Ongredients - Brand Skincare Asal Korea Terbaru dengan Konsep Organic, Original & One Ingredients

Friday, April 9, 2021


Sebenarnya aku agak kesulitan untuk mendapatkan informasi tentang brand ini karena mereka belum punya official website, bahkan instagramnya pun sepertinya baru buat, yang mana disana hanya ada link menuju tempat pembelian. Tapi, jiwa detektifku masih menggebu-gebu, rasanya aku tidak bisa tidur dengan nyenyak jika belum menemukan informasi tentang brand ini. Aku mulai menelusuri banyak situs Korea, hingga akhirnya nemu sebuah artikel tentang pencapaian luar biasa brand ini, tentang sebuah project crowdfunding mereka yang sangat sukses. Dari artikel tersebut akhirnya membawaku ke tempat mereka melakukan crowdfunding, yaitu Wadiz.


Apa itu Wadiz? Wadiz adalah salah satu platform untuk melakukan crowdfunding terbesar di Korea Selatan. Platform ini menjalankan crowdfunding untuk kemanuasiaan serta rewards-based crowdfunding. Nah, dari situ akhirnya aku tahu bahwa banyak indie brand Korea yang melakukan crowdfunding disana. Konsepnya tuh gini, misal kita ada rancangan produk trus kita kenalkan di Wadiz, dari situ kita bisa dapatkan supporters untuk mendukung project kita tersebut. Ketika jumlah yang ditargetkan tercapai otomatis kita sudah punya dana untuk meluncurkan produknya. Kemudian para supporters dapet rewards (ini reward-based crowdfunding yaa) jika crowdfunding sukses/minimal mencapai target. Rewards nya apa? bisa dapet produk, atau potongan harga. Di bulan Desember tahun lalu Ongredients melakukan rewards-based crowdfunding dengan rewards berbagai paket potongan harga.


Baca juga : Review SKIN1004 Madagascar Centella Toner & Ampoule


Sebenarnya, mereka bisa saja langsung memproduksi dan menjual produk, tetapi dengan melakukan crowdfunding mereka ingin berkomunikasi dengan para supporters.. Hal ini untuk kebaikan bersama, dan membuat produk yang lebih bagus di masa mendatang. Surprisingly crowdfunding mereka sukses besar! hanya dalam 3 jam mencapai kesuksesan 4000%, sekarang aku cek sudah mencapai 10392%. Target awalnya yang cuma 500ribu Won sekarang telah terkumpul sebanyak hampir 52juta Won, gila!


Sebelum memulai project di Wadiz, mereka telah lebih dulu merekrut 200 reviewer untuk mencoba produknya, dan surprisingly feedbacknya sangat bagus.


Kalau bahas history brand gini aku semangat banget, hehe sorry yaa kalau bakal panjang. Sekarang aku mau bahas awal mulai mereka menciptakan Ongredients. Kenapa mereka? karena ada beberapa orang dibaliknya. Jadi, awalnya si owner yang telah bekerja selama 10 tahun di Beauty Industry merasa lelah dan sudah tau betul baik buruknya dibalik pekerjaannya tersebut mulai dari kayak biaya produksi, bahan-bahan didalam produk, dll. Dia berfikir untuk menciptakan produk sendiri yang konsepnya jujur dan fokus dengan 1 ingredients supaya lebih optimal. Organic, Original dan support environtemtal issues yang sekarang sedang rame. So, beberapa teman dari Company sebelumnya yang memiliki pemikiran sama akhirnya memilih resign dan mereka menciptakan Ongredients dalam waktu 18 bulan.



Óngredients adalah sustainable natural clean beauty brand. Namanya diambil dari kata Organic + Original + One Ingredient. Mereka memang membuat produk yang fokusnya pada 1 kandungan & eliminated bahan2 yang dianggap tidak terlalu penting. 


Konsep awalnya mereka tuh pengen mengatasi permasalahan kulit paling basic, kalau nggak sensitif yaa super dry & dehidrasi . That's why produk pertama mereka yang merupakan boosting essence dirancang to solved the problems. Hyaluronic Acid ketika kulit kering & Houttuynia untuk kulit sensitif. But, 2 variant ini bisa juga digunakan secara bersamaan. 


Óngredients juga environment friendly, sebisa mungkin mengurangi penggunaan plastik dan kemasannya sendiri bisa di pakai ulang sebagai vase. Trus, daripada menggunakan box kertas mereka juga lebih memilih membungkus botolnya dengan dust bag. 



Isi produknya 120ml, yang kira-kira bisa habis dalam 1 bulan. Dikemas dalam botol kaca super estetik bikin banyak yang gagal fokus ke kemasannya, hehe. Banyak yang bilang mirip kemasan kopi premium, entahlah aku belum pernah minum kopi premium. PAO nya singkat, hanya 6 bulan. Harganya berapa? Ada di range harga 200-300ribuan.


Baca juga : SKIN1004 Hyalu-Cica Brightening Toner & Blue Serum


Trus, apakah variantnya cuma 2 saja? 2 variant Houttuynia Cordata & Hyaluronic Acid itu hanya variant awal saja, karena kemudian merek mengembangkan beberapa variants lagi, bahkan ada yang limited edition. Aku dapet kesempatan buat nyobain 3 variantnya, yaitu Houttuynia Cordata, Hyaluronic Acid dan Centella Asiatica. 


Houttuynia Cordata


Kandungan ini dikenal sebagai excellent antibacterial and antioxidant effects, membantu menyeimbangkan oil & moisture sehingga membuat kulit lebih bersih & sehat. Selain itu, Houttuynia Cordata juga bagus buat soothing & calming sensitive skin. 



Menggunakan bahan organic yg tumbuh secara natural tanpa menggunakan fertilizers or pesticides. Memiliki water-like consistency & warnanya cokelat tua agak orange mirip teh. Baunya juga mirip teh yg didiamkan semalaman. 


Ingredients : 97% Houttuynia Cordata Extract, 1,2 Hexanediol. 


Centella Asiatica


Ini merupakan kandungan favoritku karena kulit sensitifku sangat menyukai. Efek soothing & calmingnya bagus, mirip Houttuynia cuma bedanya ini terasa lebih adem dikulit. Selain itu, Centella juga memiliki healing properties jadi bantu proses penyembuhan luka sekaligus membuat tekstur kulit lebih halus. 



Teksturnya sama seperti Houttuynia, cuma beda warnanya agak muda dan kekuningan, trus baunya seperti grass jelly. 


Ingredients : 97% Centella Asiatica Extract, 1,2 Nucleic Acid diol. 


Hyaluronic Acid

Hyaluronic Acid (HA) dikenal sebagai moisturizing ingredient. Ada 2 type HA, derived from animal & vegetable, nah produk ini menggunakan vegetable HA yg telah bersertifikat by COSMOS, katanya sih ini lebih aman buat yg kulitnya sensitif. 



Teksturnya kental banget & slimy, no notable scent. Ketika diratakan agak slippery tapi tidak lengket & ketika terserap kayak ada lapisan moisture film di permukaan kulit, ini karena dia pakai high & low molecular HA yang bekerja mengisi both the outside & inside of the skin with moisture. 


Ingredients : Purified Water, Butylene Glycol, Sodium Hyaluronate, 1,2 Hexanediol. 


How to use & my experience 


Variant Houttuynia Cordata & Centella Asiatica fungsinya secara garis besar mirip, jadi aku nggak layering 2 ini melainkan aku pakai sendiri-sendiri. Centella buat am routine karena dia ada sedikit adem2nya jadi enak dipakai siang, sementara Houttuynia untuk pm routine. Aku aplikasikan menggunakan kapas tepat setelah mencuci wajah & cukup 1 layer saja. Keduanya memiliki efek calming yang sangat bagus, terutama saat kulit sedang iritasi atau berjerawat, ini cepet banget buat meredakan. Aku juga menggunakan 2 variant ini untuk csm ketika kulitku breakout beberapa waktu yg lalu dan hasilnya lumayan bagus buat mengurangi rasa nyeri akibat pembengkakan.




Kemudian, variant Hyaluronic Acid (HA) ini aku pakai setelah 2 variants tadi. Biasanya aku gunakan 2-3 layer di am & pm routine, pengaplikasiannya langsung menggunakan tangan karena teksturnya sangat kental & slimy. Efek hidrasi yang diberikan bagus, dia mengisi kelembapan di dalam & luar dengan membentuk lapisan tipis dipermukaan kulit. Yang belum pernah coba HA jenis ini mungkin bakal kaget karena ketika cairan terserap rasanya wajah seperti dibungkus plastik wrap, kayak kencang & ketarik gitu. Ini membuat permukaan kulit jadi halus & pori2 sedikit tersamarkan. Sayangnya, beberapa produk occlusive bakal pilling dipakai diatasnya. So far, dikulitku ini paling enak di layering dengan emollient. Selama memakai produk ini aku merasa hidrasi kulitku lebih terjaga, jadi nampak lebih plumpy & healthy. 



Conclusion


Aku sudah pakai produk ini selama lebih dari 1 bulan, bahkan yang Centella Asiatica sudah tinggal nama, ehh tinggal botolnya. So far, no bad reactions at all malahan aku merasa ada yang kurang jika tidak menambahkan produk ini di routine-ku. Wahh, apakah aku kecanduan? Totally No! Karena menurutku produknya kayak basic banget dan aku memang butuh, apalagi kulitku sensitif, it seems like I need produk buat calming sepanjang hidupku, dan Hyaluronic Acid, siapa yang kulitnya tidak butuh hidrasi? Bukankah kebanyakan permasalahan kulit dimulai dari kulit yang dehidrasi? 


Aku merasa kulitku jadi lebih sehat, jarang bermasalah, paling cuma hormonal acne dan itu normal buatku yang acne-prone skin. So, ini worth to try nggak sih? YES, kualitas produknya bagus, dan tiap memakaianya berasa kayak disterilkan hahahah, rasanya bener-bener pure, enak banget! 


Where to buy? Near&Dear



YOU CAN FIND ME AT :

Comments

  1. Sampai sekarang aku masih mikir yang HA ber-Silicone 😂 karena dibandingin brand sebelah yang persentase HA nya besar pluss pakai micro dan macro HA efeknya cuma lengket di awal :") nggak kayak dilapisin something gitu.

    Bisa aja karena beda formulasi, di aku harus dipakai saat kondisi kulit yang basah/ masih ada sedikit bulir air langsung templokin dia, tap bentar lanjut emolien karena kalau ditunggu per kurleb 1-2 menit efek menghidrasinya menguap :") rada bingung tapi kalau disupport hydrating product lainnya nampol khasiatnya :) atau dipakai berdua sama si Heart Leaf series nya.

    ReplyDelete
  2. kesukaankuu! suka banget sih sama konsepnya, namanya juga uniiiik 🥺 aku suka banget pake yang houttuynia ☺🥰

    ReplyDelete
  3. Baru tau brand ini, cakep banget ya packagingnya minimalis😍😍

    ReplyDelete
  4. packaging dan cerita di balik tebentuknya produk ini menarik banget ih! aku baru tau brand ini
    kebetulan permasalahan kulit kita sama, adi pengen cobain :(

    ReplyDelete
  5. Baru tahu brand ini, pertama kali lihat judulnya kirain typo dong, haha.

    Di satu sisi paham dasarnya kenapa cuma satu ingredients (dan tipe produk yang kayak gini lagi booming banget akhir-akhir ini) tapi kalau fokusnya ke satu ingredients aja kesannya jadi kayak...basically repackaging a certain extract + nambahin humektan? Glad they work for you though! :)

    ReplyDelete
  6. packaging-nya unik jadi remind sama botol sampo hehe. it's another racun lagi nih kayanya huhu.

    ReplyDelete
  7. Unik dan menarik banget ya packagingnya. Sepertinya menarik juga untuk dicoba :D

    ReplyDelete
  8. kemasannya ini estetik banget! kalau tujuannya ingin membuat produk dengan konsep sustainable packaging, menurutku ini udah berhasil karena orang bakal sayang juga buang kemasannya yang cantik beginii.

    progress pemakaiannya juga keliatan banget yaa, jerawat jadi tipisan :D

    ReplyDelete
  9. Produk mereka ngingetin aku sama OneThin* kayak fokus sama sati ingredient gituu. Paling pengen nyoba yang Houttuynia gegara kemarin nyobain toner yg ada kandungan itu dan cucoook bangeeet hahaha

    ReplyDelete
  10. aku baru tau brand inii dan keren banget sejarahnya

    ReplyDelete
  11. Jujur agak salfok pas awal baca nama brand-nya, hah ongridients? Ternyata ini gabungan beberapa kata yang mewakili produknya. Kerenn

    ReplyDelete