buat jerawat bengkak yang merah dan nyeri. Berkat serum ini jerawat tersebut jadi cepet keluar matanya, pecah dan mengering, lalu bekasnya dengan cepat tersamarkan. Padahal biasanya jerawat tipe tersebut lama banget, butuh 3-7 hari untuk keluar matanya.

Berikut aku mau kasih keterangan foto di atas :

Tanggal 8 Oktober jerawat bengkak, merah dan nyeri banget muncul di bagian jidat, ukurannya lumayan besar jadi cukup bikin pusing juga nih. 

Tanggal 9 Oktober udah mulai muncul matanya yang kemudian di malam hari langsung keluar isinya. Disini rasa nyeri sudah hilang, tapi bagian sekitarnya jadi memerah. 

Tanggal 11 Oktober jerawat sudah kering, isinya sudah keluar semua dan lukanya telah menutup tapi teksturnya masih belum rata, terlihat benjol. 

Tanggal 15 Oktober permukaan jerawat sudah rata dan jauh lebih baik, warna yang kecokelatan mulai pudar. 

Untuk efek cerahnya aku belum bisa terlalu melihat hasilnya, tapi aku merasa kulitku jadi tidak kusam lagi serta terlihat lebih fresh dan segar.

Conclusion

This is a good serum! seneng banget ada serum vitamin C dengan LAA yang cocok dikulit sensitifku. Kekurangannya hanya 1, yaitu kemasannya yang tanpa box or segel plastik. Semoga kedepannya pihak Aura Bright mau memperbaiki ini karena produknya sendiri sudah bagus, kan sayang rusak hanya karena kemasan.

Kalian bisa beli serum ini or produk Aura Bright lainnya di Shopee, melalui line ID @aurabright.id or whatsapp 0811-1811-126. Berapa harganya? Rp. 212.500 tapi kalian bisa dapatkan under 200ribu di shopee.





2 komentar