Review Avoskin Your Skin Bae Lactic Acid 10% + Kiwi Fruit 5% + 2,5 Niacinamide, Mild Exfoliation Serum Aman untuk Kulit Sensitif

Sunday, April 25, 2021


Memiliki kulit sensitif itu a little bit tricky karena nggak semua kandunga bahan aktif bisa aku pakai, apalagi kandungan yang memiliki fungsi sebagai exfoliator. Reaksi terburuk biasanya bakal bikin kulitku breakout. Lalu gimana dong? bukannya melakukan ekfoliasi itu penting? Yups, sangat penting, karena kulit mati yang menumpuk bisa membuat wajah nampak kusam dan tentunya menyebabkan jerawat juga. Belakangan ini aku sedang tertarik dengan Lactic Acid, ini termasuk golongan AHA. Berawal dari seringnya nonton video di channel YouTube Beauty Within, disana aku lihat Felicia berkali-kali menyebutkan betapa dia sangat menyukai Lactic Acid, karena itu adalah AHA yang paling gentle. Dari situ perburuan produk Lactic Acid dimulai!

Jujur, aku tuh belum pernah nyobain produk yang kandungan utama atau persentase Lactic Acid-nya lumayan tinggi. Palingan yang pernah ku coba hanya produk dengan Lactic Acid dengan persentase kurang dari 1% dan ada di urutan-urutan terakhir ingredients list. Jadi, I have no idea  kira-kira bakal kayak gimana rasanya? dan yaa, aku belum begitu tahu banyak soal Lactic Acid, jadi sambil menyelam minum air, cari produk sekalian belajar tentang Lactic Acid.


Baca juga : Avoskin - Miraculous Retinol Toner


Akhirnya aku putuskan untuk mencoba Avoskin Your Skin Bae Lactic Acid 10% + Kiwi Fruit 5% + Niacinamide 2,5% High Dose Serum. Namanya panjang yaa? Mari kita singkat saja jadi Avoskin Your Skin Bae Lactic Acid Serum. Kenapa akhirnya aku putuskan untuk mencoba produk ini? Pertama karena klaimnya sekaligus merawat kulit yang berjerawat, ada Kiwi Fruit Extract. Kedua, kandungan Lactic Acid-nya 10% ini adalah persentase maksimal yang diperbolehkan untuk produk Lactic Acid yang beredar dipasaran, jadi biar ga nanggung langsung pakai yang tertinggi, hehe. Ke 3, ini produk lokal, jadi kalau cocok mudah carinya. Terakhir, ini produk dari Avoskin, sejauh ini aku sudah pakai 4 produk mereka dan semuanya bagus. Ehh kelupaan, harganya juga terjangkau.



Product's Information
Name : Your Skin Bae Lactic Acid 10% + Kiwi Fruit 5% + Niacinaide 2,5%
Brand : Avoskin
Origin : Indonesia
Volume : 30ml
BPOM : NA18201901991
Price : Rp. 129.000

Main Ingredients


Sekarang mari kita bahas kandungan utama Avoskin Your Skin Bae Lactic Acid Serum ini lebih detail untuk mengetahui apa saja manfaatnya?

  • Lactic Acid : Kandungan ini biasanya digunakan sebagai anti-aging (karena membantu meregenerasi kulit), perawatan hyperpigmentation, kulit kering dan jerawat. Lactic Acid merupakan AHA yang paling disarankan untuk mereka dengan kulit sensitif karena Lactic Acid termasuk golongan exfoliator (AHA) sekaligus humectant. Sebagai AHA, kandungan ini mengangkat sel kulit mati dipermukaan kulit sekaligus sebagai humectant dia draws moisture to your newly exfoliated skin sehingga menjadikan kulit tetap terhidrasi setelah proses eksfoliasi. Meskipun Lactic Acid sangat disarankan untuk kulit sensitif, bukan berarti bakal nggak ada side-effects. Efek yang kemungkinan ditimbulkan biasanya muncul rasa cekit-cekit, kemerahan, pengelupasan kulit, bahkan purging di awal pemakaian. Lactic Acid juga membuat kulit jadi lebih sensitif terhadap sinar matahari, so make sure untuk selalu memakai sunscreen. Lactic Acid tidak disarankan untuk dipakai setiap hari, tapi 2-3x dalam seminggu. Hasil penggunaan Lactic Acid biasanya akan terlihat minimal dalam 6x pemakaian. Penggunaan Lactic Acid membantu skincare lain bekerja lebih optimal. 
  • Kiwi Fruit Extract : Kandungan ini sangat tinggi antioksidan yang bagus untuk kulit dan juga memiliki manfaat anti inflamasi. Membantu merawat kulit yang berjerawat, membantu mencerahkan serta menjadikannya healthy glow. 
  • Niacinamide : Kandungan ini paling sering dijumpai dalam produk pencerah. Niacinamide sangat efektif untuk menyamarkan noda, mencerahkan kulit, mengecilkan tampilan pori-pori serta pemakaian jangka panjang bisa memperbaiki tekstur kulit jadi lebih halus. 

Ingredients :
Aqua, Lactic Acid, Butylene Glycol, Actinidia Chinensis Fruit Extract, Glycerin. Niacinamide, Sodium Hydroxide, Hydroxyethylcellulose, Phenoxyethanol, Allantoin, Chlorphenesin, Disodium Edta, Sodium Bisulfite, Biosaccharide Gum-1.

Packaging

Aku sangat menyukai kemasan Avoskin Your Skin Bae Series, karena mereka warna-warni trus rasanya tuh pengen punya semua, enak aja dilihat. Avoskin Your Skin Bae Lactic Acid Serum sendiri memiliki warna kemasan hijau muda terang dengan sedikit hints kekuningan. Aku suka banget memotret kemasan serum ini dibawah cahaya, dia kesannya kayak neon menyala gitu. 

Kemasannya berbentuk dropper berbahan kaca tebal. Awalnya sempat mikir kalau bahannya bakal plastik atau acrylic, tapi ternyata meskipun Your Skin Bae Series ini lebih terjangkau Avoskin tetap mempertahankan penggunaan kaca untuk botolnya. Aku rasa ini untuk menjaga kualitas dan kandungan serum, selain itu juga lebih ramah lingkungan.


Kemasan terluarnya box kertas, dengan warna yang sama, hijau muda. Dilengkapi segel stiker hologram dibagian tutupnya. Informasi yang tertera di box sangat lengkap, mulai dari manfaat, kandungan, cara pakai, dll yang bahkan tercetak dalam bahasa Inggris juga.

Menengok bagian belakang box pojok kanan bawah ada yang membuatku bahagia, hehe apa itu? PAO produk ini 12 bulan! Berbeda dengan produk Avoskin yang pernah aku coba sebelumnya, mereka PAO- nya hanya 6 bulan. Bagi orang yang gampang bosan dan suka gnta-ganti produk tentu ini membuatku bahagia, supaya bisa nyobain banyak variant tanpa perlu takut kejar-kejaran sama PAO.


Texture & Scent

Avoskin Your Skin Bae Lactic Acid Serum ini memiliki tekstur yang kental, sedikit slippery dan slimy tapi itu malah yang membuatnya jadi lebih satisfying  ketika diratain.Bening, tanpa warna meskipun dari luar botol terlihat sedikut keruh. Bagaimana dengan baunya? karena serum ini no artificial fragrance added  jadi bau yang dihasilkan adalah dari kandungan yang ada didalamnya, dan baunya kayak ada sedikit hints seng, but no problem  karena ini baunya nggak menyengat dan nggak ganggu sama sekali.

Bagaimana dengan finish Avoskin Your Skin Bae Lactic Acid Serum? seperti yang telah aku jabarkan diatas bahwa Lactic Acid adalah kandungan exfo tapi juga menghidrasi. Produk ini finishnya tuh cakep banget, cukup menghidrasi dan bikin kulit nampak supple.

How to Use?

Di minggu pertama, aku menggunakan Avoskin Your Skin Bae Lactic Acid Serum ini 3 hari sekali dan 2 hari sekali di minggu ke 2. Bagaimana urutan pemakaiannya? Setelah toner di pm routine  yang kemudiian aku lanjutkan dengan hydrating dan calming serum, trus tutup dengan moisturizer. Apakah Avoskin Your Skin Bae Lactic Acid Serum ini tidak boleh dipakai setiap hari? Trus boleh dipakai pagi nggak? Tidak disarankan untuk memakai Lactic Acid setiap hari, tapi tergantung jenis kulit dan kebutuhan juga sih, kalau aku pribadi punya kulit super sensitif, jadi daripada ada reaksi burut lebih baik ngikuti sesuai anjuran. Lactic Acid adalah AHA, ada proses ekfoliasi lebih aman dipakai di malam hari, itupun keesokan paginya wajib banget pakai sunscreen karena kemungkinan kulit jadi lebih sensitif. Masih mau pakai di pagi hari?

My Experience & the Results

Pertama kali coba Avoskin Your Skin Bae Lactic Acid Serum, aku sudah tidak kaget kalau bakal terjadi efek cekit-cekit. Saat itu kondisi kulitku sedang ada jerawat di pipi, dahi dan dagu. Rasa cekit-cekitnya terasa banget di area yang ada jerawatnya serta di bagian cuping hidung, nah area ini nih yang paling sering ada sel kulit mati menumpuk. Berapa lama rasa cekit-cekitnya? berlangsung sekitar 1-2 menit dan menurutku rasa cekit-cekitnya nggak separah ketika aku menggunakan exfo serum model bilas. Dari skala 1-10 rasa cekit-cekitnya ini dapet nilai 6.

Keesokan paginya surprisingly jerawat yang ada di dahi sudah tidak terasa sakit lagi. Awalnya jerawat tersebut kecil dan terasa nyeri karena ada isinya, pagi harinya aku raba dia sudah kempes dan menyisakan bekas.

Hari ke 2 setelah pemakaian pertama nampak kulit di sekitar jerawat dagu mengelupas, tapi nggak extreme kok, mengelupasnya itu sedikit banget dan lembut. Begitu pula di area cuping hidung yang tadi ku bilang banyak sel kulit mati.

Pemakaian ke 2, masih ada jerawat di pipi dan dagu serta ada beberapa area yang kulitnya mengelupas. Masih terasa cekit-cekit dan kali ini lebih sakit, aku rasa ini karena area kulit yang mengelupas jadi lebih sensitif.

Keesokan harinya, jerawat yang di dagu dan pipi muncul matanya dan sehari kemudian mengering. Nah, jerawat yang di pipi nih meskipun nggak terlalu besar tapi ternyata dia cukup dalam, sehingga menimbulkan noda yang lebih gelap. Oh iya kali ini sudah tidak ada kulit yang mengelupas, aku rasakan kulitku jadi terasa lebih halus.

Pemakaian ke 3, kali ini sudah tidak ada jerawat di wajahku, apakah masih cekit-cekit? ya! tapi terasa samar-samar dan berlangsung dalam hitungan detik. Pemakaian ke 3 ini memasuki minggu ke 2 dan dari sini aku putuskan untuk memakainya 2 hari sekali.


Pemakaian ke 4,5 dan 6 tidak ada masalah berarti dan hanya cekit-cekit yang merupakan reaksi normal dari Lactic Acid. Tidak ada jerawat baru muncul, hanya saja di pagi hari kadang muncul whiteheads,  nggak banyak dan langsung hilang setelah cuci muka.

So far, aku telah menggunakan Avoskin Your Skin Bae Lactic Acid Serum selama 2 minggu, bagaimana hasilnya? Hasil yang paling terasa kulitku jadi lebih halus dan kencang sehingga membuat tampilan pori-pori juga jadi lebih kecil. Serum ini membantu proses penyembuhan jerawat serta tidak menimbulkan jerawat baru. Untuk bekas jerawat cukup bagus, apalagi jerawat baru, hanya butuh sekitar 1 minggu untuk memudarkannya. Sementara untuk bekas di pipi karena terlalu dalam sepertinya butuh waktu lebih untuk memudarkannya, tapi sejauh ini sudah sangat berkurang nodanya.

Tips

Untuk mengatasi rasa cekit-cekit yang ditimbulkan Avoskin Your Skin Bae Lactic Acid Serum ini, aku mengaplikasikan calming serum setelahnya. Serta memakai beberapa layer hydrating serum untuk meminimalisir atau mencegah kemungkinan terjadinya iritasi. Kemudian untuk mengatasi kulit yang mengelupas aku menggunakan produk dengan kandungan ceramide yang fungsinya untuk melembapkan serta memperbaiki skin barrier.


Conclusion

Jika kalian mencari produk exfo yang optimal tapi mild untuk kulit berjerawat dan sensitif,  I highly recommend this serum. Hampir semua klaimnya aku rasakan dalam 2 minggu pemakaian. Tapi sekali lagi, jika kalian masih baru memulai pakai skincare dan belum punya basic skincare yang kuat, apalagi pakai sunscreennya masih bolong-bolong jangan coba-coba deh pakai exfo serum dulu, yang ada ntar salah pakai breakout trus nyalahin produknya jelek? Pelajari dulu produknya, dan semoga saja penjabaran serta reviewku diatas bisa menmberikan kalian pencerahan.

More information about Avoskin:


YOU CAN FIND ME AT :

Comments

  1. Whaaaat, magic banget mbak ngatasin jerawatnya ya.. aku gak nyangka sih Avoskin YSB ini harganya terjangkau semuaa,kayaknya dijadiin exfo serum juga oke ya ini? Next coba lah ini buat pengganti brand sebelah yang udah mau surut, kwkwk.

    ReplyDelete
  2. Waaaa sebagus itu yaampun emg avoskin gapernah mengecewakan deh ya ka 😭💚😍 thankyou ka buat reviewnya yang super detail dan lengkap poll bermanfaat banget 🤗

    ReplyDelete
  3. Wah, keliatan banget dong hasilnya 🥺

    ReplyDelete
  4. Menarik ya, lactic acid emang beneran mantul!
    Jadi kepo yang ini

    ReplyDelete
  5. Waaah semoga aku bisa coba, aku pernahnya pakai lactic acid yang ada di masker organik yoghurt dan beneran work buat bikin kulit lebih bersih cerah kenyal. Jadi pengen explore lebih banyak skincare dg lactic acid

    ReplyDelete
  6. huaa ekstrak kiwi, aku belum pernah coba sih. jadi penasaran:D

    ReplyDelete
  7. Racun sekali kak :" semoga ada rezeki biar kesampain bisa makai jga

    ReplyDelete
  8. Wah.. menarik yah, jadi penasaran pengen cobain 😍

    ReplyDelete
  9. Bener bgt salah satu yg paling tricky pake exfo chemical tanpa bikin breakout buat kulit acne prone huhu. Wah result nya bgt langsung keliatan 🤤

    ReplyDelete
  10. hwaaaaa bagus banget progressnya, poengen coba tp jujur agak taku krn udah nyoba 2 produk avoskin dan dua duanya nggak cocok huhuhu

    ReplyDelete
  11. packagingnya gemaass! aku takjun sama efeknya yang cukup instan kak, bisa ngencengin jugaa. kayanya avoskin ysb ini bakal jadi inceranku mulai dari sekaraangg 😍

    ReplyDelete
  12. keren banget progressnya kakk! aku masih gak bisa bayangin betapa cekit-cekitnya AHA 10% karena aku pakai 5% aja gak kuaat 🥲

    ReplyDelete
  13. Wowww jerawat lgsg kempes lho Des. Pengen koleksi YSB jdnya, sejauh ini baru punya AA sama MC.

    ReplyDelete
  14. Gemes gemes banget sama Avoskin iniii, tapi kulit saya udah kebiasaan pake glycolic acid jadi nggak tau deh apakah nampol kalau pake lactic acid. Kalau nggak salah lactic acid ini lebih mild ya daripada glycolic? Nevertheless, kayaknya tetap mau masukin ini ke wishlist karena penasaran, hehe.

    ReplyDelete
  15. before-afternya mantap bangeet!! kelihatan yaa kinerja produk ini baguus

    ReplyDelete