Marun Botanical - Local Brand Natural Plant-Based Skincare


Have you ever heard about Marun Botanical?

Awalnya aku mengira bahwa ini adalah local brand baru, tapi ternyata mereka telah berdiri sejak 2015 dengan nama awal Marun Aromatherapy yang kemudian di tahun 2020 tepatnya awal bulan oktober mereka berganti nama menjadi Marun Botanical. I have a great news! Besok tanggal 28 Oktober 2020 dalam rangka grand launching website www.marunbotanical.com mereka memberikan diskon besar-besaran, yaitu 30-50% untuk semua produknya. Pengen tau apa saja produknya? kalian sudah bisa akses website mereka dari sekarang kok, siapa tahu ada yang menarik jadi incaran bisa kalian checkout besok.

An Introduction to Marun Botanical

Sebelum melangkah ke bagian review, alangkah baiknya kita kenalan dulu dengan brand ini, kalian pasti penasaran kan dengan history dibalik berdirinya Marun Botanical? Trus gimana sih konsep brand ini? lalu apa saja produknya?

Rahmi Fitria, atau yang dikenal dengan Ami merupakan owner Marun Botanical. Beliau telah berkecimpung dalam bidang aromaterapi dan perawatan natural sejak tahun 2007 dengan mendirikan Marun Spa di Bogor. Kemudian di tahun 2012, atas kecintaannya terhadap essential oil dan bahan-bahan natural beliau mulai meracik sejumlah produk perawatan berbahan natural. Awal kecintaannya dengan essential oil dimulai dari sang Ayah, orang yang pertama kali mengenalkan essential oil kepadanya. Ayahnya adalah ahli minyak atsiri (essential oil) dan pernah didaulat sebagai anggota dewan pakar di lembaga Dewan Atsiri Indonesia (DAI). Sejak kecil, Beliau sering diajak Ayahnya ke laboratorium, tempat penyulingan, lahan pertanian sampai ke kantor eksportir essential oil.⁠ Sementara pengalaman racik-meracik kosmetik, diperoleh dari sang Mama yang memiliki  usaha kosmetik yang mana beliau sering menjadi "asisten produksi" meski waktu itu umurnya masih 9 tahun.

Dimulai dengan hanya mencampur essential oil ke dalam face mask atau body oil untuk dipakai sendiri. Lama-kelamaan, beliau mulai meracik produk skin care dan menjualnya kepada teman-teman. Pengalaman melihat Ayahnya bekerja meneliti essential oil ataupun membantu Mama memproduksi kosmetik ternyata menjadi modal bisnis beliau di masa depan.⁠

Beliau mulai mendalami perawatan berbahan natural dengan mengikuti sejumlah workshop dan kursus terkait aromaterapi di Rina Poerwadi Holistic Aromatherapy dan Tisserand Institute, serta formulasi skincare organik di School of Natural Skincare dan Formula Botanica.

Pada tahun 2015, beliau mantap memasarkan produk perawatan natural racikannya sendiri dengan merek Marun Aromaterapi. Namun pada tahun 2020, Marun Aromaterapi berganti nama menjadi Marun Botanical supaya bisa mengeksplore lebih banyak lagi bahan natural berbasis tumbuhan lainnya yang tidak terbatas pada essential oil.


Apa saja produk Marun Botanical?

Ternyata mereka memiliki cukup banyak produk, mulai dari Essential Oil, Skincare yang cukup lengkap mulai dari cleanser, toner, serum, cream,dll. Kemudian ada Hair Care, ini menarik banget! aku ngincar hair care mereka ini. Lalu, Body Care, Carrier Oil, Beauty Tools dan terakhir COVID-19 Protection.

Aku berkesempatan untuk mencoba 2 skincare produknya, apa saja itu?

Marun Botanical Micellar Cleanser


Product's Information
Hydrating Micellar Cleanser
Volume : 75ml
Price : Rp. 115.000

Well, I have sensitive skin dan jarang banget ada pembersih jenis micellar yang bisa cocok dengan kulitku. Seringnya end up with irritation, redness dan yang terburuk breakout jerawat gede-gede menyerang. Lalu kenapa aku memilih produk ini? aku penasaran, kalau yang natural dan plant based kira-kira bakal lebih baik ga sih? atau sama saja?

So, what is it? Pembersih wajah 2 in 1 yang menggabungkan fungsi cleanser dan toner untuk mengangkat kotoran dan menyeimbangkan kadar minyak kulit. Sesudah pemakaian, kulit akan terasa bersih, segar dan lembab. Ini adalah informasi produk yang aku ambil dari web mereka. Keren banget, baru kali ini aku tau ada pembersih yang merangkap sebagai toner.

Star Ingredients 

Untuk kandungan yang di highlight sih ada 2 yaitu Chamomile dan Spearmint. Chamomile . merupakan antibakterial, antiseptik dan anti inflamatory, bekerja sangat baik menetralkan kulit yang iritasi serta mampu mempercepat proses penyembuhan. Sementara Spearmint merupakan pembersih kulit yang ideal, memberikan efek dingin dan menyegarkan, mampu mengurangi rasa gatal yang disebabkan oleh kulit kering dan sensitif. Okay, membaca highlight ingredients nya sepertinya produk ini cocok dengan kulitku yang sensitif dan mudah berjerawat.

Full Ingredients 

Aqua, Aloe Vera Extract, Witch Hazel Extract, Lavender Hydrosol, Cucumber Hydrosol, Cocamidapropyl Betaine, Yucca Extract, Pro-Vitamin B5, Alpha Bisabolol, Lavandula Angustifolia (Lavender) Oil, Mentha Spicata (Spearmint) Oil, Benzyl Alcohol, Salicylic Acid, Sorbic Acid.

Packaging 

Produk dikemas dalam botol spray bening dengan desain yang sangat cantik, ada gambar khas botanical, sepertinya watercolor buah jeruk dan lavender. Ukurannya 75ml, awalnya aku merasa ini kecil banget, tapi ternyata cukup 4 spray sudah cukup untuk seluruh wajah. Sprayernya berfungsi dengan baik dan effortlessy, hanya saja sayang suka bocor dan cairannya merembes di tutup botol.


Texture & Scent

Memiliki water-like texture warna orange bening, tapi ketika di semprotkan ke kapas warnanya agak kuning. Finishnya aku suka, ngasih kayak ada lapisan minyak yang rasanya menutrisi kulit jadi lembap dan glowing. Tidak lengket sama sekali,

Baunya dominan bau spearmint, khas bau sejuk dan seger. Sempat takut ini bakal pedes dimata, ternyata nggak. Aku coba untuk angkat sisa makeup mata dan everything okay.

How to use?

Semprotkan ke kapas lalu usap untuk mengangkat kotoran dan sisa make-up pada wajah. Kandungan minyak esensialnya memiliki khasiat antiseptik dengan wangi yang segar.

My Experience 

Aku menggunakan produk ini sebagai first cleanser. Yaahh, apakah nggak sayang tuh? kan ada khasiat seperti toner dan essential oil yang menutrisi kuli, kalau dibilas dengan air setelahnya dan dicuci agi pakai sabun embersih wajah maka hilang dong khasiatnya?. nggak kok, malahan ini bagus, meminimalisir efek kulit kering dan ketarik setelah pakai sabun cuci muka. Setelahnya kulit tetap lembut, lembap dan terhidrasi.

Untuk membersihkan residu skincare dan sunscreen daya bersih produk ini sangat bagus. Kenapa aku bisa bilang begitu? darimana aku bisa tahu kalau kulitku sudah bersih? Dipagi harinya tidak ada whiteheads atau kotoran yang menyumbat pori-pori sehingga muncul jerawat putih-putih.

Aku juga telah mencobanya untuk membersihkan makeup, hasilnya lumayan oke bisa mengangkat foundatiou, lipstick, eyeshadow dan pensil alis. Sayangnya untuk waterproof eyeliner pen tidak bisa terhapus dengan sempurna, masih meninggalkan stain.

Aku telah menggunkan Marun Botanical Micellar Cleanser ini lebih dari seminggu dan so far tidak ada efek negatif sama sekali di kulitku.

Marun Botanical De-Stressing Moisturizer / Day Cream


Product's Information
De-Stressing Moisturizer
Volume : 20ml
Price : Rp. 135.000

What is it? Pelembap wajah dengan tekstur ringan untuk melembutkan dan menutrisi kulit. Kandungan bahan alaminya melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar matahari dan polusi lingkungan dengan aroma yang menenangkan.

Star Ingredients

Kandungan utamanya adalah Chamomile dan Geranium. Seperti pada Micellar Cleansernya tadi, Chamomile merupakan antibakterial, antiseptik dan anti inflamatory, bekerja sangat baik menetralkan kulit yang iritasi serta mampu mempercepat proses penyembuhan. Sementara Geranium bekerja melindungi kulit serta mengencangkan epidermis untuk mencegah munculnya garis halus atau tanda-tanda penuaan. Geranium juga memiliki antibacterial properties yang mampu membersihkan serta menenangkan kulit.

Full Ingredients 

Aqua, Aloe Vera Extract, Hemp Seed Oil, Capric Triglyceride, Moringa Seed Oil, Red Raspberry Seed Oil, Cetearyl Olivate, Sorbitan Olivate, Glycerine, Chamomile Extract, Pro-Vitamin B5, Raspberry Extract, Pelargonium Graveolens (Geranium) Oil, Lavandula Angustifolia (Lavender) Oil, Citrus Reticulata (Mandarin) Oil, Vitamin E, Sodium Benzoate, Potassium Sorbate, Allantoin, Benzyl Alcohol, Salicylic Acid, Sorbic Acid.

Packaging

Produk dikemas dalam airless pump bottle berukuran 20ml. Kecil ya? yups tapi penggunaan cream ini menurutku hemar banget, aku hanya buth 1-1 pumps untuk seluruh wajah. Desain kemasannya sama dengan Micellar Water. Aku suka produk dengan kemasan airless karena lebih higienis serta kemungkinan ada udara yang masuk botol lebih minim, sehingga kualitas produk tetap terjaga.


Texture & Scent

Teksturnya mirip gel-cream yang ringan banget dan enak diratakan. Warnanya milky white dengan hints sedikit kekuningan. Baunya enak! rasanya seperti masuk ketempat spa, sangat menenagkan. baunya seger, ada hints seperti kunyit dan buah, entah buah apa itu? sampai sekarang aku belum menemukan namanya. Mungkin perpaduan Geranium oil, Lavender oil dan Mandarin oil yang menjadikan aromanya seperti itu.


How to Use

Gunakan 2-3 pumps atau sesuai kebutuhan. Oleskan secara merata ke seluruh wajah dan leher. Gunakan di step terakhir am skincare atau sebelum menggunakan sunscreen.

My Experience

Pertama kali cobain cream ini aku langsung jatuh cinta dengan tekstur dan aromanya. Bener-bener definisi cream yang enak untuk dipakai di pagi hari. Teksturnya ringan tapi efek lembapnya juara! kulitku nampak lebih ternutrisi, lembap dan well hydrated seharian. Finishnya glowing tapi tidak berminyak.


Selama memakai cream ini lebih dari seminggu, aku memperhatikan tidak ada dry patches yang biasa muncul di dagu dan sekitar hidung. Kabar baiknya lagi, tidak ada jerawat muncul di acne prone skin ku. Aku sampai nungguin jerawat muncul karena mau nyobain produk spot treatment. Jarang-jarang bisa lebih dari seminggu tidak ada jerawat muncu dikulitku yang biasa langganan jerawat.

Efek menenangkannya juga bagus. Sempat beberapa hari yang lalu muncul ruam kemerahan di pipiku karena iritasi debu. Akau pakai cream ini and tadaaa... tidak butuh waktu lama kemerahan berangsur membaik.

Conclusion

Ini adalah pertama kalinya aku mencoba produk perawatan kulit berbahan natural, dan Marun Botanical memberikan kesan yang baik. Jadi nggak kapok, hehe dan pengen cobain produk lainnya. Kedua produk yang aku coba tidak ngasih janji yang berlebihan, yang penting kulit sehat itu sudah cukup bagiku, karena itu adalah inti dari merawat kulit menurutku.

Jika di suruh memilih dari kedua produk yang telah aku coba mana favoritku? Itu agak sulit, karena aku menyukai keduanya! Micellar Cleansernya sangat bagus dikulitku yang jarang cocok dengan produk berbentuk Micellar. Sementara Day Cream nya, bener-bener like a perfect product for me.

Gimana nih? kalian pengen coba yang mana?


Marun Botanical
Instagram : @marunbotanical

3 komentar

  1. Kalau masih ninggalin stain di makeup waterproff berati lbh cocok untuk daily use yaa.. Yg dandan tipis tipis atau cuma pake skincare ss gitu

    ReplyDelete
  2. micellar cleansernya menarik banget kakk😍

    ReplyDelete
  3. Enjoy banget baca review ini, jelas dan lengkap. Informasi produknya lengkap banget

    ReplyDelete