Elvada Beauty - Local Brand Baru dengan Konsep Simple & Clean Skincare

Satu lagi local brand yang baru saja launching bulan lalu, menambah daftar local brand yang patut kalian pertimbangkan untuk dicoba. Namanya Elvada Beauty, launching tanggal 18 Oktober 2020 dengan 3 produk skaligus. Konsep produk Elvada Beauty adalah Simple & Clean, tanpa Paraben, Alkohol, Pewangi & Animal Cruelty. Hmm, that sounds pretty good right? Especially buat pengabdi gentle skincare. 

3 produk yang di luncurkan Elvada Beauty yaitu Hydrating Daily Glow Serum, Brightening Vitamin C Serum dan Soothing Lov-ender Milky Sleeping Mask. Baru denger namanya aja terkesan menarik bukan? Itu impresi pertama ketika pihak Elvada menawariku untuk mencoba produknya dan aku tambah terkejut setelah tahu bahwa packaging mereka seimut itu, hahaha bahasaku gini amat. Kemasan mereka super cute & beautiful at the same time. Warnanya pastel guys! Itu baru lihat dari product's information yang mereka berikan, belum lagi pas tau aslinya. Oh my... aku pas unboxing itu kayak mau jerit-jerit "so cute... " emang pada dasarnya aku bucin packaging, hahaha. Tidak hanya lucu dan cantik, tapi bahan kemasannya juga bagus, terkesan mahal terbuat dari frosted glass, yang pada akhirnya kalian akan terkejut dengan harganya yang sangat terjangkau, under 100k.

Oh iyaa, aku juga dapet scrunchies dengan warna senada produk Elvada Beauty, dan ternyata mereka juga jual scrunchies satuan atau kalian bisa dapetin sebagia bonus jika beli produk Elvada Beauty 1 set (3 produk).

Okay, sekarang aku akan langsung review ke 3 produk Elvada beauty, apakah mereka worth to buy or hanya sekedar produk "imut" aja? 

Elvada - Hydrating Daily Glow Serum

Product's Information
Name : Hydrating Daily Glow Serum
Brand : Elvada - Indonesia
Volume : 20ml
No. BPOM : NA18200104409
Price : Rp. 79.000

Ini adalah produk pertama yang aku cobain karena aku selalu tertarik dan penasaran dengan produk yang ada embel-embel "glow or glowing". Claims nya tertulis dengan jelas di bagian depan kemasan bahwa produk ini untuk hidrasi skaligus perawatan pori-pori kulit. 

Berikut adalah kandungan utama Elvada Hydrating Daily Glow Serum

  • Niacinamide : Memperbaiki tekstur, penggunaan jangka panjang bisa membuat tampilan pori-pori nampak lebih kecil. Selain itu Niacinamide juga membantu menyamarkan noda kemerahan, mencerahkan dan meratakan warna kulit.
  • Aloe Vera : Mengandung antioksidan dan tinggi kandungan anti-inflamatory yang mana mampu membantu proses penyembuhan jerawat dan merawat luka seperti minor burn.
  • Sodium Hyaluronate : Ini ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan Hyaluronic Acid, sehingga bisa terserap ke lapisan kulit lebih dalam. Kandungan ini bekerja menghidrasi dan menjaga kelembapan kulit.
  • Glycerin : Menjaga kulit tetap terhidrasi, halus dan kenyal. 
  • Vitamin E : Mampu mengurangi inflamasi dan menjadikan kulit nampak lebih muda.
Kemasannya warna guava, sekilas kayak pink tapi ini masih ada hints kemerahan & orange jadi jatuhnya dia warna guava. Boxnya berbahan doff dengan berbagai informasi tercetak, cukup lengkap dan jelas. Mulai dari cara penggunaan, kandungan utama, kandungan secara keseluruhan, manfaat, dll. 

Botolnya sendiri seperti yang sudah aku jelaskan diatas, terbuat dari kaca dengan finish frosted, keruh gitu tapi isinya tetep bisa terlihat dari luar. Botolnya berbentuk pump, aku lebih suka model begini sih daripada serum dropper, menurutku lebih praktis. 

Teksturnya cair dengan sedikit kekentalan, warnanya agak keruh ketika dilihat dari luar botol, tapi ketika dikeluarkan dia lebih ke transparan dengan sedikit opaque. Gimana yaa jelasinnya, dia kalo di ratain gitu bening tapi kalo disatuin agak keruh. 

Karena produk ini tidak mengandung bahan pewangi tambahan jadi aroma yang dihasilkan berasal dari kandungan yang ada didalamnya. Baunya sedikit mengingatkanku dengan serum Niacinamide dari The Ordinary, cuma bedanya ini lebih soft dan baunya cepet hilang. Baunya kayak ada hints bau tinta. 

Produk ini direkomendasikan untuk segala jenis kulit dan bisa diginakan pagi atau malam. Aku sendiri suka pakai serum ini both day and night. Urutannya tepat setelah memakai hydrating toner. 

Karena sangat sering memakainya, dalam 3 minggu aku hampir menghabiskan produk berukuran 20ml ini. Oh iyaa ukurannya ini khas produk lokal yang biasanya memang suka bikin produk kecil-kecil cuma 15-30ml an gitu. 

Aku sangat menyukai teksturnya yang light, enak diratain, cepet meresap dan tidak lengket sama sekali. Finishnya bikin kulit bouncy and well hydrated. By the way, kulitku memang sudah lama berteman baik dengan kandungan Niacinamide, jadi pakai serum ini tidak ada masalah sama sekali. Pengalamanku pakai Serum Niacinamide biasanya cukup oke buat pudarin PIE atau bekas jerawat kemerahan. Nah kebetulan sebelum pakai rangkaian produk Elvada memang aku habis breakout, jadi ada banyak bekas jerawat berupa PIE dan PIH. Jadi pas banget, buat test performance produk Elvada untuk masalah tersebut. Sementara yang PIH biasanya memang bisa pudar pakai produk dengan vitamin C. 

Lalu, bagaimana hasilnya setelah 3 minggu pakai Elvada Hydrating Daily Glow Serum? Aku akan bahas ini di The results & conclusion, karena aku pakai produk Elvada Beauty secara bersamaan jadi nanti di bawah akan aku bahas jadi 1 hasilnya. 

Elvada - Brightening Vitamin C Serum

Product's Information
Name : Brightening Vitamin C Serum
Brand : Elvada - Indonesia
Volume : 20ml
No. BPOM : NA18200104429
Price : Rp. 99.000

Ini adalah serum vitamin C yang menggunakan jenis vitamin C turunan, yaitu Ethyl Ascorbic AcidAcid atau biasa disingkat dengan EAC. Ini adalah jenis vitamin C turunan yang paling stabil dibanding L-Ascorbic Acid atau LAA. EAC tidak mudah oksidasi, sehingga tetap aman meskipun ditaruh di suhu ruangan, jadi tidak wajib masuk lemari pendingin. Tapi, jika kalian mungkin takut formulanya rusak, lebih amannya lagi tetap taruh lemari pendingin. Lalu, apakah kelebihan EAC dibanding LAA hanya sekedar dia tidak mudah oksidasi? tentu saja tidak. EAC juga lebih gentle dan minim iritasi, sehingga sangat aman buat mereka yang kulitnya sensitif.

Fungsi utama serum ini adalah untuk melembakan, mencerahkan, membantu menyamarkan tanda-tanda penuaan seperti garis halus dan menjaga kekenyalan kulit. Selain itu, seperti yang telah aku sebutkan tadi, kandungan vitamin C bagus buat menyamarkan bekas jerawat berupa PIH, yaitu noda yang berwarna cokelat tua hingga kehitaman.

Apa saja kandungan utama dari Elvada Brightening Vitamin C Serum?

  • Ethyl Ascorbic Acid : Vitamin C meningkatkan produksi kolagen, yang berpotensi menebalkan dermis, mengurangi garis-garis halus, mengencangkan kulit dan dan membuatnya terlihat awet muda. Selain itu, vitamin C adalah antioksidan yang melindungi sel kulit dari kerusakan radikal bebas akibat paparan sinar UV.
  • Peptides : Mengencangkan kulit, membuat kulit terlihat lebih muda dan mengurangi break-out.
  • Squalane : Menghidrasi kulit dan menjadikan kulit lebih sehat.
  • Licorice Root Extract : Memiliki anti-bakteri dan anti-microbial properties sehingga bagus untuk perawatan kulit berjerawat.
  • Casror Oil : Merupakan pelembap alami yang mampu membantu menenangkan kulit iritasi. Castor Oil juga merupakan bahan alami yang bagus untuk mengatasi jerawat.

Kemasannya warna kuning, khas produk vitamin C, setiap kali denger nama vitamin C entah kenapa aku kebayang dengan warna kuning? Botolnya sendiri sama persis dengan Hydrating daily glow serum, box nya juga memiliki desain yang sama, again... hanya warnanya saja yang berbeda jadi tidak akan aku bahas lagi.

Untuk tekstur Elvada Brightening Vitamin C Serum ini sedikit lebih kental dibanding Hydrating Daily Glow Serum. Warnanya juga sedikit lebih keruh dengan sedikit hints kekuningan, sedikit banget sih ini nyaris tak terlihat hanya kayak warna putih buram saja. Aku bisa bilang kalau yang Vitamin C ini teksturnya lebih enak diratakan soalnya terasa sedikit slippery, jadi licin-licin gitu pas nyentuh kulit. Tidak lengket, tapi sedikit berminyak diawal, bdalam hitungan detik ketika terserap kulit hilang kok rasa berminyaknya, berganti dengan finish kulit terasa halus dan supple.

Gimana baunya? jujur, tiap punya produk vitamin C aku selalu bayangin dia berbau seperti lemon atau jeruk, tapi sayangnya tidak, atau jarang yang seperti itu, kecuali memang mereka ada tambahan pewangi atau essential oil. Elvada Brightening Vitamin C serum ini baunya lembut, hampir mirip yang hydrating serum hanya saja ini memiliki sedikit hints kayak bau besi berkarat, baunya ga begitu tercium kok, dan akan hilang dalam beberapa saat, jadi sama sekali nggak ganggu.

Aku menggunakan serum ini setiap pagi, karena vitamin C bagus untuk melindungi kulit akibat dari jahatnya paparan sinar matahari. Urutannya aku pakai setelah Elvada Hydrating Daily Glow Serum. Lohh? bukannya Niacinamide tidak boleh dipakai barengan Vitamin C? Iya tidak boleh kalau kulitmu tidak kuat menerima kedua kandungan tersebut secara bersamaan. So far di kulitku aman-aman saja dan tidak ada reaksi buruk. Bahkan banyak kan saat ini 1 produk yang memiliki kandungan Vitamin C dan Niacinamide?

Selama 3 minggu menggunakan serum ini aku tidak merasakan adanya sensasi cekit-cekit seperti yang biasanya terjadi ketika aku menggunakan vitamin C LAA, jadi ini sangat lembut dan nyaman di kulit. Tapi bagaimana performance-nya dalam mencerahkan dan menyamarkan noda bekas jerawat? eiitss, nanti dulu, aku mau bahas produk terakhir.

Elvada - Soothing Lov-ender Milky Sleeping Mask

Product's Information
Name : Soothing Lov-ender Milky Sleeping Mask
Brand : Elvada - Indonesia
Volume : 30gr
No. BPOM : NA18200200503
Price : Rp. 89.000

Namanya lucu yaa? baca namanya saja langsung tahu kalau produk ini bakal ngasih sensasi dingin dan ada kandungan lavender di dalamnya. Yups, sleeping mask ini mengandung lavender oil. Ngomong-ngomong nih, kalian biasanya pakai sleeping mask nggak sih? Aku sendiri adalah tipe orang yang akan mengakhire pm routine di step moisturizer. Meskipun namanya sleeping mask tapi ini sebenarnya seperti pelembap wajah biasa, hanya saja ini disarankan untuk digunakan dimalam hari karena ada kandungan BHA di dalamnya. Fungsi utama produk ini adalah membantu melembapkan, menghaluskan, mencerahkan dan menenangkan kulit.

Apa saja kandungan Elvada Soothing Lov-ender Milky Sleeping Mask
  • Lavender Oil : Mengurangi jerawat, mencerahkan kulit dan mengurangi kerutan. 
  • Salicylic Acid : Mampu membersihkan dan mengangkat sel kulit mati hingga kedalam pori-pori. 
  • Milk Protein : Membantu menghidrasi dan melembapkan kulit. 
  • Glycerin
  • Sodium Hyaluronate

Kemasannya berbentuk jar berbahan frosted glass ukuran 30 gram. Tutupnya berbahan plastik warna putih, ini sayang banget punyaku sudah retak, padahal aku sama sekali tidak pernah menjatuhkan produk ini. Dibagian dalam ada second lid, ini sebenarnya fungsinya supaya produk tidak berantakan nempel di tutup, but again sayang banget karena produknya bisa nembus keluar lid ini jadi blepotan di sekitar tutup.

Warna kemasannya nuansa lavender atau ungu muda, sangat cantik. Dengan berbagai informasi tercetak lengkap dibagian kemasan terluar. Oh iya, produk ini tanpa spatula, karena aku takut mencelupkan jariku secara langsung ke produk kemasan jar, jadi aku menggunakan spatula cream ku yang lain.

Teksturnya cakep, super lembut, milky dan sedikit slimy. Tapi sayang, dibagian permukaan atas seperti ada minyak yang tidak bisa tercampur dengan rata, jadi seperti mengambang gitu. Hal ini aku cek terjadi sejak produk pertama kali aku terima, entah ini karena kepanasan di jalan atau gimana? soalnya aku tanya teman lain dan punya mereka tidak ada yang seperti itu.

Baunya enak banget, tapi sedikit kuat. Produk ini memiliki bau lavender, jadi pas banget dipakai di malam hari, bisa bantu relaksasi dan  tidur nyenyak.Meskipun ada kandungan lavender oil, tapi ini sama sekali ga berminyak kok, enak banget diratakan, dan finisnya bikin kulit nampak basah.

Sleeping mask ini memiliki soothing sensation yang sangat kuat di kulitku, but beberapa teman mengatakan tidak merasakan soothing sensation sama sekali. Sepertinya kondisi kulit yang berbeda mempengaruhi hal tersebut. Terasa sedikit cekit-cekit ketika dioleskan ke bagian kulit yang berjerawat, tapi hanya sebentar, setelahnya malah bantu banget dalam nenangin kulit kemerahan, iritasi atau bengkak gara-gara jerawat.

Aku menggunakan produk ini hanya 2 hari sekali, karena dia ada kandungan BHA, jadi aku tidak mau menggunakan terlalu sering soalnya kulitku sensitif, takut over exfo.

The Results & Conclusion

So, aku sudah pakai produk Elvada selama 3 minggu, sejauh ini tidak ada efek negatif sama sekali di kulit sensitif dan cenderung mudah berjerawat ku. Lalu bagaiamana performance-nya? apakah sesuai klaim? kalian bisa lihat prbandingan foto di bawah ini. Sebelumnya aku mau ngasih tahu kalau foto before-after ini diambil ditempat dan jam yang sama, jika ada perbedaan tone warna kulit itu karena cuacanya memang berbeda, yang after itu lagi panas banget cuacanya sehingga nampak lebih cerah dan ada pantulan cahaya sementara before-nya lagi mendung. 

Pertama bagian wajah sehelah kiri, sebelumnya ada beberapa bekas jerawat nampak merah, bahkan ada bekas jerawat baru yang belum sepenuhnya kering. Setelah 3 mingguan nampak bekas tersebut memudar dan tampilannya lebih kecil. Bekas jerawat yang lebih gelap dan kecokelatan disekitar dagu juga nampak berkurang, teksturnya juga sedikit lebih rata. 

Selanjutnya sisi kanan wajah ku, bagian ini memang bekas jerawatnya lebih parah dan kebanyakan bukan kemerahan tapi PIH, bekas jerawat gelap kecokelatan. Bisa kalian lihat bekas paling besar di pipi sedikit memudar, begitu pula yang di area dagu, tadinya cukup dalam dan gelap jadi mengecil dan pudar. 

Selama memakai produk Elvada Beauty aku menyadari bahwa kulitku yang sebelumnya kusam jadi lebih baik tampilannya, jadi seger dan enak di lihat gitu. Beberapa orang yang sering ketemu denganku juga mengatakan bahwa kulitku jadi lebih cerah. Selain itu, produksi sebum yang berlebihan juga jadi lebih terkontrol, sehingga tidak banyak komedo lagi, hal ini sepertinya karena si Sleeping Mask yang memang ada BHA-nya sehingga membersihkan kulit hingga ke dalam pori-pori. 

Seriously aku suka banget sama semua produk Elvada Beauty, mereka bekerja sangat baik dipakai bersamaan. Mengingat harganya yang cukup terjangkau, produk ini patut kalian perhitungkan buat masuk wishlist. But, again aku nggak capek buat mengingatkan bahwa semua tetep kembali ke kulit kalian masing-masing, beda jenis, beda masalah, beda alergi, dll jadi kemungkinan hasilnya di tiap orang berbeda itu tak bisa dipungkiri. Yang terpenting pahami kulitmu dan kebutuhannya, dan pastikan memakai produk aman dan berkualitas, untuk produk dalam negeri saranku selain mempertimbangkan ada tidaknya no BPOM kalian juga harus mempelajari "sejarah brand nya itu kayak gimana?"

Produk Elvada Beauty bisa kalian dapatkan di official shopee mereka Elvadabeauty atau cek website mereka www.elvadabeauty.com







3 komentar

  1. Kak... Mau cobain sleeping mask nya iih akuu 🥺🥺🙏

    ReplyDelete
  2. Produk lokal sekarang mantep" ya :") harga bersahabat, kualitas bagus

    ReplyDelete
  3. aakhhh cakep banget kemasannya, cantik yah yang sleeping masknya mengiurkan

    ReplyDelete