Garnier Hand Cream - Nourishing & Moisturizing Review

Sering mendapat pertanyaan, "kak, hand cream itu apa? fungsinya untuk apa? lalu apa bedanya dengan body lotion biasa?" Setelah aku jelaskan biasanya mereka bakal bilang gini, "Ahh, berarti nggak terlalu penting kak." So, aku akan menjelaskannya lagi disini, sebenarnya di post-an hand cream ku sebelum-sebelumnya sudah sering aku bahas sih.

Hand cream, sesuai namanya ini adalah krim untuk tangan. Apa gunanya? Untuk melembapkan tangan, supaya tidak mudah kering, pemakaian jangka lama juga bikin kulit tangan halus dan lembut. Sudah itu saja? Lalu apa bedanya dengan lotion biasa yang buat kulit badan? Formula hand cream biasanya lebih rich karena untuk perawatan yang lebih intensive. Beberapa produk hand cream juga bisa untuk perawatan kuku, biasanya ada embel-embel hand and nail cream. Jadi, penting nggak nih? Penting or nggak penting itu sesuai kebutuhan dan keadaan, kalau buatku sendiri hand cream adalah salah aatu produk yang wajib ada di dalam tasku. Sudah bertahun-tahun aku memakai hand cream, hingga orang-orang suka mengira bahwa aku ini tidak pernah mengerjakan pekerjaan rumah, saking halusnya tanganku, hahaha. 


Dimasa pandemi kayak gini hand cream bisa menjadi salah satu penolong, lohh? kok bisa? apakah dia juga bisa bunuh kuman dan virus? Nggak gitu, I mean terlalu sering cuci tangan dan pakai hand sanitizer yang ada kandungan alcohol nya kemungkinan besar bikin kulit kita kering itu ada, nahh makanya pakai hand cream buat mengatasinya!

Beli hand cream dimana kak? Dulu memang agak sulit nemu barang inj, kayaknya brand itu males bikin ginian, nah... sekarang nggak perlu khawatir bahkan di minimarket aja ada! Yes, sekarang Garnier Hand Cream tersedia di Indonesia! Pas tau ini aku excited banget, soalnya selain hand cream lovers, aku suka berandai-andai tiap lihat iklan produk garnier negara lain "kapan yaaa ini masuk Indonesia" And finally they're here! 

Aku langsung beli 2 variant, dan kebetulan saat itu lagi diskon di Sociolla, dari yang harga per-biji 20ribu aku bisa dapetin 10ribu doang! Yups akhirnya 20ribu dapet 2, ditambah free ongkir pula, gimana ga bahagia? 

Variant-nya ada Light Complete yang berfungsi untuk menutrisi kulit, ditambah ekstrak Lemon Essence yang klaimnya mampu membantu mencerahkan kulit, wow baru kali ini nemu hand cream yang klaimnya bisa cerahin? Variant Light Complete ini diformulasikan untuk mereka yang memiliki kulit normal hingga kering. Variant satunya adalah Sakura White, dengan ekstrak Sakura Jepang yang berfungsi menghaluskan dan menjaga kelembapan kulit. Variant ini diformulasikan untuk mereka yang kulitnya sensitif. 


Kedua produk dikemas dalam tube, ukurannya kecil 50ml, memang sih hand cream jarang ad ayang besar, kebanyakan 30 hingga 50ml. Desain kemasannya mirip produk Garnier lainnya their Light Complete and Sakura White Series. Hati-hati buat kalian yang pakai produk Garnier lainnya, jangan sampe ketuker, hahaha. Permukaan tube-nya terasa matte, jadi enak rasanya dipegang nggak licin. Dengan tutup model flip-top, ini memudahkan jika kita lagi buru-buru butuh segera pakai. 

Memiliki tekstur lotion-like, agak cair gitu bukan type cream yang sedikit padat dan kokoh. Untuk variant light complete ada sedikit hints warna kuning, sementara yang Sakura white ada hints pink. Bagi pengguna Series Light Complete or Sakura White pasti bisa tau bagiamana bau produk ini, yaa... karena ini baunya sama persis dengan produk-produk di series itu. Light Complete punya bau lemon seger sementara yang Sakura bau bunga. 

Aku sudah pakai kedua variant ini selama lebih dari 2 minggu, and finally I could share my thoughts today! 

Pertama untuk Sakura White, ini klaimnya buat kulit sensitive, dia terasa sedikit pengap ketika dipakai, jadi terasa kurang nyaman di tanganku. Kadang juga membuat tanganku berkeringat. Untuk efek lembapnya menurutku masih kurang, ketika krim telah meresap aku tidak bisa merasakan efek lembap atau finish kulit jadi halus, aku hanya merasakan pengap. Sepertinya ini kurang cocok dengan jenis kulitku. 

Lalu untuk Light Complete, setelah krim meresap ada rasa pengap juga, tapi tidak separah variant Sakura White, ini nggak sampe bikin telapak tangan berkeringat. Setelah beberapa menit bikin permukaan kulit halus, dan makin lama malah semakin halus. Efek lembapnya juga better than Sakura White. Baunya juga ini lebih nempel dan tahan lama. Oh iyaa, klaimnya kan ini bikin cerah, nah selama 2 minggu aku belum melihat adanya perubahan. 

Keduanya setelah dipakai beberapa jam dan dipakai cuci tangan kayak ada lapisan licin yang luntur, ini khas produk occlusive, yang sifatnya melapisi kulit, jadi produknya tidak sepenuhnya terserap ke kulit. Aku nggak bisa baca ingredients list nya, tulisannya kecil-kecil parah, jadi nggak tahu kandungan occlusive apa yang mereka gunakan. 

Overall untuk hand cream murah ini cukup oke buatku, I mean yang Light Complete. Mungkin aku akan repurchase kalau diskon lagi, hahaha. Untuk yang Sakura White udah aku pensiunkan dini, bener-bener kurang nyaman di kulitku. But... siapa tau kulit kalian cocok??? Coba aja! 

8 komentar

  1. Hmm menarik juga ya yang light complete, bodlot nya juga uhuy bun

    ReplyDelete
  2. Padahal aku lbh tertarik sakura. Tp klo kak dessy bilang lbh cpt nyerap yg kuning yaaaa jd pindah haluan laah

    ReplyDelete
  3. yes, aku hapal banget sama wanginya garnier light complete yang seger2 lemon gitu :D jadi bisa ngebayangin wanginya produk ini

    ReplyDelete
  4. Jadi lebih jelas setelah baca reviewnya

    ReplyDelete
  5. Pakailah handcream sampai dikira tidak pernah mengerjakan pekerjaan rumah seperti kata kak dessy xD aku adalah org yg semula menganggap handcream tidak ada bedanya dengan body lotion, tapi setelah aku merasa kulit2 jari ku RUSAK gara2 sering cuci tangan dan pakai hand sanitizer barulah aku sadar kalo body lotion ku ngga banyak membantu, dan solusi nya ku temukan pada handcream

    ReplyDelete
  6. Aku baru tau fungsi handcream tuh buat apaan. Dulunya kukira ini sama saja dengan lotion" handbody xixi

    ReplyDelete
  7. Aku beli ini dongggg gara gara baca reiview ka Dessy!!🤩 tapi awalnya mau beli yg sakura terus baca ulang akhirnya pilih yg kuning wkwk

    ReplyDelete
  8. Belum pernah pakai hand cream kak, makasih reviewnya.

    ReplyDelete