Pratista - Hyalu Hydrating Toner Review


 Hii...everyone.......

Sebelumnya aku telah mereview salah satu dari 2 produk yang Pratista kirimkan untuk aku coba, yaitu HyGlow Face Mist. Nah, sekarang lanjutannya nih, aku akan mereview Hyalu Hydrating Toner.

Aku mau cerita sedikit, jadi aku punya kulit yang cenderung berjerawat, aku sering banget mention ini disetiap review bahwa kulitku tuh acne-prone, bahkan aku juga menulisnya di about me yang bisa kalian baca dibagian side-bar. Dulu, aku hanya fokus pada produk yang ada label "anti-acne" menurutku kalau jerawatan ya artinya aku harus pakai produk untuk jerawat saja. Tidak sampai disitu saja, dulu ku kira kulitku berminyak, sehingga aku banyak pakai produk dengan oil-control yang berakibat malah membuat kulitku terasa sangat kering dan ketat, bahkan sampai mengelupas. Ternyata saat itu skin barrier ku rusak, akibat dari terlalu sering membersihkan wajah dan memakai banyak kandungan yang bersifat mengiritasi jika dipakai secara berlebihan.

Baru di tahun 2018 aku mulai belajar tentang skincare dan menyadari bahwa hidrasi lah yang ternyata dibutuhkan kulit ku selama ini. Ya, se-simple itu sebenarnya jika kita mau mempelajari dan memahami kulit kita sendiri. Nah, aku mulai fokus menghidrasi kulitku, dan dengan begitu ternyata jerawatku malah terkontrol. That's why, I could easily say hydrating is a must! Bagiku hidrasi adalah suatu keharusan, setelah, sama pentingnya dengan penggunaan sunscreen nihh.

Maka ketika Pratista menawari untuk memilih produknya tanpa pikir panjang aku pilih Hyalu Hydrating toner dan HyGlow Face Mist yang sama-sama sifatnya menghidrasi.

Pratista - Hyalu Hydrating Toner

Products Information
Name : Hyalu Hydrating Toner
Brand : Pratista Indonesia
Volume : 100ml
No. BPOM : NA18191231752
Price : Rp. 100.000

Pertama, apa sih hydrating toner itu? or hydrating itu apa? Ketika mendengar kata hydrating atau hidrasi, apa yang terlintas di pikiran kalian? "Air"? Hydrating atau Mneghidrasi adalah meningkatkan kandungan air di dalam kulit. Pasti sering dengar orang bilang dehidrasi kemudian harus meningkatkan cairan tubuh dengan cara minum air putih yang cukup? Nah, kulit kita itu juga ada kandungan airnya, yang mana dia bisa dehidrasi juga. Jadi kalau kulit kita dehidrasi maka kita kasih produk untuk mengembalikan pasokan air tersebut, ibarat badan kita yang dehidrasi itu dikasih minum. Bagaimana ciri-ciri kulit yang dehidrasi? Kulit nampak bersisik, kusam, kering dan bakal lebih mudah berjerawat. Sementara kulit yang terhidrasi akan nampak lebih halus, bercahaya, warnanya lebih merata dan kelihatan lebih kenyal.

Pratista Hyalu Hydrating Toner ini klaimnya adalah penyegar yang dapat membersihkan kulit dari kotoran, makeup dan sisa pembersih wajah sekaligus membantu melembapkan dan menghidrasi kulit.

Apa saja kandungan Pratista Hyalu Hydrating Toner?

  • Hyaluronic Acid : Terkenal dengan khasiatnya untuk melembapkan kulit kering, mengurangi kerutan dan garis halus, serta mempercepat penyembuhan luka.
  • Aloe Vera : Memiliki banyak manfaat diantaranya, melembapkan kulit, mengatasi sunburn dan minor burn, sebagai anti inflamatory dan pengobatan jerawat.
  • Centella Asiatica : Ini adalah kandungan favoritku, bagi kalian yang juga memiliki kulit sensitive pasti menyukainya. Centella Asiatica bagus untuk menenangkan kulit, mempercepat penyembuhan kulit dari berbagai masalah seperti jerawat, iritasi, dll.

Dari main ingredients di atas sepertinya Pratista Hyalu ini tidak hanya menghidrasi kulit, tapi juga bagus untuk menenangkan kulit berjerawat, kebetulan itu adalah masalah kulitku bertahun-tahun, sensitiif dan mudah berjerawat, so...let's find out.

Packaging

Sejak pertama kali tahu produk ini aku terkesan dengan kemasannya, so unique! Dikemass dalam botol gendut dan pendek, terkesan bantet gitu, hahaha. Oh iya, ini mengingatkanku dengan kemasan produk pewangi pada zaman dahulu. Botolnya berbahan plastik opaque, jadi isinya bisa terlihat dari luar. Kemudian tutupnya model flip-top dengan lubang yang tidak terlalu besar, jadi masih oke lah untuk mengontrol seberapa banyak produk yang dibutuhkan.

Dengan kemasan luar box kertas, warnanya perpaduan hijau dan putih. Informasi yang tertera di kemasan sangat lengkap, mulai dari ingredients, klaim, cara pemakaian, dll. Dikemasan box juga tertulis "Hydration is the key of GLOWING SKIN" aku setuju banget dengan ini, udah deh kalian nggak perlu oakai krim-krim berbahaya yang katanya bisa bikin glowing, cukup hidrasi kulitmu dengan baik niscaya glowing skin bukanlah mimpi semata.

Texture & Scent

Pratista Hyalu Hydrating Toner memiliki tekstur kental, tak berwarna alias bening dan nyaris berbentuk gel. Memang sih kebanyakan produk hydrating toner itu konsistensinya sedikit lebih kental dibanding toner jenis lain, taapi menurutku hyalu ini hydrating toner terkental yang pernah aku coba. Dia tidak lengket, terasa segar dan lumayan mudah terserap.

Baunya enak, seperti bau karbol, khas bau-bau hutan cemara gitu. Oh iya, ada kandungan parfum di produk ini, jadi sepertinya mereka pakai pine fragrance atau mungkin tea tree yang agak-agak mirip seperti itu. Soal bau ini tergantung selera yaa, beberapa teman yang udah mereview duluan mengatakan baunya terlalu kuat, sementara menurutku masih okay baunya dan aku menyukainya.

How to Use

Berdasarkan yang tertera dikemasan, cara pemakaian toner ini yaitu dengan cara dituangkan ke kapas terlebih dahulu lalu diusapkan ke wajah. Nah, kalau aki nih cara pakainya langsung tuang beberapa tetes ke tangan lalu tepuk-tepukkan ke wajah, karena konsistensinya yang sangat kental jadi aku lebih suka memakainya tanpa kapas. Trus aku pakainya setelah Pratista HyGlow, kadang juga setelah penggunaan vitamin C serum. Aku menggunakan produk ini di pagi dan malam hari.

My Experience

Bisa dibilang, aku langsung jatuh cinta sejak pemakaian pertama produk ini. Bagiku ini perfect hydrating toner yang tidak sekedar menghidrasi kulit, tapi juga skaligus menenangka, aku rasa ini karena kandungan centella asiatica didalamnya. 

So, biasanya aku pakai vitamin C serum dosis tinggi 2 hari sekali, nah urutannya adalah HyGlow - Vitamin C - Hyalu. Biasanya nih, setelah pakai vitamin C denga ascorbic acid maka akan terasa geli dan muncul ruam merah di kulit sensitifku, nah setelahnya jika langsung aku guyur dengan Hyalu kemerahannya akan sangat berkurang. Kalian bisa lihat foto di bawah, terlihat sebelumnya terjadi kemerahan, lalu kemudian di foto after nampak kemerahan berkurang dan kulit terlihat lebih tenang.

Efek hidrasi yang diberikan produk ini juga sangat bagus, sudah tidak ada lagi tuh yang namanya flaky skin sejak memakai dua HyGlow dan Hyalu. Seperti yang sudah aku jelaskan diatas bahwa hydration adalah yang dibutuhkan kulitku, jadi selama kulitku terhidras dengan baik maka jerawat juga lebih terkontrol. 

Untuk foto progress nya aku pakai foto yang sama seperti di review HyGlow, karena aku pakai kedua produk ini secara bersamaan. Kulitku terlihat lebih halus dan sehat bukan? dan yang paling signifikan jerawat membaik.


Menurutku Pratista Hyalu Hydrating toner ini patut kalian masukkan daftar wishlist jika kalian belum menemukan hydrating toner yang bagus hingga sekarang. Harganya juga sangat terjangkau, Rp. 100.000 untuk ukuran 100ml berarti per ml kita hanya bayar seribu rupiah, apalagi penggunaa toner ini cukup 2-3 tetes saja, sangat hemat kan?

Kalian bisa beli produk Pratista melalui website mereka pratistaskincare.id atau melalui Shopee Pratista Skin Care


4 komentar

  1. Harganya terjangkau banget untuk produk sebagus itu ihh

    ReplyDelete
  2. Aduh menarik banget ini, moga dapat kesempatan mencoba ini 🥺

    ReplyDelete
  3. pliss ini menarik bgtt😳harganya jg lumayan murah

    ReplyDelete
  4. Hal se-"sepele" hidrasi aja sebetulnya bisa jadi jalan keluar dari banyak masalah kulit, jadi emang bener banget, kalo misalnya kulit lagi kenapa-kenapa, yang harus banget diperhatiin tuh hidrasinya. Aku udah lama ngincer ini tapi hydra toner aku masih bejibun hahah. Hopefully I get to try this soon!

    ReplyDelete