Battle Sunscreen Lokal, Fanbo Wonder Skin vs Emina Sun Battle

Wednesday, April 14, 2021


Sepertinya sudah sangat lama aku nggak bikin battle produk, kayaknya terakhir sekitar 1 atau 2 tahun yang lalu. So, today mumpung agak rajin, ciiyeehhh jadi aku mau battle produk lokal yang keduanya sama-sama dikenal banyak orang dan tentunya sama-sama terjangkau. Kali ini aku mau battle sunscreen yang harganya sama-sama dibawah 50ribu.


Fanbo Wonder Skin Sunscreen + Serum SPF 50 PA++++ vs Emina Sun Battle Sun Protection SPF 45 PA+++. 


Hayo, kali ini siapa jagoanmu? Kira-kira bakal bagus yang mana ya? Mari kita bahas 1 per 1.



Fanbo Wonder Skin Sunscreen + Serum SPF 50 PA++++



Product's Information 

Fanbo Wonder Skin Sunscreen + Serum SPF 50 PA++++

Origin : Indonesia

Volume : 30gr

BPOM No : NA18191900024

Price : Rp. 38.000 - Rp. 45.000



Sebenarnya aku agak bingung dengan konsep seperti ini, jadi ini sunscreen yang infused with serum atau sebenarnya sunscreen biasa tapi ada tambahan kandungan pendukung atau ekstrak untuk memberikan manfaat lain dan mendukung kerja sunscreen itu sendiri. Disini kandungan tambahannya adalah Niacinamide, Sakura dan Aloe Vera Extract. 


Baca juga : Review Y.O.U Tone Up UV Elixir

Klaimnya untuk menjadikan kulit terlindung dari paparan sinar matahari, menjadikannya lebih cerah, lembap dan glowing. UV filters yang digunakan dalam sunscreen ini ada 5 yaitu Ethylhexyl methoxycinnamate, Octocrylene, Avonenzone, homosalate dan ethylhexyl salicylate yang semuanya adalah organic, so ini adalah organic or chemical sunscreen. Dengan SPF 50 dan PA++++ ini memberikan proteksi yang cukup tinggi. Sementara efek mencerahkan memang bisa didapat dari Niacinamide yang notabene merupakan kandungan pencerah, trus efek melembapkannya didapat dari Aloe Vera dan terakhir bikin cerah dan glowing dari Sakura Extract. 


Oh iya ada Ascorbic Acid (Vit C) di urutan terakhir ingredients list, ini memiliki manfaat sebagai antioksidan, selain itu juga ada Allantoin sebagai soothing ingredient. 


Ingredients :


Ingredients: Aqua, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Octocrylene, Cyclopentasiloxane, Butylene Glycol. Butyl Methoxydibenzoylmethane, Niacinamide, C12-15 Alkyl Benzoate, Glycerin, Homosalate. Methylpropanediol, Ethylhexyl Salicylate, Cyclohexasiloxane, Coconut (Cocos Nucifera) Oil, Simmondsia Chinensis (Jojoba) Seed Oil, Imidazolidinyl Urea, Triethanolamine, Propylene Glycol, Phenoxyethanol, Acrylates/C10-30 Alkyl Acrylate Crosspolymer, Citrus Aurantifolia Fruit Extract, Dimethicone Crosspolymer, Fragrance , Panthenol, Disodium EDTA, Allantoin, Aloe Barbadensis Leaf Juice, Tocopheryl Acetate, Dimethicone/Vinyl Dimethicone Crosspolymer, Chamomilla Recutita Flower Extract, Glycyrrhiza Glabra Root Extract, Cyclotetrasiloxane, Bisabolol. Dimethiconol, Dextrin, Tromethamine, Methylparaben. Prunus Lannesiana Flower Extract, Citric Acid, Sodium Benzoate, Potassium Sorbate, Ethylparaben, Malic Acid, Ascorbic Acid.


Jika di cross check antara main ingredients dan klaimnya memang nyambung yaa? Tapi benarkah demikan? 



Sekarang kita bahas dulu kemasannya. Fanbo Wonder Skin Sunscreen + Serum ini dikemas dalam tube kecil dan handy dengan isi 30gram. Desain kemasannya terkesan fancy, perpaduan biru, kuning dan putih yang mana 3 warna ini juga dipakai si Emina, jadi berasa hampir mirip. 


Baca juga : Skin Aqua Tone Up UV Essence 

Kemasan memiliki tutup model flip-top dan bagian lubangnya kecil. Ketika bagian badannya dipencet tidak terlalu banyak produk yang keluar, jadi kita bisa mengontrolnya dengan penekanan. Tanpa box, model kemasannya mika yang nempel pada karton, tapi disini mikanya tuh bisa dilepas jadi bukan yang benar-benar nempel pakai lem. Informasi tertera sangat lengkap mulai dari klaim, cara penggunaan, kandungan, dll. Untuk kandungan tidak hanya tercetak di karton, tapi di tube juga. 



Teksturnya lembut, mirip lotion tapi ketika diratakan dia semakin mencair. Baunya khas produk dengan variant Aloe Vera, terkesan artificial dan lumayan nempel banget baunya. 


Mudah diratakan, tidak terasa lengket tapi sedikit berminyak, minim white white-cast bahkan nyaris nggak ada dan finishnya moist banget, jika kulit kalian berminyak bisa pakai produk ini tanpa pelembap sebelumnya. 



My Experience 


Hari pertama aku coba gunakan tanpa moisturizer, jadi setelah serum langsung aku aplikasikan sunscreen ini. Awalnya nghak ada masalah, enak banget diratain, lembut dan lembapnya pas, tapi beberapa menit kemudian aku merasa disekitar mata agak cekit-cekit yang berlangsung sekitar 2-3menit. Di hari pertama ini aku tidak banyak kegiatan diluar yang memungkinkanku terkena paparan sinar matahari langsung. 



Hari kedua aku coba pakai setelah moisturizer, dan hasilnya wajah jadi minyakan parah sampai pori-pori seperti terbuka banget dan kelihatan besar. Waktu berlalu dan minyak tambah parah tapi nggak bikin kusam. 1 jam kemudian, aku ada kegiatan yang memaksaku terkena matahari langsung, nggak lama padahal cuma 5menitan tapi apa yang terjadi? Kulitku kebakar dan nampak merah-merah padahal aku sudah memakainya sesuai takaran 2 jari dan belum masuk waktu reapply 2 jam sekali. 


Hari ke 3 aku kembali pakai cara hari pertama, yaitu tanpa pelembap. Rasa cekit-cekit semakin parah, kali ini bukan area sekitar mata saja tapi nambah di area jaw line yang kemarin kebakar matahari kemudian terasa gatal dan muncul ruam merah. 


Hari ke 4 kondisi semakin parah dan muncul banyak jerawat baru di jaw line, jidat dan bawah hidung. Hari ke 5 aku hentikan  pemakaian dan ganti pake sunscreen lain yang sebelumnya aku pakai dan aman-aman saja tidak ada reaksi buruk. 


Hari ke 7 kulitku sudah kembali normal (ini pake sunscreen lain sejak hari ke 5). Di hari ke 8 buat mastiin benarkah aku nggak cocok dengan sunscreen ini? Jadi aku memakainya lagi. Gimana hasilnya? Cekit-cekit lagi di area dekat mata, dan di malam harinya red bumps bermunculan. Okay I'm done! Jadi fix aku nggak cocok. 



Emina Sun Battle Sun Protection SPF 45 PA+++



Product's Information 

Emina Sun Battle Sun Protection SPF 45 PA+++

Origin : Indonesia

Volume : 30ml

BPOM No : NA18201700885

Price : Rp. 37.000 - Rp. 42.000


Beda tipis ya SPF dan PA-nya? Kenapa kok nggak bikin yang SPF 50 sekalian aja ya? Hehe, kayak ngegantung gitu 45.


Jika si Fanbo tadi namanya ada embel-embel serum karena ada beberapa kandungan tambahan, lalu bagaimana dengan si Emina yang namanya cuma Sun Protection? Tetep ada kok, produk ini menggunakan Grape Leaf Extract yang bekerja sebagai anti-pollution, wahh gimana tuh? Grape Leaf Extract kaya akan antioksidan yang mampu memerangi radikal bebas, sehingga ini sangat cocok untuk aktivitas outdoor. 


Menggunakan 6 UV filters, cukup banyak ya? Apa saja itu? Ethylhexyl methoxycinnamate, ethylhexyl salicylate, homosalate, Avonenzone, Octocrylene dan Bemotrizinol. Hampir mirip dengan Fanbo, bedanya Fanbo tadi nggak pakai Bemotrizinol. Tetep sama juga, ini adalah Chemical or Organic sunscreen. Sunscreen jenis ini biasanya tanpa white-cast dan ada efek melembapkan, sangat cocok buat mereka yang memiliki kulit kering. Teksturnya lebih enak dibandingkan dengan physical sunscreen tapi sayang seringnya kulit sensitifku tidak bersahabat dengan sunscreen jenis ini. 


Baca juga: Axis-Y Complete No-Stress Physical Sunscreen

Ingredients :



Aqua, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Ethylhexyl Salicylate, Homosalate, Butyl Methoxydibenzoylmethane, Ethanol, Octocrylene, Polymethyl Methacrylate, Butylene Glycol, Butylocty Salicylate, Bis-Ethylhexyloxyphenol Methoxypheny! Triazine, Cyclopentasiloxane, Vitis Vinifera (Grape) Leaf Extract, Pongamia Glabra, Arachidyl Alcohol, Polyacrylate Crosspolymer-6, Polyurethane-79, Bisabolol, Nylon-12, Polyester-7, Behenyl Alcohol, Neopentyl Glycel, Diheptanoate, Caprylic/Capric Triglyceride, Arachidyl Glucoside, Propanediol, Polyacrylate-13, Disodium EDTA, Poiyisobutene, Polysorbate 20, Fragrance, Chlorphenesin, Phenoxyathanel.


Kemasannya sama seperti Fanbo, ukurannya juga persis 30gram. Hanya saja Emina Sun Battle ini finish tube nya sedikit glossy. Tutupnya sama, model flip-top tapi lubangya sedikit lebih besar yang mana beberapa kali dia muncrat terlalu banyak padahal aku hanya memencetnya sedikit. Agak kurang terkontrol gitu menurutku. 



Berbeda dengan Fanbo Wonder Skin, Emina Sun Battle ini kemasan terluarnya model mika yang nempel dikarton, jadi sekali dikelupas mikanya dia nggak bisa balik lagi. Disini ukuran kartonnya juga lebih besar dibanding Fanbo. Trus untuk ingredients hanya tertera di karton, di tube tidak ada. 


Teksturnya hampir mirip sekilas dengan Fanbo Wonder Skin, tapi jika dilihat dengan saksama, emina ada sedikit hints kekuningan jadi kayak broken white gitu warnanya. Trus, teksturnya ada sedikit viscosity dan jika diratakan terasa lebih lembut dan finishnya sedikit silicony, itu membuat tekstur kulit terasa lembut. Awalnya aku mikir apakah ini ada siliconnya? Ternyata dia lebih banyak kandungan emollient yang mana memang bikin kulit terasa lembut. 



Mudah terserap, tidak lengket dan finishnya cakep, bikin kulit nampak supple dan lembap. Ini lembapnya nggak separah Fanbo dan nggak bikin minyakan banget. Pori-pori juga masih aman pakai ini, nggak bikin nampak terbuka dan kelihatan lebih besar. 


Baca juga : Bellflower Watermelon & Carrot Sunscreen

Bicara soal bau, ini mirip dengan sunscreen Korea yang pernah aku coba, agak flowery gitu baunya dan lingering. Bahkan sebelum reapply baunya masih nempel. 


My Experience


Hari pertama menggunakannya aku punya feeling bagus dengan sunscreen ini, wahh kayaknya ini better than Fanbo dilihat dari segi tekstur dan finishnya. Fanbo tadi ringan tapi berminyak banget, nah Emina ini sedikit rich, tetep enak diratain, moist tapi nggak bikin minyakan parah. Masih berminyak sih, tapi nggak sampai yang bikin kusam. 



Aku coba buat panas-panasan tetep aman, nggak kebakar dan tidak ada reaksi seperti cekit-cekit di area sensitif seperti sekitar mata. Hanya saja di area leher terasa sedikit gerah dan berminyak. Ketika kulit wajah berminyak juga ini nggak perih dimata. 


Baca juga : Moolda - Calamine Pink Sun

Selama 1 minggu aku memakainya juga tidak menimbulkan jerawat baru atau memperparah jerawat yang sudah ada, so far aman-aman saja dikulitku. 


Jujur, aku seneng banget ada produk dari Paragon Group yang cocok dikulitku. Mengingat harganya yang juga terjangkau aku rasa kelak bakal repurchase. 


Conclusion


Battle kali ini pemenangnya adalah Emina Sun Battle! Ini berdasarkan reaksinya dikulitku yaaa. Beda orang, beda jenis kulit, beda masalah tentu kemungkinan besar hasilnya juga akan berbeda. Jadi, disini bukan berarti si Fanbo yang kalah dalam battle jelek, hanya saja memang nggak cocok dikulitku. Again, jika ingin tau suatu produk cocok nggak di kulit kalian jangan takut untuk mencoba karena kalau nggak dicoba yaa nggak akan tau, hehe. Next mau request battle apa nihh? 




YOU CAN FIND ME AT :

Comments

  1. Emina masuk wishlist aku nih..

    ReplyDelete
  2. baru tau lho fanbo ada sunscreen juga, wah produk lokal makin rame untuk sunscreennya

    ReplyDelete
  3. Emina boleh nih kalau kepepet no hepeng di-check out. Ini packagingnya ngajak falshback waktu pake si Wardah. Agak PR flip top nya bukan yg buka tutup gitu :')jadi susah pas mau comot tetes terakhir, hahahha.

    Anw, fotonya lucu banget! Request dupe parfum dongs~

    ReplyDelete
  4. Kebetulan banget baru beli Emina ini! Dan baru sadar kalau Fanbo udah ngeluarin skin care (ke mana aja deh). Finishnya memang oily dua-duanya ya, tapi kayaknya susah cari organic sunscreen yg finishnya sreg 100% di kulit berminyak! Anyway Emina ini menarik juga, can't wait to try it on myself.

    ReplyDelete
  5. Jujur sunscreen lokal belum nemu yang ringan dan cocok, tapi aku jd penasaran pengen cobain emina ini

    ReplyDelete
  6. Beneran mirip ya kemasanya, bisa bikin keder😂 dua duanya menarik sih, liat teksturnya difoto sih kayak ringan.. soon mau coba dua duanya ah, thank you kak reviewnyaa!😍

    ReplyDelete
  7. Gila sekarang fanbo ada sunscreennya haha makin canggih aja produk lokal. Fotonya gemes 😍

    ReplyDelete
  8. baru ngeh fanbo punya sunscreen! kemasannya lucu nih khas anak muda banget. untuk sunscreen aku masih belum ketemu sreg, masih coba2. thankyouu comparisonnya 🤗

    ReplyDelete
  9. Dua sunscreen ini vibesnya mirip-mirip deh. Aku tertarik coba yg Emina tapi mengingat SS mereka yg sblmnya too oily di wajahku jadi masih bimbang :")

    ReplyDelete
  10. Duh sunscreen lokal skrg murah2 n bagus lho yaaa.. ini 2, trus azarine, trus carasun. Pengen beli smua deh jdnya wkwkwkwkk

    ReplyDelete
  11. kalau nggak baca detail aku percaya ini dari brand yang sama karena vibes packagingnya mirip bangettt 😆

    ReplyDelete