7 Hari Memakai Sheet Mask Pencerah, 7 Days Mask Challenge

Beberapa waktu yang lalu ketika aku sedang membereskan stock skincare, aku mendapati koleksi sheetmask ku semakin hari semakin menumpuk,total ada 203 lembar! Woww... Cukup banyak bukan? Kemudian aku bertekad untuk mulai rajin lagi memakainya, dimulai dengan menghabiskan yang bakal kadaluarsa tahun 2020. Setelah aku pilah-pilah, total ada 24 sheet mask yang bakal kadaluarsa tahun ini. Terlintas dibenakku untuk menghabiskannya selama 1 bulan, ahh..tapi sepertinya aku bakal bosen, karena kebanyakan dari mereka variant nya sama, jadi aku putuskan untuk membuat challenge untuk diriku sendiri selama 7 hari, dimulai dari masker yang memiliki efek mencerahkan. Kenapa aku nggak pakai random sheet mask aja? Selain karena penasaran bagaimana efeknya setelah 7 hari berturut-turut memakai masker pencerah, aku juga ingin tau masker mana yang benar-benar bagus hasilnya dan memberikan efek mencerahkan, jadi bukan sekedar klaimnya saja. Saat ini kondisi wajahku agak kusam dan banyak bekas jerawat habis breakout beberapa waktu minggu lalu. Yauda lah yaa, kita mulai langsung aja review nya per hari.

DAY 1 POGINO I ROSE U BRIGHTENING PINK MASK

Aku yakin banyak diantara kalian yang belum tau brand ini, ini adalah Korean brand, aku sendiri baru pertama kali mengetahui adanya brand ini hahaha. Aku dapat masker ini dari hadiah giveaway Skencos. Ada 3 variant, Pink, Yellow dan Blue. Diantara ke 3 nya yang memiliki fungsi mencerahkan adalah yang pink.

Aku suka banget dengan kemasannya, terkesan shabbychic bunga-bunga gitu. Bahan maskernya sangat tipis, ditambah essence yang bening membuatnya terlihat transparan ketika dipakai. Kalian bisa lihat, aku nampak seperti tidak memakai apa-apa kan? Ukurannya juga sangat pas dengan wajahku. Bahan lembarannya terasa nyaman digunakan, tidak pengap. Essencenya cukup banyak, tidak lengket tapi agak berminyak. Memiliki aroma mawar yang segar, cukup menenangkan.

Mengandung Niacinamide dan ekstrak mutiara sebagai bahan pencerah. Selain itu juga mengandung Rose Water yang berfungsi sebagai hydrating.

Aku menggunakan masker ini selama 20 menit. Tidak ada sensasi dingin atau sejuk selama memakainya. Ketika aku angkat lembarannya, essence yang tertinggal diwajah terasa agak lengket dan berminyak. Bagaimana hasilnya? Aku tidak melihat efek mencerahkan setelahnya, aku hanya merasakan kulitku terasa lebih terhidrasi dan terasa kenyal. Aku rasa masker ini hanya bekerja seperti hydrating mask pada umumnya. Tapi bahan lembaran dan bau masker ini mendapatkan nilai plus dariku.

DAY 2 CELEBON LIGHT ON MASK


Ini adalah masker pencerah yang sudah sering aku gunakan karena tidak perlu diragukan lagi hasilnya. Aku sudah pernah mereview masker ini di instagramku tahun 2018 or 2019 lalu.

Sayangnya kekurangan masker ini tuh bahan lembarannya yang terlalu kecil untuk wajahku sehingga hasilnya tidak merata. Lembarannya terbuat dari cotton, tebal tapi sangat halus. Essencenya berwarna putih susu dengan tekstur seperti lotion, halus dan tidak lengket. Baunya perpaduan powdery dan bau segar bunga.

Dengan kandungan Niacinamide sebagai bahan pencerah, ada di urutan ke 3 ingredients list. Selain itu mengandung Sodium Hyaluronate & Trehalose sebagai bahan pelembap.

Aku menggunakan masker ini selama 20-30 menit. Hasilnya bisa langsung terlihat, wajahku langsung nampak cerah dan bisa dilihat bedanya antara kulit yang tertutup masker dengan yang tidak. Selain mencerahkan, efek lembap yang diberikan masker ini juga cukup baik. Kulitku terasa halus dan lembap untuk waktu yang cukup lama. Aku sangat merekomendasikan masker ini buat kalian yang mau ada acara penting.

DAY 3 HOLIKAHOLIKA PURE ESSENCE MASK PEARL

Masker brand Korea ini sudah masuk indonesia, jadi kalian tidak akan kesulitan untuk mencarinya, harganya terjangkau dan mempunyai banyak pilihan. Salah satu favorite ku adalah variant Pearl dan Strawberry karena mampu memberikan efek cerah secara instan.

Salah satu kelebihan masker ini adalah bahan lembarannya yang sangat tipis sehingga membuatnya terlihat seperti kulit kedua. Tapi sayangnya ukuran lembarannya agak terlalu besar, hingga ke hair line ku. Selain itu potongannya terlalu lebar untuk bagian mata, hidung dan bibir. Essencenya bening dan cair banget sehingga agak berantakan ketika lembaran dipasangkan ke wajah, banyak essence yang menetes. Baunya enak, segar wangi bunga, aku tidak bisa mendeskripsikan lebih detail bau bunga apa itu, pokoknya segar giti deh baunya. Essencenya sama sekali tidak lengket.

Kandungan pencerahnya Niacinamide, ada di urutan ke 3 ingredients listnya. Selain itu ada centella asiatica yang berfungsi untuk calming.

Aku menggunakan masker selama 20 menit, ada soothing sensation yang berasal dari kandungan centella asiatica. Hasilnya kulit langsung agak cerah, tapi essence terserap benar-benar seperti air, tidak memberikan kelembapan sama sekali, malahan kulitlu terasa agak kesat setelahnya.

Keesokan harinya muncul jerawat kecil-kecil berwarna putih cukup banyak di are hidung dan daguku, sepertinya memang karena masker ini, karena aku sedang tidak mencoba skincare baru.

DAY 4 GARNIER SAKURA WHITE



Masker yang aku beli 1 tahun yang lalu tapi baru ku pakai sekarang, hahaha bahkan sekarang masker ini sudah ganti kemasan. Tidak perlu dijelaskan pasti kalian sudah kenal dengan brand ini.

Lembarannya elastis jadi mudah dipasin dengan bentuk wajah, dilengkapi dengan pelindung berwarna biru yang fungsinya untuk membantu ketika memasang lembaran ke wajah. Lembaran terlalu lebar kesamping sehingga hair line ku ikut tertutup. Potongannya agak aneh, kurang pas untuk bentuk wajahku, terutama bagian hidung, potongannya bagian bawah saja dan sangat lebar. Essencenya bening da tidak lengket. Baunya segar bau bunga tidak terlalu menyengat.

Jika melihat ke list ingredients nya sebenere aku tidak menemukan bahan pencerah didalamnya, tapi klaim masker ini "menutrisi intensif untuk kulit terasa lembut dan tamoak cerah meronamerona."

Masker ini kugunakan selama 20 menit, padahal disarankan untuk memakianya 15 menit saja. Selama memakainya terasa cukup nyaman ada sedikit soothing sensation. Ketika lembaran kuangkat wajah terasa sangat segar, jadi misal lagi lelah pakai ini kayak langsung fresh gitu. Menghasilkan sedikit efek cerah, tapi rasa lembap dan hidrasinya masih sangat kurang.

Keesokan harinya muncul jerawat bengkak diatas bibirku. Type cystic acne, jadi nyeri banget rasanya. Aku tidak yakin penyebapnya masker ini atau bukan.

DAY 5 DETOSKIN ROOIBOS TEA-TIME MASK

Masker dengan konsep hygge, kemasannya sangat estetik! Detoskin ini brand Korea, mereka punya produk masker-maskeran gitu, mulai dari sheet mask, peel-off mask sampe eye mask. Kebetulan aku punya semua produknya, nanti aku bakal review 1 per 1. Aku pilih Rooibos Tea ini tentu karena ada klaim pencerahnya.

Bahan lembarannya terbuat dari natural mint, tidak terlalu tipis, berpori-pori besar sehingga sangat nyaman digunakan. Ukuran lembarannya juga sangat pas diwajahku. Sebenarnya lembarannya berwarna transparan, tapi karena essence masker ini putih susu jadi lembarannya nampak putih. Essence nya banyak banget, sampe bisa ku pake untuk seluruh badan, hahahaha. Tekstur essence nya mirip emulsion, agak kental gitu tapi ringan dan tidak lengket. Baunya seperti daun pisang kering, entahlah mungkin itu bau Rooibos tea, karena aku belum pernah tau teh yang bagaimana itu.

Mengandung 10,000ppm ekstrak Rooibos tea dan 10,000ppm ekstrak Cherry Blossom yang membantu mencerahkan kulit. Selain itu ada Niacinamide di urutan ke 3 list ingredients.

Aku menggunakan masker ini selama 20 menit. Ketika lembaran aku angkat, sisa essence nya masih sangat banyak diwajahku. Awalnya aku tidak melihat adanya efek cerah, tapi setelah essence terserap wajahku nampak cerah, terasa halus, kenyal dan lembap. Efek lembapnya tahan cukup lama, dari siang hingga malam masih sangat lembap. Masker ini juga tidak membuat jerawatku tambah parah.

DAY 6 MEDITAMIN

Aku sudah pernah mereview masker ini sebelumnya di Instagram tahun lalu. Konsep masker ini sangat unik, salju! Meditamin ini brand Korea, selain menjual produk kecantikan mereka juga menjual berbagai suplemen kesehatan.

Aku sangat menyukai essence masker ini yang bentuknya gel, bener-bener gel! Berwarna bening dan kokoh sehingga ketika lembaran diaplikasikan ke wajah tidak ada essence yang menetes. Bahan lembarannya juga sangat bagus, terbuat dari microfiber, tipis dan halus di desain supaya essence terserap sempurna di kulit. Memiliki aroma yang sangat lembut dan menyegarkan.

Mengandung 35,000ppm Niacinamide sebagai bahan pencerah. Kiwi water untuk hidrasi dan berbagai plant ingredients dari Gattefosse France.

Aku menggunakan masker ini selama 30 menit. Sebelum menggunakan nya aku taruh dulu di kulkas selama 5 menit untuk mendapatkan sensasi dingin yang lebih optimal. Masker terasa sangat nyaman digunakan dan tidak mengganggu aktifitas. Hasilnya setelah lembaran diangkat wajahku nampak lebih cerah dan glowing. Glowing disini maksudnya bukan berminyak yaa, tapi beneran healthy glow, jadi bagus banget. Selain itu kulitku juga lebih terhidrasi dengan baik.

DAY 7 THANK YOU FARMER SACCHAROMY BRIGHTENING STAR MASK

Yeayyy....ini hari terakhir! Aku menggunakan masker dari Thank You Farmer, ini brand Korea. Kemasan maskernya cukup simple, warna putih dengan gambar bintang. Gambar bintang disini punya arti loh...apa artinya? Masker ini mengandung 5 bahan aktif yaitu Saccharomy, Niacinamide, Adenosine, Fermented Rice dan Dioscorea Japonica Root Extract.

Klaimnya bekerja sebagai dual function mask, membantu mencerahkan dan anti-wrinkle. Bahan lembarannya terbuat dari tencel, aku suka bahan ini karena berpori-pori besar jadi nyaman dan tidak pengap selama digunakan. Ukurannya sedikit lebih besar jadi terlihat kurang rapi diwajahku.

Memiliki essence bening agak kental dan seperti lendir, agak geli gitu sih kalo pegang essencenya hahaha.Baunya sangat lembut, bahkan aku nyaris tak mencium bau apapun.

Suatu kesalahan yang aku lakukan adalah, memakai masker dengan essence berlendir di siang hari. Rasanya benar-benar tidak nyaman diwajah. Mau aku lepas tapi kok sayang, jadi aku kuat-kuatin untuk memakainya selama 20 menit. Setelah 20 menit aku lepas lembarannya aku tidak melihat adanya efek cerah, yang ada malah wajahku terasa lengket dan kurang nyaman. Aku tunggu beberapa menit hingga essence terserap hasilnya sama, tidak ada efek cerah hanya terasa halus saja. Yahh... Padahal aku sudah berharap banyak dengan masker ini.

Results & Conclusion

Setelah 7 hari memakai masker pencerah bagaimana hasilnya? Apakah wajahku jadi lebih cerah? Tidak! Karena efek yang diberikan masker pencerah hanya sementara, jadi jangan berharap banyak hanya dengan pakai masker, kalian masih membutuhkan skincare lain yang menunjang. Menurutku masker pencerah kurang tepat digunakan setiap hari, terlebih kalian yang mempunyai kulit sensitif seperti aku, mungkin ada beberapa kandungan yang bisa membuat iritasi atau bahkan berjerawat, seperti yang aku alami di hari ke 3 dan 4. Masker pencerah bisa kalian gunakan sebelum acara penting karena efeknya yang instan.

Sebelum mengakhiri review ku kali ini, jika harus memilih diantara ke 7 masker pencerah yang telah aku coba aku akan memilih Meditamin karena efek cerah dan hidrasinya paling bagus, sayang sulit di temukan di Indonesia. Pilihan ke dua jatuh pada Celebon, masker ini cukup mudah di dapatkan di Swalayan maupun online, sayang ukurannya kurang besar, itu saja. Sekian review 7 days sheet mask challenge ku, see u on the next challenge....

1 komentar

  1. Thanks! Akhirnya aku tau mana sheet masker yg perlu aku beli buat mengatasi bekas jerawat akuhhhh

    ReplyDelete